Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMPUTER DI DUNIA PENDIDIKAN

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMPUTER DI DUNIA PENDIDIKAN"— Transcript presentasi:

1 KOMPUTER DI DUNIA PENDIDIKAN
By: Y. Palopak, S.Si., MT

2 Teknologi Informasi & Komunikasi
Perkembangan Teknologi Informasi & Komunikasi Pergeseran dalam cara melakukan kegiatan

3 Aplikasi Non Pengajaran
CBE (Computer Based Education) Bersifat menyeluruh, semua aplikasi komputer dalam pendidikan dapat dikategorikan dalam bidang ini. CBE juga digunakan untuk aplikasi-aplikasi bukan pengajaran, yang menunjang pendidikan, seperti: mengolah data, mencatat kehadiran pengajar dan siswa, menyimpan arsip data pribadi, dll. CAT (Computer Assisted Testing) Ujian berbantuan komputer Sebagai pengganti kertas ujian Tanya jawab interaktif

4 Aplikasi Non Pengajaran (2)
CAG (Computer Assisted Guidance) Komputer digunakan sebagai sarana untuk mencari informasi yang diperlukan untuk memberikan pengarahan kepada pemakai. Informasi yang diperoleh tidak meningkatkan keahlian pemakai secara langsung, tetapi dapat membantu pemakai dalam mengambil keputusan-keputusan tertentu. CMI (Computer Managed Instruction) Komputer digunakan untuk merencanakan kuliah, dan dapat digunakan untuk memantau prestasi siswa dan membuat laporan secara teratur.

5 Aplikasi Pengajaran CAI (Computer Assisted Instruction)
Jenis Aplikasi CAI : Latih dan Praktek (Drill and Practice) Menguji tingkat pengetahuan siswa. Penjelasan (tutorial) Untuk materi ajaran baru, siswa dapat berinteraksi dengan komputer. Simulasi Digunakan untuk mengkaji permasalahan yang rumit. Pemainan (game) Agar bisa mendapat pengetahuan dengan santai.

6 Contoh: Sistem CAI – PLATO
Dibuat di Illinois Univ. & Central Data Corp. Tujuan : memotong jalur pendidikan formal dan langsung belajar di rumah berupa latih, praktek, penjelasan dan simulasi. Menggunakan bahasa pemrograman TUTOR untuk : bhs prancis, Jerman, spanyol & Aritmatika dasar serta Fisika u/: SLTA, pelatihan pegawai baru di UNITED AIRLINES Digunakan di IBM, Apple II plus, ATARI 800 dan Texas instrument TI 99/4A Rancangan PLATO : Terdiri dari satu komputer besar CDC dihubungkan ke terminal-terminal jarak jauh. Jalur komunikasi : satelit, kawat khusus & telepon. terminalnya memiliki kemampuan touch sensitive dan keyboard, optical scanner, unit pencetak. melayani sampai dengan 32 lokasi berbeda, masing-masing 32 terminal Kelebihan : dapat memantau perkembangan belajar siswa dan mendorong siswa belajar lebih cepat

7 Contoh: Sistem CAI – TICCIT
Dikembangkan di perusahaan MITRE Ciri Khas Dirancang agar semua aplikasi perangkat lunak dapat diterapkan terpadu. Tidak dirancang untuk latih & praktek tapi lebih ke bentuk penjelasan. Memungkinkan pemakai lebih berinisitaif dibandingkan CAI lainnya. Rancangan TICCIT mampu melayani sampai 128 unit belajar tiap unit terdiri dari televisi berwarna, keyboard khusus (15 tombol), earphone, tempat belajar, buku catatan. Kawasan materi ajaran meliputi : bhs prancis, inggris, spanyol, linguistik, logika simbolis, latihan petugas penerbangan, ilmu kelautan, keperawatan dan elektronik 3 jenis informasi TICCIT : Aturan, contoh, latihan.

8 Metode Pengajaran Logo
Menggabungkan 3 bidang ilmu : Kecerdasan buatan, psikologi & Ilmu komputer. Dikembangkan oleh Seymour Papert dan partner. Tujuan pengembangan : Membuat berbagai model metode belajar. Berinteraksi dengan model untuk memperbaiki hasil yang sudah dicapai. Mengembangkan cara untuk meningkatkan perasaan ingin belajar Metode pengajaran LOGO Dibantu & mencari jalan sendiri. Kelebihan : kemampuan bertanya jawab secara lansung. Fasilitas yang terkenal : grafika kura-kura (turtle graphic) yaitu suatu lambang berbentuk segitiga di layar.

