PERTEMUAN 5 TextField merupakan turunan Item yang bisa menampung teks dan mengedit teks tersebut. TextField mempunyai ukuran maksimum, label dan format.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pelatihan Sikda GENERIK
Advertisements

Disusun oleh : Pertama tama, buka web browers yang terdapat di computer anda. Lalu, ketik kata kunci pada search engine. Seperti pada gambar di bawah.
Mendapatkan Input dari Keyboard
GUI MENGGUNAKAN HANDPHONE BERFASILITAS J2ME
MIDP, MIDLet & Antar Muka J2ME
PROSEDUR 1 Prosedur Adakalanya ketika kita membuat program, ada beberapa kode program yang ditulis berulang-ulang. Hal ini tentu saja menyita waktu dan.
MIDlet User Interface (3) As’ad Djamalilleil
Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Struktur Kode Program MIDlet As’ad Djamalilleil
WITH FANDI SUSANTO S.SI. Pemrograman Aplikasi Bergerak By Fandi Susanto S.Si.
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc.
Web Teknologi 3 (MKB721C) Minggu 2 Page 1 MINGGU 2 Web Teknologi 3 (MKB721C) Pokok Bahasan: –Midlet –User Interface Tujuan Instruksional Khusus: Agar.
Komponen Class Item (3) As’ad Djamalilleil
Membuat Data Base Kemahasiswaan
BUKA WEB INTERNAL /wordpress dan Login dengan username dan password.
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
MIDlet User Interface (2) As’ad Djamalilleil
Komponen Class Item (1) As’ad Djamalilleil
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
WITH FANDI SUSANTO S.SI. Pemrograman Aplikasi Bergerak By Fandi Susanto S.Si.
Komponen-Komponen dalam J2ME
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
MIDP (MIDlet) dan Tools
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 5 (18 APRIL 2011)
Database dalam Ms.Access
H. Risdiandri Iskandar, SKom, MM
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) Nyimas Artina.
Perancangan Web Pertemuan IV
BAB 5 Mengakses Internet.
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 2.
Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 4 (12 APRIL 2011)
MEET 3 PADA MINGGU KEMAREN KITA SUDAH MEMPELAJARI TENTANG LIST, YANG MANA LIST ITU TERBAGI MENJADI TIGA YAITU IMPLICIT,EXLUSIVE, DAN MULTIPLE Sekarang.
Pemrograman Berorientasi Obyek
Pengenalan Visual Basic
Step by step membuat Kalkulator.java menggunakan Java GUI
MEDIA PEMBELAJARAN KKPI
Graphical User Interface (GUI)
Pertemuan 2 Dani Hamdani, S.Kom..
High Level User Interface
Latihan Form Login.
MIDP High-Level User Interface
MOBILE TECNOLOGY (J2ME)
Command line argument.
Form & Item Oleh : Oman Somantri S.Kom
MIDlet User Interface (2)
Struktur Kode Program MIDlet
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Membangun User Interface
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (1) As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (3) As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Class List As’ad Djamalilleil
MIDlet User Interface (3)
82. Klik NEXT. 81. Maka akan muncul kotak REPORT WIZARD seperti pada gambar, lalu klik taanda double lebih besar ))
Agung Brastama Putra Pertemuan 11
Mobile Teknologi Pertemuan 3
Instalasi JME & Uji Coba
Mobile Teknologi Pertemuan 2
Menggunakan parameter pada ireport
antarmuka grafis (GUI) dalam window
GUI Stiki © 2014.
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Pemrograman GUI dengan Java
Pemrograman Berorientasi Objek
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
MEDIA PEMBELAJARAN KKPI
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 2B
Transcript presentasi:

PERTEMUAN 5 TextField merupakan turunan Item yang bisa menampung teks dan mengedit teks tersebut. TextField mempunyai ukuran maksimum, label dan format input. Beberapa vendor mengimplementasikan TextField sehingga ukuran TextField dapat secara otomatis membesar sesuai dengan input string yang dimasukkan. Berapa jumlah baris dan kolom yang ditampilkan TextField menjadi tanggung jawab dari vendor perangkat bergerak dalam pengimplementasiannya. Pada textfield terdapat enam format textfield yang memiliki fungsi berbeda-beda, adapun format dair textfield dapat di lihat pada table berikut :

FORMATKETERANGAN TextField.ANYmemasukkan karakter/input apapun kedalam TextField TextField. ADDRMemasukan berupa alamat TextField.NUMERICMemasukan data berupa bilangan bulat TextField.URLMemasukan data berupa alamat URL (Universal Resource Locator) TextField.DECIMALMemasukan data berupa bilangan desimal/pecahan TextField.PHONENUMBERMemasukan data berupa nomor telpon.

