KELOMPOK 35 RINA ARMINTIA SANI(104284027) FIRMAN ARIF HIDAYAT(104284235)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DEMOKRASI TEORI DAN AKSI
Advertisements

Masa kebangkitan kembali hukum islam
Mahasiswa mampu menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis musik
ENDANG.YUNIARTI XII IPS 3 15
Teori tentang sifat hakekat negara
SOSIOLOGI SEBAGAI ILMU DAN METODE DALAM MENGKAJI FENOMENA SOSIAL
MARI KITA BELAJAR SEJARAH. OK…..?
PERKEMBANGAN HURUF (TIPOGRAFI)
PERKEMBANGAN EPISTEMOLOGI
Pengampu : Terry Irenewaty M.hum Fakultas Ilmu Ekonomi dan Sosial Universitas Negeri Yogyakarta 2011.
BERPIKIR SEJARAH KEGIATAN FASILITASI WORKSHOP KESEJARAHAN GURU SEJARAH INDONESIA SEPTEMBER 2013 Disajikan oleh Drs. Listiyanto, M.Si.
KETUHANAN YANG MAHA ESA
ILMU, TEKNOLOGI DAN SENI DALAM ARSITEKTUR
Evaluasi Materi Sejarah & Perkembangan Seni Rupa Pertemuan 13
SK/KD MATERI LATIHAN PROFIL. SK/KD MATERI LATIHAN PROFIL.
Materi Pertemuan 12 Sejarah Hukum Islam III
FILSAFAT PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN
Seni Rococo, Neoklasisme & Romantisisme>> Pertemuan 11
Pertemuan 10 Seni Rupa Abad 19
Matakuliah : Sejarah Seni Rupa 1
SEJARAH DAN PENGETAHUAN MASA SILAM
POSTMODERNISME DAN TEORI-TEORI RELEVAN UNTUK PENELITIAN BUDAYA (SENI)
ILMU EKONOMI LAHIRNYA ILMU EKONOMI ISTILAH MASA SILAM BATASAN.
DRA.HJ.ARIATI PAKAYA, MPd
والله أخرجكم من بطون أمهاتكم لا تعلمون شيئا وجعل لكم السمع والأبصار والأفئدة لعلكم تشكرون Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan.
KONSEP-KONSEP DASAR SOSIOLOGI
SOSIOLOGI SEBAGAI ILMU DAN PENGETAHUAN
ALIRAN FILSAFAT NATURALISME
PERTEMUAN KETUJUH KEDUDUKAN FILOLOGI.
Sistem Pers.
Ruang lingkup antropologi
Sejarah Perkembangan Ilmu Lingkungan Oleh : Mashudi Alamsyah, M.Pd.
MENJADI KATOLIK 4/16/2018 Drs. A. P . Oenarto.
SEJARAH FILSAFAT HUKUM
UNIVERSITAS PAKUAN PROGRAM PASCA SARJANA JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN 2015 Hakikat Ilmu Filsafat Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah : FILSAFAT.
KONSEP DAN KARAKTERISTIK KOTA SERTA PROSES PEMBENTUKANNYA
By: Desayu Ekla Surya, S.Sos., M.Si
PENGERTIAN SEJARAH.
SEJARAH FILSAFAT ILMU.
PERIODE ABAD 19 : ARTS & CRAFTS Pertemuan 8
FALSAFAH KEINDAHAN MASA PERTENGAHAN Pertemuan 03
PERIODE ABAD : INGGRIS Pertemuan 6
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU DAN SOSIAL
BAB 1 PENDAHULUAN.
Pengertian Kreativitas Pertemuan 3
Seni Rupa Abad XIX Pertemuan 10
ALUR PERKEMBANGAN ILMU
“Sosiologi Perkotaan”
SEJARAH ISLAM APA YANG DIMAKSUD DENGAN SEJARAH?
SEJARAH INTELEKTUAL Dosen : Agus Gunawan,Drs.,M.Pd.
RUANG LINGKUP DAN PERKEMBANGAN ILMIAH
MODEL TINJAUAN HISTORIS
Kelompok 9 : Miftahul Jannah Siti Rechal Muhammad Khairunnas
PENDEKATAN-PENDEKATAN KEPEMIMPINAN
PERIODESASI SEJARAH.
TINJAUAN DESKOMVIS TOPIK 5 MODEL TINJAUAN ESTETIKA FILOSOFI DARI RENAISANCE, PENCERAHAN, MODERN DAN POST MODERN TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN.
ILMU NEGARA PROGRAM STUDI S1 ILMU HUKUM UNIVERSITAS NGUDI WALUYO
MANUSIA, KEBUDAYAAN, DAN PERADABAN
KETUHANAN YANG MAHA ESA
PENGENALAN FILSAFAT A. Arti Filsafat a. Dari segi etimologi FALSAFAH
PERKEMBANGAN FILSAFAT ILMU
PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN BUDAYA PERTENGAHAN Nama kelompok: 1
Konsep dan pendekatan sosiologi
Kedaulatan.
Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan
UNIT 1: SEJARAH KEWARTAWANAN PEMBANGUNAN
MANUSIA DAN PERADABAN BAB 4 ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR IIS DEWI LESTARI.
UNIT 1: SEJARAH KEWARTAWANAN PEMBANGUNAN
KLASIFIKASI FILSAFAT Filsafat BaratFilsafat Timur Filsafat Timur Tengah KLASIFIKASI FILSAFAT, SEJARAH LAHIRNYA FILSAFAT DAN SEJARAH PERKEMBANGAN FILSAFAT.
ANTROPOLOGI.
Transcript presentasi:

KELOMPOK 35 RINA ARMINTIA SANI( ) FIRMAN ARIF HIDAYAT( )

KESADARAN HISTORIS

Pengertian Kesadaran Historis Menurut Oakeshott bahwa konsep perubahan sebetulnya merupakan sebuah konsep yang paradoksal, karena memperpadukan pengertian mengenai perbedaan, dengan pengertian mengenai sesuatu yang tetap sama. Menurut John lukacs “history has become a from of thought modern people”(sejarah berpengaruh dalam cara berpikir manusia modern) Maka dari itu, kesadaran hisoris merupakan sepasang kembar siam: dari satu pihak memperlihatkan kebinekaan berbagai periode dalam masa silam, dari lain pihak mengungkapkan suatu stabilitas, sesuatu yang tak berubah di dalam proses sejarah.

Perkembangan Pemahaman Kesadaran Sejarah Para ahli mempunyai pendapat berbeda-beda mengenai kapan munculnya kesadaran sejarah? Biasanya dikatakan, bahwa kesadaran historis dibangkitkan karena perubahan- perubahan sosial dan politik yang mendalam di Eropa Barat, akibat Revolusi Perancis dan Revolusi Industri. Ditandai dengan lahirnya pengkajian sejarah modern. Meinecke memperlihatkan, bahwa segala konsep yang kita kaitkan dengan kesadaran historis dan historisme, sudah kita jumpai dalam tulisan-tulisan Montesquieu Moser atau Herder. Tak lama berselang, P.H. Reill menunjukkan hal yang sama dalam tulisan sementra sejarawan dan filsuf abad ke-18, yang tidak begitu terkenal.

D. Kelley dan J. Franklin yang mengadakan penelitian mengenai tulisan sementara ahli sejarah hukum pada abad ke-16 seperti Jacques Cujas ( ), Francois Hotman ( ) dan terutama Jacques Beaundoin ( ) menunjukkan, bagaimana pada abad itu para ahli sejarah hukm telah menyadari bahwa setiap kurun waktu dalam sejarah mempunyai norma-norma hukum tersendiri dan bagaimana norma-norma tersebut selalu tergantung pada bentuk masyarakat yang menjadi sasaran tata hukum itu. Dalam kasusu ini, dilihat bagaimana pengakuan terhadap unsur perubahan (dalam norma hukum), dibarengi oleh suatu pengakuan terhadap sifat-sifat yang tidak berubah (keberkaitan antara norma hukum dan masyarakat).

J.G.A. Pocock merumuskan sebuah analisis yang sangat orisinal mengenai tumbuhnya kesadaran historis. Yang menjadi titik pangkalnya adalah perbedaan antara pandangan abad pertengahan mengenai kenyataan sosio-historis dengan pendapat-pendapat yang dipaparkan oleh para pengerang Renaissance, seperti Niccolo Machiavelli ( ) dan Francesco Guicciardinni ( ). Secara singkat abad tengah menawarkan pemikiran bahwa manusia hidup sebetulnya hanya ada kaitan ”vertikal” dengan Kerajaan Allah (Civitas Dei). Tidak ada tempat bagi hubungan horozontal antara orang perorang.

Kesadaran Sejarah Masa Kini Pada umumnya ada aura pemistis dalam memandang kesadaran historis dewasa ini. Bertambahnya kuantitas dan kualitas sejarah pada abad 20, menurut Nietzsche membuat masa silam hany menjadi obyek belaka, yang terletak di depan muka kita seperti benda yang mati. Jumlah buku dan karangan sejarah yang demikian banyak, membuat kita acuh tak acuh terhadap masa silam. Menurut Th. Schieder, manusia Barat sekarang ini, tidak merasa terikat lagi dengan masa silam, karena kesadaran akan unsur perubahan dan kelestarianayang demikian pokok bagi kesadaran historis telah punah. Pendapat lain menyatakan bahwa ini tidak benar, bila hanya pengkajian sejarah dewasa ini yang menyebabkan kesadaran historis punah. Ada pendapat bahwa segala kemungkinan dan bahaya yang terbentang di hadapan kita tidak ada taranya dalam masa silam. Dengan demikian, kita dengan sendirinya menyadari, makin memusatkan diri kita pada masa kini dan sikap ini berlawanan dengan kesadaran historis.

Akhirnya saintisme pada pertengahan abad ini masih demikian dielu-elukan, rupanya kini kalah dengan suatu bentuk historisme gaya batu. Iklim intelektual dewasa ini, menurut banyak segi, mirip dengan iklim Romantik awal.

TERIMA KASIH