Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MATERI PERKULIAHAN PEMROGRAMAN APLIKASI I (PA-I) DISUSUN OLEH : KRISTIAWAN NUGROHO, M.KOM Fakultas Ekonomi & Bisnis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MATERI PERKULIAHAN PEMROGRAMAN APLIKASI I (PA-I) DISUSUN OLEH : KRISTIAWAN NUGROHO, M.KOM Fakultas Ekonomi & Bisnis."— Transcript presentasi:

1 MATERI PERKULIAHAN PEMROGRAMAN APLIKASI I (PA-I) DISUSUN OLEH : KRISTIAWAN NUGROHO, M.KOM Fakultas Ekonomi & Bisnis

2 INTRODUCE (PERKENALAN)
Nama : Kristiawan Nugroho, S.Kom, M.Kom Alamat : Jl. Emerald Asri III A3 No 86 Bukit Emerald Jaya Tembalang Telepon : , PIN BB : 25E94348 Pendidikan : S1- Sistem Informasi UDINUS (1997) S2-Teknik Informatika UDINUS (2007) Pekerjaan : 1. Pengajar Universitas Semarang (USM) 2. Pengajar UDINUS (FE,FTIK,FKM) 3. Pengajar AMIK JTC & ALFABANK 4. Distributor PT. Melia Nature Indonesia 5. Distributor Alat Peraga PAUD & TK

3 Kehadiran min 75% dalam 1 semester
KONTRAK KULIAH Sistem Penilaian meliputi unsur : Nilai Ujian Mid Semester (MID) : 30 % Nilai Ujian Akhir Semester (UAS) : 40 % Nilai Tugas + Absensi : 30 % Kehadiran min 75% dalam 1 semester

4 BAHAN KULIAH & REFERENSI
Pengenalan Visual Basic Variabel, Tipe data dan Operator Struktur Logika Struktur Perulangan Database VB dengan MS Access Pembuatan Laporan dengan Crystal Report Pembuatan Menu Aplikasi Ref : Buku Dasar Visual Basic

5 PENDAHULUAN Visual BASIC (Beginners All-Purpose Symbolic Instruction Code merupakan sebuah bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat suatu aplikasi dalam Microsoft Windows. Visual BASIC menggunakan metode Graphical User Interface (GUI) dalam pembuatan program aplikasi (project). Istilah visual mengacu pada metode pembuatan tampilan program (Interface) atau objek pemrograman yang biasa dilakukan secara langsung terlihat oleh programmer. Dalam Visual BASIC, pembuatan program aplikasi harus dikerjakan dalam sebuah project. Sebuah Project dapat terdiri dari File Project (.vbp), File Form (.frm), File data binary (.frx), Modul Class (.cls), Modul Standar (.bas), dan file resource tunggal (.res). Bahasa yang digunakan adalah bahasa BASIC yang sangat populer pada era sistem operasi DOS.

6 MENJALANKAN VISUAL BASIC
Untuk memulai pemrograman dengan Visual BASIC, jalankan program Microsoft Visual BASIC 6.0. Selanjutnya pada tampilan awal akan ditampilkan kotak dialog New Project

7 MENJALANKAN VISUAL BASIC
Pada kotak dialog tersebut terdapat 3 buah tab yang terdiri dari: · New (menampilkan daftar pilihan untuk membuat project baru) · Existing (untuk browsing dan membuka project) · Recent (untuk membuka project yang sering digunakan). Untuk pembuatan program pertama kali pilih tab New, pilih Standard EXE lalu klik Open. Selanjutnya muncul tampilan utama Visual BASIC 6.0 seperti pada gambar

8 MENJALANKAN VISUAL BASIC

9 KOMPONEN VISUAL BASIC Menu Bar
Menampilkan daftar menu yang berisi daftar perintah-perintah yang dapat digunakan saat bekerja pada Visual BASIC. Terdiri dari menu File, Edit, View, Project,Format,Debug, Run, Query, Diagram, Tools, Add-Ins, Window dan Help.

