Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ILMU KOMUNIKASI FISIP 2015 AL MUIZZUDDIN F

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ILMU KOMUNIKASI FISIP 2015 AL MUIZZUDDIN F"— Transcript presentasi:

1 ILMU KOMUNIKASI FISIP 2015 AL MUIZZUDDIN F
SISTEM EKONOMI ISLAM ILMU KOMUNIKASI FISIP 2015 AL MUIZZUDDIN F

2 Apa ya??

3 Definisi Ekonomi Dalam Islam
Ekonomi dalam Islam adalah ilmu yang mempelajari segala prilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dengan tujuan memperoleh falah (kedamaian & kesejahteraan dunia-akhirat). Prilaku manusia disini berkaitan dengan landasan-landasan syariat sebagai rujukan berprilaku dan kecenderungan-kecenderungan dari fitrah manusia. Dan dalam ekonomi Islam, kedua hal tersebut berinteraksi dengan porsinya masing-masing hingga terbentuklah sebuah mekanisme ekonomi yang khas dengan dasar-dasar nilai Ilahiyah.

4 Konsep Harta Ibnu Khaldun
Rizki adalah harta yang digunakan, dipakai, dimakan atau dikonsumsi (dalam rangka mengabdi kepada Allah SWT) Rizki = Harta yang digunakan “Wahai Amr, sebaik-baik harta yang shalih adalah milik orang shalih.”(HR Ahmad)

5 Jenis Aktifitas Ekonomi Islam
JUAL-BELI Jual-beli merupakan aktifitas pertukaran barang dalam rangka saling memenuhi kebutuhan, selain transaksi jual beli langsung, Islam memiliki bentuk-bentuk jual beli; murabahah, ijarah, rahn istisna dan salam. INVESTASI Investasi merupakan usaha bersama (dua pihak atau lebih) dalam aktifitas produksi, bentuk investasi dalam Islam; mudharabah & musyarakah. SOSIAL Aktifitas sosial adalah aktifitas yang menjamin berlangsungnya perputaran harta khususnya pemberian kesempatan pada para individu yang tidak memiliki akses ekonomi menggunakan meknisme sukarela (voluntary). Instrumen yang digunakan seperti infaq, shadaqah, wakaf, hibah dan hadiah. REGULASI Regulasi merupakan aktifitas penjaminan perputaran harta yang bersifat mengikat yang dijalankan oleh negara menggunakan kewenangan hukumnya. Instrumen yang digunakan yaitu zakat, kharaj, ushr, khums, dan jizyah

6 ‘Manusia Muslim’ (islamic man)
Perbandingan Ekonomi Ekonomi Sistem Ekonomi Sosialisme Islam Kapitalisme Paradigma Marxis Syari’ah Ekonomi Pasar Tak ada pemilikan pribadi ‘Manusia Muslim’ (islamic man) Manusia Ekonomi Basis Landasan Filosofis Khalifah Allah di bumi Individualisme berdasar laissez faire Dialektik

7 Perbandingan Ekonomi Ekonomi Sistem Ekonomi Islam Ruh Konflik
Sosialisme Islam Kapitalisme Ruh Konflik Kerjasama Persaingan Adanya Tuhan Tidak ada Ada dan Mengatur Ada tapi tidak aktif Hubungan Ekonomi Sosialisme Proletar Egalitarianisme Individualisme Duniawi & Ukhrowi Rentang waktu Duniawi Duniawi

8 Sifat Ekonomi Islam Bersumber dari Tuhan dan mengikat
Produksi dan konsumsi dilakukan bukan karena alasan manfaat semata, melainkan karena diizinkan oleh Tuhan Berasas: Tauhid dan ibadah

9 Nilai Dasar Sistem Ekonomi
Pemilikan Keseimbangan Keadilan Berarti kebebasan bersyarat akhlak Islam Harus diterapkan di semua fase kegiatan ekonomi Alokasikan sejumlah hasil kepada yang tak mampu masuk pasar atau tak sanggup membeli menurut kekuatan pasar  ZIS. Pemilikan hanya atas manfaatnya Pemilikan terbatas sepanjang umur Tak ada pemilikan individu atas barang umum Sederhana Hemat Menjauhi pemborosan

10 Prilaku Konsumsi TUJUAN
Memenuhi kebutuhan baik jasmani maupun ruhani sehingga mampu memaksimalkan fungsi kemanusiaannya sebagai hamba Allah SWT untuk mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat (falah).

