Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OBJECT Pertemuan 02.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OBJECT Pertemuan 02."— Transcript presentasi:

1 OBJECT Pertemuan 02

2 Apa Itu Object? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia: 1 Kimia benda, hal, dsb yg dijadikan sasaran untuk diteliti, diperhatikan, dsb: -- penelitian ini adalah tata kehidupan suku terasing di Riau; 2 Fisika, titik atau himpunan yg bertindak sbg sumber cahaya bagi suatu lensa, cermin, atau bagi suatu sistem lensa;

3 Apa itu Object? Dalam OOP, object diartikan “Seperangkat perangkat lunak yang saling terkait dalam hal State dan Behavior.” Object dalam pemrograman biasanya di kiaskan dengan objek dalam kehidupan anda sehari-hari. Object adalah kunci memahami Object Oriented Programming.

4 Karakteristik Object Object memiliki 2 karakteristik:
State, yaitu ciri-ciri yang melekat pada Object. State harus bisa menggambarkan Object secara tepat. Behavior, yaitu perilaku yang dilakukan oleh Object. Behavior biasanya berkaitan dengan State yang terdapat pada Object

5 Fields and Methods Sebuah Object menyimpan State dalam Fields. State (Fields) bisa digambarkan sebagai Variabel dalam beberapa bahasa pemrograman. Object juga mengekspos Behavior melalui Methods. Behavior (Methods) bisa digambarkan sebagai fungsi dalam beberapa bahasa pemrograman. Methods beroperasi pada keadaan internal obyek dan berfungsi sebagai mekanisme utama untuk komunikasi Object-to-Object.

6 Perhatikan Video Berikut

7 Object “Sepeda”

8 Perhatikan Gambar Berikut

9 Object dalam Game PnZ Tumbuhan Kacang Polong Tumbuhan Kacang Es
Tumbuhan Bunga Matahari Kentang/Umbi Kacang Kecil Buah Cerry Pemotong Rumput Peluru Kacang Hijau Peluru Kacang Es Energi Matahari Zombie ber-Jas Zombie ber-Tongkat Zombie ber-Cone Zombie ber-Bendera Sekop Lahan Score Energi Level Bar

10 State & Behavior Game PnZ
Tumbuhan Kacang Polong Muncul >> True/False Rusak >> True/False Menembak >> On/Off Kentang Pematik >> On/Off Meledak >> On/Off Peluru Kacang Muncul >> True/False Koordinat >> Berjalan Zombie Ber-Tongkat Tongkat >> Melompat Melompat >> On/Off Makan >> On/Off Nyawa >> Berkurang


Download ppt "OBJECT Pertemuan 02."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google