Pertemuan Ke- 6 SISTEM PAKAR (EXPERT SYSTEM).

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
SISTEM PAKAR DR. KUSRINI, M.KOM.
Advertisements

SISTEM PAKAR Ari Eko Wardoyo, ST.
PENDAHULUAN.
PENGERTIAN KECERDASAN BUATAN
Sistem Pakar.
ARSITEKTUR SISTEM PAKAR
Sistem Pendukung Cerdas
Pengantar Sistem Pakar
Pertemuan 18 SISTEM PAKAR.
Pengantar Intelegensia Buatan (IB)
SISTEM PAKAR.
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
KONSEP DASAR AI PERTEMUAN MINGGU KE-1.
Office Automation Office Automation (OS) / Office Automation Systems (OAS) adalah suatu sistem informasi yang secara khas mendukung tugas-tugas para karyawan,
PENGANTAR INTELEGENSIA BUATAN (IB) M. Ezar Al Rivan.
Kuliah Sistem Pakar Pertemuan III “Sistem Pakar”
Ragam Sistem Informasi
SISTEM PAKAR PERTEMUAN 8.
Pengenalan Sistem Pakar
Pengantar Sistem Pakar
Sistem Pakar.
Sistem Informasi Manajemen
SISTEM PAKAR (expert system)
Sistem pakar Sistem pakar merupakan cabang dari Artificial Itellegence (AI) yang cukup tua karena sistem ini mulai dikembangkan pada pertengahan 1960.
SISTEM PAKAR DAN SPK.
PENGENALAN SISTEM PAKAR
PENGANTAR SISTEM PAKAR (EXPERT SYSTEM)
Expert System (Sistem Pakar)
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELEGENT)
SISTEM PAKAR.
Pertemuan 6 SISTEM PAKAR.
Kecerdasan Buatan Dalam Sistem Informasi Bab : Sistem Pakar – part one
Sistem pakar M Ridwan Dwi Septian.
SISTEM PAKAR (LANJUTAN)
KOMPONEN SISTEM PAKAR.
Analisa Perancangan Sistem
SISTEM BERBASIS PENGETAHUAN
Model Heuristik Dr. Sri Kusumadewi, S.Si., MT. Materi Kuliah [8]:
Fakultas Ilmu Komputer
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
Artificial Intelegence/ P_7-8
Konsep Dasar Sistem Pakar
Sistem Informasi SISTEM PAKAR Rika Yunitarini, ST.
Office Automation Office Automation (OS) / Office Automation Systems (OAS) adalah suatu sistem informasi yang secara khas mendukung tugas-tugas para karyawan,
Pengembangan Sistem Pakar
ARSITEKTUR SISTEM PAKAR
PERBANDINGAN SISTEM KONVENSIONAL
Pertemuan 5 Kecerdasan Buatan
Sistem Berbasis Pengetahuan Pertemuan ke - 2
Pertemuan 9 PENGANTAR SISTEM PAKAR
Kecerdasan Buatan Dalam Sistem Informasi Bab : Sistem Pakar – part one
PENGERTIAN KECERDASAN BUATAN
Kecerdasan Buatan Dalam Sistem Informasi Bab : Sistem Pakar – part two
SISTEM PAKAR Presentasi mempersembahkan Ponang Lahida
Pertemuan 6 SISTEM PAKAR.
Pertemuan 11 PENGANTAR SISTEM PAKAR
DASAR-DASAR SISTEM PAKAR
SISTEM PAKAR.
Kecerdasan Buatan Dalam Sistem Informasi Bab : Sistem Pakar – part one
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Sistem Informasi Management “Sistem Pakar”
Pengenalan Sistem Pakar
Kecerdasan Buatan Dalam Sistem Informasi Bab : Sistem Pakar – part two
GUNAWAN Materi Kuliah [8]: (Sistem Pendukung Keputusan)
PENDAHULUAN.
Pertemuan 6 SISTEM PAKAR.
SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER
ARSITEKTUR SISTEM PAKAR
SISTEM PAKAR (expert system). Kepakaran (Expertise) Kepakaran merupakan suatu pengetahuan yang diperoleh dari pelatihan, membaca dan pengalaman. Kepakaran.
Analisa Perancangan Sistem
Transcript presentasi:

Pertemuan Ke- 6 SISTEM PAKAR (EXPERT SYSTEM)

DEFINISI SISTEM PAKAR (EXPERT SYSTEM): Sebuah program komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang pakar (human expert).