10 KOMPONEN VISUAL BASIC Toolbar
Digunakan untuk mengakses perintah-perintah dalam menu yang sering dipakai secara cepat. Toolbox Merupakan daftar komponen-komponen yang dapat digunakan untuk mendesain tampilan program aplikasi yang akan dibuat.

11 KOMPONEN VISUAL BASIC Project Explorer Menampilkan daftar form dan module yang ada dalam project yang sedang aktif. Property Window Digunakan untuk mengatur properti dari komponen-komponen yang sedang diaktifkan. Property merupakan karakteristik dari sebuah objek.

12 KOMPONEN VISUAL BASIC Form Designer
Merupakan jendela yang digunakan untuk melakukan perancangan tampilan dari aplikasi yang akan dibuat. Code Window Merupakan jendela yang digunakan untuk menuliskan kode program.

13 KOMPONEN VISUAL BASIC Pada pemrograman Visual BASIC, form digunakan sebagai komponen utama untuk mendesain tampilan program. Secara umum sebuah komponen/objek dalam Visual BASIC memiliki 3 karakteristik utama yaitu: · Properti · Event · Metode

14 KOMPONEN VISUAL BASIC Properti
Adalah karakteristik yang melekat pada sebuah objek yang menunjukkan ciri/karakteristik suatu objek. Misalnya BackColor menunjukkan warna latar belakang, Font menunjukkan jenis dan ukuran font yang digunakan Pengaturan properti suatu objek dapat diatur dengan 2 cara. Cara pertama adalah dengan mengatur komponen melalui Property Window. Cara kedua adalah dengan memberi baris program pada Code Window dengan urutan penulisan sebagai berikut: Contoh : Untuk mengatur judul/caption form1 menjadi “Program Pertama” dapat dilakukan dengan memberi kode program: Form1.Caption=”Program Pertama”

15 KOMPONEN VISUAL BASIC Event
Menunjukkan kejadian yang terjadi pada sebuah objek. Misalnya kejadian ketika command1 diklik (event Command1_Click), kejadian ketika form loading pertama kali (event Form_Load), dan sebagainya. Contoh : Private Sub Form_Load() Form1.Caption = ”Program Pertama” End Sub Keterangan : Program akan mengubah caption dari form1 menjadi Program Pertama ketika form pertama kali ditampilkan (Form_Load).

16 KOMPONEN VISUAL BASIC Metode (Method)
Adalah prosedur yang dikerjakan pada satu objek. Metode merupakan suatu tindakan dimana objek dapat di bentuk. Contoh : Form1.Cls Keterangan : Perintah ini digunakan untuk membersihkan form.

17 MENDESIGN FORM BARU Setelah tampilan utama Visual BASIC 6.0 muncul pada layar monitor, Ubah properti form1 melalui Property Window, dengan urutan sebagai berikut:

18 MENULISKAN PROGRAM Untuk menuliskan program, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan Code Window melalui menu View à Code. Pada jendela kode terdapat dua buah pilihan. Pilihan sebelah kiri digunakan untuk menentukan objek yang akan diberikan event, pilihan sebelah kanan digunakan untuk menentukan jenis event yang diberikan kepada objek.

19 LATIHAN 1 Private Sub Form_Load() frmpertama.BackColor = vbBlue End Sub Private Sub Form_Click() frmpertama.Caption = “Form di klik” Jalankan program kembali, dan klik pada form, lihat perubahan yang terjadi pada form. (Simpan project dan form.)

20 VISUAL COMPONENT LIBRARY
Pada pemrograman visual, pemrograman dilakukan dengan menggunakan komponen-komponen yang tersedia pada toolbox. Komponen yang termasuk dalam toolbox standard windows antara lain: Label Digunakan untuk menambahkan teks pada saat perancangan form. Text box Digunakan sebagai sarana untuk mendapatkan input data dari user (pengguna) dengan mengetikkan teks atau angka pada text box.