9 Metode Pengajaran Small Talk-80
Menggunakan jaringan komputer (tiap komputer disebut OBJECT). Kelebihan : fasilitas grafis berkemampuan tinggi dan siap pakai. Pemakai tidak perlu mengerti aspek teknis komputer, cukup pengetahuan dasar logika sehingga komputer mengarahkan mereka dengan cara yang mudah dimengerti.

10 ?

11 TEKNOLOGI E-LEARNING isi (content) akses

12 Internet untuk pembelajaran

13 E-Learning E-learning adalah sebuah proses pembelajaran yang berbasis elektronik. Salah satu media yang digunakan adalah jaringan komputer. Dengan dikembangkannya di jaringan komputer memungkinkan untuk dikembangkan dalam bentuk berbasis web, sehingga kemudian dikembangkan ke jaringan komputer yang lebih luas yaitu internet, inilah makanya system e-learning dengan menggunakan internet disebut juga internet enabled learning.

14 Manfaat E-Learning Pembelajaran dari mana dan kapan saja.
Bertambahnya Interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru atau instruktur. Menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas. Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran.

15 Manfaat dari dua sudut pandang
Bagi peserta didik Bagi pengajar

16 Manfaat Bagi Siswa Dengan kegiatan e-Learning dimungkinkan berkembangnya fleksibilitas belajar yang tinggi. Artinya, kita dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang.

17 Manfaat Bagi Pengajar Dengan adanya kegiatan e-Learning manfaat yang diperoleh guru/dosen antara lain adalah bahwa guru/dosen/ instruktur akan lebih mudah melakukan pembaruan materi maupun model pengajaran sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang terjadi. Juga dapat dengan efisien mengontrol kegiatan belajar siswanya.

18 Keuntungan E-Learning
Menghemat waktu proses belajar mengajar Mengurangi biaya perjalanan Menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan, buku-buku) Menjangkau wilayah geografis yang lebih luas Melatih pembelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan

19 Kekurangan E-Learning
Butuh usaha lebih dalam mempersiapkan materi pembelajaran Siswa perlu selalu dimotivasikan dan diorganisasikan

20 Metode pembelajaran e-learning memiliki 3 kunci penting:
Instruction  adanya arahan tugas yang jelas Interaction  adanya sarana untuk berkomunikasi (siswa- siswa, siswa-pengajar, siswa-sumber lain) Evaluation  adanya kriteria keberhasilan (bagi siswa & program)

21 Faktor yang Perlu Diperhatikan
E-learning  fokus utamanya adalah siswa Siswa mandiri dan bertanggung jawab terhadap pembelajarannya Siswa melakukan active learning

22 Tugas Pengajar Menyusun bahan belajar
Mengemas menjadi bahan belajar on-line Berkomunikasi dengan siswa Memberi tugas Mendorong siswa untuk saling berkomunikasi Menyediakan waktu menjawab pertanyaan Mendorong siswa aktif berdiskusi

23 Pro dan kontra terhadap e-Learning
Pengkritik e-Learning mengatakan bahwa “di samping daerah jangkauan kegiatan e-Learning yang terbatas (sesuai dengan ketersediaan infrastruktur), frekuensi kontak secara langsung antarsesama siswa maupun antara siswa dengan nara sumber sangat minim, demikian juga dengan peluang siswa yang terbatas untuk bersosialisasi (Wildavsky, 2001). Terhadap kritik ini, lingkungan pembelajaran elektronik dapat membantu membangun/mengembangkan “rasa bermasyarakat” di kalangan peserta didik sekalipun mereka terpisah jauh satu sama lain.

