Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Algoritma
2
Algoritma Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
Algoritma adalah urutan logis pengambilan putusan untuk pemecahan masalah. suatu metode khusus yang tepat dan terdiri dari serang kaian langkah yang terstruktur dan dituliskan secara sistematis, yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan suatu masalah,
3
algoritma merupakan penjabaran dari logika
atau dengan kata lain untuk mewujudkan logika maka diperlukan algoritma, dan utk membangun algoritma pasti memerlukan logika.
4
Flow chart (bagan alir)
Adalah alat bantu yang digunakan untuk menen tukan alur logika.
5
Simbol Nama simbol Fungsi Terminal Permulaan & akhir program Predefined Persiapan tempat penyimpanan Input / output Menyatakan proses input output Decision Kondisi kemungkinan Proses Pengolahan yang dilakukan komputer Display Tampilan output ke monitor
6
Simbol Nama simbol Fungsi Document Input berasal dari dokumen dalam bentuk kertas atau output dicetak ke kertas Arus/flow Menguhubungkan antar prosedur / proses Connector Menyambung antar prosedur / proses pada halaman yang sama Page Connector Menyambung antar prosedur / proses pada halaman yang berbeda
7
3 Bagian utama flowchart
. Input (berupa bahan dasar) Proses (pengolahan bahan dasar) Output (hasil pengolahan) OUTPUT INPUT PROSES
8
START READ PROCESS WRITE END
9
Jenis flowchart Flowchart aktifitas Flowchart Program
a. Flowchart program proses perbaris b. Flowchart program event driven
10
Latihan 1: Flowchart aktifitas
Buatlah flowchart Proses penerimaan mahasiswa baru
11
Flowchart aktifitas . Beli Form Pendaftaran Isi Form Pendaftaran
Dapat Nomor Ujian Mulai Mengikuti ujian Tdk Ya Lulus? Mengikuti OSPEK Registrasi ulang Mengulang Tahun depan KULIAH Selesai
12
Latihan 2 : Flowchart program proses perbaris
Buatlah flowchart Untuk mencetak angka 1 sampai dengan 10
13
. Flowchart program Mulai I = 0 I = I + 1 Ya I > 10 Selesai Tdk
Cetak I
14
Latihan 3: Flowchart even driven
.
15
Flowchart event driven
Mulai Host: Local Host Database = dbx Open Database Dtabase = dbx Pesan User&Password Tidak ditemukan Input Pilihan Ya Pilihan OK EOF Ya Baca UserId & Passwd Baca Tabel UserId & Passwd Tdk Tdk User Match Tdk Pilihan CANCEL Ya Ya Tdk Password Match Tdk Tdk Klik CLOSE Ya Ya Selesai
16
ALGORITMA
17
Struktur penulisan algoritma
Nama Algoritma Uraian singkat nama algoritma Deklarasi Menuliskan semua Tipe, semua Nama Deskripsi Menuliskan semua langkah algoritma
18
Tipe adalah tipe data yang akan diolah atau dimani
pulasi, misalnya Angka dan Karakter. Angka Bilangan bulat : Tidak mengandung pecahan decimal Bilangan riil : Mengandung pecahan decimal Karakter adalah alphabet, tanda baca, angka, karakter khusus
19
Nama Adalah tempat menyimpan data di memori yang isinya dapat diubah.
Variabel Adalah tempat menyimpan data di memori yang isinya dapat diubah. 2. Constanta Adalah tempat penyimpanan data di dalam memori yang isinya tetap selama pelaksa naan program dan tidak dapat diubah.
20
Contoh penulisan Variabel
DEKLARASI Angka, Rata-rata : real Jumlah : integer Alamat : character
21
Contoh penulisan constanta
DEKLARASI Const pi = 3.14 Const max = 250 Const min = 1
22
Pengisian nilai Memasukkan sebuah nilai ke dalam peubah
(variable) langsung di dalam teks algoritma. Simbol pengisian secara langsung adalah Variabel tetapan { nilai tetapan diisikan ke dalam variable } Variabel ekspresi { hasil perhitungan diisikan ke dalam variable
23
Flowchart Algoritma Algoritma HITUNG Deklarasi A,B,C : integer
Deskripsi B 5 C 6 A B * C WRITE A Mulai A,B,C B = 5 C = 6 A = B x C Cetak A Selesai
24
Latihan Membuat algoritma untuk menseleksi usia se
orang untuk dapat masuk ke pertunjukkan Bila usia 17 tahun atau lebih boleh masuk Bila tidak maka tidak boleh masuk
25
Write “Tdk Boleh masuk” EndIf
Flowchart Algoritma Algoritma Seleksi Deklarasi Umur : integer Deskripsi Read (Umur) IF (Umur) >= 17 then Write “Boleh masuk” Else Write “Tdk Boleh masuk” EndIf Mulai Umur Read Umur Umur>= 17 Tdk Cetak “Tidak Boleh masuk” Ya Cetak “Boleh masuk” Selesai
26
Pengulangan (loop) FOR – NEXT WHILE – WEND DO – LOOP
27
FOR – NEXT Pengulangan dengan FOR-NEXT digunakan
jika sudah diketahui berapa kali sebuah statemen atau satu blok statemen akan diulang.
28
for peubah nilai_awal to nilai_akhir do
aksi endfor
29
Flowchart Algoritma Algoritma nilai Deklarasi I : integer Deskripsi
For I 1 to 10 do Write I endfor Mulai I = 0 I = I + 1 Ya I > 10 Selesai Tdk Cetak I
30
WHILE – ENDWHILE Pengulangan dengan WHILE – ENDWHILE
berhubungan dengan nilai Boolean, Yaitu pengulangan yang dilakukan secara terus menerus selama kondisi logika memiliki nilai Boolean true.
31
while <kondisi> do
aksi endwhile
32
Flowchart Algoritma Algoritma nilai Deklarasi I : integer Deskripsi
While I < 11 do Write I I I + 1 EndWhile Mulai I = 0 I = I + 1 Ya I > 10 Selesai Tdk Cetak I
33
DO - LOOP Pengulangan dengan DO - LOOP,
yaitu pengulangan yang dilakukan secara terus menerus hingga / sampai kondisi logika memiliki nilai true.
34
repeat aksi1 aksi2 until <kondisi>
35
Flowchart Algoritma Algoritma nilai Deklarasi I : integer Deskripsi
Repeat Write I I I + 1 Until I < 11 Mulai I = 0 I = I + 1 Ya I > 10 Selesai Tdk Cetak I
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.