21 VISUAL COMPONENT LIBRARY
Command Button Digunakan untuk menambahkan tombol pada perancangan form. Check Box Digunakan untuk mendapatkan masukan dari user berupa pilihan dari item-item yang tersedia. User dapat memilih satu, beberapa atau mungkin semua item yang tersedia.

22 VISUAL COMPONENT LIBRARY
Option Button Digunakan untuk mendapatkan masukan dari user berupa pilihan dari item-item yang tersedia. User hanya dapat memilih satu dari beberapa pilihan yang tersedia. Combo Box Digunakan untuk menampilkan pilihan item-item. Untuk memilih item user dapat mengetikkan pilihan atau memilih dari daftar yang tersedia. List Box Digunakan untuk menampilkan daftar pilihan bagi user. User dapat memilih satu pilihan dari daftar pilihan yang tersedia.

23 LATIHAN 2 Jalankan program Visual Basic, pada form yang tersedia, tambahkan komponen, atur propertinya sehingga didapat tampilan seperti gambar sbb :

24 LATIHAN 2 Pengaturan properti sbb :

25 LATIHAN 2 Ketikkan listing program sbb : Private Sub cmdkeluar_Click()
Unload Me End Sub Private Sub cmdproses_Click() lblhasil.Caption = "Nama anda " + txtnama.Text + ", usia " + txtusia.Text + " tahun, jenis kelamin " + cmbjenis.Text +”

26 Variabel, Tipe Data dan Operator
Variabel adalah nama atau simbol yang digunakan untuk mewakili suatu nilai. Suatu variabel mempunyai nama dan menyimpan tipe data yang merupakan jenis data variabel. Aturan penamaan variabel adalah sebagai berikut: · Harus dimulai dengan sebuah huruf · Tidak lebih dari 255 karakter · Tidak boleh sama dengan nama statement, fungsi, metode, objek, dan sebagainya yang merupakan bahasa dari Visual BASIC. · Tidak boleh ada spasi, tanda titik(.), tanda seru(!), atau &, $, dan #.

27 Variabel, Tipe Data dan Operator
Deklarasi variabel dapat dituliskan dengan urutan sebagai berikut: Public <nama_variabel> As <Tipe_Data> Atau Dim <nama_variabel> As <Tipe_Data> Contoh : Public Angka1 As Integer Dim Nama As String

28 TIPE DATA VISUAL BASIC Tipe Data Numerik: digunakan untuk menyimpan data numerik, terdiri dari: Tipe Data String : digunakan untuk menyimpan data berbentuk karakter. Panjang maksimal karakter yang dapat disimpan adalah karakter. Penulisan data dengan tipe ini diawali dan diakhiri dengan tanda petik dua (“). Contoh: Dim Nama As String Nama = “Habib Maulan” Tipe Data Logika (Boolean) : melakukan pengetesan logika. Data dengan tipe data ini hanya dapat bernilai benar(True) atau salah(False). Dim Baru As Boolean Baru = True

29 RANGE TIPE DATA NUMERIC

30 KONSTANTA DAN OPERATOR
Konstanta adalah suatu nilai konstan yang tidak berubah. Seperti halnya variabel, konstanta dapat diberi nama dimana aturan penamaannya sama dengan variabel. Contoh: Const A = 10,PI=3.14 Jenis Operator dalam VB : Operator pemberi nilai Operator Arimatika Operator Boolean Operator Pembanding Derajat Operator

31 JENIS OPERATOR DALAM VB

32 JENIS OPERATOR DALAM VB

33 LATIHAN Designlah sebuah form sbb :

34 LATIHAN

35 LATIHAN

36 LISTING PROGRAM Private Sub cmdbagi_Click() Dim bil1, bil2, hasil As Double bil1 = Val(txtbil1.Text) bil2 = Val(txtbil2.Text) hasil = bil1 / bil2 txthasil.Text = hasil End Sub Private Sub cmdkali_Click() Dim bil1, bil2, hasil As Integer hasil = bil1 * bil2