11 Prilaku Konsumsi (Dr. Yusuf Qardhawi)
Konsumsi pada barang yang halal & baik; berhemat (saving), berinfak (mashlahat) serta menjauhi judi, khamar, gharar & spekulasi Konsumsi yang menjauhi kemegahan, kemewahan, kemubadziran dan menghindari hutang Parameter kepuasan seorang muslim tentu saja parameter dari definisi manusia terbaik, yaitu memberikan kemanfaatan bagi lingkungan (amal shaleh). Sementara konsumsi barang-jasa merupakan asumsi yang given karena sekedar ditujukan untuk dapat hidup dan beraktifitas (AS).

12 MPCmuzakki = MPCriil + MPCamal shaleh
Prilaku Konsumsi Muzakki C = Co + b Yd Co = kebutuhan pokok b Yd = kebutuhan non-pokok MPCmuzakki = MPCriil + MPCamal shaleh Jika: b = MPCmuzakki; c = MPCriil; d = MPCamal shaleh; maka C = Co + (c + d) Yd C = Co + cYd + dYd Kondisi: d = 0; c = b d < c d = c d > c d = b; c = 0 Keimanan yang semakin meningkat membuat nilai d semakin mendekati b; meminimalkan preferensi konsumsi untuk diri sendiri

13 Nilai Instrumental Sistem Ekonomi
Islam Zakat Pelarangan Riba Kerjasama Ekonomi Jaminan Sosial Peranan Pemerintah

14 Tujuannya: Taqarrub ila Llah
Tauhid ZAKAT Tujuannya: Taqarrub ila Llah Hukum Menjadi jiwa hukum dalam peradaban manusia Akhlaq Sumber praktek persamaan dan persaudaraan Sosial Mempersamakan dan mempersaudarakan manusia Ekonomi Menjamin growth with equity, memperbaiki hasrat dan pola konsumsi, mendorong redistribusi, dll.

15 Pandangan Dunia terhadap Riba
Keputusan MUI, Januari 2004 Fatwa MUI, Desember 2003 Buku Yusuf Qardlawy: Bunga Bank Haram BUNGA BANK ADALAH RIBA, DAN KARENA ITU HARAM Sidang OKI di Karachi 1970 Mufti Negara Mesir 1989 Konsul Kajian Islam Dunia Al-Azhar, Al-Qahirah

16 Riba – pandangan ekonomi
“Menganaktirikan” sektor riil Memisahkan sektor riil dari sektor moneter inflatoir dan ketergantungan Kontra keadilan, karena satu fihak menanggung risiko, fihak lain pasti dapat untung. Usaha dipastikan untung. Menjadikan uang tidak produktif, karena selalu hanya mengalir ke tempat yang bunganya lebih tinggi

17 Kerjasama Ekonomi Karakter utama masyarakat ekonomi Islami >< persaingan bebas kapitalis dan kediktatoran marxis Mudharabah Musyarakah Qirad: pemilik modal adalah partner, bukan pemberi pinjaman Qardhul Hasan Murabahah

18 Jaminan Sosial Keuntungan dan beban sebanding dengan manfaat: (17:15).
Tidak boleh ada eksternalitas negatif: (2:279). Manfaat dari sumber2 ekonomi harus dapat dinikmati oleh seluruh makhluk (2:22 dan 29).

19 Jaminan Sosial Pengeluaran sosial adalah hak sah dari orang2 miskin dan malang (al-Ma’aarij 24-25). Harta tidak boleh beredar di antara orang kaya saja (Al-Hasyr 7) Mengeluarkan tenaga dan modal untuk kebutuhan masyarakat adalah alasan hidup seorang Muslim.

20 Peranan Negara Pemerintah dapat berfungsi sebagai distributor maupun pemilik manfaat sumber-sumber ekonomi serta sebagai lembaga pengawas kehidupan ekonomi melalui lembaga Hisbah.

21 Peranan Negara Hisbah pernah ada di zaman Nabi Muhammad s.a.w., sebagai lembaga pengawas pasar yang menjamin tidak adanya pelanggaran moral di pasar, monopoli, perkosaan terhadap hak konsumen, dan sebagainya. Hisbah adalah independen.

22 Selesai


Download ppt "ILMU KOMUNIKASI FISIP 2015 AL MUIZZUDDIN F"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google