Pemrograman Bergerak Pembuatan Resource. What is XML? XML stands for EXtensible Markup Language XML is a markup language much like HTML XML was designed.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengembangan Web Pertemuan 2 HTML Basic (Text Formating, Link & Frame)
Advertisements

Praktikum Bahasa Pemrograman
Dasar-Dasar Pemrograman
PHP. PHP itu … Merupakan singkatan recursive dari PHP : Hypertext Prepocessor Pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994.Rasmus Lerdorf Setiap.
Java array.
XML.
Alg&Pemrog 2B Sistem Komputer Variable  Variable dapat didefinisikan sebagai bagian dari memory untuk menyimpan nilai yang telah ditentukan.  Setiap.
-Tipe Bilangan Bulat > 1,4,40,100 -Tipe bilangan real > 1.50,3.234, Tipe Boolean > True, False -Tipe Karakter > A, B, X, y -Tipe String > Nama,
Pemrograman Aplikasi Bergerak
Pemrograman Web/TI/ AK /2 sks
Diberikan pada Kuliah Sela Teknik Informatika - Universitas Muhammadiyah Malang Tahun 2011.
Dasar-Dasar PHP.
Web and Multimedia based Programming K2133 Pemrograman berbasis Web dan Multimedia 1.
Algoritma & Pemrograman 1
Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012
1 Perancangan dan Pemrograman Web Nyimas Artina,S.Kom, M.Si.
Array.
HTML PEMROGRAMAN INTERNET.
METHOD, ARRAY DAN STRING
1 Pertemuan 8 Structure Data Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
Introduction to XML.
Pemrograman Bergerak Lokalisasi Aplikasi 1.
Struktur Project Android
Java array.
Mobile Programming Pertemuan 3 Presented by Mulyono
Pengaktifan Activity secara Explicit
HTML Universitas Muhammadiyah Surakarta Yogiek Indra K.
Mobile Programming Intro Android.
UI Controls dengan Widget TextView, EditText dan Button
PHP.
Teknik. Pemrog. Terstruktur 2
JAVA ARRAY.
Pengelolaan Database Lanjutan
Java array.
DASAR DASAR JAVA Dengan Netbans PBO Java.
Algoritma & pemrograman 1B
Java array.
Pertemuan 1&2 - Dasar Pemrograman PHP By: Junta Zeniarja, M.Kom, M.CS
Java array.
Content Provider pada Android
Skenario 2: Hujan Pemrograman Game Eko Prasetyo Teknik Informatika
Teks, Gambar dan hypertext
Tipe Data, Variabel, dan Operator
PEMROGRAMAN DASAR DI JAVA
Pemrograman Perangkat Mobile
Pertemuan Minggu ke-3 Matakuliah Permrograman Web
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Intent As’ad Djamalilleil
Method (Metode).
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Java array.
Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1.
Algoritma & Pemrograman 1
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK PENDAHULUAN
Teks, Gambar dan hypertext
Komponen GUI Menambahkan Komponen.
Struktur Aplikasi Android
Content Provider pada Android
Dasar-Dasar Pemrograman
Mendayagunakan Activity External
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Android Multimedia Pertemuan 7.
Android Multimedia Nur Dwi Ramadani
Java array.
Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Java array.
Teknik. Pemrog. Terstruktur 2
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Pemahaman XML Parsing.
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #3 - 2
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

Pemrograman Bergerak Pembuatan Resource

What is XML? XML stands for EXtensible Markup Language XML is a markup language much like HTML XML was designed to carry data, not to display data XML tags are not predefined. You must define your own tags XML is designed to be self-descriptive XML is a W3C Recommendation XML adalah case sensitif

Quiz Pernyataan berikut ini yang salah: a. XML singkatan dari eXtensible Markup Language. b. XML digunakan untuk tampilan data c. XML direkomendasikan oleh W3C d. XML adalah case sensitif e. XML dirancang untuk self deskriptif

Syntax XML XML harus memiliki element Root..... Nilai untuk XML attribut harus diberi tanda petik “ Ada lima predefined entity di XML < < less than > > greater than & & ampersand &apos; ' apostrophe " " quotation mark Ini adalah komentar pada XML

Quiz Perhatikan XML berikut ini: hello world number 4 > 3 number 3 < 3 you & me android Buatlah saran perbaikan.

