Dasar-Dasar Pemrograman IT132 Dasar-Dasar Pemrograman Ramos Somya, S.Kom., M.Cs.
Dasar-Dasar Pemrograman SKS: 3 SKS Dosen: Ramos Somya Email: ramos.6005@gmail.com Blog: ramos672006005@wordpress.com Jadwal Kuliah DDP: DDP C: Rabu, 9-11 (G106) DDP E: Rabu, 13-15 (G106)
Tujuan Matakuliah Menekankan pada logika berpikir untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan efektif dan efisien. Tidak ditekankan dalam pembuatan program dengan algoritma yang rumit.
Penilaian Distribusi Nilai: Tugas : 20% TTS : 25% TAS : 25% Praktikum : 30% Total : 100% Nilai Angka Nilai Huruf >= 80 A >= 75 AB >= 65 B >= 50 BC >= 45 C >= 40 CD >= 35 D < 35 E
Peraturan Tidak masuk lebih dari >3 kali, nilai = E. Tugas yang sama /copy paste,nilai = 0. Berpakaian rapi dan sopan (TIDAK MEMAKAI CELANA PENDEK dan SANDAL JEPIT). Tidak ada TTS/TAS susulan kecuali ada alasan yang sah dan harus konfirmasi maksimal 3 hari setelah TTS/TAS. Tidak ada tugas tambahan untuk menaikkan nilai.
Materi Pengantar Pemrograman Sequence Indentifier, Variabel, Konstanta dan Tipe data Choice Repetition Procedure dan Function Rekursif
Timeline Pertemuan ke- Materi 1 Silabus & Pengantar Pemrograman (Sistem Komputer, Program /Aplikasi, bahasa pemrograman, compiler) 2 Sequence 3 Indentifier, Variable, Operator dan Tipe Data 4 Procedure dan Function 5 Choice 1 6 Choice 2 7 TTS 8 Repetition 1 9 Repetition 2 10 Rekursi 11 TAS
Materi 1 Pengantar Pemrograman
Materi 1 Sistem Komputer
Sistem Komputer Sebuah sistem komputer terdiri dari Hardware (perangkat keras), Software (perangkat lunak) dan Brainware.
Komputer Komputer: Dari asal kata “Compute”: menghitung. mesin yang dapat melalukan proses komputasi / menghitung. Mesin yang digunakan untuk melakukan tindakan sesuai apa yang diperintahkan.
Software (Perangkat Lunak / Program Komputer) Software (perangkat lunak atau program komputer) merupakan suatu aplikasi yang di dalamnya terdiri dari kumpulan instruksi yang memberitahukan pada komputer apa yang harus dilakukan. Software terdiri dari kumpulan instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code yang dibuat oleh programmer (pembuat program).
... Contoh Program Komputer: Notepad: menulis note, menyimpan note, dsb. SIASAT: registrasi matakuliah, lihat nilai, dsb. Facebook: update status, upload foto, dsb.
Bahasa Pemrograman Merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat program / menulis instruksi yang dimengerti oleh komputer. Bahasa pemrograman program komputer. Contoh: Pascal, C, C++, C#, Basic, Perl, PHP, ASP, JSP, Java, dll. Perbedaan: cara memberikan instruksi Persamaan: bertujuan menghasilkan output yang sama
... Jenis bahasa pemrograman: Bahasa Mesin: tersusun dari kode biner (1 dan 0) Low Level: misal bahasa rakitan/Assembly. contoh sintaks: ADD, MOV High Level: misal: Pascal, C/C++, Java, Basic, dsb. contoh sintaks: writeln(‘saya’); dalam Pascal printf(“saya”); dalam C.
… Bahasa Mesin Low Level High Level
High Level Language Pemrograman Prosedural Pemrograman Fungsional Pemrograman Terstruktur Pemrograman Berorientasi Obyek Pemrograman Berorientasi Aspek
Compiler Supaya perintah dalam bahasa pemrograman yang digunakan (Assembly maupun bahasa tingkat tinggi) dapat dipahami oleh komputer dan dapat dijalankan oleh microprosessor, maka perintah-perintah tersebut harus diterjemahkan terlebih dahulu ke bahasa mesin proses kompilasi (compiling). Program atau software yang digunakan untuk proses kompilasi disebut compiler. Untuk bahasa pemrograman Pascal, compiler yang bisa digunakan adalah Turbo Pascal dan Free Pascal.
Penulisan pada Pascal Bentuk dasar dari penulisan program Pascal: uses crt; begin (* tulis perintah di bagian ini *) end. uses crt; memberitahukan pada pascal bahwa program ini akan menggunakan monitor sebagai media output. begin merupakan kata kunci (keyword) yang menandakan awal dari program tersebut. end. Merupakan kata kunci yang menandakan akhir dari program. Perintah-perintah dapat dituliskan di antara begin dan end.
… Masing-masing instruksi diakhiri titik koma (;) yang mana tanda ini sebenarnya diperlukan untuk memisahkan 2 buah instruksi. Pascal bersifat incasesensitive, artinya huruf besar dan kecil dianggap sama. Contoh : BEGIN dengan begin dianggap sama. Komentar: tulisan pada kode program yang tidak dieksekusi oleh compiler. { instruksi } tidak akan dieksekusi atau (* instruksi *) tidak akan dieksekusi
Insturksi Dasar pada Pascal Print* : write(’*’) Printspace : write(’ ’) NL : writeln
Contoh Membuat pola *** dengan Pascal: uses crt; begin clrscr; write('*');write('*');write('*'); readkey; end.
… Materi bisa diunduh di: http://ramos672006005.wordpress.com
See You Next Week