STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
HUBUNGAN HTN DENGAN ILMU LAIN:
Advertisements

SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
PENGANTAR STUDI ISLAM Mata Kuliah Semester V
Masa kebangkitan kembali hukum islam
RUANG LINGKUP FILSAFAT ILMU
PENGANTAR STUDI ISLAM APA ITU PENGANTAR STUDI ISLAM (PSI)?
AGAMA ISLAM APAKAH ISLAM ITU SATU ATAU BANYAK? MANA ISLAM YANG BENAR?
Penjelasan GBPP & Kontrak Perkuliahan
Keyakinan By: Brenda 6B.
METODE DAN PENDEKATAN DALAM STUDI FILSAFAT POLITIK
Pendidikan sebagai Ilmu
BERBAGAI PENDEKATAN DALAM PENGKAJIAN SASTRA
MK Filsafat dan Etika Kesejahteraan Sosial Arif Wibowo
ILMU PENDIDIKAN SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN
SASTRA PERBANDINGAN ANWAR EFENDI FBS UNY.
Keterpaduan Islam dan Iptek
KONSEP DASAR GEOGRAFI KEBUDAYAAN (SDM) FISIS/ALAM ORGANISASI.
(2)KARAKTERISTIK IPS SD
Materi Pertemuan 12 Sejarah Hukum Islam III
 Farros  Asti  Rara  Yesi  Dzikria  Hanna. Perkembangan paradigma Psikologi Islami selama hampir dua dekade di Indonesia menunjukkan dinamika keilmuwan.
Pertemuan ke-3 Filsafat & Pemikiran Ekonomi Islam
Pendidikan AGAMA 2 OLEH : MB Tabrani, M.Pd STIE BINA BANGSA
Oleh : Ronny Mugara, S.Pd., M.Pd
Metode memahami islam Oleh: Sayan Suryana, S.Sos.M.M. FH. Unsika.
I. Arti dan Ruang lingkup agama Islam
PETA PEMIKIRAN ISLAM.
PERTEMUAN 4 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
Minggu ke I Lia Aulia Fachrial, S. Psi., M. Si
Antropologi.
Oleh: Syukur Pendekatan Studi Islam IAIN SALATIGA
UNIVERSITAS PAKUAN PROGRAM PASCA SARJANA JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN 2015 Hakikat Ilmu Filsafat Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah : FILSAFAT.
AGAMA ISLAM APAKAH ISLAM ITU SATU ATAU BANYAK? MANA ISLAM YANG BENAR?
Unsur dan problematika ilmu dakwah
BAHASAN HARI INI PENGERTIAN & FUNGSI AL-SUNNAH & AL-HADITS
6. BAGAIMANA MEMAHAMI HADITS NABI SAW
URGENSI AGAMA BAGI MANUSIA
KLASIFIKASI DAN URGENSI AGAMA BAGI MANUSIA
AGAMA DAN KEBERAGAMAAN
Hakikat Ilmu Pendidikan
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
RUANG LINGKUP FILSAFAT ILMU
MASA PEMBINAAN, PENGEMBANGAN, DAN PEMBUKUAN (ABAD VII-X M)
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
TEORI SOSIOLOGI Teori psikologis yang telah dibahas di muka, ditujukan dan dipusatkan pada individu beserta lingkungannya. Dalam teori sosiologis atau.
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
SEJARAH ISLAM APA YANG DIMAKSUD DENGAN SEJARAH?
Pendekatan Fenomenologis
Memahami hakikat ilmu pengetahuan
Ilmu, Sejarah Perkembangan dan Aliran-Aliran Filsafat Ilmu
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
APA DAN BAGAIMANA ANTROPOLOGI
METODOLOGI AGAMA ISLAM
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM.
PENGERTIAN PENDIDIKAN DAN ILMU PENDIDIKAN
DASAR-DASAR PELAKSANAAN PENDIDIKAN
Filsafat Pendidikan sebagai ilmu
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
ISLAM DALAM DISIPLIN ILMU
TEOLOGI ISLAM SEBAGAI PENGETAHUAN RASIONAL
SOSIOLOGI HUKUM OLEH : Dr. Harmadi, SH,MHum.
Sosiologi Pedesaan (Sosiologi Pertanian)
Ali Rohmad – 2015 M - Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI)
6. BAGAIMANA MEMAHAMI HADITS NABI SAW
PENGANTAR FILSAFAT Oleh: AHMAD TAUFIQ MA. Belajar Filsafat 1. Dari Sejarah Perkembangan Pemikiran: Yunani Kuno – Filsafat Timur Abad Pertengahan Filsafat.
ILMU PENDIDIKAN SEBAGAI ILMU PENGETAHUAN
BAGAIMANA ISLAM MEMBANGUN PERSATUAN DALAM KEBERAGAMAN
Oleh : Said Al Zubaidy, S.Ag, M.PdI Dosen METODOLOGI STUDI ISLAM.
Metode Penelitian Sastra
Transcript presentasi:

STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU APA YANG DIMAKSUD DENGAN STUDI AGAMA? APA MOTIVASI DAN TUJUAN STUDI AGAMA? PENDEKATAN DAN METODE APA SAJA YANG DIGUNAKAN DALAM STUDI AGAMA? BAGAIMANA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN STUDI AGAMA?

PENGERTIAN STUDI AGAMA STUDI AGAMA IALAH KAJIAN TENTANG SELUK BELUK AGAMA SEBAGAI SUATU AJARAN DAN AKTUALISASI/PENGAMALANYA DALAM SUATU MASYARAKAT STUDI ISLAM = KAJIAN TENTANG SELUK BELUK AJARAN ISLAM SERTA PEMAHAMAN DAN PENGAMALANNYA DALAM KEHIDUPAN NYATA MASYARAKAT MUSLIM

TUJUAN & MOTIVASI STUDI AGAMA MEMAHAMI UNTUK DIPRAKTIKKAN DAN DIAJARKANSEBAGAI SUATU KEBENARAN MEMAHAMI UNTUK TUJUAN AKADEMIK / ILMU PENGETAHUAN MEMAHAMI UNTUK MENUMBUHKAN SALING PENGERTIAN / TOLERANSI DALAM KEHIDUPAN SOSIAL MEMAHAMI UNTUK MENCARI-CARI KELEMAHAN DENGAN TUJUAN2 NEGATIF

PENDEKATAN DAN METODE STUDI AGAMA PENDEKATAN NORMATIF-TEOLOGIS PENDEKATAN HISTORIS-EMPIRIS PENDEKATAN FILOSOFIS-KRITIS

KAJIAN AGAMA TEOLOGIS NORMATIF DISEBUT JUGA PENDEKATAN DOKTRINER MEMANDANG AGAMA SEBAGAI SUATU YANG SUCI DAN MUTLAK BENAR DILAKUKAN UNTUK MEMBUKTIKAN DAN MENUNJUKKAN KEBENARAN AJARAN AGAMA YANG DIKAJI KAJIAN INI SERING DITUDING BERSIFAT APOLOGETIK

KAJIAN AGAMA HISTORIS-EMPIRIK PEMAHAMAN TERHADAP AKTUALISASI AGAMA DALAM KEHIDUPAN NYATA STUDI AGAMA YANG MENGGUNAKAN KERANGKA METODOLOGIS ILMU2 SOSIAL, SEPERTI SOSIOLOGI, ANTROPOLOGI, DAN PSIKOLOGI.

PENDEKATAN FILOSOFIS KRITIS KAJIAN AGAMA SECARA KRITIS, LOGIS, DAN LIBERAL TANPA TERIKAT OLEH SEGALA BENTUK OTORITAS SELALU MEMIKIRKAN DAN MEMPERTANYAKAN KEMBALI SEGALA SESUATU YANG DATANG SECARA OTORITATIF

PENDEKATAN STUDI AGAMA STUDI AGAMA JUGA DAPAT DILAKUKAN DENGAN PENDEKATAN KAWASAN/WILAYAH, YAITU MENGKAJI ISLAM BERDASARKAN KAWASAN/WILAYAH TERTENTU. WILAYAH2 KAJIAN: KAWASAN TIMUR TENGAH, ASIA SELATAN, ASIA TENGGARA, EROPA, DLL.