Pembuatan Resources Anda disarankan untuk melakukan eksternalisasi terhadap sumber daya seperti Gambar dan String pada aplikasi anda dari pada langsung mendeklarasikannya pada kode aplikasi. Manfaat: Memudahkan pemeliharaan, memudahkan customization, Reuse, dan Lokalisasi. Eksternalisasi dilakukan dengan menempatkan sumber daya tersebut pada folder /res pada project. resources.html

Quiz Pernyataan berikut ini yang tidak benar: a. Anda menempatkan resource gambar dan value pada folder /res b. Eksternalisasi meningkatkan maintainability. c. Eksternalisasi memungkinkan reuse d. Eksternalisasi memungkinkan customization e. Anda wajib melakukan eksternalisasi dalam pembuatan aplikasi Android.

Struktur Res Pada folder drawable-xxxx, ditempatkan icon sesuai dengan masing-masing dpi. Pada folder layout, ditempatkan xml file untuk antarmuka masing- masing activity Pada folder value, ditempatkan xml file yang berisi deklarasi untuk values.

Quiz Pernyataan berikut ini yang salah: a. Pada folder drawable anda menempatkan values. b. Pada folder drawable anda menempatkan sumber daya image c. Anda dapat menempatkan icon dengan dpi yang berbeda-beda pada folder drawable-xxxx sesuka hati anda d. a dan c salah e. a, b dan c salah

Drawable Untuk masing-masing resolusi layar, anda perlu menyiapkan icon dengan skala menurut mdpi. Misalnya ukuran icon baseline adalah 48x48, maka untuk ldpi adalah 36x36, dan untuk hdpi adalah 72x72. Lakukan copy & paste untuk memasukan icon pada masing- masing folder.

Quiz Jika anda memiliki sebuah icon dengan ukuran 48x48, maka berikut ini yang benar adalah: a. ukuran 72x72 untuk hdpi b. ukuran 36x36 untuk ldpi c. ukuran 48x48 untuk hdpi d. a, b dan c salah e. a, b dan c benar

Resource Reference Android ResourceReference from XMLReference from Java @string/HelloWorldR.string.HelloWorl d

Quiz Nama resource, dan referensi yang benar adalah sebagai berikut: a. R.layout.main b. r.drawable.ico R.String.Hello d. a,b,dan c salah e. a,b,dan c benar

String Resource String Resources, mendefinisikan string, string array dan plurals (termasuk format string), disimpan pada res/values dan diakses melalui R.string, R.array, dan R.plurals

String Disimpan pada file res/strings.xml Hello! Pemakaian pada layout <TextView android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="wrap_content" /> Pemakaian pada aplikasi String string = getString(R.string.hello); Anda dapat juga menggunakan getString(int) maupun getText(int)

String Array Disimpan pada file strings.xml Mercury Venus Earth Mars Pemakaian pada aplikasi Resources res = getResources(); String[] planets = res.getStringArray(R.array.planets_array);

Plurals Disimpan pada file strings.xml One song found. %d songs found. Pemakaian pada aplikasi int count = getNumberOfsongsAvailable(); Resources res = getResources(); String songsFound = res.getQuantityString(R.plurals.numberOfSongsAvailable, count, count);

Escaping Escaping apostrophes dan quotes "This'll work" This\'ll also work This doesn't work XML encodings don&apos;t work

Formatting Strings Jika anda perlu melakukan format string dengan String.format(String, object, …) maka anda dapat menempatkan format string sebagai berikut: Resource Hello, %1$s! You have %2$d new messages. Java Resources res = getResources(); String text = String.format(res.getString(R.string.welcome_message s), username, mailCount);

Styling dengan HTML markup Anda dapat menambahkan styling pada string anda dengan HTML markup, sebagai contoh: Welcome to Android ! Supported HTML elements include: for bold text. for italic text. for underline text.

Quiz Perhatikan string resource berikut: Hello! juma't Happy Christmas & Happy New Year Buatlah saran perbaikan.

