Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Pembelajaran Online Koesnandar
2
Prinsip Aktif; belajar itu proses aktif, me…kan, bukan di…kan.
Individual; belajar itu proses individual, satu siswa dengan siswa lainnya berbeda, kecepatan, gaya, minat, cara … Aneka Sumber; sumber belajar itu banyak dan beraneka, orang, barang, media Terarah dan berkelanjutan; belajar itu proses berkelanjutan, melalui pendekatan yang terarah dan terukur hasilnya. Interaktif; respon positif memberikan penguatan, respon negatif melemahkan… Mandiri dan terbimbing; Belajar mandiri akan lebih berhasil kalau ada rel dengan pentahapan yang jelas, terbimbing dan terukur.
3
BELAJAR ONLINE? Mengapa harus didesain?
internet sebagai sumber belajar (ensiklopedia online, situs jurnal, dan situs pembelajaran) bahan ajar digital; baik yang bersifat online (artikel online, e-book online, materi multimedia online, situs pembelajaran) atau yang bersifat offline (teks digital, cd audio, cd video, cd interaktif ) digital library Mengapa harus didesain?
4
Jalan mana dan cara apa yang paling efektif untuk ditempuh?
Mengapa Desain Pembelajaran? tujuan Jalan mana dan cara apa yang paling efektif untuk ditempuh? masuk 30 December, 2017 4 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju Copy Right (c) Uwes A. Chaeruman
5
Blended Learning Conventional Learning IT Based Learning e-Learning
Multimedia Learning Multimedia Learning Distance learning Distance learning Distance learning
6
Komputer dalam Pembelajaran
Belajar Komputer Belajar melalui Komputer Belajar dengan Komputer Komputer sbg Object Komputer sbg Media Komputer sbg Alat Pelajaran Komputer Multimedia Interaktif on / offline Word Proccessor u/ membuat makalah, Autocad untuk menggambar konstruksi
7
Implementasi E-learning Merupakan Garis Kontinum
ICT-Based Learning Learning + ICT Sewart, 1982
8
eLearning memungkinkan
Multi-sensory delivery : visual, audio, kinestetik Belajar secara aktif : interaktif, menarik minat (stimulating) Eksplorasi aktif. Belajar kooperatif (cooperative learning) Individualisasi. Belajar mandiri (independent learning). Pengembangan keterampilan komunikasi (communication skills) Pembentukan komunitas dan networking
9
Unsur Penilaian Kualitas Multimedia Pembelajaran
7 C Hannafin & Peck, 1996 7 C Hannafin & Peck, 1996 Unsur Penilaian Kualitas Multimedia Pembelajaran Curriculum & Instructional Design Content Communication Computer Capacity Creativity Compatibility Cosmetic home
10
Curriculum & Instructional Design
Kesesuaian sasaran Kelengkapan unsur-unsur pembelajaran Kejelasan tujuan Konsistensi tujuan-materi-evaluasi Pemberian contoh Aspek-aspek pedagogis home
11
BAHAN BELAJAR ONLINE Navigasi – link - tracking
Self Test, Self Assessment Urutan Non Linear
12
PENGEMBANGAN ODL/ONLINE LEARNING
ANALISIS; Learner characteristic, competencies, instructional strategy DESAIN: Learning Management System, Interactivity, Organizing the content, hyperlink. PRODUKSI: programming, animation, etc IMPLEMENTASI: tutorial, discussion forum, chatting, etc EVALUASI: output, impact
13
Desain Pembelajaran Analisis Desain Produksi Implementasi Evaluasi
14
Level Desain Pembelajaran
Sistem Produk Kelas
15
Level Desain Pembelajaran
Video Audio Multimedia Cetak dll Produk
16
Komponen Desain
17
TAHAPAN (Rowntree, 1994) PLANNING PREPARING PRODUCING
Aims and objectives Outlines content Choose media Plan learner support Consider existing materials Sequence idea Develop activities and feedback Find examples Think graphics Consider physical format Start first draft Complete and edit first draft Write assignment material Pilot and improve materials PLANNING PREPARING PRODUCING
18
Tahapan Tentukan Sasaran Rumuskan Tujuan Siapkan Evaluasi
Petakan Materi, buat Outline Buat Flowchart Pilih Media (Gambar, grafik, animasi, video, suara, dll) Tentukan Format Sajian Draft, Review, Revisi, Final Perancangan Naskah Produksi
19
Konsisten TUJUAN EVALUASI MATERI MEDIA
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.