Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DZIKIR-DO’A-WIRID ORIENTASI DASAR PELAKSANAAN

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DZIKIR-DO’A-WIRID ORIENTASI DASAR PELAKSANAAN"— Transcript presentasi:

1 DZIKIR-DO’A-WIRID ORIENTASI DASAR PELAKSANAAN
Drs. FADLAN Bin MUHSIN

2 BERIBADAH YANG BENAR ? Bagaimana mengukur ibadah yang kita lakukan sudah benar atau belum ? Jika Ibadah yang kita lakukan ternyata belum benar ? Kerugian apa yang saya terima ? harusnya saya terus bagiamana ? Apa ukuran ibadah sudah benar dan belum ?

3 ISLAM SEBAGAI SYARI’AT
Pola - gaya – hidup yang ditetapkan untuk hamba yang harus dijalani makhluq sebagai kehendak dari penciptanya (Allah) اَلشَّرِيْعَةُ اَلْأَصْلُ فِى اْلِعباَدَةُ حَرَامٌ مَالَمْ يَدُلُّ دَلِيْلٌ عَلَى اِبَاحَتِهاَ اَلْعِباَدَةُ Tujuan : kesejahteraan manusia Dunia dan Akhirat الشَّرِيْعَةُ الشريعة اَلأَصْلُ فِى اْلمُعَامَلَةِ اَلْإِبَاحَةُ مَالَمْ يَدُلُّ دَلِيْلٌ عَلَى تَحْرِيْمِهَا اَلْمُعَامَلَةُ

4 Ketentuan dasar beribadah
Ketentuan dasar Ibadah (mahdhah) adalah tauqifiyyah (ketetapan dari Allah dan Rasul-Nya) Syarat Ibadah (Segi Aqidah) اِخْلاَ صُ النّْيَةِ مُوَافَقَةُ السُّنَّةِ (niat yang ikhlas/ (sesuai sunnah) dengan yang dituju hanya Allah, tidak syirik)

5 Ibadah yang Sempurna itu ?
Bahwa Ibadah kepada Allah tidak akan dapat terwujud dengan sebenar-benarnya kecuali dengan mengingkari Thoghut. Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); Sesungguhnya Telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut, dan beriman kepada Allah, Maka Sesungguhnya ia Telah berpegang kepada buhul tali yang amat Kuat yang tidak akan putus. dan Allah Maha mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS 2 : 256). Toghut adalah bersifat umum meliputi sesuatu yang disembah = TUHAN

6 Ketentuan dasar beribadah
Ketentuan dasar Ibadah adalah tauqifiyyah (ketetapan dari Allah dan Rasul-Nya) Syarat Ibadah (Segi Aqidah) اِخْلاَ صُ النّْيَةِ مُوَافَقَةُ السُّنَّةِ (niat yang ihlas/ (sesuai dengan tidak syirik) sunnah)

7 كَمَالُ الْحُبِّ 1.cinta yang sempurna
Rukun Ibadah menurut Aqidah كَمَالُ الْحُبِّ 1.cinta yang sempurna اَلذُّلُّ وَالْخُضُوْعُ Ketundukan dan merendahkan diri

8 Pengertian Dzikir arti bahasa ingat dan menyebut.
Menuurut Istilah adalah mengingat Allah dalam batin dan lisan mengucapkan kalimat kalimat tahayyibat yang memahasucikan dan mengagungkan Allah. Beberapa gontoh kalimat dzikir : Tasbih - tahmid - tahlil dsb.

