Materi Pertemuan 5 Manipulasi langsung. Perasaan positif yang timbul pada user yg puas dengan sistem interaktif :  Penguasaan atas sistem  Kompetensi.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.
Advertisements

BAB V MANIPULASI LANGSUNG.
Manual Tercetak, Petunjuk Online dan Tutorial
Modul 10 (Multimedia) Mega Anis Kartika
PRESENTASI BISNIS PERTEMUAN 12.
Interaksi Manusia dan Komputer
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
PROTOTYPING Analisa Desain Sistem Informasi. Pendahuluan Prototipe merupakan simulasi atau animasi dari bakal sistem. Prototipe merupakan suatu metode.
PERANGKAT LUNAK dalam SISTEM INFORMASI
FAKTOR MANUSIA.
PRESENTASI BISNIS PERTEMUAN 12.
Protyping IMK-M5.
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
Pengantar Aplikasi Komputer I
Manipulasi Langsung dan Lingkungan Maya
Manipulasi Langsung dan Lingkungan Maya
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
DESIGN INTERFACE.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Manipulasi Langsung Manipulasi Langsung
MEMAHAMI RAGAM DIALOG.
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Pertemuan 5 PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) KOMPUTER
Program Keahlian I – SI By Antonius Rachmat C
Teori , Prinsip, dan Pedoman
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Interaksi Manusia dengan Komputer
Pemilihan Menu dan Pengisian Formulir
NamaSlide Tika Listiani Umar3-5 Erwin Suganda6-8 Indah Rahmawati Putri9-11 Ivan David12-14 Heru Setiawan15-17.
Interaksi Manusia dan Komputer
Analisa Desain Sistem Informasi
KONSEP USER INTERFACE.
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
Perancangan antarmuka (design interface)
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Interaksi Manusia & Komputer Ragam Dialog
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia & Komputer Prototyping
Teori, Prinsip, dan Pedoman
KONSEP INTERFACE
Interaksi Manusia & Komputer Faktor Manusia
Interaksi Manusia & Komputer Audio dan Agent
Anna Dara Andriana S.Kom.,M.Kom
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
User interface Bagaimana user berinteraksi dengan komputer
Pendahuluan.
PEMANFAATAN GRAFIKA KOMPUTER DALAM PENGOLAHAN CITRA
Microsoft Power Point.
PERANCANGAN ANTARMUKA (Design Interface) – part 1
1.
Teori, Prinsip, dan Pedoman
UMAR MUHAMMAD,ST.,MT PERTEMUAN I
USER INTERFACE.
Teori , Prinsip, dan Pedoman
DESAIN GRAFIS IMK 2015 Laseri, S.Kom.
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Apakah sebenarnya komputer itu?
PROTOTYPING IMK 2015 Laseri, S.Kom.
Manipulasi Langsung Manipulasi Langsung
Analisa Desain Sistem Informasi
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Pendahuluan.
Interaksi.
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
MICROSOFT WORD.
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
INTERAKSI.
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Transcript presentasi:

Materi Pertemuan 5 Manipulasi langsung

Perasaan positif yang timbul pada user yg puas dengan sistem interaktif :  Penguasaan atas sistem  Kompetensi dalam melakukan tugas  Kemudahan dalam mempelajari sistem dari awal dan memahami fitur lanjut (advanced)  Kepercayaan diri dalam kapasitas mengingat penguasaan

Lanjutan…  Kenikmatan menggunakan sistem  Keinginan untuk mempertunjukkan sistem kepada pemula  Keinginan untuk menjelajahi aspek-aspek yang lebih hebat dari sistem

Tentang manipulasi langsung  Definisi : Representasi visual (metafora) dari dunia nyata Representasi visual (metafora) dari dunia nyata Objek dan aksi diperlihatkanObjek dan aksi diperlihatkan Mengandung pemikiran analogisMengandung pemikiran analogis Aksi yang cepat, dan dapat dibatalkan Aksi yang cepat, dan dapat dibatalkan Mengetik diganti dengan menunjuk dan memilih Mengetik diganti dengan menunjuk dan memilih Hasil aksi langsung terlihat Hasil aksi langsung terlihat

