Pemrograman Bergerak Penyiapan Lingkungan Pengembangan.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

MEMBUAT WEBSITE DENGAN Joomla!
02-Pengembangan Aplikasi Android
Pemrograman Dasar IS – 104 Introduction. Perkenalan • Nama: Yosua Timotius Kipling • • Tujuan perkuliahan: Mengenal konsep.
Kode MK : MI Revisi Terakhir : Pertemuan1 FX. Henry Nugroho, S.T., M.Cs Adi Kusjani, S.T. GUI dan IDE 2013.
Kode MK : MI Revisi Terakhir : Pertemuan 2 FX. Henry Nugroho, S.T., M.Cs Adi Kusjani, S.T. Penggunaan Komponen Dasar 2013.
PEMROGRAMAN VISUAL 2 SKS (TEORI)
8 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom.. ANDROID (2)
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
Pemrograman Aplikasi Bergerak
Praktikum OOP Pengenalan Java Nana Ramadijanti Laboratorium Computer Vision Politeknik Elekltronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2009.
- PERTEMUAN 1 - PENGANTAR DAN INSTALASI JAVA BAHASA PEMROGRAMAN.
Instalasi Android Mobil Computing Android Esa Unggul.
VISUAL BASIC.NET Apa Itu VB.NET ?
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELACAKAN DAN PEMANTAUAN PAKET KIRIMAN BERBASIS WEB DENGAN BANTUAN MOBILE ANDROID Putu Agus Yudisuda Indrakarna 1) S1 Sistem.
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
Pembuatan Aplikasi Mobile Learning Pada Sistem Android
Getting Started Android AGUS MISTIAWAN AIR LAB.
Pengenalan Visual Studio 2008
Pengenalan Teknologi Java
Struktur Project Android
Pengantar & Dasar Pemrograman Java Oleh :Yeka Hendriyani, M.kom
Mobile Programming Pertemuan 3 Presented by Mulyono
Mobile Programming Pertemuan 1 Presented by Mulyono
Mobile Programming Pertemuan 2 Presented by Mulyono
Pengaktifan Activity secara Explicit
Pemrograman Berbasis Objek Inung Wijayanto
Pengenalan Pemrograman Java
PBOL Dewi Kusumaningsih
Konsep Pemrograman dan Paradigmanya
Pemrograman berorientasi objek
Instroduksi Pemrograman Android
Mobile Programming Intro Android.
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 2 B
DASAR MENGUASAI NETBEANS
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Pemrograman Perangkat Mobile
Algoritma & PEMROGRAMAN 2B (Visual basic)
Pengantar Teknologi Mobile
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Content Provider pada Android
Pendahuluan Android Sekilas tentang Android.
Pemrograman Perangkat Mobile
Materi Agung Brastama Putra.
Pengelolaan Database Lanjutan 2
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Intent As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Pengenalan Android As’ad Djamalilleil
Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1.
Praktikum OOP Java (IX307)
Mobile computing – Android Activity dan Intent
Content Provider pada Android
Panduan Instalasi Virtual Box
Pemrograman Perangkat Mobile
Diskusi Pertemuan 4 Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi ( ) Warsito Aji ( ) Karima Dewi R ( ) Alfano Kurniawan W ( ) Bagus.
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 3.
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
Android Multimedia Nur Dwi Ramadani
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Notification, Dialog, dan Intent
ANDROID LOCATION BASED SERVICE
Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya
Review C/C++ & Intro to Java
Membuat Laporan Menggunakan Jasperreport
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
Dialog, NOTIFICATion, Intent
Pengenalan Pemrograman 1
Instalasi Aplikasi VirtualBox pada Sistem Operasi Windows Novita Wulandari, M.Pd. PTI UNIMUDA SORONG.
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
Transcript presentasi:

Pemrograman Bergerak Penyiapan Lingkungan Pengembangan

Pembuatan aplikasi Android

Kompetensi Dasar Pengembangan Android. Algoritma & Pemrograman Dasar Bahasa Pemrograman Java XML

