Analisis Masalah dan Penyelesaian

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Algoritma dan Flowchart
Advertisements

Dasar Komputer & Pemrog 2 A minggu 4
ALGORITMA NOTASI 2 FLOWCHART.
PERTEMUAN 6 Algoritma Presented by : Sity Aisyah, M.Kom
Materi Flowchart/Bagan Alur.
Flowchart (Diagram Alur)
Dasar Pemrograman MODUL 07 PERULANGAN.
Algoritma dan Pemrograman
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
PENDALAMAN LOOP DAN LOGIKA
Operasi Perulangan pada FORTRAN Pertemuan 6
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
1 Dasar Pemrograman Komputer [TKL-4002] Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu :  Memahami struktur kendali pengulangan (looping)
Algoritma dan Struktur Data
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
STRUKTUR PERULANGAN BAG 2 ( STRUKTUR WHILE DO & REPEAT UNTIL )
1 PERTEMUAN 1 DIAGRAM ALUR (FLOWCHART). 2 Apa itu Flowchart 1.Suatu skema / bagan yang menggambarkan urutan kegiatan dari suatu program dari awal sampai.
PEMROGRAMAN PASCAL LOOPING - PERULANGAN.
PERULANGAN RISMAYUNI.
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
Algoritma dan Flowchart
Diagram Alur (Flowhart)
Materi Kuliah 1. Pertemuan ke : 1 Pengenalan Komputer dan Pemrograman
Materi 9 LOGIKA & ALGORITMA.
Flowchart (Diagram Alur)
STRUKTUR PERULANGAN STMIK AMIKOM PURWOKERTO.
ALGORITMA PEMROGRAMAN 2A
Variabel dan Ekspresi Struktur Percabangan dan Struktur Perulangan
PERULANGAN WHILE.
FLOWCHARTING Pertemuan 3 & 4 Muhamad Haikal, S.Kom., MT.
Wahyu Cahyani Faradilah Artian Ningsih Siti khodijah FLOWCHART
Algoritma Pemrograman
penyusunan algoritma (flowchart)
MODUL 2.
Dasar – dasar Algoritma dan Pemrograman
Dasar Pemrograman dan Komputer
Sindy Nova Algoritma dan Pemrograman 1A
Materi 10 LOGIKA & ALGORITMA.
PROG.STUDI PEND.FISIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR
STRUKTUR KONTROL Pertemuan Ke-7.
Perulangan(looping) Oleh: Sri supatmi,S.Kom.
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Algoritma.
Flowchart.
Pertemuan-III Algoritma disajikan gambar
STRUKTUR PERULANGAN.
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Pertemuan 2-3 Bandung Create by Hery Dwi Y
PERULANGAN.
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
LOGIKA & ALGORITMA -Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Dasar-Dasar Pemrograman
Oleh: Abdul Haris Heryani
Pertemuan ke 6 Nori Sahrun, S.Kom., M.Kom
Pemrograman Repetisi pada Pascal Ramos Somya, S.Kom., M.Cs.
Algoritma dan Pemrograman STRUKTUR ALGORITMA (3)
Algoritma dan Flowchart
LOGIKA & ALGORITMA KONSEP ALGORITMA & FLOWCHART M. Febriansyah, ST., MT.
Chapter 5 : Perulangan (Repeatition)
Chapter 5-3 : Perulangan (Repeatition)
Pemrograman Repetisi pada Pascal Ramos Somya, S.Kom., M.Cs.
Chapter 5-2 : Perulangan (Repeatition)
Dasar-Dasar Pemrograman
FLOWCHARTING Temu 3 dan 4.
Pengulangan Repeat – Until (lanjutan)
Struktur Perulangan.
LOGIKA & ALGORITMA A LGORITMA & P ENGENALAN F LOW C HART 1.
1 Algoritma dan Pemrograman STRUKTUR PERULANGAN. 2 JENIS-JENIS PERULANGAN 1.FOR-TO-DO / FOR-DOWNTO-DO 2.WHILE-DO 3.REPEAT-UNTIL.
Chapter 5 : Perulangan (Repeatition)
Diagram Alur (Flowhart)
Transcript presentasi:

Analisis Masalah dan Penyelesaian PERTEMUAN IV Analisis Masalah dan Penyelesaian

Kaidah-kaidah pembuatan Flowchart Dalam pembuatan flowchart tidak ada rumus atau patokan yang bersifat mutlak. Karena flowchart merupakan gambaran hasil pemikiran dalam menganalisa suatu masalah dengan komputer. Sehingga flowchart yang dihasilkan dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram lainnya. Namun secara garis besar, setiap pengolahan selalu terdiri dari tiga bagian utama, yaitu: Input, proses dan output.

Untuk pengolahan data dengan komputer, dapat dirangkum urutan dasar untuk pemecahan suatu masalah, yaitu; START: berisi instruksi untuk persiapan peralatan yang diperlukan sebelum menangani pemecahan masalah. READ: berisi instruksi untuk membaca data dari suatu peralatan input. PROCESS: berisi kegiatan yang berkaitan dengan pemecahan persoalan sesuai dengan data yang dibaca. WRITE: berisi instruksi untuk merekam hasil kegiatan ke perlatan output. END: mengakhiri kegiatan pengolahan

Beberapa anjuran dalam Pembuatan Flowchart: Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas Sebuah flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END

1. Operator Numerik 2. Operator Hubungan 3. Operator Logika + Penjumlahan = Sama dengan - Pengurangan # Tidak sama dengan * Perkalian < Lebih kecil / Pembagian > Lebih Besar ^ Pangkat <= Lebih kecil sama dengan sqrt Akar pangkat dua >= Lebih besar sama dengan AND Logika DAN OR Logika ATAU NOT Logika LAWAN

BAGAN ARUS LOGIKA FLOWCHART Macam – macam instruksi Instruksi Tanpa syarat Proses A Proses B Proses C

Instruksi Bersyarat (Condition Statement) Salah Benar Kondisi Proses A Proses B

Instruksi Pengulangan Salah Benar Kondisi Proses A Proses B

Contoh:

Mencari rata-rata dari 3 data yang diketahui (data sebagai input):

PENGULANGAN (loop) Dalam pascal dikenal tiga macam perulangan, yaitu dengan menggunakan statement for, while-do dan repeat until. FOR digunakan untuk mengulang statement berulang kali sejumlah yang ditentukan. WHILE DO digunakan untuk melakukan proses perulangan suatu statement terus-menerus selama kondisi ungkapan logika pada while masih bernilai logika benar. REPEAT...UNTIL digunakan untuk mengulang statement sampai (until) kondisi yang diseleksi di until tidak terpenuhi.

REPEAT...UNTIL

Looping bersarang For bersarang Perulangan For tersarang adalah perulangan For yang berada pada perulangan yang lainnya. Perulangan yang lebih dalam akan diproses terlebih dahulu sampai habis, kemudian perulangan yang lebih luar baru akan bertambah

While – Do bersarang Perulangan While – Do bersarang (nested While - Do) merupakan perulangan While – Do yang satu di dalam perulangan While – Do yang lainnya

Repeat – Until bersarang Repeat – Until tersarang adalah suatu perulangan Repeat – Until yang satu berada didalam perulangan Repeat – Until yang lainnya.

LATIHAN Buatlah flowchart dan listing program dengan turbo pascal untuk menghitung luas persegi panjang.

Program luas Persegi Panjang : Luas = Panjang * Lebar