SISTEM TERDISTRIBUSI CSG3L3 ~SPO~ Pembahasan UTS SISTEM TERDISTRIBUSI CSG3L3 ~SPO~
[K1-a] Jelaskan contoh aplikatif penggunaan Sistem Terdistribusi yang memanfaatkan Memory Sharing ! Jawab: Cth: Virtual server. Hasil proses yang berasal dari sebuah task dan tersimpan di alamat tertentu pada memory, dapat digunakan oleh task lainnya atau diakses oleh task lainnya selama tidak di-lock oleh sistem operasi.
[K1-b] Pada dasarnya konsep Resource Sharing ini dilakukan pula pada Cloud Computing. Jelaskan bagaimana sistem tersebut melakukannya ! Jawab : Pada dasarnya yang dilakukan pada sistem Cloud Computing adalah Cache Sharing. Di mana node yang berada di suatu jaringan lokal (baik di sisi server atau di sisi client), dapat berbagi cache saat mengakses suatu data.
[K2] Jelaskan dengan disertai ilustrasi mengenai konsep Model Arsitektur dari Multiple Server. Sebutkan contoh aplikatifnya ! [Poin 12] Jawab Mekanisme kerja: Misal server ada 3: Server A, Server B, Server C. Data1 ada di Server A, Data2 ada di Server B, Data3 ada di Server C. Server A, akan membagi metadata dari Data1 ke Server B dan Server C. Begitu pula sebaliknya, baik Server B maupun Server C, membagi metadata dari Data 2 dan metadata dari Data 3 ke server yang menjadi teman2-nya. Tatkala client mengakses Server A, diaseakan-akan bisa melihat informasi Data2 dan Data3 yang terletak di Server B dan Server C, (termasuk Data1 sendiri yang memang terletak di Server A).Namun sesungguhnya yang dilihatnya adalah metadata dari Data2 dan metadata dari Data3.Tatkala Client meminta Data2 padahal yang diakses adalah Server A, barulah Server A meminta agar Server B meng-copikan Data2 ke Server A agar Server A bisa melayani permintaan Client. Tatkalapermintaan Client sudah dilayani, Server A kembali menghapus Data2 dari Server A dan hanya menampilkan metada dari Data 2 dan metadata dari Data 3.Kecuali Data1 yang memang berada di Server A
[Soal K3] [K3-a] Protokol jaringan komputer yang dibutuhkan oleh home automation pada ilustrasi di atas ! [Poin 10]
[K3-1 Jawab] Interface dIa Protokol yang dapat digunakan misalnya :Zigbee, Bluetooth, Wifi, atau protocol lainnya yang memiliki coverage area tak terlalu besar (sekitar 100 meter) -poin 3 Interface mId Protocol yang dapat digunakan misalnya : WIMAX, GSM, 3G, 4G, atau protocol lainnya yang memiliki coverage area besarseperti WAN - poin 4 Interface mIa Protocol yang digunakan misalnya: Zigbee, Bluetooth, Wifi, atau protocol lainnya yang memiliki coverage area tak terlalu besar (sekitar 100 meter) -poin 3 yang memiliki coverage area tak terlalu besar (sekitar 100 meter) -poin 3
[K3-b] Message apa sajakah yang dapat di-passing ? [Poin 10] Jawab : Interface dIa Message berupa frame (tergantung protocol yang digunakan), frame tersebut berisi data dari sensor (bisaberupaangkasuhuataukelembaban, gambar, tergantungdari sensor yang dipakai) -poin 1.5 Interface mId Message berupa packet, mengingat data yang dikirimkan melalui jaringan yang lebih besar jadi harus via IP -poin 2 Interface mIa Message berupa segment atau data untukdigunakan di aplikasi - poin 1.5
[K4-a] Lengkapi kalimat dibawah ini dengan istilah yang tepat ! Kode IPC di UNIX disediakan sebagai system call yang diimplementasikan sebagai layer di atas protokol ____TCP____ dan ____UDP___. Pesan yang dikirim dispesifikasikan dalam bentuk ____________socket address___________. Alamat socket terdiri dari __IP Address__ dan ___Port____. Socket akan digunakan terus dan berhenti tatkala ia ____di-close____. Sepasang socket dapat digunakan untuk saling berkomunikasi. Sebelum suatu socket digunakan untuk berkomunikasi, maka ia harus melakukan proses ___binding__ socket descriptor pada satu alamat soket.
[K4-a] Perhatikan gambar dibawah ini [K4-a] Perhatikan gambar dibawah ini. Jelaskan apa maksud dari setiap argument yang terterapadapotongan program padasistemoperasi UNIX berikut: [Poin 11] Socket() untuk membuat socket stream AF_INET -> menggunakan domain internet SOCK_STREAM -> stream diperlukan 0 -> memilih protokol TCP/IP Connect() untuk request koneksi dari proses S -> socket ServerAddress -> socket address dari server yang .listening Write() menulis pesan “message” -> pesan yang dikirim Length -> panjang pesan Bind() untuk bind (mengikat) socket dengan socket address server ServerAddress -> socket address server Listen() untuk “mendengar” (listening) socket jika ada request koneksi dari client 5 -> jumlah request maksimum yang dapat diantrikan Accept() untuk menerima sebuah request koneksi dari sebuah client dan menerima socket baru untuk komunikasi dengan client tersebut Snew -> socket baru S -> socket lama ClientAddress -> alamat socket client Read() membaca pesan dari socket baru (sNew) Buffer ->tempat menampung character Amount -> mengindikasikan jumlah isi buffer N -> jumlah character yang diterima
[K4-b] Perhatikan gambar dibawah ini [K4-b] Perhatikan gambar dibawah ini. Jelaskan apa maksud dari setiap argument yang tertera pada potongan program pada system operasi UNIX berikut: [Poin 11] Socket() untuk membuat socket baru AF_INET -> domain komunikasi yang digunakan adalah domain internet SOC_DGRAM -> diperlukan komunikasi datagram 0 -> menggunakan protokol yang cocok: UDP Bind() untuk binding socket dengan alamat socket Sending -> bind socket dengan socket address yang merujuk pada lokal port number yang tersedia Receiving -> bind socket pada socket address yang berisi server port Sendto() untuk pengiriman S -> socket “message” -> pesan yang dikirim ServerAddress -> alamat destination Recvfrom() untuk menerima Buffer -> lokasi memory From -> socket address dari socket pengirim