37 LISTING PROGRAM Private Sub cmdkurang_Click() Dim bil1, bil2, hasil As Integer bil1 = Val(txtbil1.Text) bil2 = Val(txtbil2.Text) hasil = bil1 - bil2 txthasil.Text = hasil End Sub Private Sub cmdtambah_Click() hasil = bil1 + bil2

38 LATIHAN Desainlah sebuah form dan buatlah program untuk menghitung luas segitiga dengan ketentuan sbb : INPUT : Alas,Tinggi RUMUS : (Alas * Tinggi)/2 OUTPUT : Menampilkan Luas Segitiga

39 PERCABANGAN (STRUKTUR LOGIKA)
Statement IF – THEN Statemen ini digunakan untuk melakukan aksi setelah melakukan pengujian terhadap suatu kondisi. Pernyataan dalam blok statemen hanya akan dilaksanakan ketika kondisi pengetesan/pengujian bernilai benar.

40 PERCABANGAN (STRUKTUR LOGIKA)

41 PERCABANGAN (STRUKTUR LOGIKA)

42 PERCABANGAN (STRUKTUR LOGIKA)
Statement Select Case Sama halnya seperti statemen If...Then, Select Case juga mengerjakan suatu blok statemen berdasarkan uji nilai ekspresi. Perbedaannya adalah pada tata cara penulisan dan pengelompokan nilai dari variabel/kondisi.

43 PERCABANGAN (STRUKTUR LOGIKA)

44 LATIHAN Designlah sebuah form sbb:

45 PENGATURAN PROPERTY

46 LISTING PROGRAM

47 LISTING PROGRAM

48 Latihan-1

49 Latihan-2 Designlah form gaji karyawan sbb :

50 Latihan-2 Ketentuan : 1. Gaji ditampilkan otomatis tergantung jabatan jika : * Manager = Rp ,- * Supervisor = Rp ,- * Staff = Rp ,- 2. Tunjangan tampil otomatis tergantung status jika : * Kontrak = 5% * Gaji pokok * Permanen = 10% * Gaji pokok 3. Total Gaji tampil otomatis (Gaji+Tunjangan)

51 PERULANGAN Proses perulangan dalam pemrograman dilakukan untuk
mengerjakan suatu proses operasi secara bertahap demi tahap dengan nilai variabel yang menaik atau menurun. Dalam Visual BASIC proses perulangan dapat dilakukan dengan beberapa statemen,diantaranya adalah statemen For...Next dan Do...Loop. FOR NEXT Statemen ini akan mengulangi suatu blok pernyataan sebanyak jumlah yang ditentukan.

52 PERULANGAN 2. Do Loop Statemen ini mengulang blok statemen bila kondisi benar atau sampai kondisi menjadi benar. Bila tidak ada perintah keluar, proses perulangan (loop) akan terus berlangsung. Statemen ini digunakan untuk kondisi yang mempunyai nilai tidak pasti dan tidak berurutan.

53 PERULANGAN Statement Do..Loop..While b. Statement Do..Loop..Until

54 LATIHAN Designlah form sbb :

55 LATIHAN

56 LATIHAN

57 DATABASE & VISUAL BASIC
Pengenalan Database Database (basis data) dapat diartikan sebagai suatu pengorganisasian data dengan bantuan komputer yang memungkinkan dapat diakses dengan mudah dan cepat. Dalam hal ini, pengertian akses dapat mencakup pemerolehan data maupun pemanipulasian data, seperti menambah dan menghapus data.

58 DATABASE & VISUAL BASIC
2. Manfaat Database Manfaat database banyak dijumpai di sekeliling kita. ATM (Anjungan Tunai Mandiri) merupakan sebuah contoh teknologi informasi yang pada dasarnya memenfaatkan database, yang Memungkinkan seseorang bisa mengambil uang dimana saja dan kapan saja. Aplikasi database yang lain dapat dikumpai pada toko-toko swalayan,perpustakaan, dan Bahkan pada Internet.

59 DATABASE & VISUAL BASIC
3. Komponen Database

60 DATABASE & VISUAL BASIC
Buatlah sebuah database dalam microsoft Access dengan nama “Pengajaran”. Klik blank database,berikan nama database dan simpan di folder anda masing-masing.

