Mobile Programming Pertemuan 1 Presented by Mulyono Poltek NSC Surabaya
Mobile Programming Pengembangan aplikasi mobile merupakan pengembangan perangkat lunak yang bisa dijalankan pada perangkat genggam, seperti personal digital assistants, telepon genggam, dll. Ketika membangun aplikasi mobile, perlu mempertimbangkan ukuran layar, spesifikasi hardware dan konfigurasi karena akan mempengaruhi performa aplikasi yang dibuat tersebut.
Beberapa platform mobile programming J2ME C++ dalam symbian framework Flash Lite (Nokia N Series) Objective C (iphone) C++ dalam Brew framework, ini untuk HP CDMA C# .NET, untuk HP dengan OS Windows mobile Android
Android Google mengakuisisi proyek Android di tahun 2005 untuk memastikan bahwa sistem operasi mobile (OS) dapat dibuat dan dipelihara dalam sebuah open source platform. Pada Juli 2010, 160.000 handset Android bermunculan setiap hari. Kurang dari dua tahun (dari tahun 2008), Android telah membuat dampak besar!
Kenapa perlu membuat aplikasi Android Apakah Anda ingin aplikasi Anda akan tersedia bagi jutaan pengguna di seluruh dunia? Apakah Anda ingin mempublikasikan aplikasi segera setelah Anda selesai membuat dan menguji aplikasi tsb? Apakah Anda suka mengembangkan aplikasi dengan open source platform?
Continue… Market share Time to market Open platform Cross-compatibility Mashup capability
Android Programming Aplikasi Android dibuat dengan bahasa Java (tetapi bukan J2EE), yang dikenal sebagai mesin virtual Dalvik. Android juga mencakup bahasa XML serta Apache Ant untuk proses pengembangan.
Prinsip java : Write once, run anywhere (WORA) Java Knowledge Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek dan program java tersusun dari bagian yang disebut kelas. Kelas terdiri atas metode-metode yang melakukan pekerjaan dan mengembalikan informasi setelah melakukan tugasnya. Prinsip java : Write once, run anywhere (WORA) Contoh Simple.java (Nama file harus sama dengan nama Class) class Simple{ public static void main(String args[]){ System.out.println("Hello Java"); }
Inheritance class Pegawai { int nip; String nama; Pegawai(int a, String b){ nip = a; nama = b } class Manajer extends Pegawai { String jabatan; Manajer(String c){ jabatan = c;
Android Application Structure
Android source code = http://source.android.com Linux 2.6 kernel : Security model Memory management Process management Network stack Driver model
Android framework The Android run time Open GL (graphics library) WebKit SQLite Media frameworks Secure Sockets Layer (SSL)
Application framework Activity manager Telephony manager View system Location manager