Pengantar Grafika Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Media Presentasi Dengan Power Point
Advertisements

Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Usulan Liputan Materi. Apakah Komputer Grafis itu?  Kreasi, Manipulasi, dan Penyimpanan obyek geometris (pemodelan) dan citranya (rendering)  Peragaan.
GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.
Pengenalan Program Macromedia Flash
MACROMEDIA FLASH. Pertemuan III Symbol / Library Symbol : Graphic Lesson 3 : Symbol Symbol : Movie Clip.
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.. PENDAHULUAN SEJARAH MULTIMEDIA:  Istilah Multimedia berawal dari teater, bukan dari komputer.  Pertunjukkan yang memanfaatkan.
BAB VIII PEMROGRAMAN GRAFIK
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Tugas Besar Input & Transformasi
Graphical User Interface (GUI)
Grafika Komputer (TIZ10)
GRAFIKA KOMPUTER (TIN 3221)
RUSITO 43A PRESENT.
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer ) 4 SKS
KOMPUTER GRAFIK KONSEP DASAR KOMPUTER GRAFIK
Ida Bagus Surya Dharma,S.Kom
SIDANG PENULISAN TUGAS AKHIR Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Ilmu Astronomi Berbasiskan Komputer Cerdas dan Interaktif Menggunakan Python dan.
Perintah-perintah dasar Greenfoot
Sesi 2: Primitive Drawing
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Pengenalan Grafika Komputer
PEMBANGUNAN OBJEK 3D DAN TRANSFORMASI TERHADAPNYA Mirna Ratnawati,
Pengenalan Game Pemrograman Game Eko Prasetyo Teknik Informatika
Graphical User Interface (GUI)
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer ) 3 SKS
Pengantar Komputer Grafik
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA
Perangkat Lunak Aplikasi
Software Pendukung Teknologi Informasi
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
IF37325P - Grafika Komputer Pendahuluan
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Part 1 PENGENALAN GRAFIKA.
Pemrogaman Multimedia : Dasar Multimedia
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
PEMBUATAN APLIKASI GAMES MEMORY DENGAN MENGGUNAKAN Agung Nursadewa,
PEMANFAATAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Grafika Komputer Pengenalan Grafika Komputer &
KONTRAK PERKULIAHAN Kehadiran / Presensi : 10%
Sri Anardani, S.Kom STT Dharma Iswara
GRAFIKA KOMPUTER Part 2.
IF37325P - Grafika Komputer Silabus dan Rencana Perkuliahan
1 PENDAHULUAN HOME 1.3 Batasan Masalah
GRAFIKA KOMPUTER PENDAHULUAN
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Grafika Komputer - Pengantar
Graphical User Interface (GUI)
Grafika komputer 29 Mei 2012.
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
JUPITER – Z DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX PEMBUATAN ANIMASI LAYANAN INFORMASI MOTOR YAMAHA for further detail, please visit
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
KOMPUTER GRAFIK unindra
Grafika komputer 1.
Bina Sarana Informatika
Pengantar Komputer Grafis MK. Komputer Grafis
Pengantar dan Konsep Realisme Grafik Komputer
Animasi dan Suara Pertemuan 02
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
OpenGL (Open Graphics Library)
Langkah-langkah dalam Mengembangkan CALL
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta, 11650
Nama : Noni Henny Nahumury  Tugas : Simulasi Digital
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Pengolahan Data Sistem Informasi Geografis
UNIT 9: TEKNOLOGI ANIMASI
APLIKASI GAMES MEMORY DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA Tiara Jelita Dewi
Aplikasi Permainan Pencari Kata Dengan Menggunakan Macromedia Flash 6 Mx Rusli Wahyudi, for further detail, please visit
EDITING DAN KOMPUTER GRAFIS Pendahuluan. Komputer Grafis S uatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa.
Transcript presentasi:

Pengantar Grafika Komputer Sesi 1: Pengantar Grafika Komputer

Ringkasan Materi Definisi Grafika Komputer Manfaat Grafika Komputer Elemen-Elemen Dasar Pemrograman Grafis Library OpenGL Materi Grafika Komputer

Definisi Grafika Komputer Menurut Wikipedia: Grafika komputer adalah segala bentuk manipulasi komputer untuk menghasilkan gambar. Grafika komputer membahas bagaimana menghasilkan gambar dengan komputer Membutuhkan tools (hardware & software) untuk menghasilkan gambar.

Manfaat Grafika Komputer Desain Grafis Publishing Arsitektur/Teknik Sipil/Interior Game Animasi dan Movie Pemetaan 3D • Simulasi dan Visualisasi

Desain Grafis Background Styles Produk kreatif

Desain Arsitektur/Interior Desain Interior

Simulasi dan Visualisasi

Game Game 2D Game 3D

Elemen-elemen Dasar

Pemrograman Grafis Sebuah teknik pemrograman yang berorientasi pada manipulasi grafis atau menghasilkan gambar sesuai dengan kebutuhan. Banyak dipakai untuk simulasi, animasi, game, geospatial information, dan visualisasi. Menggunakan library grafis seperti OpenGL atau DirectX.

Pemrograman Grafis Concept Project OpenGL Test Advance Bagaimana menghasilkan model grafis Bagaimana merumuskan kejadian fisik dan natural Bagaimana membuat project grafis sesuai konsep Library yang dibutuhkan untuk menampilkan obyek grafis Menguji hasil grafis Mengembangkan model animasi Mengembangkan model natural Membuat grafis yang sesuai kebutuhan

Pemrograman Grafis Dalam Game Project Model Animation Scene Game Project dasar Membuat model dasar Background Penokohan Sprite Membuat animasi yang sesuai Mendeteksi tabrakan dan obstacle Menggabung- kan sesuai skenario Menghasilkan game yang menarik

Skenario Pemrograman Grafis C++ Graphic Library Visualization Graphic Element Animation & Control

Library Grafis 1 2 3 OpenGL DirectX Unity

OpenGL OpenGL adalah suatu library grafis standard yang digunakan untuk keperluan pemrograman grafis. Selain OpenGL, library grafis yang banyakdigunakan adalah DirectX. OpenGL bersifat Open-Source, multi-platformdan multi-language. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD dll.

Materi Grafika Komputer Pengantar Grafika Komputer Instalasi OpenGL Primitive Drawing Obyek Grafik 2D Transformasi 2D Obyek Grafik 3D Transformasi 3D Shading dan Pencahayaan Z-Order Morphing

Kebutuhan Dasar Mathematics Geometry, Algebra & Vector Grafika Komputer Physics Mechanics and Optics Programming Graphic Library

Grafika lebih banyak berurusan dengan bagaimana menghasilkan gambar yang menawan dengan komputer TERIMA KASIH