SELAMAT PAGI... OM SWASTIASTU.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PANCASILA 13 PENGETIAN PARADIGMA
Advertisements

ETIKA DAN HUKUM KESEHATAN
BAB I Tinjauan Umum Etika
PANCASILA 10 PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA PENGANTAR
ETIKA PROFESI.
Etika & Moral dalam Pembelajaran
Pendahuluan Wawasan Budi Luhur
MANUSIA SEBAGAI MAHLUK BUDAYA
FILSAFAT PANCASILA ( PANCASILA NILAI DASAR FUNDAMENTAL )
PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT
STMIK/ AMIK “PARNA RAYA” MANADO
PENDIDIKAN AGAMA HINDU
YOGA.
KONSEP ADMINISTRASI IKA RUHANA.
MAKNA LIMA SILA DALAM PANCASILA
Pertemuan ke III (FILSAFAT PANCASILA)
ETIKA & ETIKET.
Beda Etika dan Moral Etika berasal dari bahasa Yunani “ethos,” artinya adat kebiasaan, (jamaknya “ta etha”),. Moral berasal dari bahasa Latin “mos,” artinya.
BAB II Etika Dalam Tinjauan Umum
Filsafat Pancasila Bambang Tri Purwanto.
(FILSAFAT PANCASILA) Oleh : KELOMPOKI 5.
BAB I PENGANTAR ETIKA PROFESI PNS. Dimana perbedaannya….? Apa perbedaannya….?
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN. Tujuan Pembelajaran Siswa mampu mendeskripsikan kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan.
Di susun oleh : MEILILIYANIE, S.SiT.
ETIKA KESEHATAN MASYARAKAT
Etika Dan Regulasi Maria Christina.
ETIKA DAN PROFESIONALISME PR Pertemuan 8
Pertemuan I Pendahuluan Poni Sukaesih Kurniati, S.IP., M.Si.
Pertemuan I Pendahuluan Poni Sukaesih Kurniati, S.IP., M.Si.
Makalah Acara Agama Hindu
PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK
Tugas persentasi kelompok 5 Manusia Dan Pandangan HIdup
ETIKA PROFESI ISLAM DALAM PANDANGAN FILSAFAT
BAB I Tinjauan Umum Etika
Oleh: Devie Rosa Anamisa, S.Kom
Om Swastyastu Ni putu nessy p.y.
Pertemuan I Pendahuluan Poni Sukaesih Kurniati, S.IP., M.Si.
SISTEMATIKA ETIKA Sistematika Etika : Etika Individual Umum Etika
Bab III MORALITAS.
Oleh : Yesi Marince, S.IP., M.Si
ETIKA DAN KAIDAH BERAGAMA DALAM KESEHATAN
Pancasila Sebagai Sumber Nilai Dan Paradigma Pembangunan
Oleh : Yesi Marince, S.IP., M.Si
Pertemuan I Pendahuluan Poni Sukaesih Kurniati, S.IP., M.Si.
OM SWASTYASTU.
TUGAS MAKALAH AGAMA- AGAMA DUNIA
PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA
PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK
ETIKA PROFESI.
Visi dan Misi PKN.
Etika Pancasila.
Makna Akhlak, etika dan moral
PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT
ETIKA FILSAFAT DZIKRINA HIRONI, S.Psi HP /
KONSEP ADMINISTRASI IKA RUHANA.
PANCASILA 10 PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA PENGANTAR
PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK
Hakikat Manusia 9/16/ :07 PM.
MATERI = ISI = KANDUNGAN = KURIKULUM
KEPADA SELURUH GURU DAN KARYAWAN SMA NEGERI 71 JAKARTA
MEMPERSEMBAHKAN KELOMPOK 1 M. Reza Ansyari LubisMuammad Abduh Arya Syaputra Novika LubisWiwik HerawatiSiti Nuranis.
ETIKA PROFESI.
KEPADA SELURUH GURU DAN KARYAWAN SMA NEGERI 71 JAKARTA
ETIKA & NORMA Baham 02 a.
Pembahas (Putu Gatot yogiawan)
BAB 2 MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BUDAYA
PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT
ETIKA DAN MORAL. MANUSIA AHLAK ETIKA MORAL Makna Etika dan Moral Etika adalah filsafat moral. Antara etika dan moral dapat dijadikan sebagai bentuk konsep.
PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA
OLEH : ARIE SULISTYOKO, S.Sos, M.H. Nilai, norma, dan moral adalah konsep- konsep yang saling berkaitan. Dalam hubungannya dengan Pancasila maka ketiganya.
Transcript presentasi:

SELAMAT PAGI... OM SWASTIASTU

Kerangka Dasar Agama Hindu Tattwa berasal dari kata tat dan twa. Tat berarti ”itu” dan twa juga berarti ”itu”. Jadi secara leksikal kata tattwa berarti ”ke-itu-an”. Dalam makna yang lebih mendalam kata tattwabermakna ”kebenaranlah itu”. Kerapkali tattwa disamakan dengan filsafat ketuhanan atau teologi. Di satu sisi, tattwa adalah filsafat tentang Tuhan Susila  Sementara itu susila berasal dari kata ”su” dan ”sila”. Su berarti baik, dan sila berarti dasar, perilaku atau tindakan. Secara umum susila diartikan sama dengan kata ”etika”. Definisi ini kurang lebih tepat karena susila bukan hanya berbicara mengenai ajaran moral atau cara berperilaku yang baik, tetapi juga berbicara mengenai landasan filosofis yang mendasari suatu perbuatan baik harus dilakukan Upacara Upacara dalam agama Hindu, adalah merupakan rangkaian kegiatan manusia dalam usaha menghubungkan diri dengan Hyang Widhi Wasa guna memohon tuntunan hidup dan keselamatan secara lahir dan bathin. Dalam pelaksanaan upacara-upacara tersebut, dilengkapi dengan upakara, banten, atau sesajen, yang fungsinya sebagai sarana konsentrasi atau pemusatan pikiran. Semua jenis upakara mengandung makna simbolis filosofis yang tinggi dan mendalam,

Susila dalam Agama Hindu merupakan kerangka dasar yang kedua. Susila berasal dari kosa kata bahasa Sanskerta yang artinya tingkah laku yang baik atau menunjukkan kebaikan. Dalam Wrhaspati Tattwa 26 dinyatakan sebagai berikut: “Sila ngaranya angraksa acara rahayu”. (Wrhaspati Tattwa.26) Artinya : Kata susila mengandung pengertian perbuatan baik atau tingkah laku yang baik.

Bagavadgita Asuri Sampad Daiwi Sampad

sifat-sifat Daiwi Sampad dan Asuri Sampad 1 sifat-sifat Daiwi Sampad dan Asuri Sampad 1. Susila atau etika adalah upaya mencari kebenaran. Sebagai filsafat ia mencari informasi yang sedalam-dalamnya secara sistematis tentang kebenaran yang bersifat absolut maupun relatif. 2. Susila atau etika adalah upaya untuk mengadakan penyelidikan atau mengkaji kebaikan manusia, sebagai manusia bagaimana seharusnya hidup dan bertindak di dunia ini agar hidup menjadi bermakna. 3. Susila atau etika merupakan upaya (karma) manusia mempergunakan keterampilan fisiknya (angga/raga) dan kecerdasan rohani (suksma sarira). Suksma sarira manusia terdiri atas pikiran (manas), kecerdasan (buddhi), dan kesadaran murni (atman) yang dapat berfungsi sebagai sarana untuk memecahkan berbagai masalah tentang bagaimana manusia hidup dan berbuat baik (suputra)

Kitab Sarasamuscaya menyebutkan sebagai berikut: Manusah sarvabhutesu varttate vai subhasubhe, asubhesu samavistam subhesveva varakayet. Ri sakwehning sarwa bhuta, iking janma wwangjuga wenang gumawaya-kenikang subha-subhakarma, kuneng paneentas akena ring subhakarma juga ikang asubhakarma phalaning dadi wwang (Sarasamuscaya, 2) Artinya: Dari sedemikian banyaknya semua makhluk yang hidup, yang dilahirkan sebagai manusia itu saja yang dapat berbuat perbuatan baik-buruk itu, adapun untuk peleburan perbuatan buruk ke dalam perbuatan baik juga manfaatnya menjadi manusia.

Tujuan Etika dan Moralitas dalam Agama Hindu 1. Untuk membina agar umat Hindu dapat memelihara hubungan dengan baik. 2. Untuk menghindarkan adanya hukum rimba, dimana yang kuat menindas atau memperalat yang lemah. 3. Untuk membina agar umat Hindu dapat menjadi manusia yang baik dan berbudi luhur. 4. Untuk membina agar umat Hindu selalu bersikap dan bertingkah laku baik, termasuk selalu berbuat baik dengan siapapun juga.

Dalam Hindu Kita memutuskan PUNARBAWA

Mencapai Moksa/pelepasan

SEKIAN DAN TERIMA KASIH OM SANTI...SANTI...SANTI OM