APA ITU PAKAR/AHLI (EXPERT) ? Seorang pakar/ahli (human expert) adalah seorang individu yang memiliki kemampuan pemahaman yang superior dari suatu masalah. Misalnya: seorang dokter, penasehat keuangan, pakar mesin mobil, dll. Kemampuan kepakaran: Dapat mengenali (recognizing) dan merumuskan masalah Menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat Menjelaskan solusi Belajar dari pengalaman Restrukturisasi pengetahuan Menentukan relevansi/hubungan Memahami batas kemampuan

APA ITU KEPAKARAN/KEAHLIAN (EXPERTISE) ? Pemahaman yang luas dari tugas atau pengetahuan spesifik yang diperoleh dari pelatihan, membaca dan pengalaman.

Jenis-jenis pengetahuan yang dimiliki dalam kepakaran: Teori-teori dari permasalahan Aturan dan prosedur yang mengacu pada area permasalahan Aturan (heuristik) yang harus dikerj akan pada situasi yang terjadi Strategi global untuk menyelesaikan berbagai jenis masalah Meta-knowledge (pengetahuan tentang pengetahuan) Fakta-fakta

APA ITU PENGETAHUAN (KNOWLEDGE) ? Data + processing = information Information + processing (pengalaman, training, dll) = knowledge

Perbandingan Seorang Ahli (Human Expert) dengan Sistem Pakar (ES) Faktor Human Expert Expert System Time Availability Hari Kerja Setiap saat Geografis Lokal/tertentu Dimana saja Keamanan Tidak tergantikan Dapat diganti Perishable/Dapat habis Ya Tidak Performansi Variabel Konsisten Kecepatan variabel Konsisten & lebih cepat Biaya Tinggi Terjangkau

Alasan mendasar mengapa ES dikembangkan untuk menggantikan seorang pakar: Dapat menyediakan kepakaran setiap waktu dan diberbagai lokasi Secara otomatis mengerjakan tugas-tugas rutin yang membutuhkan seorang pakar. Seorang Pakar akan pensiun atau pergi Seorang Pakar adalah mahal Kepakaran dibutuhkan juga pada lingkungan yang tidak bersahabat (hostile environtment)

Perbandingan Sistem Konvensional dan Sistem Pakar

Sistem Konvensional Sistem Pakar Informasi dan pemrosesan umumnya digabung dlm satu program sequential Knowledge base terpisah dari mekanisme pemrosesan (inference) Program tidak pernah salah (kecuali programer-nya yang salah) Program bisa saja melakukan kesalahan Tidak menjelaskan mengapa input dibutuhkan atau bagaimana hasil diperoleh Penjelasan (explanation) merupakan bagian dari ES Membutuhkan semua input data Tidak harus mambutuhkan semua input data atau fakta Perubahan pada program merepotkan Perubahan pada rules dapat dilakukandengan mudah Sistem bekerja jika sudah lengkap Sistem dapat bekerja hanya dengan rules yang sedikit Eksekusi secara algoritmik (step-by-step) Eksekusi dilakukan secara heuristic dan logik

Sistem Konvensional Sistem Pakar Manipulasi efektif pada database yang besar Manipulasi efektif pada knowledge-base yang besar Efisiensi adalah tujuan utama Efektifitas adalah tujuan utama Data kuantitatif Data kualitatif Representasi data dalam numerik Reperesentasi pengetahuan dalam simbol Menangkap, menambah dan mendistribusi data numerik atau informasi pertimbangan (judgment) dan pengetahuan

PEMINDAHAN KEPAKARAN Tujuan dari sebuah sistem pakar adalah untuk mentransfer kepakaran yang dimiliki seorang pakar kedalam komputer, dan kemudian kepada orang lain (nonexpert). Aktifitas yang dilakukan untuk memindahkan kepakaran: Knowledge Acquisition (dari pakar atau sumber lainnya) Knowledge Representation (ke dalam komputer) Knowledge Inferencing Knowledge Transfering

Model Sistem Pakar

Contoh Aplikasi Sistem Pakar * XSEL Sistem pakar ini dapat bertindak sebagai asisten penjual, yang membantu penjual komputer DEC memilihkan pesanan pelanggan sesuai dengan kebutuhan * MYCIN Sistem ini dikembangkan di Universitas Stanford pada pertengahan 1970-an dengan tujuan untuk membantu jurumedis dalam mendiagnosa penyakit yang disebabkan bakteri. * PROSPECTOR Sistem ini diciptakan oleh Richard Duda, Peter Hard, dan Rene Reboh pada tahun 1978 yang menyediakan kemampuan seperti seorang pakar di bidang geologi.

Contoh Dialog Sistem Pakar Sistem pakar : Apakah buah berbentuk bulat? Pemakai : Ya Sistem pakar : Apakah buah berwarna hijau ketika muda dan kuning ketika sudah tua? Pemakai : Tidak Sistem pakar : Apakah buah berwarna hijau ketika muda dan merah ketika sudah tua? Sistem pakar : Apakah berbatang? Sistem pakar : Menurut pengetahuan yang saya miliki, Apel memenuhi kriteria yang Anda sebutkan.