Alat Pengembangan Android Java Development Kit (JDK) ( adalah suatu produk dari Oracle Corporation untuk pengembang aplikasi Java pada Solaris, Linux, OS x atau Windows. IDE Eclipse ( multi language IDE yang terdiri dari workspace dasar dan suatu system plug-in yang dapat diperluas (salah satunya ADT). Membutuhkan JDKwww.eclipse.org Android SDK, suatu software development kit yang memperbolehkan pengembang untuk membuat aplikasi, test, debug untuk platform Android. Membutuhkan JDK Android Development Tools (ADT), adalah suatu plugins untuk Eclipse yang mana menyediakan suatu peralatan yang integrasi dengan IDE Eclipse.

Quiz Berikut ini mana adalah tools yang diperlukan untuk pengembangan aplikasi Android: a. ADT b. Eclipse Editor c. Android SDK d. JDK e. Semua yang disebutkan diatas.

Paket ADT Bundle for Windows Anda dapat memperoleh software-software yang diperlukan untuk pengembangan Android terbundle pada:

Quiz ADT Bundle disediakan oleh Google secara Gratis (Benar/Salah)

Proses Instalasi Untuk ADT Bundle for Windows anda dapat melakukan unzip paket tersebut pada root directory drive, misalnya untuk laboratorium STMIK IBBI, anda dapat melakukan unzip pada drive E:\ADT

Quiz Untuk pemakaian ADT Bundle and cuma perlu menginstalasi JDK dan Unzip ADT Bundle (Benar/Salah)

SDK Manager SDK Manager, adalah software untuk mendownload, mengupdate komponen Android SDK. C:\ADT\android-sdk\SDK Manager.exe

Komponen Android SDK SDK Tools, debugging, testing, utilities untuk pembuatan aplikasi SDK Platform-tools, tools untuk platform Android tertentu. SDK Platform, SDK platform untuk masing-masing versi Android

Virtual Device Name: nama virtual device Target: target platform (dalam hal ini Ginger Bread) Snapshot: emulator akan diluncurkan lebih cepat ketika diluncurkan dari snapshot. QVGA is a name for 320x240 resolution. The full name is Quarter-Video Graphic Array. The abbreviation was developed when small, colour celullar phones and pmps’ displays were getting more and more popular. There are also other names, i.e. WQVGA ( Widescreeen QVGA 480x270), HQVGA ( Half-size QVGA 240x160), HVGA ( Half-size VGA 480x320).

Android Emulator Wipe user data, menghapus partisi data pemakai. Android SDK memasukan suatu virtual mobile device emulator yang berjalan pada komputer anda. Emulator memperbolehkan anda untuk prototipe, mengembangkan, dan menguji aplikasi Android tanpa menggunakan suatu perangkat fisik. Jika anda ingin melakukan development dengan perangkat fisik, maka anda perlu menginstalasi USB driver for ADB, yang link download dapat diperoleh di

Tombol kendali Emulator TombolFungsi emulator EscapeTombol back HomeTombol home F2, PageUpTombol menu Shift-F2, PageDownTombol start F3Tombol call/dial F4Tombol hangup/endcall F5Tombol search F7Tombol power Ctrl-F11Rotasi layar

IDE Eclipse IDE Eclipse adalah lingkungan pengembangan, pengujian, debug aplikasi. C:\ADT\Eclipse\eclipse.exe

Pengaturan Workspace Workspace adalah lokasi dimana Eclipse akan membaca dan menyimpan project yang anda. Untuk Laboratorium STMIK IBBI, buatlah folder pada E:\My Document\nim andaE:\My

Pengaturan Preference Pengaturan Preference untuk menentukan lokasi dimana android- sdk terinstalasi. Pada Menu Windows, pilih Preference, dan isikan lokasi keberadaan android-sdk, dan klik pada apply.