24 e-learning >< tatap muka
Classroom Online Access Quality Results measurement Retention of information Relative cost 24x7 Consistent Automatic High Low Limited Varied Difficult

25 Elemen penting E-Learning
Informasi tentang unit-unit terkait dalam proses belajar mengajar / transfer knowledge : Tujuan dan sasaran Silabus Metode pengajaran Jadwal Exercise Jadwal Ujian Daftar referensi atau bahan bacaan

26 Elemen penting E-Learning
2. Kemudahan akses ke sumber referensi Diktat Bahan presentasi Contoh ujian yang lalu FAQ (frequently asked questions)‏ Sumber-sumber referensi untuk pengerjaan tugas Situs-situs bermanfaaat Artikel-artikel dalam jurnal online

27 Elemen penting E-Learning
3. Komunikasi dalam ruangan Forum diskusi online Mailing list diskusi Papan pengumuman yang menyediakan informasi (perubahan jadwal,informasi tugas dan deadline-nya)‏ 4. Penilaian Kuis Latihan Tugas Ujian

28 Moodle Moodle : Course Management System (CMS) - Tempat Belajar Dinamis dengan Menggunakan Model Berorientasi Objek. Course Management System yaitu suatu paket software yang didesain untuk membantu pendidik dalam membuat suatu kursus online yang berkualitas dengan mudah tanpa membangun dari awal, CMS yang dimaksud adalah paket software dengan nama Moodle.

29 Keunggulan Membangun E-Learning Dengan Moodle
Sederhana,efisien, ringan dan kompatibel dengan banyak browser Mudah cara instalasinya serta mendukung banyak bahasa termasuk Indonesia Tersedianya manajemen situs untuk pengaturan situs keseluruhan, mengubah theme, menambah module dan sebagainya. Tersedianya manajemen pengguna Manajemen kursus, penambahan jenis kursus, pengurangan atau pengubahan kursus Modul Chat, modul pemilihan (polling), modul forum, modul untuk jurnal, modul untuk kuis, modul untuk survey dan workshop serta masih banyak yang lainnya Free dan opensource software

30 Contoh e-learning Bagaimana penyelenggaraan e-Learning di UI?

31 Manajemen Unit Pengelola:

32 Manajemen Sasaran dan Program Kerja pada RENSTRA UI 2007-2012:
“Terwujudnya pengajaran berbasis riset, student centered learning, e-learning” SK Rektor UI No 450/SK/R/UI/2008 tentang Penyelenggaraan E-Learning di Universitas Indonesia

33 Manajemen Dapat di download pada:

34 Technology Video Conference (INHERENT)
Video Streaming (

35 Resource Support Perpustakaan - Lontar UPP-IPD (http://www.lib.ui.edu)
Lab PDPT (di 7 lokasi) ITTC

36 Evaluation EDOM Online (student feedback) EDOM e-Learning
UTS & UAS (harus di kelas/tatap muka) Quiz (online dan/atau di kelas) CATATAN: EDOM (Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa)

37 CATATAN: Teknologi e-Learning sudah tersedia
Lambatnya e-Learning bukan masalah teknologi, melainkan masalah kultural Bukan kultur membaca Kurang rasa berbagi Jangan lupa: Masih dibutuhkan pertemuan fisik

38 e-education Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka. Dampak pengaruh globalisasi, pendidikan masa mendatang akan lebih bersifat terbuka dan dua arah, beragam, multidisipliner, serta terkait pada produktivitas kerja. Alisjahbana I. (1966) mengemukakan bahwa pendekatan pendidikan dan pelatihan nantinya akan bersifat “Saat itu juga (Just on Time)?, Teknik pengajaran baru akan bersifat dua arah. Romiszowski & Mason (1996) memprediksi penggunaan “Computer-based Multimedia Communication (CMC).

39 Kecenderungan dunia pendidikan di Indonesia masa datang
Berkembangnya pendidikan terbuka belajar jarak jauh (Distance Learning). Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan Perpustakaan & instrumen pendidikan lainnya (guru, laboratorium) berubah fungsi menjadi sumber informasi. Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video.

40 TUGAS INDIVIDU Apakah komputer dapat meningkatkan prestasi seorang pelajar? Jelaskan kemungkinan-kemungkinannya.

41 KOMPUTER DI PEMERINTAHAN

42 KECENDERUNGAN TEKNOLOGI
Konvergensi berbagai media menjadi satu media  multimedia Komputer, Handphone, PDA, Pocket PC, Tape recorder, TV, Radio  bahkan alat rumah tangga Wireless Technologies Infrared, Wi-Fi, Bluetooth Tantangan bagi penyelenggara layanan publik dan bisnis Transformasi dari konvensional digital e-Government e-Learning e-Business m-Government m-Services

43 Traditional & Future model

44 Terminology: e-Government
Bring the public services to the web and mobile application Penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk pertukaran informasi dengan stakeholder yang terkait.