Selain itu TextField juga mempunya 6 prilaku terhadap input yang di berikan. Adapun prilaku itu dapat di lihat pada table :

Untuk memahami komponen Textfield, buatlah sebuah projext untuk login,Adapun langkah-langkahnya dapat di lihat di bawah ini : 1.Buah sebuah project baru dan beri nama latihan5, dan klik next

2. Pada Device Configuration pilih CLDC-1.1 dan pada Device Profile pilih MIDP-2.0 setelah itu klik finish

3. Buat sebuah MIDlet baru dan dengan cara klik kanan projet dan pilih new - MIDlet pada kotak dialog MIDlet isikan nama MIDlet dengan latihan_textfield, dan klik finish 4. Sebelum masuk ke script program tambahkan import javax.microedition.lcdui.*; 5. Pada class MIDlet setelah tulisan public class latihan_textfiled extends MIDlet, tambahakn script implements CommandListener 6. Siapkan komponen yang di butuhkan - komponen Display - komponen Command -komponen choicegroup Display nama_objek Command nama_objet ChoiceGroup nama_objek - komponen Textfiled -komponen Ticker Textfiled nama_objek Ticker nama_objek - komponen Form -komponen TextField Form nama_objek Textfield nama_objek

7. Buat sebuah class turunan dari MIDlet yang mana nama classnya harus sama dengan nama MIDlet public latihan_textfiled(){ 8. Membuat Form objek_form=new komponen(“tulisan yang di tampilkan); 9. Membuat Textfield untuk user name dan password objek_textfield_user=new komponen(“tulisan yang tampil","", masimal_karakter_input,prilaku_textfield); objek_textfield_pass=new komponen(“tulisan yang tampil","", masimal_karakter_input,prilaku_textfield); 10. Membuat command untuk login dan keluar objek_login=new Command(“kata yang tampil",tipe_command,prioritas_command); objek_keluar=new Command(“kata yabg tampil",tipe_command,prioritas_command); 11. Menambahkan objek Command ke dalam objek Form objek_form.addCommand(objek_command_login); objek_form.addCommand(objek_command_keluar);

12. menambahkan objekTextfield ke dalam objek Form objek_form.append(objek_textfield); 10. Menambahkan script supaya objek command nantinya aktif sewaktu di klik objek_form. setCommandListener(this); 11. Membuat class untuk login private void nama_class(){ if(objek_textfield_user.getString().equalsIgnoreCase(“nama_user")&& objek_password.getString().endsWith(“password")) { objek_form=new komponen_Form(“kata yang tampil"); objek_ textfiled=new komponen_TextField(“Tulisan yang tampil",“ ",maksimal_karakter,tipe_TextField); objek_chicegroup=new komponen_ChoiceGroup(“kata yang tampil",tipe_choicegroup); objek_choice.append(“kata yang tampil", null); objek_frm.append(objek_textfield); objek_form.append(objek_choice);

objek_command_kembali=new komponen_Command(“kata yan tampil",tipe_command,priorotas); objek_command_keluar=new komponen_Command(“kata yang tampil",tipe_command,priorotas); objek_form.addCommand(objek_command_kembali); objek_form.addCommand(objek_command_keluar); objek_form.setCommandListener(this); objek_display.setCurrent(objek_form); objek_form.setCommandListener(this); } 12. Membuat class untuk kembali private void nama_kelas_kembali(){ class ini berfungsi untuk login ulang, maka isinya sama dengan class turunan dari MIDlet } 13. Membuat class untuk keluar private void nama_kelas_keluar(){ destroyApp(true); notifyDestroyed(); }

14. Memanggil semua komponen supaya tampil pada layar pada method startApp() objek_display=Komponen_Display.getDisplay(this); objek_dispaly.setCurrent(objek_form);

15. Membuat command action untuk button Login if (c==login) { tampil(); } 16. Membuat command action untuk button Kembali if (c==kembali) { asd(); } 17. Membuat command action untuk botton keluar if(c==keluar) { Keluar(); }

Setelah selesai silahkan di running dan lihat hasilnya