STRUKTUR DASAR SISTEM PAKAR KNOWLEDGE BASE Bagian dari sistem pakar yang berisi domain pengetahuan Terdiri dari 2 elemen dasar: Heuristik khusus atau rules, yang langsung menggunakan pengetahuan untuk menyelesaikan masalah khusus. Fakta, situasi masalah dan teori yang terkait

WORKING MEMORY Bagian dari sistem pakar yang berisi fakta-fakta masalah yang ditemukan dalam suatu sesi Berisi fakta-fakta tentang suatu masalah yang ditemukan dalam proses konsultasi

INFERENCE ENGINE Processor pada sistem pakar yang mencocokan fakta-fakta yang ada pada working memori dengan domain pengetahuan yang terdapat pada knowledge base, untuk menarik kesimpulan dari masalah yang dihadapi.

STRUKTUR DETAIL SISTEM PAKAR Terdiri atas 2 bagian : Development Environment (Lingkungan Pengembangan) Consultation Environment (Lingkungan Konsultasi)

Bagian-bagian yang secara umum ada pada struktur detail sistem pakar Knowledge Aqcuisision System Knowledge Base Inference engine User Interface User Workplace (Blackboard) Explanation Subsystem Knowledge refining system

KNOWLEDGE AQCUISISTION Meliputi proses pengumpulan, pemindahan, dan perubahan dari kemampuan pemecahan masalah seorang pakar atau sumber pengetahuan terdokumentasi (buku, dll) ke program komputer, yang bertujuan untuk memperbaiki dan atau mengembangkan basis pengetahuan (knowledge-base)

KNOWLEDGE ENGINEERING Proses pengembangan suatu sistem pakar Orang yang mengembangkan suatu sistem pakar disebut: Knowledge Engineer Fase pengembangan sistem pakar 1. Assessment 2. Knowledge Aqcuisition 3. Design 4. Test 5. Documentation 6. Maintenance

Tiga Pemain utama dalam suatu proyek sistem pakar adalah: Domain Expert Knowledge engineer End-user

Kategori Problema Sistem Pakar secara umum: Interpretasi – membuat kesimpulan atau deskripsi dari sekumpulan data mentah. Prediksi – memproyeksikan akibat-akibat yang dimungkinkan dari situasi-situasi tertentu Diagnosis – menentukan sebab malfungsi dalam situasi kompleks yang didasarkan pada gejala-gejala yang teramati

Desain – menentukan konfigurasi komponen-komponen sistem yang cocok dengan tujuan-tujuan kinerja tertentu yang memnuhi kendala -kendala tertentu Perencanaan – merencanakan serangkaian tindakan yang akan dapat mencapai sejumlah tujuan dengan kondisi awal tertentu Instruksi – mendeteksi dan mengoreksi defisiensi dalam pemahaman domain subyek

Pengendalian – mengatur tingkah laku suatu environment yang kompleks Selection – mengidentifikasi pilihan terbaik dari sekumpulan (list) kemungkinan Simulation – pemodelan interaksi antara komponen-komponen sistem Monitoring – membandingkan hasil pengamatan dengan kondisi yang diharapkan

Domain expert Orang yang memiliki ketrampilan ( skill) dan pengetahuan (knowledge) untuk menyelesaikan masalah khusus dengan cara-cara yang superior dibanding orang kebanyakan. Memiliki pengetahuan kepakaran Memiliki ketrampilan problem-solving yang efisien Dapat mengkomunikasikan pengetahuan Dapat menyediakan waktu Dapat bekerja sama

Knowledge Engineer Orang yang melakukan proses disain, mengembangkan dan menguji suatu sistem pakar Memiliki ketrampilan rekayasa pengetahuan (knowledge engineering) Memiliki ketrampilan komunikasi yang baik Dapat menyesuaikan masalah kepada software Memiliki ketrampilan pemrograman sistem pakar

End-User Dapat membantu mendefinisikan spesifikasi interface Dapat membantu proses akuisisi pengetahuan Dapat membantu proses pengembangan sistem

Pemrograman konvensional Perbedaan utama antara pemrograman konvensional dengan pengembangan Sistem Pakar Pemrograman konvensional Pengembangan Sistem Pakar Fokus pada Solusi Fokus pada masalah Programmer bekerja sendirian Hasil Kerja Team Sequential Iterative

Perkuliahan (SELANJUTNYA) Sampai Jumpa pada Perkuliahan (SELANJUTNYA)