61 DATABASE & VISUAL BASIC
Pembuatan Tabel : Pada database designer,Klik Tables kemudian klik New,Pilih Design View.

62 DATABASE & VISUAL BASIC
Kemudian designlah table dengan struktur : Klik kanan field kode_dosen jadikan “primary key” kemudian Simpan tabel dengan nama Dosen.

63 DATABASE & VISUAL BASIC
Designlah sebuah form sbb :

64 DATABASE & VISUAL BASIC
Pengaturan property object pada form :

65 DATABASE & VISUAL BASIC
Lanjutan pengaturan property object form :

66 DATABASE & VISUAL BASIC
Pembuatan koneksi form ke database “Pengajaran” dilakukan sbb : Klik kanan object adodc1 kemudian pilih adodc property

67 DATABASE & VISUAL BASIC
Kemudian klik tombol New pada pilihan use ODBC data source name. Pilih user data source kemudian klik next pilih “microsoft acess driver(MDB)”

68 DATABASE & VISUAL BASIC
Klik tombol Next kemudian klik finish Berikutnya anda berikan nama data sourcenya “Pengajaran” dan arahkan Databasenya ke database yang sudah anda buat sebelumnya.

69 DATABASE & VISUAL BASIC
Pilih database “Pengajaran” kemudian klik tombol Ok.

70 DATABASE & VISUAL BASIC
Kemudian aturlah halaman recordsourcenya Kemudian klik tombol Ok.

71 DATABASE & VISUAL BASIC
Berikutnya anda bisa menghubungkan data pada tabel Dosen dengan form anda sbb: Klik pada kode_dosen kemudian aturlah Property data source dan data field sbb : kemudian jalankan form anda!

72 MODEL KONEKSI KE DATABASE
Menggunakan ODBC (Telah dibahas pada pertemuan sebelumnya) Menggunakan Connection String Cara : a. Klik kanan object ADODC1 pilih ADODC properties ,pilih Use connection string b. Tekan tombol Build pilih Provider : Microsoft.Jet.OLE (Ms access) c. Pilih database di folder anda kemudian “test connection” , sesuaikan record source dg tabelnya

73 KODE PROGRAM FORM DOSEN
Private Sub cmdtambah_Click() Baru = True Kosong Txtkodedosen.SetFocus End Sub Private Sub cmdsimpan_Click() If Baru = True Then With Adodc1.Recordset .AddNew !kode_dosen = txtkodedosen.text

74 KODE PROGRAM FORM DOSEN
!Nama = Txtnama.text !alamat = Txtalamat.text !telepon = Txttelepon.text .Update End With Else With Adodc1.Recordset !kode_dosen = Text1.Text !Nama = Text2.Text !alamat = Text3.Text !telepon = Text4.Text

75 KODE PROGRAM FORM DOSEN
.Update End With End If Pesan = MsgBox("Data berhasil disimpan..!", vbInformation) End Sub Private Sub cmdedit_Click() Baru = False Txtkodedosen.SetFocus

76 KODE PROGRAM FORM DOSEN
Private Sub Kosong() Txtkodedosen.Text = "" Txtnama.Text = "" TxtalamatText = "" Txttelepon.Text = "" End Sub Private Sub cmdbatal_Click() Kosong Txtkodedosen.SetFocus

77 VALIDASI DATA KEMBAR Private Sub txtkodedosen_LostFocus() Adodc1.Recordset.Filter = "kode_dosen = '" & Trim(txtkodedosen)& "'" If Adodc1.Recordset.BOF Or Adodc1.Recordset.EOF Then txtkodedosen.SetFocus Else Tampil_Data Pesan = MsgBox("Data dosen sudah ada.!!", vbInformation) End If End Sub

78 PROSEDUR TAMPIL DATA Public Sub Tampil_Data() txtkodedosen.Text = Adodc1.Recordset!kode_dosen txtnama.Text = Adodc1.Recordset!Nama txtalamat.Text = Adodc1.Recordset!alamat txttelepon.Text = Adodc1.Recordset!telepon End Sub