Resource Type Bool file location: res/values/filename.xml The filename is arbitrary. The element's name will be used as the resource ID. resource reference: In Java: R.bool.bool_name In syntax: [true | false] Java Resources res = getResources(); boolean variable = res.getBoolean(R.bool.bool_name); Layout <ImageView android:layout_height="fill_parent" android:layout_width="fill_parent" />

Resource Type Color file location: res/values/colors.xml The filename is arbitrary. The element's name will be used as the resource ID. resource reference: In Java: R.color.color_name In syntax: hex_color Java Resources res = getResources(); int color = res.getColor(R.color.color_name); Layout #RGB #ARGB #RRGGBB #AARRGGBB

Resource Type Dimension file location: res/values/filename.xml The filename is arbitrary. The element's name will be used as the resource ID. resource reference: In Java: R.dimen.dimension_name In syntax: dimension Java Resources res = getResources(); float fontSize = res.getDimension(R.dimen.font_size); Layout <TextView

Satuan pada Dimension dp Density-independent Pixels – Suatu satuan abstrak berdasarkan ukuran density layar fisik. Satuan ini relatif kepada 160 dpi (dots per inch) pada layar, pemakaian dp akan membuat tampilan konsistem pada peralatan yang memiliki jumlah pixel per inchi yang berbeda sp Scale-independent Pixels – Serupa dengan dp, direkomendasikan untuk pemakaian pada ukuran font. pt Points - 1/72 dari satu inchi pada ukuran fisik layar. px Pixels – Sesuai dengan ukuran pixel pada layar, unit ini tidak direkomendasi karena akan menyebabkan tampilan yang berbeda pada peralatan yang berbeda, karena peralatan yang berbeda dapat memiliki jumlah pixel per inchi yang berbeda pada layar. mm Millimeters – berdasarkan ukuran layar fisik. in Inches – berdasarkan ukuran layar fisik.

Quiz Pernyataan berikut ini yang benar: a. satuan dp adalah ukuran absolute 160 dot per inchi. b. satuan dp direkomendasi untuk ukuran font c. anda disarankan menggunakan satuan pt d. satuan dp dan pt dapat saling menggantikan e. dp dan sp adalah satuan yang disarankan f. semua pernyataan diatas benar

Contoh 25dp 150dp 30dp 16sp Java Resources res = getResources(); float fontSize = res.getDimension(R.dimen.font_size); Layout <TextView

Resource Type Integer file location: res/values/filename.xml The filename is arbitrary. The element's name will be used as the resource ID. resource reference: In Java: R.integer.integer_name In syntax: <integer name="integer_name" >integer Java Resources res = getResources(); int maxSpeed = res.getInteger(R.integer.integer_name);

Latihan Buatlah String resource sebagai berikut dan simpan pada file pesan.xml: Tampilkan masing-masing String resource tersebut diatas pada TextView pada TextView. Pesan1, selamat_belajar Pesan2, selamat_tahun_baru Pesan3, lebih_besar Tambahkan Array String yang mendeklarasikan nama-nama hari dalam minggu (Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu), dan simpan pada file hari.xml. Tambahkan plural berikut ini (One item, %d items) String nameText selamat_belajarSelamat Belajar Android selamat_tahun_baruHappy Chrishmas & Happy new year lebih_besarNilai 3 > 6

Tugas Buatlah suatu project Android HitungSegitiga dengan launcher sebagai berikut : Semua text disimpan pada String Resources Hello World, HitungSegitigaActivity! Mari Hitung Segitiga Panjang Lebar Luas persegi panjang adalah: %1$.2f Hitung Belum Ada Hasil public class HitungSegitigaActivity extends Activity { /** Called when the activity is first created. public void onCreate(Bundle savedInstanceState) { super.onCreate(savedInstanceState); setContentView(R.layout.main); } public void hitungOnClick(View target) { TextView panjang = (TextView) findViewById(R.id.editPanjang); TextView lebar = (TextView) findViewById(R.id.editLebar); TextView hasil = (TextView) findViewById(R.id.lbl_luas); Double nPanjang = Double.parseDouble(panjang.getText().toString()); Double nLebar = Double.parseDouble(lebar.getText().toString()); Double nHasil = nPanjang * nLebar; Resources res = getResources(); hasil.setText(String.format(res.getString(R.string.lbl_luas),nHasil)); }

Sekian & Terima Kasih