9 Dzikir dalam arti luas, Menurut Imam Ar-Rifa’i dalam al-Adzkar
Kegiatan dzikir meliputi segala aktifitas kebaikan yang diridhai Allah. Sa’id bin Jubair : semua amal karena Allah, demi mentaati perintahNya. Qurtubi Majlis dzikir adalah majlis ilmu dan peringatan dimana dibacakan firman dan sunnah Nabi. Dzikir qiyaman - qu’udan - ‘ala junubihim. Shalat adalah puncak dzikir sesorang

10 Do’a Do’a arti bahasa meminta danmemohon
Menurut Istilah berdo’a adalah permintaan atau permohonan hamba (makhluk) tentang sesuatu (yang tidak dapat diwujudkan oleh dirinya) kepada Tuhannya sebagai Khaliq. Seringkali dzikir dan do’a dalam praktik tidak dipisahkan pelaksanaannya, seperti bacaan shalat disebut dzikir shalat.

11 Hakikat Doa bagi Hamba Allah
Manifestasi dari fitrah insani Wa Khuliqal insa_nu dha’i_fa (Q.S. An Nisa: 28) Q.S. Yunus: 12 Ibadah yang diperintahkan Allah dan Rasul-Nya. Ud’u_ni astajib lakum (Q.S. Al Mukmin: 60) Addu’a_u huwal ‘ibadah (HR. Abu Dawud, Turmudzi)

12 Hakikat Doa bagi Hamba Allah
Inti (puncak) ibadah kepada Allah Addu’a_u Mukkhul ‘ibadah (HR. Bukhori) Senjata orang beriman Addu’a_u sila_hul mukmini (Hadis) Memantapkan jiwa bertauhid, bahwa: Allah itu maujud: ada Allah itu sami’ul bashiir: maha mendengar dan maha mengetahui

13 Landasan pembahasan :                QS AL-Mu’min : 60. “Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku[1326] akan masuk neraka Jahannam dalam Keadaan hina dina".

14                                           QS. Al-Baqarah : “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya aku adalah dekat. aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran”.

15 "لا يرد القضاء إلا الدعاء ولا يزيد في العمر إلا البر“
وعن النعمان بن بشير رضي الله عنهما قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : "الدعاء هو العبادة" أخرجه أبو داود والترمذي عن ابن عباس رضي الله عنهما قال: "قال: رسول الله صلى الله عليه وسلم : "أفضل العبادة الدعاء“ أخرجه الحاكم عن سلمان الفارسي رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : "لا يرد القضاء إلا الدعاء ولا يزيد في العمر إلا البر“ أخرجه الترمذي

16 عن أبي هريرةَ رضي الله عنه أن رسولَ الله صلى الله عليه وسلم قال: "مَنْ لَمْ يَسْأَلِ اللهَ يَغْضَبُ عَلَيْهِ" أخرجه الترمذي Barang siapa yang tidak pernah memohon sesuatu (berdo’a) kepada Allah, maka Allah murka kepadanaya (HR Tirmidzi)

17 Jika ia berseru kepada Tuhannya, ia menyeru dengan suara rendah.
من آداب الدعاء .( قال الله تعالى عن زكريا عليه السلام: {إِ ذ نادى ربه نِداء خفِيا} Jika ia berseru kepada Tuhannya, ia menyeru dengan suara rendah. .( وقال تعالى : {ا د عوْا ربكم تضزعا وخفْيًة إِنه َ لا يحِب اْلمعتدِين} Berdo’alah kepada Tuhanmu dengansuara yang rendah dan penuh takut, dan jangan melampau batas.

18 Syarat-syarat Doa yang Maqbul
Hakikatnya setiap doa akan dijawab oleh Allah, namun bentuknya bagaimana, waktunya kapan… adalah hak sepenuhnya Allah SWT. Baca Q.S. Al Mukmin: 60 HR. Turmudzi: “Ma_’ala wajhil ardhi muslimun yad’ullaha ta’a_la bida’watin illa_ata_hallahu iyya_ha au sharrafa ‘anhus su_a mitslaha…” Syarat: Ikhtiar dengan sungguh-sungguh Baca Q.S. Al Baqarah: 186 dan Q.S. Shad: 10 Kesucian Nasihat Nabi saw kepada sahabatnya Sa’ad bin Abi Waqqas: “Ya_ sa’ad thayyib thu’mataka tustajab du’a_aka…” (HR. Atthabrani dari A. Bakar)