45 KARAKTERISTIK E-GOVERNMENT
Merupakan suatu mekanisme baru (modern) antara pemerintah dg masyarakat dan kalangan lain yg berkepentingan (stakeholder) Melibatkan penggunaan TI (terutama Internet) Memperbaiki mutu (kualitas) pelayanan yg selama ini berjalan.

46 PEMICU UTAMA E-GOVERNMENT
Era Globalisasi yg Datang Lebih Cepat Isu Hukum, HAM, pasar terbuka, Korupsi hrs direspon cepat agar tdk diasingkan -> reposisi gov dari local oriented service ke global oriented service. Kemajuan TI yang sangat cepat Meningkatnya kualitas kehidupan masyarakat

47 KEUNTUNGAN E-GOVERNMENT
Melayani masyarakat secara elektronik: 24 jam sehari 7 hari seminggu Kapan pun Dari manapun Online Melayani masyarakat lebih cepat, efisien, transparan, dan responsif

48 CONTOH PELAYANAN Pembayaran pajak Pelaporan pindah alamat
Pelaporan kelahiran Pendaftaran pernikahan Motor vehicle registration Informasi pelayanan kesehatan Pendaftaran perusahaan Informasi peluang investasi Perpanjang SIM Mencari dan melamar kerja

49 2 ASPEK UTAMA JENIS PELAYANAN E-GOVERNMENT
Aspek Kompleksitas -> seberapa rumit anatomi sebuah aplikasi Egov yg ingin dibangun. Aspek Manfaat -> seberapa besar manfaat yg dirasakan penggunanya.

50 E-GOVERNMENT DI INDONESIA
E-Government di Indonesia sudah dicanangkan sejak tahun 2003, tetapi sampai hari ini hasilnya masih belum menggembirakan Tuntutan akan penyelenggaraan pemerintahan yang efektif, efisien, dan akuntabel semakin tinggi  bagaimana teknologi informasi (TI) bisa membantu ? Munculnya kendala-kendala implementasi e- government

51 MITOS DAN KENYATAAN E-GOVERNMENT DI INDONESIA (1)
e-government = situs web pemerintah Kenyataan: Membangun situs web pemerintah adalah usaha untuk membangun interaksi antara pemerintah dengan masyarakat & dunia usaha  sebagian (kecil) dari cakupan e-government

52 MITOS DAN KENYATAAN E-GOVERNMENT DI INDONESIA (2)
e-government = pengembangan sistem-sistem informasi Kenyataan: Sistem-sistem informasi penting untuk pengelolaan data dan informasi Pengembangan sistem-sistem informasi terkait dengan sistem dan proses birokrasi  keduanya perlu diselaraskan

53 MITOS DAN KENYATAAN E-GOVERNMENT DI INDONESIA (3)
pengembangan e-gov dapat dilakukan secara bertahap Kenyataan: Mitos tersebut benar, dengan catatan pengembangan e-gov perlu perencanaan dan desain yang matang Kesesuaian visi, misi, dan tujuan e-gov dengan visi, misi, dan tujuan penyelenggaraan pemerintahan Penyelarasan dengan sistem dan proses birokrasi Strategi yang pas Kebutuhan sumber daya (SDM, finansial)

54 MITOS DAN KENYATAAN E-GOVERNMENT DI INDONESIA (4)
yang diperlukan adalah sistem-sistem informasi yang terdapat di berbagai dinas dan unit untuk mendukung pengambilan keputusan dan/atau pelayanan publik Kenyataan: Sistem-sistem informasi bekerja tergantung kualitas data Sistem dan proses birokrasi sering memerlukan data/ informasi yang berasal dari sumber-sumber yang berbeda  perlu integrasi data/informasi

55 MITOS DAN KENYATAAN E-GOVERNMENT DI INDONESIA (5)
pengembangan e-government hanya memerlukan SDM bidang TI saja Kenyataan: Banyak urusan pengembangan e-gov yang tidak bisa diselesaikan oleh SDM teknis TI (mis: menentukan strategi dan penahapan pengembangan e-gov) Pengembangan e-gov menyangkut berbagai bidang selain TI (interdisipliner)