Keuntungan :  Kompatibilitas kendali dan tampilan  Lebih sedikit sintaksis karena itu tingkat kesalahan berkurang  Labih banyak pencegahan kesalahan  Lebih cepat dipelajari dan diingat  Mendorong penjelajahan

Kekurangan :  Meningkatkan sumber daya (resource) sistem  Aksi menyusahkan  Teknik makro lemah  Sulit dicatat dan ditelusuri  Sulit digunakan oleh orang-orang yang penglihatannya terganggu

Contoh-contoh sistem manipulasi langsung  Display editor dan pengolah kata cth : word processor  Spreadsheet cth : VisiCalc, Excel  Manajemen data spasial (spatial data management) cth : ArcView  Video games  Computer aided design and manufacturing  Office automation, database, directories  Graphical User Interface (GUI)

Masalah-masalah dengan manipulasi langsung  Representasi visual tidak selalu merupakan peningkatan dari teks karena dapat terlalu menyebar dan menyesatkan  Pemakai harus mempelajari arti komponen- komponen representasi visual  Bagi juru ketik yang berpengalaman, memindahkan mouse atau menunjuk sesuatu bisa lebih lambat daripada mengetik

Pemikiran Visual dan Ikon  Ikon adalah gambar atau simbol yang mewakili konsep tertentu

Pedoman perancangan ikon :  Representasikan objek atau aksi dengan cara yang dikenal  Batasi jumlah ikon yang berbeda  Buat ikon jelas terlihat dari latar belakangnya  Pertimbangkan ikon tiga dimensi; bagus dilihat tapi dapat mengalihkan perhatian

Lanjutan…  Pastikan setiap ikon yang dipilih terlihat jelas ketika dikelilingi oleh ikon yang tidak terpilih  Buat setiap ikon berbeda dari yang lainnya  Pastikan keselarasan setiap ikon sebagai anggota kelompok ikon

Lanjutan…  Rancang animasi pergerakan : ketika diseret, tampil seluruh ikon, kerangkanya saja, versi hitam putih, atau kotak hitam  Berikan informasi rinci  Pikirkan penggunaan kombinasi ikon untuk menciptakan objek atau aksi baru

Virtual Reality (Kenyataan Maya)  Virtual reality : lingkungan buatan yang diciptakan dengan hardware dan software dan dipresentasikan kepada pemakai dengan cara sedemikian sehingga lingkungan tersebut tampil dan terasa seperti lingkungan asli

Komponen-komponen VR  Visual display  Head position sensing  Hand position sensing  Force feedback  Sound input and output  Other sensations  Cooperative and competitive VR

 Visual display Tampilan yang bisa menutup 100 derajat horizontal dan 60 derajat vertikal Tampilan yang bisa menutup 100 derajat horizontal dan 60 derajat vertikal  Head position sensing Sistem dapat mengetahui posisi kepala dari user yang berinteraksi dengan sistem tersebut Sistem dapat mengetahui posisi kepala dari user yang berinteraksi dengan sistem tersebut  Hand position sensing Pengenalan posisi tangan user dengan sarung tangan khusus Pengenalan posisi tangan user dengan sarung tangan khusus

 Force feedback User dapat merasakan efek dari sistem misalnya “menyentuh” dan “menabrak” User dapat merasakan efek dari sistem misalnya “menyentuh” dan “menabrak”  Sound input and output Suara yang menambah kesan nyata Suara yang menambah kesan nyata Pengenalan suara untuk memberi perintah Pengenalan suara untuk memberi perintah

 Other sensation Pada simulator pesawat terbang :kemiringan dan getaran Pada simulator pesawat terbang :kemiringan dan getaran Efek lain : suhu udara angin, dan bau Efek lain : suhu udara angin, dan bau  Cooperative and competitive VR Dua orang user menggunakan sistem untuk bekerjasama ataupun bertanding dalam interaksinya dengan sistem Dua orang user menggunakan sistem untuk bekerjasama ataupun bertanding dalam interaksinya dengan sistem