19 Berdoa hanya kepada Allah tanpa wasilah/perantara -. QS
Berdoa hanya kepada Allah tanpa wasilah/perantara - QS. Al Fatihah 4 = Iyya_ka na’budu wa iyya_ka nasta’ien. - QS. Yunus 106 = Wala_tad’u min du_nillahi ma_la_ yanfa’uka wa la_yadurruka… Dengan hati mantap, yakin akan terkabulnya doa Wa idza saaltumulla_ha fas alu_hu wa antum mu_qinu_na bil ija_bah … HR. Ahmad.

20 wirid Kata wirid arti bahasa pengulangan, yang datang
bentuknya jamaknya adalah awrad adalah bacaan (dzikir dan do’a) yang dibaca setiap hari. Contoh : wirid sesudah shalat disebut pula dzikir sesudah shalat. Dzikir pagi dan sore hari disebut : Awrad shabahiyyah dan masyaiyyah.

21 Sumber asal Dzikir-do’a-wirid
Dzikir-do’a-wirid dibedakan : Yang Ma’tsur : redaksi dan urutan (susunan) merupakan PAKETAN dari Allah dan Rasul-Nya. Yang Ghairu Ma’tsur : redaksi dan urutan merupakan susunan oleh para ahli agama (manusia)

22 Ibadah itu bukan mantra
Mantra adalah perkataan atau ucapan yang memiliki kekuatan ghaib (misalnya dapat menyembuhkan, mendatangkan celaka dsb.) Susunan kata-kata berunsur puitis (seperti rima, irama) yang dianggap mengandung kekuatan ghaib, biasanya diciptakan oleh dukun, atau pawang yang menandingi kekuatan ghaib lain.

23 Lanjutan... Mantra kejahatan ; mantra perbuatan jahat
mantra keselamatan : mantra untuk menjaga diri dari bahaya mantra penawar : mantra pengobatan mantra petanggang ; mantra yang menyebabkan perempuan tudak suka kepada pria atau tidak menikah seumur hidup, karena tidak ada laki-laki yang mencintainya. sumber : KBBI Team Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Edisi ketiga 2002 Balai Pustaka Jakarta, hal, ).

24 BEDA MANTRA DAN DO’A/DZIKIR
Yg. Mewujudkan Kekuatan orangnya Kata-kata Memaksa Memohon sifat Dukun/al-Q ? Al-Q/Al-H Yg ghaib ? Benda? Orang ? sumber Allah SWT Tujuan

25 diterima ? Tertolak Cara benar Cara salah Yang Mengabulkankan

26 ISTIGHATSAH ? Istighatsah arti bahsa Thalabul ghauts : izalatusy syiddah : mohon pertolongan diselamatkan dari bahaya. Menurut bahasa : istighatsah berbeda dengan isti’aanah. Isti’anah dalam arti umum sedangkan istighatsah dalam arti minta pertolongan khusus, dalam keadaan bahaya,

27 Kepada Apa/siapa Minta tolong ?
Dalam batas kepemilikan dan kekuasaan manusiawi : minta tolong bantuan uang dsb, Diluar batas kepemilikan dan kekuasaan mania : minta dihindarkan dari musibah, minta pelarisan dsb, Dalam hal ini hanya Allah yang memiliki dan menguasai. Minta tolong kepada : orang yang telah mati ? Dukun/para normal/orang pintar ? Minta tolong kepada benda-benda yang diyakini bertuah atau keramat ?

28 Kesalahan-kesalahan dalam Ibadah
Over akting (berlebih-lebihan) Asal-asalan Ikut-ikutan yang tidak berdasar Tidak memiliki Ilmu


Download ppt "DZIKIR-DO’A-WIRID ORIENTASI DASAR PELAKSANAAN"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google