Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehSusanto Hermawan Telah diubah "7 tahun yang lalu
1
MUNIR UPT-TEKKOMDIK DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR
E-Sabak MUNIR UPT-TEKKOMDIK DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR
2
Learning Evolution
3
Perkembangan Piranti Mobile
4
Desktop + Mobile = Tablet
5
Mobile vs Desktop User Projections
Apa perbedaan aplikasi bergerak (mobile) dengan aplikasi desktop?
6
E-Sabak E-Sabak adalah Seperangkat alat elektronik berbentuk Tablet yang berisi Aplikasi pembelajaran (Sumber Belajar) yang digunakan sebagai sarana belajar dan pengembangan konten bagi siswa atau guru E-Sabak Adalah program pengembangan konten berbasis mobile guna mendukung program untuk daerah 3 T ( Tertinggal, Terluar, dan Terpencil ) yang akan di siapkan pada tahun 2015 dan di implementasikan tahun 2016 untuk jenjang SD, SMP, SMA/SMK.
7
E-Sabak Bentuk E-sabak adalah berupa perangkat Tablet yang berisi aplikasi pembelajaran berupa, e-book, Video, Audio, gambar dan Animasi/Multimedia. Mengingat Keterbatasan memori E-Sabak, maka hanya berisi materi dalam 1 Semester atau 1 tahun pelajaran (2 Semester ).
8
E-Sabak Program E-Sabak melibatkan beberapa unsur antara lain PT. Telkom Indonesia sebagai penyedia atau penanggung jawab Aplikasi, Balai Pustaka sebagai penyedia atau penanngung jawab Konten ( buku ), dan Kementerian Kominfo bersama Pustekkom kemdikbud sebagai penyedia atau penanggung jawab ketersediaan Jaringan Program E-Sabak masih dalam proses Persiapan implementasi oleh karena itu diperlukan pelatihan untuk gurunya.
9
Topologi E-Sabak Koneksi Intranet WiFi E-Sabak dalam bentuk Tablet
Local Server Konten E-Sabak Tablet Koneksi Intranet WiFi
10
Salah satu Sasaran utama adalah Daerah 3T
“..Piloting di daerah 3T (fokus di daerah Terdepan/Perbatasan dengan negara lain)..” Prov. Kalbar Prov. Kaltim 5 Kab 3 Kab Sanggau, Kapuas hulu, Sambas, Sintang, Bengkayang Nunukan, kutai barat, malinau 4.717 Sekolah;619,724 siswa Konsep DNA+S Kasih Pointer di Contact Center Program pemerintah sangat banyak dan baik (misal portal rumah belajar, Kartu Indonesia Pintar, dll) tetapi umumnya kurang memperhatikan Sosialisasi dari suatu program shg tidak sampai kepada masyarakat/user dengan optimal. Prov. Papua 5 Kab Jayapura, Keerom, Penggunungan bintang, boven digoel, Marauke 2.513 Sekolah; siswa Prov. NTT 3 Kab Belu, Kupang, Timorleste Utara 5.994 Sekolah; 1 jt siswa
11
Tablet and-or Buku
12
Application & Content.. (2)
E-Sabak Application & Content.. (2) Kita harus mengembalikan persekolahan menjadi TAMAN, tempat belajar yang MENYENANGKAN... Inline dgn Solusi pada Pointer Gawat Darurat Pendidikan Indonesia (point TIMSS) : Anak dapat belajar Sains (math maupun IPA) dgn menyenangkan Anak dapat lebih menyukai hal2 terkait dengan pelajaran pengetahuan umum/kesehatan
13
Menuju Generasi Kreatif
Alat Bantu Belajar Pembelajaran interaktif Alat Bantu kreator konten digital Repositori Konten Pembelajaran 1 2 3 4
14
E-SABAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR
Merancang dan Membuat Konten Mengembang Konten By Design Pencarian Konten Mengunduh Konten Mencari Sumber Lain By Utilization
15
Memiliki Tools Pengembangan
E-Sabak sebagai sarana pengembangan konten bagi siswa/guru (content creator) Memiliki Tools Pengembangan PDF Reader Doc Reader Video Reader Audio Reader Simulator Siswa dan Guru Aktif Unduh Unggah Membuat Berbagi Sifat Konten Interaktif User Friendly e-Sabak
16
Interaksi dalam pencarian sumber belajar Praktek dan latihan/PR
e-Sabak sebagai Sarana Interaksi Pembelajaran antara peserta didik dengan materi pembelajaran e-SABAK Interaksi dalam pencarian sumber belajar Praktek dan latihan/PR Simulasi Permainan Pemecahan Masalah Penemuan
17
e-Sabak sebagai Sarana Interaksi Pembelajaran antara peserta didik dengan narasumber/guru
Konsultasi materi pembelajaran Tutorial Bimbingan Pemantauan guru terhadap peserta didik Pengembangan diri dalam komunikasi dan kolaborasi Pengembangan portofolio peserta didik dan guru Sarana membangun komunitas dan membuat kaitan emosi antar komunitas
18
Imaginasi ruang kelas masa depan Indonesia..
