Pertemuan 2 FAKTOR MANUSIA.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
2. FAKTOR MANUSIA Sistem komputer terdiri atas tiga aspek yaitu :
Advertisements

Faktor Manusia.
Pertemuan ke 4 1 erna kumalasari nurnawati.  komputer dimodelkan secara konvensional sebagai suatu kombinasi pemroses sentral dan hubungannya dengan.
Interaksi Manusia dan Komputer Kuliah ke 3 : Profil pemakai
Interaksi Manusia dan Komputer - part 2 Danny Kriestanto, S.Kom., M.Eng.
PEMODELAN SISTEM PENGOLAHAN MANUSIA
FAKTOR MANUSIA SESI II. LUMINANS banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan objek. (1 luks = 1 lumen/m 2 ) LUMINANS = RINCIAN OBYEK DAPAT.
ASPEK MANUSIA DALAM IMK
ASPEK MANUSIA DALAM IMK
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
FAKTOR MANUSIA IMK - M2.
FAKTOR MANUSIA.
Interaksi Manusia dan Komputer
IMK 1. Pengantar IMK. 2. Faktor Manusia Kerangka Kerja
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Yanuar Nurdiansyah, ST., M.Cs
Interaksi Manusia dan Komputer
Pertemuan 2 FAKTOR MANUSIA.
UNSUR-UNSUR KOMPUTER Oleh : Anggi Ranggini
SALURAN INPUT OUTPUT.
Interaksi Manusia dan Komputer
KOMPUTER MHD.HARIS AL ANSYOR NASUTION  Hardware (Perangkat Keras)  System Software (Perangkat Lunak Sistem)  Application Software (Perangkat Lunak.
MENGENAL DUNIA KOMPUTER
Memahami Faktor manusia yang berhubungan dengan IMK
TEHNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Faktor Manusia.
SI122 – Interaksi Manusia dan Komputer
ASPEK MANUSIA DALAM IMK
Interaksi Manusia & Komputer
TEKNIK ANTARMUKA.
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia Dan Komputer
Interaksi Manusia & Komputer Faktor Manusia
Profil pemakai Pertemuan ke 3.
Profil pemakai Pertemuan ke 3.
Anna Dara Andriana S.Kom.,M.Kom
(Electronic Data Processing System)
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Faktor Manusia Dalam IMK Kuliah II
FAKTOR MANUSIA (2) (LANJUTAN) DOSEN. UTAMI DEWI WIDIANTI.
Elemen Dasar Komputer BAB 3.
Faktor Manusia.
Faktor Manusia dalam IMK
Interaksi Manusia dan Komputer
Profil pemakai Pertemuan ke 3.
Faktor Manusia.
Pertemuan 2 FAKTOR MANUSIA.
Operating System UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI ( TIK )
Bina Sarana Informatika
Contoh Format Naskah Media Presentasi
FAKTOR MANUSIA SESI II.
Sistem Komputer terdiri atas 3 (tiga) aspek yaitu :
Pertemuan 2 FAKTOR MANUSIA.
Pengantar Teknologi Informasi
Faktor Manusia.
Sekilas Tentang Komputer
TEKNIK ANTARMUKA MULAI Ahmad Bahauddin Najah Nim
FAKTOR MANUSIA.
Faktor Manusia.
Interaksi Manusia dan Komputer
1 Visi Menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul di bidang Teknologi Telematika dan membentuk insan yang berkarakter di Indonesia Misi 1. Menyelenggarakan.
Pengertian IMK Interaksi adalah komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain.
Oleh Surya Puspita Sari
Faktor Manusia.
Interaksi Manusia dan Komputer
MATERI PERANGKAT KOMPUTER HARDWARE DAN SOFTWARE Kompetensi Dasar : 3.1. Memahami Interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak dan pengguna Indikator.
Faktor Manusia Pendahuluan Aspek dalam sistem komputer ▫ Aspek hardware (Perangkat Keras) ▫ Aspek software (Perangkat Lunak) ▫ Aspek brainware (Manusia)
Transcript presentasi:

Pertemuan 2 FAKTOR MANUSIA

Sistem Komputer terdiri atas 3 (tiga) aspek yaitu : Aspek Perangkat Keras (Hardware). Serangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat keras komputer yang digunakan untuk membantu proses kerja manusia (Brainware ). Contoh : CPU, Monitor, Keyboard, Harddisk, Disk drive,dll. Aspek Perangkat Lunak (Software). Serangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat lunak program komputer yang digunakan untuk membantu proses kerja manusia ( Brainware ). Contoh : Sistem Software, Application Software, Package Software.

Aspek Manusia (Brainware). Tenaga pelaksana yang menjalankan serta mengawasi pengoperasian sistem unit komputer didalam proses pengolahan data untuk menghasilkan suatu informasi yang tepat waktu, tepat guna dan akurat. contoh : Sistem Analis, Programmer, operator, Technical Support.

Faktor manusia (brainware) dalam merancang Antarmuka adalah : Penglihatan a. Luminas Banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan obyek b. Kontras Hubungan antara cahaya yang dikeluarkan oleh suatu obyek dan cahaya dari latar belakang obyek c. Kecerahan Tanggapan subjectif pada cahaya

e. Medan Penglihatan f. Warna d. Sudut dan Ketajaman Penglihatan Sudut penglihatan minimum ketika mata masih dapat melihat sebuah obyek dengan jelas e. Medan Penglihatan Sudut yang berhadapan oleh obyek pada mata f. Warna Keselarasan penggunaan warna

Pendengaran - Kebanyakan manusia mendeteksi suara dalam frekuensi 20 Hertz – 20 KHertz - Manusia juga mendengar suara antara 50 dB (decible) – 70 dB. Telinga manusia akan rusak mendengar lebih dari 140 dB. Manusia tidak mendengar frekuensi kurang dari 20 dB

Sentuhan - Sentuhan merupakan sarana manusia untuk berinteraksi. - Sebagai contoh dalam penggunaan papan ketik (keyboard) atau tombol, maka manusia akan lebih nyaman apabila tombol atau keyboard tidak berat proses penekanannya.

4. Pemodelan Sistem Pengolahan - Model sistem pengolahan manusia terdiri dari pengolahan perseptual, pengolahan intelektual dan pengendalian motorik yang beinteraksi dengan memori manusia. - Model sistem komputer terdiri dari pengolah (processor) dan memori. Interaksi keduanya melalui bus

5. Pengendalian Motorik Pengendalian motorik pada manusia dapat dilatih untuk mencapai taraf tertentu

Responder utama manusia •Dua buah tangan dengan 10 jari •Dua kaki •Satu suara Mengetik 10 jari > 2 jari Perlu melatih pengendalian motorik untuk mencapai taraf tertentu.

Memori Manusia Secara umum ada 3 jenis/fungsi memori : - tempat penyaringan (sensor) - tempat memproses ingatan (memori jangka pendek) - memori jangka panjang

Tugas Gambarkan model konseptual yang mendasari perancangan: a. Satu kalender pocket-sized personal buku harian (satu minggu pada satu halaman) b. satu kalender dinding (satu bulan pada satu halaman, biasanya dengan satu foto gambar) c. Apakah jenis utama aktivitas dan objek mereka ?