56 MITOS DAN KENYATAAN E-GOVERNMENT DI INDONESIA (6)
e-government dapat dikembangkan secara bottom-up (dari bawah ke atas) Kenyataan: Jika dilakukan secara bottom-up, semakin ke atas akan semakin sulit untuk mengintegrasikan hasil- hasilnya Pengembangan e-government lebih baik dilakukan secara top-down Ide, konsep, dan inisiatif berasal dari pimpinan Perlu kepemimpinan yang tepat

57 MITOS DAN KENYATAAN E-GOVERNMENT DI INDONESIA (7)
e-government itu mahal, sehingga belum menjadi prioritas Kenyataan: Pengadaan sistem komputerisasi dan penyelarasan dengan proses birokrasi memang mahal, tetapi jika berhasil, ada banyak keuntungan dan multiplier effect yang bisa diperoleh Keputusan pengembangan e-gov memerlukan visi dan strategi yang tepat  kepemimpinan TI (IT leadership)

58 Temuan Level 1: Information
Semua website sudah melewatii level pertama yakni hanya mempublikasikan informasi seputar profil instansi tersebut, dan kebanyakan terdiri dari menu utama: (1) profil (2) visi dan misi, (3) prosedur pelayanan publik, dan (4) berita seputar instansi yang bersangkutan Sumber berita sebagian besar bukan dari instansi tersebut tapi hanya mengambil dari media lain. Berita yang ditampilkan juga tidak selamanya ter-update dengan baik karena ada website yang menyajikan berita yang sudah kadaluwarsa. Sekedar kliping

59 Hanya kliping

60 Temuan Level 2: Interaksi
Website yang dianalisis semuanya masih dalam level interaksi. Aplikasi fasilitas interaksi yang disediakan antara lain: Buku tamu, Forum, Chatting, Link kontak Polling

61 Buku tamu Hanya menampilkan keluhan masyarakat tanpa ada respon dari pejabat atau staf birokrasi terkait ataupun dari admin website. Bahkan ada buku tamu yang hanya ditujukan kepada admin hanya bersifat interaksi satu arah. Hampir semua website sangat lambat dalam menanggapi komenter pengunjung, bahkan banyak yang belum ada jawaban

62 Contoh buku tamu

63 Tidak tuntas

64 Forum Diskusi Forum diskusi juga masih banyak yang kosong tidak ada aktivitas. Beberapa website baru membuat topik diskusi namun sama sekali tidak ada aktivitas.

65 Chatting Sebagian besar hanya hanya untuk chat antar user, bukan chat dengan pejabat atau staf birokrasi terkait berkaitan dengan pelayanan publik. Tidak kelihatan mana yang online dan not online

66 Polling Belum dapat dimanfaatkan untuk menjaring aspirasi masyarakat terhadap isu daerah yang bersangkutan sebagai bagian dari proses pengambilan keputusan pemerintah daerah. Tindak lanjut dari polling juga tidak diinformasikan kepada publik. Banyak pula polling diadakan hanya untuk menggali aspirasi tentang tampilan website, yang tentunya ditujukan untuk admin website bukan untuk peningkatan pelayanan publik.

67 Contoh Polling

68 Temuan Level 3: Transaksi
Tidak ada satu pun yang termasuk level ketiga yakni level transaksi untuk pelayanan publik. Ada beberapa kabupaten/kota yang sudah menyediakan menu Layanan Publik, tapi masih berifat informatif saja, sekedar menampilkan persyaratan dan prosedur layanan. E-Procurement lebih banyak untuk publish dan download form

69 Temuan Level 4: Integrasi
Belum ada Masih banyak tantangan dan hambatan

70 So…Peluang dan tantangannya?

71 Tantangan…. Setiap instansi sudah punya website Hambatan
Manusia Hardware dan infrastruktur Organisasi Perlu revitalisasi website diiringi perubahan budaya

72 Peluang… Disahkannya Undang-undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) Pemerintah juga sudah mengeluarkan statemen yang akan menurunkan tarif Internet sampai 40% Semakin memberikan peluang yang lebih besar bagi penerapan e-government untuk masa yang akan datang.

73 TUGAS INDIVIDU Buat sebuah laporan tentang Implementasi e- government di Indonesia (ambil contoh: 1 mahasiswa, 1 daerah/kotamadya). Kata Pengantar Latar belakang mengapa diimplementasikan Content dari websitenya Menurut anda sudah baik atau masih kurang baik Saran dan kesimpulan


Download ppt "KOMPUTER DI DUNIA PENDIDIKAN"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google