Gambaran ruang kelas masa depan, dimana ICT ‘Bridge the Gap” perluasan dan pemerataan Pendidikan Indonesia. Dgn pembelajaran berbasis ICT (via dashboard), dapat memudahkan proses control dan standarisasi pemerintah/kemdikbud pusat kepada seluruh sekolah di Indonesia. Source :
19
Model Pembelajaran KK 2013 di Sentani, Papua
19
20
Model Pe Model Pembelajaran di negara lainn di Kota Milpitas
20
21
Model Pembelajaran di Kota Milpitas
Model Pe Model Pembelajaran di negara lainn di Kota Milpitas Model Pembelajaran di Kota Milpitas 21
22
PORTAL RUMAH BELAJAR ( Http://belajar.dindik.jatimprov.go.id )
DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR
23
Portal Rumah Belajar Dinas Pendidikan Prov. Jatim
belajar.dindik.jatimprov.go.id Adalah situs Rumah Belajar yang dimiliki dan dikembangkan oleh UPT-Tekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur untuk dijadikan rumah belajarnya para insan pendidikan , baik guru maupun peserta didik khususnya di Provinsi Jawa Timur.
24
Konten Portal Rumah Belajar Dinas Pendidikan Prov. Jatim
Konten Portal Rumah Belajar Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur pada awalnya hanya berisi Aplikasi Sistem Manajemen Pembelajaran atau yang sering dikenal dengan LMS. Dan pada tahun 2014 ditambahkan/dikembangkan konten Bank Soal, Konten berbasis Audia dan Video, Konten Multi Media/M-Learning, Konten Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), Konten Jurnal/Karya Tulis.
25
1. Konten LMS Learning Management System
Sistem Manajemen Pembelajaran adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk Mengelola proses belajar mengajar di kelas. Sistem ini digunakan oleh Guru, Siswa, Orang tua, dan administrator sekolah. Fitur utama level guru dalam aplikasi ini adalah: Mengelola materi pembelajaran Mengelola peserta dalam sebuah kelas Mengelola Tugas Siswa di kelas Melakukan ujian / test berbasis komputer Mengelola Library / materi belajar Memantau nilai Siswa
26
2. Konten Bank Soal Konten Bank Soal yang ada di portal rumah belajar Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur berisi soal-soal Latihan beserta kunci jawabannya yang bisa di kerjakan secara online maupun di unduh
27
3. Audio/Video Konten Pembelajaran yang berbasis Audio dan Video berisi audio dan video pembelajaran yang bisa di play/mainkan secara online maupun di unduh
28
4. Konten Pendidikan Jarak Jauh (PJJ)
Konten Pendidikan Jarak Jauh berisi : Hasil rekaman proses pembelajaran PJJ melalui Video Conference dan atau live Streaming Menu / Layanan Video Conference Jadwal PJJ
29
5. Konten Multimedia / M- Learning
Konten multimedia/m-Learning yang ada di portal rumah belajar Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur berbasis: SWF ( Flash Apk ( Android ) PPT ( Power Point )
30
6. Konten Jurnal/Karya Tulis
Konten Jurnal / Karya Tulis yang ada di portal rumah belajar Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur adalah karya tulis dari guru yang berkaitan dengan pembelajaran/pendidikan
31
Login Di Portal Rumah Belajar Dinas Pendidikan Jawa Timur
Login di portal rumah belajar ini terbagi dalam 4 level, yaitu Sebagai Administrator sekolah Sebagai Guru Sebagai Siswa Sebagai Orang tua
32
Harapan Konten semakin lengkap untuk semua jenjang dan semua mata pelajaran. Siswa dapat memanfaatkan waktu luang yang sempit dengan proses pembelajaran. Saat ini Portal Rumah Belajar Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur memang masih sedikit kontennya, meskipun menunya cukup lengkap . Semoga dengan Workshop/Seminar/ Pelatihan dapat menambah/memperkaya konten sehingga dapat makin bermanfaat baik bagi siswa maupun guru khususnya di Jawa Timur.
33
TERIMA KASIH Daftar Pustaka
Paparan E-Sabak Kepala PUSTEKKOM dalam rakor TIK Pendidikan 2015 Presentasi Sosialisasi m-edukasi.net, Toni Setiawan, ST, BPM PUSTEKKOM Artikel-artikel di Modul Pemanfaatan E-dukasi.net, 2009, PUSTEKKOM
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.