79 PROGRAM EDIT DATA Private Sub txtnama_GotFocus() If Baru = True Then Adodc1.Recordset.Filter = "kode_dosen = '" & Trim(txtkodedosen) & "'" If Adodc1.Recordset.BOF Or Adodc1.Recordset.EOF Then txtnama.SetFocus Else Tampil_Data Pesan = MsgBox("Data sudah ada.!!", vbInformation) End If

80 PROGRAM HAPUS DATA Private Sub cmdhapus_Click() hapus = MsgBox("Yakin data akan dihapus?", vbYesNo + vbQuestion) If hapus = vbYes Then Adodc1.Recordset.Delete Adodc1.Recordset.MoveLast Kosong Else Txtkodedosen.SetFocus MsgBox "Penghapusan Data dibatalkan!", vbExclamation End If End sub

81 PROGRAM CARI DATA Private Sub CmdCariData_Click() Dim Pesan Pesan = InputBox("Masukan Nama Dosen :") Adodc1.Recordset.Find "Nama = '" & Pesan & "'" Tampil_Data Endsub Private Sub CmdTampilData_Click() Adodc1.Refresh End Sub

82 PEMBUATAN LAPORAN Gunakan Crystal Report dalam membuat laporan data dosen dengan cara sbb : 1. Buka software Crystal Report KLIK

83 PEMBUATAN LAPORAN 2. Setelah itu akan ditampilkan “welcome screen” Crystal Report.

84 PEMBUATAN LAPORAN 3. Gunakan fasilitas “Report Expert” untuk membuat laporan dengan lebih cepat.

85 Klik Database utk sumber data
PEMBUATAN LAPORAN 4. Lakukan beberapa urutan langkah pada Report Expert Klik Database utk sumber data

86 PEMBUATAN LAPORAN 5. Pilihlah database yang telah anda gunakan. 6. Ikuti langkah-langkah selanjutnya dalam Crystal Report Find Database File

87 PROGRAM CETAK LAPORAN Private Sub cmdcetaklaporan_Click() CrystalReport1.ReportFileName = App.Path & "\Rptdosen.rpt" CrystalReport1.RetrieveDataFiles CrystalReport1.Action = 1 End Sub

88 PEMBUATAN MENU Buat form baru, Klik Menu Tools, pilih Menu Editor
Masukkan nama menu sesuai urutannya

89 INTEGRASI FORM & REPORT
Form dan laporan yang pernah anda buat bisa dijalankan langsung dalam satu menu Perintah eksekusi form dari menu sbb: Private Sub mndosen_Click() frmDosen.show End Sub

90 INTEGRASI FORM & REPORT
Perintah eksekusi report dari menu sbb : Private Sub mnlapdosen_Click() CrystalReport1.ReportFileName = App.Path & "\Rptdosen.rpt" CrystalReport1.RetrieveDataFiles CrystalReport1.Action = 1 End Sub

91 RESPONSI MENJELANG UAS
Persiapkan diri anda masing-masing untuk melakukan responsi praktikum PA1 minggu depan! Bahan : Pembuatan aplikasi database dlm Visual Basic Responsi merupakan gambaran pelaksanaan Ujian Akhir Semester PA1 jadi..... PERSIAPKAN DIRI ANDA SEBAIK-BAIKNYA!

92 RESPONSI UAS PA-1 FE UDINUS
Buatlah sebuah database bernama KEPEGAWAIAN kemudian buat tabel GAJI dengan struktur field sbb: (Nip,Nama,Bagian,Jabatan,Gapok,Tunjangan,GajiTotal) Dari design tabel diatas buatlah form program input & simpan data gaji pegawai dengan ketentuan sbb :


Download ppt "MATERI PERKULIAHAN PEMROGRAMAN APLIKASI I (PA-I) DISUSUN OLEH : KRISTIAWAN NUGROHO, M.KOM Fakultas Ekonomi & Bisnis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google