METODE STUDI AGAMA STUDI AGAMA DAPAT DILAKUKAN DENGAN CARA2: PERBANDINGAN AGAMA (COMPARATIVE STUDY OF RELIGION), YAITU DENGAN MEMBANDINGKAN SUATU AGAMA DENGAN AGAMA LAIN ATAU SUATU PEMAHAMAN DENGAN PEMAHAMAN LAIN KAJIAN SAINTIFIK YG BERSIFAT EMPIRIK, BAIK MELALUI KAJIAN ANTROPOLOGS, SOSIOLOGIS, PSIKOLOGIS, MAUPUN HISTORIS, DLL.

SEJARAH STUDI AGAMA DI ERA PRA SOCRATES, SUDAH ADA CATATAN DAN LAPORAN TENTANG KEHIDUPAN KEAGAMAAN BERBAGAI MASYARAKAT YANG DIHIMPUN OLEH PARA PENGEMBARA PARMANIDES (L. 520 SM) DAN LUCRETIUS (W 53 SM) BANYAK MENGABDIKAN DIRI DALAM BERBAGAI KAJIAN TERHADAP KEHIDUPAN KEAGAMAAN YANG ADA

YANG DIPANDANG SEBAGAI PERINTIS STUDI AGAMA SECARA SAINTIFIK IALAH FRIEDRICH MAX MULLER (1823-1900) YANG MENULIS ESSAY ON COMPARATIVE MYTHOLOGY (1856)

AL-SYAHRASTANI (W. 1153 M) DAN IBN HAZM (994-1064 M) MERUPAKAN ULAMA ISLAM KLASIK YANG BANYAK BERBICARA TENTANG AGAMA2 STUDI AGAMA SEMAKIN BERKEMBANG PADA ABAD KE-19 DENGAN MUNCULNYA BANYAK ILMUWAN DAN LEMBAGA DI EROPA

STUDI ISLAM

JAQUES WAARDENBURG STUDI2 KEISLAMAN = STUDI MENGENAI ISLAM SEBAGAI AGAMA DAN TENTANG ASPEK2 KEISLAMAN DARI KEBUDAYAAN MASYARAKAT MUSLIM KAJIAN ISLAM NORMATIF (NILAI DAN NORMA YG TERMUAT DALAM PETUNJUK SUCI) DAN ISLAM AKTUAL (SEMUA BENTUK GERAKAN, PRAKTEK DAN GAGASAN YG EKSIS DALAM MASYARAKAT MUSLIM DALAM WAKTU DAN TEMPAT YANG BERBEDA

PENDEKATAN STUDI ISLAM SECARA GARIS BESAR STUDI ISLAM DILAKUKAN DENGAN PENDEKATAN: NORMATIF, KAJIAN ISLAM SEBAGAI SEBUAH DOKTRIN YANG MEMUAT NORMA2 AJARAN ISLAM YANG TERTUANG DI DALAM AL-QURAN DAN HADIS SHAHIH (= PENDEKATAN DOKTRINAL TEOLOGIS) HISTORIS, KAJIAN TERHADAP SEJARAH PEMAHAMAN DAN PRAKTIK AJARAN ISLAM OLEH UMATNYA DALAM KEHIDUPAN NYATA SEHARI-HARI (PENDEKATAN EMPIRIS FENOMENOLOGIS)

KAJIAN ISLAM HARUS DIDASARKAN SUMBER UTAMA ISLAM (AL-QURAN + AL-AHADITS AL-SHAHIHAH) MENGGUNAKAN WARISAN KLASIK KARYA PARA ULAMA YANG KOMPETEN DILAKUKAN SECARA INTEGRAL DENGAN MEMPERHATIKAN BERBAGAI ASPEK2 DAN DIMENSI ISLAM MENGGUNAKAN PENDEKATAN DAN METODE YG TEPAT

