Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
2
Interaksi Manusia dan Komputer
Pertemuan 1 Season 1
3
Pendahuluan Perkembangan teknologi komputer, baik hardware maupun software semakin hari semakin cepat, sulit untuk diprediksi. Meski pada hakikatnya komputer merupakan mesin yang sangat bodoh, namun manusia mampu membuatnya menjadi begitu cerdas dengan cara memasukkan berbagai perintah kedalam komputer sehingga komputer bisa melakukan pekerjaan yang diinginkan manusia
4
Untuk membuat komputer cerdas, bisa melakukan segala sesuatu yang diingikan manusia, manusia itu sendiri harus tau bagaimana membuat perintah yang bisa dimengerti oleh komputer.
5
Interaksi manusia dan komputer ?
6
Interaksi manusia-komputer merupakan satu disiplin ilmu yang mengkaji komunikasi atau iteraksi diantara pengguna denfgan sistem. Sistem yang dimaksudkan disini tidak hanya sistem yang ada pada komputer saja tetapi juga sistem yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, (sudarwan dan ariyus, 2007)
7
Hewett dkk mengemukakan bahwa Interaksi Manusia dan Komputer merupakan sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang peramcamgam, implementasi dan evaluasi sistem komputasi interaktif dan berbagai aspek terkait
9
Faktor-faktor Pendewasa HCI
Ada berbagai faktor yang ikut mendewasakan HCI dan mengembangkan Interaksi Manusia dan Komputer, khususnya Kecerdasan Buatan (artificial intelligence), rekayasa perangkat lunak (software engineering) dan matematika (mathematics)
11
Faktor Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa perangkat lunak (software engineering) bisa didefinisikan sebagai intruksi-intruksi yang bila dieksekusi akan memberikan fungsi dan kerja yang diinginkan atau sebuah struktur data yang memungkinkan suatu program memanipulasi informasi secara proposional. Faktor rekayasa perangkat lunak merupakan suatu faktor yang bisa menciptakan suatu program yang efektif, efisien serta user friendly
12
Faktor Kecerdasan Buatan
Kecerdasan buatan merupakan suatu bagian ilmu komputer yang bertujuan agar komputer dapat melakukan pekrjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia serta menggabungkan cara berfikir manusia dengan mesin untuk mengambil keputusan, memecahkan masalah dan pembelajaran
13
Faktor ini mempunyai peran yang sangat penting dalam pengembangan HCI untuk masa yang akan datang, dimana diharapkan akan tercipta suatu sistem yang betul-betul andal, canggih dan merupakan pola berfikir manusia.
14
Faktor Linguistik Komputasional
Peran bahsa yang digunakan sebagai antarmuka (interface) sangatlah penting agar user lebih mudah menggunakan sistem dan tidak terjadi kesalahanpahaman didalam menggunakannya.
15
Faktor Psikologi Pemahaman akan psikologi orang yang akan menggunakan software sangatlah dibutuhkan dalam interaksi manusia dan komputer mengingat setiap user memiliki sifat dan kelakuan yang berbeda. Didalam merancang suatu program faktor ini harus dipikirkan terlebih dahulu, seperti siapa target pengguna program, bagaimana suasana lingkungan target, bagaimana perilaku mereka secara umum.
16
Faktor multimedia Konteks multimedia digunakan sebagai sarana dialog yang sangat efektif antara manusia dan komputer. Dengan konteks multimedia, tampilan dari suatu interaksi akan menjadi lebih menarik dan lebih mudah dimengerti oleh pengguna
17
Faktor Antropologi Faktor antropologi memberikan gambaran tentang cara kerja kelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai bidang masing-masing. Contohnya : suatu perusahaan yang bergerak dibidang pertelevisian memiliki lebih dari 100 orang karyawan. Bagaimana masing-masing individu di dalam kantor tersebut berinteraksi dengan teknologi tentu sangat menentukan masa depan perusahaan
18
Faktor Ergonomik Ergonomik berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Karena manusia yang bekerja di depan komputer biasanya menghabiskan waktu yang cukup lama maka letak meja, kursi, monitor, keyboard, mouse, posisi duduk, pengaturan cahaya, kebersihan dan berbagai aspek lain akan sangat berpengaruh terhadap interaksi manusia dan kompter yang digunakannya
19
Faktor Sosiologi Pada interaksi manusia dan komputer, sosiologi berhubungan dengan pengaruh sistem komputer dalam struktur sosial, pada intinya faktor inimerupakan konteks dari suatu interaksi
20
Teknik Penulisan Suati produk (program) yang dibuat membutuhkan manual agar orang yang belum biasa menggunakan produk tersebut bisa memelajarinya terlebih dahulu agar kemudian dapat terjadi interaksi yang baik antara orang dengan komputer
21
Faktor Matematika Yagn dimaksud dengan matematika dalam hubungan manusia dan komputer adalah bahwa pembuatan suatu produk (software) haruslan efisien dalam perhitungan matematika. Jika suatu software bisa dijalankan oleh semua orang, baik yang baru belajar komputer maupun yang telah pakar, unusr kemudahan dalma segi hitungan matematika akan membuat software itu disukai oleh banyak orang
22
Faktor Bisnis Faktor bisnis mempengaruhi perkembangan IMK. Produk-produk yang dibuat, baik itu produk perusahaan, kelompok atau perorangan, semakin memudahkan terjadinya IMK. Persaingan bisnis yang semakin hari semakin ketat membuat mereka berlomba untuk merebut hati konsumen dengan produk yang lebih mudah digunakan.
23
contoh Perusahaan hardware : mebuat produk yang memudahkan manusia memenuhi kebutuhannya Banyak alat elektronik seperti ponsel, PDA komputer yang semakin hari semakin fleksibel, yang semakin memudahkan manusia berinteraksi dengan mesin (komputer) Hal ini memicu perkembangan perangkat lunak yang lain, yang juga semakin memudahkan manusia berinteraksi dengan mesin
24
SEKIAN dan TERIMA KASIH
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.