 Farros  Asti  Rara  Yesi  Dzikria  Hanna. Perkembangan paradigma Psikologi Islami selama hampir dua dekade di Indonesia menunjukkan dinamika keilmuwan.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Dr. Abd. Qadim HS, M.Si 5 IDENTIFIKASI DAN PANDUAN MEMILIH TOPIK PENELITIAN.
Advertisements

SOSIOLOGI AGAMA PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI SEMESTER VI PERTEMUAN II
ONTOLOGI ILMU POLITIK  .
Mutia Rahmi Pratiwi Jurusan Ilmu Komunikasi UDINUS Semarang
Green Recovery And Reconstruction: Training Toolkit For Humanitarian Aid Perancangan Proyek, Monitoring dan Evaluasi Sesi 4: Memonitor Berbagai Indikator.
SOSIOLOGI SEBAGAI ILMU DAN METODE DALAM MENGKAJI FENOMENA SOSIAL
«Sosiologi Komunikasi»
Penelitian Ilmiah Motivasi dan tujuan penelitian
FASE-FASE PENGEMBANGAN PSIKOLOGI ISLAMI
POLA-POLA PENGEMBANGAN PSIKOLOGI ISLAMI
Agama : Seperangkat nilai atau aturan yang mengikat para pengikutnya untuk menyembah Tuhan dan berbakti kepada-Nya demi mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan.
PENGETAHUAN dan PENALARAN Oleh : Claudia Rizka A.H Dimas Kharisma R.H Lutfi ZulkifliH Nevadea Tiara A.H
METODE ILMIAH DEWI HASTUTI, S.Pt., M.P.
MENETAPKAN MASALAH PENELITIAN MENCOBA MEMBAHAS PENELITIAN DENGAN TEORI-TEORI.
Definisi dan Metodologi Sejarah Pendidikan Islam (Materi Ke-1)
Dasar Teori: Mengapa CL? Socio constructivist, Socio-cultural, Shared coqnition.
FILSAFAT SEBAGAI KERANGKA BERFIKIR
PERANAN ANTROPOLOGI DALAM PELAYANAN KESEHATAN
POPOSAL SKRIPSI. A. LATAR BELAKANG MASALAH LINTASAN SEJARAH: MENGGAMBARKAN HAL-HAL YANG MEMUNCULKAN MASALAH, SEKALIGUS ALASAN PEMILIHAN DAN PENTINGNYA.
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
Manuscript writing Cleoputri Yusainy, PhD. Referensi American Psychological Association. (2010). Publication Manual of the American Psychological Association.
Pendidikan AGAMA 2 OLEH : MB Tabrani, M.Pd STIE BINA BANGSA
SOSIOLOGI KESEHATAN.
Oleh : dedy wijaya kusuma, st., M.Pd.
AIK PROGRAM PASCASARJANA (S-2 dan S-3) PTM
PSIKOLOGI INDUSTRI.
Strategi Pengembangan Sains-Teknologi di Dunia Islam Sekarang
TRADISI - TRADISI DALAM TEORI KOMUNIKASI
M I P METODOLOGI ILMU PEMERINTAHAN Dewi Kurniasih
PERLUNYA METODOLOGI ILMU PEMERINTAHAN
Perilaku dalam Berorganisasi
«Sosiologi Komunikasi»
INTEGRASI ILMU DAN AGAMA MENURUT AL-FARUQI DAN KUNTOWIJOYO (Studi Perbandingan) Oleh: Mohamad Solikin.
Muhammmad Noor Hidayat Jurusan Ilmu Komunikasi UDINUS Semarang
SISTEMATIKA ETIKA Sistematika Etika : Etika Individual Umum Etika
M I P METODOLOGI ILMU PEMERINTAHAN Dewi Kurniasih
IDENTIFIKASI DAN PERUMUSAN MASALAH
ASSALAMUALAIKUM WR WB.
C DASAR-DASAR PENELITIAN SEJARAH.
IDENTIFIKASI DAN PERUMUSAN MASALAH
Psikologi Industri & Organisasi
INTEGRASI ILMU DAN AGAMA
Perilaku dalam Berorganisasi
PROSES SISTEMATIKA KEILMUAN DAKWAH
PENGELOMPOKKAN ILM ADM DAN HUB ILM ADM DG ILM LAIN
Metode keilmuan dakwah
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
Dra. Rita Christina Maukar, M.Div
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Metode Keilmuan Dakwah
PARADIGMA DAN RAGAM PENELITIAN
METODOLOGI PENELITIAN BISNIS
STRUKTUR Ilmu.
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
PARADIGMA.
Fenomenologi Agama Ferly David, M.Si..
SOSIOLOGI UNTUK KESEJAHTERAAN SOSIAL
PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR MELALUI KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS
Pengetahuan Pengetahuan didefinisikan sebagai apa yang diketahui oleh seseorang tentang sesuatu. Dalam pengertian tersebut pengetahuan mempunyai subyek,
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
ISLAM DALAM DISIPLIN ILMU
HOW TO DO MEDIA & CULTURAL RESEARCH
KONSORSIUM DAN INTEGRASI ILMU
Paradigma Positivistik & Konstruktivistik
PERKEMBANGAN IDEOLOGI BESAR DUNIA
Perilaku dalam Berorganisasi
Ruang Lingkup Filsafat Ilmu
Pengantar Sosiologi.
Kesesuaian Referensi dalam Makalah Eksplorasi Gagasan Baru Riset Kimia Berbasis Wahyu R. Arizal Firmansyah Diskusi Dosen: Semarang, 29 Nopember 2016.
Oleh : Said Al Zubaidy, S.Ag, M.PdI Dosen METODOLOGI STUDI ISLAM.
Transcript presentasi:

 Farros  Asti  Rara  Yesi  Dzikria  Hanna

Perkembangan paradigma Psikologi Islami selama hampir dua dekade di Indonesia menunjukkan dinamika keilmuwan yang berarti. Dinamika dalam menginterpretasikan paradigma Islam ke dalam konsep psikologi menunjukkan fase route to normal service dari gerakan keilmuan yang selalu ditandai dengan proses revisi dan interpretasi antar generasi. Dilihat dari sudut pandang sosiologi, integrasi antara psikologi dan Islam di Indonesia menawarkan keterbukaan, keanekaragaman dan penerimaan yang dapat menjadi peluang bagi studi yang khas Indonesia.

TIGA VARIAN INTEGRASI PSIKOLOGI DAN ISLAM DI INDONESIA Islamisasi Ilmu Psikologi Islam (Islamic Psychology) Mengembangkan metode rekonstruksi, objektivikasi, telaah kritis, similarisasi, komparasi dan verifikasi dalam melakukan integrasi antara psikologi dengan Islam. Landasan metodologi dengan metode baru antara lain metode keyakinan (Method of Tenacity), metode otoritas (Method of Authority), metode (Method of Intuisi)

Pengilmuwan Islam Psikologi dalam Islam (Psychology of Islam) Pendekatan pemikirannya menggunakan pendekatan pemikiran Islam yang bersifat klasik, seperti : 1. Bayani, mengkaji konsep psikolog dari teks Al-Qur’an dan Hadis. 2. Burhani, berfikir spekulatif dan falsafi untuk menjelaskan nash secara lebih eksperensial 3. Irfani, pendekatan sufistik yang bersumber dari pengetahuan intuisi (al-hadassiyyah) atau rasa (al- zaqwiyyah)

Pendekatan integrasi-interkoneksi dengan menekankan pada esensi fitrah Secara metodologikal psikologi fitrah melakukan rekonstruksi teori dari dua generasi sebelumnya

PERAN DIRASAT ISLAMIYYAH BAGI INTEGRASI PSIKOLOGI DENGAN ISLAM Artinya, peran dirasat Islamiyah disini adalah akses utama berintegrasinya psikologi dengan Islam Dalam hal ini pendekatan yang digunakan adalah irfani yang dikolaborasikan dengan pengalaman Sehingga, psikologi Islam tidak saja bertugas mendeskripsikan fakta historis umat tetapi juga berdaya kritis dan kebutuhan pastisipatif dan emansipatoris terhadap dimensi kehidupan umat Islam.

PERAN DIRASAT ISLAMIYYAH BAGI INTEGRASI PSIKOLOGI DENGAN ISLAM 1. Platonian dan Arestotelian 2. Al Ghazali 3. Ibn Maskawyh 4. Al Farabi 5. Ibn Bajjah

INTEGRASI PSIKOLOGI DENGAN ISLAM saling berinteraksi antara satu dan lainnya saling mengisi kekurangan secara metodologis dan etis antara satu dengan lainnya paradigma dan interpretasinya

AKHIR KATA Adanya integrasi psikologi dengan Islam adalah bentuk dari ketidak puasan para pendidik pada psikologi yang pada umumnya belum mampu menerangkan tentang kehidupan beragama. Psikologi yang ada pada saat ini umumnya dikenal sebagai psikologi negatif karena hanya membahas tentang penyakit dan bagaimana menyembuhkannya. Padahal psikologi juga bersifat positif ketika membahas motivasi, harapan dan lain lain yang disangkut pautkan dengan agama, salah satunya adalah Islam.

CATATAN DOSEN PENJELASAN SUDAH RUNTUT DALAM DISKUSI PERLU DIJELASKAN LEBIH LANJUT MENGENAI TERMA-TERMA YANG DIGUNAKAN (PARADIGMA, PARADIGMA ILMU DAN PARADIGMA ISLAM, ISTILAH2 DLM PARADIGMA ISLAM, DLL) BELUM ADA CATATAN DARI DISKUSI YANG ADA (PERTANYAAN DAN JAWABAN DISKUSI, SEHINGGA DOSEN TIDAK BISA MEMBERI MASUKAN/PENJELKASAN MENGENAI MATERI2 YANG DIRASA BELUM FAHAM)