PENDEKATAN NORMATIF BERTUJUAN MENGGALI DAN MEMAHAMI SUMBER2 AJARAN ISLAM YANG DIYAKINI BERASAL DARI YANG GHAIB YANG MAHA KUASA. BERSIFAT TEKSTUAL BERSIFAT SUBJEKTIF KARENA BERTOLAK DARI KEYAKINAN BERUSAHA MENCARI PEMBENARAN TERHADAP SESUATU YG SUDAH DIYAKINI (TRUTH CLAIM)

PENDEKATAN HISTORIS DIKATAKAN JUGA PENDEKATAN ILMIAH, KARENA OBJEK KAJIANNYA ADALAH REALITAS KEBERAGAMAAN UMAT PENGANUTNYA (= PENDEKATAN FENOMENOLOGIS = SOSIOLOGIS, ANTROPOLOGIS) PENDEKATAN HISTORIS LEBIH BERSIFAT SAINTIFIK KARENA BERBICARA AGAMA SEBAGAIMANA DIPAHAMI DAN DIPRAKTIKKAN OLEH UMATNYA. OLEH SEBAB ITU, PENDEKATAN INI DIPANDANG LEBIH OBJEKTIF.

PEMAHAMAN ISLAM HARUS DIDUKUNG OLEH PENGETAHUAN YANG MEMADAI TENTANG PRAKTIK ATAU AKTUALISASI AJARAN ISLAM, BAIK DI MASA RASUL MAUPUN MASA-MASA SESUDAHNYA. AKTUALISASI AJARAN AGAMA DALAM SUATU MASYARAKAT TIDAK BISA DILEPASKAN DARI KONDISI SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT YBS.

DUA BENTUK STUDI ISLAM EMPIRIK-HISTORIS AKTUALISASI ISLAM DI MASA RASUL ALLAH MENJADI DASAR DAN RUJUKAN DALAM ISLAM KARENA PRAKTIK (SUNNAH) NABI ADALAH DASAR KEDUA DARI ISLAM AKTUALISASI ISLAM PADA MASA2 SESUDAH NABI WAFAT MEMAHAMI PENGARUH BUDAYA DALAM AKTUALISASI AJARAN ISLAM OLEH UMATNYA MEMPUNYAI KEDUDUKAN YANG BERBEDA DENGAN PRAKTIK DI ZAMAN NABI

STUDI ISLAM DI INDONESIA KAJIAN TERHADAP ISLAM DI INDONESIA SUDAH ADA SEJAK MASA2 AWAL KEDATANGAN ISLAM DI KAWASAN INI HANYA SAJA KAJIAN ITU DILAKUKAN TERUTAMA DENGAN PENDEKATAN NORMATIF KAJIAN ISLAM DENGAN PENDEKATAN HISTORIS SECARA INTENS BARU DIKEMBANGKAN SEJAK TAHUN 1970-AN (MUKTI ALI DAN HARUN NASUTION)

KAJIAN ISLAM DI BARAT DILAKUKAN OLEH ILMUWAN NON MUSLIM (ORIENTALIS) DENGAN BERBAGAI LATAR BELAKANG KEAHLIAN ILMUWAN BARAT BANYAK YG BERBICARA TENTANG KEBERISLAMAN BUKAN ISLAM SEIRING DENGAN PERKEMBANGAN SAINS/ PENGETAHUAN ILMIAH ADA YG OBJEKTIF DAN ADA PULA YG TIDAK OBJEKTIF

BAHASAN SELANJUTNYA APA ITU ISLAM??? APA MISI AGAMA ISLAM??? ADAKAH HUBUNGAN ANTARA NAMA DENGAN MISI ISLAM??? APA ESENSI AJARAN ISLAM???