Pembuatan Project Android Pada menu File, pilih New, pilih Android Project

Project name: nama project (disarankan menggunakan CamelCase, misalnya HelloWorld) Build Target: target minimal platform Android dimana aplikasi akan dijalankan (perhatikan statistik plaftform android) Package name: nama package untuk identifier unique aplikasi anda (application name + package)

Quiz IDE Eclipse hanya dapat digunakan untuk pengembagan aplikasi berbasis Android (Benar/Salah)

Package Explorer anda dapat melakukan explorasi terhadap file- file yang terdapat pada project HelloWorld.

Menjalankan aplikasi Android Pada menu Run, pilih Run As, pilih 1. Android Application

Quiz Berikut ini adalah IDE untuk mengembangkan aplikasi android: a. Visual Studio b. Netbeans c. Eclipse d. Android SDK e. ADT

Android disertai dengan suatu debugging tool yang disebut Dalvik Debug Monitor Server (DDMS), yang menyediakan port-forwarding service, screen capture pada device, informasi thread dan heap pada device, logcat, process, informasi radio state, panggilan dan sms fiktif, data lokasi palsu. Mengaktifkan DDMS dari menu Windows, Open Perspektif, DDMS. Dalvik Debug Monitor Server

Interaksi Debugging Tools

Pembuatan EULA public class HelloWorldActivity extends Activity { protected static final String PREFS_NAME = "EULA"; /** Called when the activity is first created. public void onCreate(Bundle savedInstanceState) { super.onCreate(savedInstanceState); setContentView(R.layout.main); showDialog(0); } Hello World, HelloWorldActivity! HelloWorld This software is provided \'as- is\', without any express or implied warranty. In no event will the authors be held liable for any damages arising from the use of this protected Dialog onCreateDialog(int id) { // show disclaimer.... // for example, you can show a dialog box... AlertDialog.Builder builder = new AlertDialog.Builder(this); builder.setMessage("LEGAL DISCLAIMER: " + getString(R.string.eula)).setCancelable(false).setPositiveButton("Agree", new DialogInterface.OnClickListener() { public void onClick(DialogInterface dialog, int id) { SharedPreferences settings = getSharedPreferences( PREFS_NAME, 0); SharedPreferences.Editor editor = settings.edit(); editor.putBoolean("accepted", true); // Commit the edits! editor.commit(); } }).setNegativeButton("Disagree", new DialogInterface.OnClickListener() { public void onClick(DialogInterface dialog, int id) { System.exit(0); } }); AlertDialog alert = builder.create(); return alert; }

Signed untuk Publikasi Aplikasi Tentukan Icon, tentukan Versi, Untuk menandatangani Aplikasi anda, klik kanan pada project anda, pilih Android Tools, dan pilih Export Signed Application Package...

Tentukan KeyStore Tentukan lokasi keystore anda, jika belum ada maka perlu dibuat keystore, ingat keystore harus disimpan dilokasi yang aman untuk pemakaian update program anda versi berikutnya.

Quiz Berikut ini adalah extension untuk distribusi aplikasi Android: a. jar b. class c. apk d. dex e. java

Penyebaran Aplikasi Anda 1. Melalui Google Play, buat account pada Google Play dengan account Google Anda, bayar biaya $25, upload aplikasi anda (apk, title dan description, application type, category, price, geography), dan jika segala lancar maka aplikasi anda akan dapat diakses pada Google Play beberapa hari kemudian. 2. Pelepasan melalui , kirim beserta attachment apk anda, ketika user membuka anda dengan aplikasi android, maka mereka dapat menginstall dengan klik pada tombol install now. 3. Tempatkan apk pada website anda, dan sediakan link bagi pengunjung anda, ketika didownload akan terinstall otomatis jika user mengaktifkan fitur “allow installation of non-Market apps”

Quiz Google Play merupakan satu-satu tempat untuk mendapatkan aplikasi Android (Benar/Salah)

Latihan Buatlah aplikasi Android yang dapat menampilkan pesan “Hello World !”, dan lakukan proses penandatanganan aplikasi untuk modus pelepasan.

Sekian & Terima Kasih