 “Something that moves people, speaks to their wants or needs, and excites their interest” (Moriarty:1991)  Dua kategori dalam daya tarik iklan: 1.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Power Point Berdasarkan Buku yang ditulis Ujang Sumarwan, dkk Pemasaran Strategik: Strategi untuk Pertumbuhan Perusahaan dan Penciptaan Nilai bagi.
Advertisements

Memahami Proses Pemasaran Dan Perilaku Konsumen
Pertemuan 8 Surat, Memo, dan .
MENGAPA BERIKLAN? & APA YANG DIIKLANKAN?. MENGAPA BERIKLAN? & APA YANG DIIKLANKAN?
Diferensiasi Pengertian:
KONSEP PERIKLANAN Part 1.
HOW TO SAY IN ADVERTISING
MANAJEMEN BRAND.
GAYA DALAM EKSEKUSI IKLAN
Produk Sebagai Komunikasi
Tony Soebijono.
Tinjauan tentang IMC Sumber :Shimp, A. Terence: Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jilid 1 Edisi Kelima. Erlangga 2003.
KONSEP PERIKLANAN.
PEMASARAN Suatu proses perencanaan dan pelaksanaan kosepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi dari gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran.
CREATIVE STIMULI.
MELAKUKAN TEKNIK-TEKNIK PROMOSI
Introduction Yanti Trianita, S.I.Kom.
MANAJEMEN KOMUNIKASI PEMASARAN
Manajemen Pemasaran “ Pembeli dan Tingkah Laku Pembelian “
Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communications) – 3 SKS MEREK (BRAND)
FEATURE.
SIKAP KONSUMEN RENY YUNIASANTI.
KOGNISI / PEMAHAMAN KONSUMEN
Komunikasi Pemasaran Izzani Ulfi, SE.Sy., M.Ec.
MERCHANDIZING Merchandizing ; merupakan perencanaan produk meliputi perencanaan tentang produk yang akan dihasilkan baik macam, jumlah. Kualitas, harga,
Produk adalah (1)pemuas kebutuhan, baik yang bersifat kasat mata maupun tidak (2) sekumpulan manfaat yang dicari konsumen, sehingga produk.
UNIVERSITAS MERCU BUANA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
PEMBENTUKAN DAN PERUBAHAN SIKAP KONSUMEN
MEKANISME IKLAN Buku 2 Bab 1 & 2 hal
Modul 4 Fungsi feature Fungsi feature mencakup lima hal:
KONSEP PERIKLANAN MELLY MAULIN P.Sos M.Si.
KONSEP PERIKLANAN ADVERTISING Melly Maulin P.S.Sos.,M.Si
PERIKLANAN : INTRODUKSI
KONSEP PERIKLANAN.
Brand Image (Citra Merek)
IKLAN YANG EFEKTIF Program periklanan harus disusun dengan memperhatikan lima M (Kotler, 2003), yaitu: Mission (misi): apakah tujuan periklanan? Money.
EPIC MODEL ( AC nielsen).
CITRA PERUSAHAAN.
STRATEGI KREATIF IKLAN
Perilaku konsumen Proses keputusan konsumen: proses pasca pembelian, kepuasan konsumen, dan komitmen. Hadi Permana Aldi Indra Gunawan
Corporate Identity : Logo
PESAN IKLAN.
Perilaku Konsumen dan Pengambilan Keputusan PERTEMUAN 3
Menciptakan ekuitas merek
PESAN IKLAN.
KONSEP PERIKLANAN.
12. Promosi Prinsip-prinsip promosi Pertemuan ke 12 .
Tinjauan Psikologi Promosi Penjualan.
MENGELOLA KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU
PERTEMUAN IV STRATEGI KREATIF IKLAN (LANJUTAN)
Tinjauan tentang IMC Sumber :Shimp, A. Terence: Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jilid 1 Edisi Kelima. Erlangga 2003.
IDENTITAS, CITRA & REPUTASI
MENGELOLA KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU
Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communications) – 3 SKS MEREK (BRAND)
VIVI NILA SARI, SE, MM NIDN :
IDENTITAS, CITRA & REPUTASI PERUSAHAAN
Modul 13 Jenis feature Feature minat insani (human interest). Paling efektif untuk menyentuh perasaan nurani, emosi, psikologis khalayak yang anonim dan.
PESAN IKLAN.
Matakuliah : O Penulisan Naskah Radio dan Televisi
GAYA DALAM EKSEKUSI IKLAN
Tinjauan tentang IMC Sumber :Shimp, A. Terence: Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jilid 1 Edisi Kelima. Erlangga 2003.
Olivia Tjandra Waluya M. Si., Psi Fakultas Desain dan Industri Kreatif
PEMASARAN Suatu proses perencanaan dan pelaksanaan kosepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi dari gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran.
ADHI GURMILANG EFEK PERIKLANAN.
DAYA TARIK PERIKLANAN DAYA TARIK SELEBRITIS DAYA TARIK RASIONAL
KONSEP PERIKLANAN Muhamad Husni Mubarok, S.Pd. M.IKom Part 1.
Simbol Kepribadian Gaya ini menggunakan pendekatan dengan menciptakan suatu karakter yang menjadi personifikasi produk tersebut Karakter tersebut dapat.
Mengembangkan dan Menetapkan Harga Produk
Membangun komunikasi yang persuasif dan dialogis
Simbol Kepribadian Gaya ini menggunakan pendekatan dengan menciptakan suatu karakter yang menjadi personifikasi produk tersebut Karakter tersebut dapat.
Transcript presentasi:

 “Something that moves people, speaks to their wants or needs, and excites their interest” (Moriarty:1991)  Dua kategori dalam daya tarik iklan: 1. Daya Tarik Informatif/rasional (informational/rational appeal) 2. Daya Tarik Emotional (Emotional Appeal)

 Fokus kepada pemenuhan kebutuhan konsumen pada aspek praktis, fungsional, kegunaan produk, manfaat atau alasan memiliki atau menggunakan merek tertentu.  Menekankan pada fakta, pembelajaran, logika.  Motif yang digunakan: kesehatan, ekonomi, kenyamanan, manfaat sensorik seperti sentuhan, rasa, aroma. Ex: Minuman Prebiotik  Menekankan pada fakta, pembelajaran, logika.  Menurut Belch (2001), beberapa daya tarik iklan: 1.Feature Appeal: daya tarik atribut fokus pada sifat/kualitas tertentu yang ada pada produk/jasa. 2.Competitive advantage : membandingkan secara langsung/tdk langsung dengan produk pesain 3.Favorable Price Appeal : menjadikan harga sebagai pesan dominan 4.News Appeal : menggunakan berita atau informasi penting dari media massa untuk menarik perhatian konsumen  Popularity Appeal: menekanakan ketenaran suatu barang atau jasa dengan menampilkan sejumlah tokoh/ahli yang menggunakan atau merekomendasikan produk tsb atau sejumlah orang yang berpindah menggunakan produk tsb.

 Daya tarik yang berhubungan dengan kebutuhan sosial (seperti status danpengakuan) dan psikologi (seperti minat dan ketertarikan) konsumen dalam pembelian suatu produk.  Emotional Integration dimana iklan berusaha menggambarkan karakter dari orang-orang yang mengalami atau menerima manfaat emosionalsetelah menggunakan suatu produk.  Penelitian menunjukkan bahwa perasaan atau suasana hati yang positif yang timbul dalam diri seseorang setelah menyaksikan sebuah iklan dapat menimbulkan efek positif terhadap evaluasi orang tersebut terhadap suatu merek produk (Gardner, 1985)

 Iklan transformasi yang diartikan sebagai iklan yang mengasosiasikan pengalaman menggunakan suatu merek produk dengan seperangkat karakter psikologis unik yang mana karakter bersangkutan tidak akan diasosiasikan dalam derajat yang sama tanpa terlebih dahulu menerima ekspos dari iklan merek tsb)  Puto & Wells, ada 2 ciri iklan transformasi: ◦ Mampu menimbulkan perasaan positif ketika komsumen menggunakan produk tsb ◦ Iklan harus menghubungkan secara kuat antara pengalaman menyaksikan iklan dengan pengalaman menggunakan produk, bahkan kadang-kadang konsumen tdk dapat mengingat merek produk tanpa mengingat kembaliu pengalaman yg ditimbulkan oleh iklan tsb.

 Menurut Ogilvy& Raphaelson (1981) pembelian produk semata2 berdasarkan pertimbangan rasional pada dasarnya adalah tidak banyak; bahkan produk yang bersifat sangat fungsional sekalipun seperti deterjen, memiliki aspek emotional.  Sebaliknya produk yang memiliki aspek emotional seperi kosmetik terkadang memiliki elemen rasional.  Ada 3 tahap hubungan yang terbentuk antara konsumen dengan produk: 1. Tahap rasional : konsumen mempelajari manfaat produk 2. Tahap emotional: konsumen menilai personalitas produk. Misa: produk dapat membangkitkan rasa percaya diri, menyukai petualangn, agresif, dll. 3. Emotional bond antara konsumen dengan produk yg menghasilkan situasi psiokologis positif thdp mereke produk Daya Tarik Gabungan

 Reminder Advertising : Iklan pengingat Ex: Iklan maskapai di musim libur  Mystery Advertising/Teaser Advertising Ex: Iklan program siaranTV/film baru Iklan mobil baru

 Iklan Pesan Faktual: menggunakan daya tarik rasional  Iklan Bukti Ilmiah: menggunakan hasil penelitian ilmiah  Iklan Demonstrasi: Actual use  Iklan Perbandingan: mengkomunikasikan keunggulan suatu produk dibandingkan dengan pesaingnya  Iklan Kesaksian: pesan melalui testimony

 Iklan Cuplikan Kehidupan: gambaran tentang konflik dalam kehidupan sehari-hari dengan menyajikan pemecahan masalahnya.  Animasi  Simbol Personalitas: Mc.D dengan simbol badut  Fantasi:  Dramatisasi  Humor  Kombinasi