Metode Penelitian di bidang teknik informatika Gita Indah Marthasari
Tujuan Mengetahui area penelitian bidang teknik informatika Mengetahui jenis-jenis metode penelitian di bidang teknik informatika
Penelitian Tujuan : menciptakan ilmu pengetahuan baru atau menerapkan teknologi untuk memecahkan suatu masalah Menggunakan pendekatan ilmiah metode ilmiah Metodologi : langkah langkah/tahapan perencanaan dengan bantuan beberapa metode, teknik, alat (tools) dan dokumentasi dengan tujuan untuk membantu peneliti dalam meminimalkan resiko kegagalan dan menekankan pada proses/sasaran penelitian di bidang CS/IS/IT
Apa saja bidang riset yang tersedia?
(lanjutan) Spektrum sangat beragam : Fokus pada teori dan algoritma : teoritis dan algoritmis sangat terapan seperti pengembangan robotika dan sistem cerdas Fokus pada teori dan algoritma : Untuk proses perancangan dan implementasi perangkat lunak Untuk proses dan perancangan sistem perangkat keras serta komponennya Sebagai model matematis dalam menyelesaikan masalah tertentu
Area Penelitian Informatika Pada dasarnya fokus bidang ilmu komputer mengalami pergeseran dari berbagai bidang ilmu yang antara lain electrical engineering, computer engineering, computer software engineering, computer science, information system dan information technology.
(lanjutan) Terdapat tiga paradigma besar dalam penelitian teknik informatika atau ilmu komputer : Teori Eksperimen yang merupakan ekplorasi terhadap model dari sistem/ arsitektur dan sering disebut pula sebagai abstraksi/ pemodelan, Desain yang menghsilkan produk/ sistem.
Area : Teori Merupakan pendekatan yang berlandaskan pada ilmu matematika. Untuk mendapatkan suatu teori yang valid perlu dilalui proses-proses pendefinisian (definition), pembuatan teorema (theorema),pembuktian (proof), penginterpretasian hasil (interpret result).
Area : Abstraksi/Pemodelan Merupakan pendekatan yang berlandaskan pada metode perancangan atau eksperimen. Dalam melakukan investigasi terhadap suatu fenomena hingga dihasilkan suatu model, formula, prediksi, metode, atau prototipe perlu dilalui proses-proses pembentukan hipotesis, kerangka teoritis, atau model teoritis; pembuatan suatu model, formula, prediksi, metode, atau prototipe; perancangan eksperimen; pengujian dan pengumpulan data; analisis hasil.
Area : Produk/Sistem Merupakan pendekatan penelitian guna menghasilkan suatu produk, sistem, tools, atau device baik hardware maupun software. Tahapan yang perlu dilakukan guna upaya pengatasan masalah meliputi perencanaan, perancangan, pembangunan, pengujian, penerapan, dan evaluasi.
Metodologi Penelitian Teknik Informatika Kualitas penelitian akan tampak dari kontribusinya terhadap pemecahan persoalan yang dihadapi masyarakat dan bagi pengembangan IPTEK. Dua jenis penelitian teknik informatika : Rekayasa model, formula, algoritma, struktur, arsitektur, produk, maupun sistem yang telah teruji Non-rekayasa teori dan keputusan yang telah teruji pula secara empiris
Penelitian Rekayasa Forward Engineering: rekayasa yang dilakukan dari perencanaan, perancangan, pembangunan, hingga penerapan, atau pada tahapan-tahapan pendek rekayasa, misal dari perancangan ke pembangunan saja.
Contoh : Prototype System Aplikasi Pemungutan Suara pada Pemilihan Presiden dengan Pemanfaatan NFC berbasis Android. Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Monitoring Server Clearos berbasis Android. Aplikasi Pengukur Kemampuan Kerja menggunakan Metode Pauli WEBGIS Kemacetan Lalu Lintas dan Solusi Rute Terpendek menggunakan Algoritma Dijkstra berbasis Open Layer di Kota Malang, dll
(lanjutan) Reverse Engineering: merupakan rekayasa dari produk, sistem, atau prototipe yang sudah ada menjadi blue print, formula, atau model, atau pada tahapan-tahapan pendek rekayasa, misal dari pembangunan ke perancangan saja.
Contoh : Rekayasa Balik Sistem Informasi Perpustakaan Reverse engineering of design patterns from java source code. Data reverse engineering using system dependency graphs, dll
(lanjutan) Re-engineering : merupakan pengubahan dan pengorganisasian kembali komponen-komponen sistem yang dapat dilakukan terhadap hasil desain atau implementasi saja atau pada keseluruhan tahapan/ abstraksi sistem, tanpa menghilangkan keseluruhan komponen lama agar diperoleh metode, formula, model, prototipe, produk, sistem, atau tools dengan tingkat kesempurnaan dan standar yang lebih tinggi.
Contoh : A systematic mapping study on software product line evolution: From legacy system reengineering to product line refactoring Reengineering, Simulation and Data Analysis of an RFID System Reengineering legacy systems with RESTful web service, dll
Referensi http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/index .php/artikel-coba-2/teknologi-informasi/826- paradigma-metodologi-penelitian-teknik- informatika-model-pendekatan-penelitian- rekayasa-forward-reverse-re-engineering
Tugas Pengamatan Menghadiri Sempro TA dan mengamati proses yang terjadi : Apa yang seharusnya dilakukan oleh mahasiswa peserta sempro sebelum, saat, dan setelah sempro? Apa saja yang harusnya dipresentasikan saat sempro? Bukti berupa lembar kendali yang berisi 10 presenter Hasil pengamatan + lembar kendali dikumpulkan saat UTS
Tugas Pertemuan Berikutnya Tiap mahasiswa melakukan studi literatur dan menyampaikan hasilnya dalam bentuk, a.l : Resume literatur yang dibaca Latar belakang topik pilihan, dsb