Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
MEMAINKAN RICIKAN INDIVIDU GENDER 1
KK 5 MEMAINKAN RICIKAN INDIVIDU GENDER 1 Memainkan Gender dalam gendhing bentuk Ketawang
2
Memainkan Ricikan Individu Gender
Mengenal ricikan Gender Fungsi & tugas Teknik memainkan Notasi / titilaras Kendhang Memainkan Gender gendhing bentuk Ketawang Seni Kerajinan dan Pariwisata
3
5.1 Mengenal Bentuk Fisik Gender
Seni Kerajinan dan Pariwisata
4
Seni Kerajinan dan Pariwisata
5.1.1 Nama-nama bagian Gender Wilahan Sanggan Breminto Dhendha Srawing Atas Luwengan Bumbungan Adeg-adeg Srawing Bawah Palemahan Cakaran Seni Kerajinan dan Pariwisata
5
Seni Kerajinan dan Pariwisata
5.1.2 Bagian-bagian dari Bumbungan: Tumbengan Suwegan Seni Kerajinan dan Pariwisata
6
Seni Kerajinan dan Pariwisata
5.1.3 Bagian-bagian dari Wilahan / Bilah: Wilahan Lubang Pluntur Bremoro / Sindik Seni Kerajinan dan Pariwisata
7
Seni Kerajinan dan Pariwisata
ALAT MEMAINKAN / TABUH GENDER: Seni Kerajinan dan Pariwisata
8
Seni Kerajinan dan Pariwisata
5.2 Fungsi & Tugas Gender dalam sajian karawitan. Pemangku lagu Pamurba lagu (apabila rebab & bonang tidak ada Thinthingan Grambyangan Buka Mengisi Balungan Pathetan Ada-ada Grimingan Seni Kerajinan dan Pariwisata
9
Seni Kerajinan dan Pariwisata
5.3 Teknik Memainkan Gender Seni Kerajinan dan Pariwisata
10
Seni Kerajinan dan Pariwisata
5.3.1 Teknik Memegang Tabuh Gender Posisi tangan kanan Pangkal tabuh letaknya ditengah epek-epek (telapak tangan). Batang tabuh dijepit oleh dua jari yaitu jari telunjuk dan jari tengah. Jari manis dan kelingking ditekuk. Posisi tangan tengkurap diatas tepi wilahan dibagian dalam (yang dekat dengan badan) Seni Kerajinan dan Pariwisata
11
Seni Kerajinan dan Pariwisata
Lanjutan Posisi tangan kiri : Pangkal tabuh letaknya ditengah epek-epek (telapak tangan). Batang tabuh dijepit oleh dua jari yaitu jari telunjuk dan jari tengah. Jari manis dan kelingking ditekuk. Posisi tangan agak miring diatas tepi wilahan dibagian dalam (yang dekat dengan badan Seni Kerajinan dan Pariwisata
12
Seni Kerajinan dan Pariwisata
Lanjutan Posisi tangan kiri & kanan saat memainkan / menabuh gender Seni Kerajinan dan Pariwisata
13
Seni Kerajinan dan Pariwisata
Sikap Menabuh/Memainkan Sikap dalam Memainkan Letak Gender Cara tangan kiri & kanan memegang tabuh gender Teknik tutupan Seni Kerajinan dan Pariwisata
14
Seni Kerajinan dan Pariwisata
Lanjutan Posisi duduk: Secara tradisional penggender duduk bersila ( bahasa jawa: sila ), pandangan kedepan, sikap tegap ( tidak ndungkruk ), polatan tajem tidak nolah-noleh, bahu tidak boleh methentheng harus kebawah serta yang bergerak hanya ugel-ugel sampai sikut saja. Seni Kerajinan dan Pariwisata
15
Seni Kerajinan dan Pariwisata
Lanjutan Sikap Penggender: Didalam melaksanakan tugas penggender selalu memusatkan perhatian pada sajian gendhing selalu mengingat akan fungsi dan tugas gender dalam hubungannya dengan balungan gendhing serta suara gender ( tidak gembrumbyung ). Seni Kerajinan dan Pariwisata
16
Seni Kerajinan dan Pariwisata
Lanjutan Didalam memainkan gender posisi tangan kanan dan tangan kiri termasuk bagaimana memegang tabuh agak berbeda, dan hal ini sangat penting untuk diperhatikan, karena teknik ini sangat menentukn kualitas suara.. Seni Kerajinan dan Pariwisata
17
Seni Kerajinan dan Pariwisata
5.4 Membaca System Penulisan Notasi Gender Contoh notasi gender Notasi di atas garis Ditabuh tangan kiri Notasi di bawah garis Ditabuh tangan kanan Seni Kerajinan dan Pariwisata
18
Seni Kerajinan dan Pariwisata
5.5 Teknik Tutupan Seni Kerajinan dan Pariwisata
19
5.6 Memainkan Repertoar Cengkok Genderan
Cengkok-cengkok Genderan Srambahan Laku 4 ( Irama dadi ) Pathet Manyura Cengkok Genderan Seleh 1 ( ji ) Dua Lolo : x5x6x5x. x5x6x5x3 x6x5x6x3 x6x5x6x! ( DL ) ..y yte. y2y1 Dua Lolo Cilik : ( DLc ) Seni Kerajinan dan Pariwisata
20
Seni Kerajinan dan Pariwisata
Lanjutan Ela-elo : ( EL ) ..y y.1 1y21 Cengkok Genderan Seleh 2 ( ro ) Kutuk Kuning : Kempyung ( KKP ) y .1y Jarik Kawung : xx6x5x6x! x5x6x!x6 ( JK ) .2y3 212y .1y Seni Kerajinan dan Pariwisata
21
Seni Kerajinan dan Pariwisata
Lanjutan Cengkok Genderan Seleh 3 ( lu ) Kutuk Kuning : x. Kempyung (KKP3) j Kacaryan : x6x5x3x2 x5x6x5x2 x5x6x5x3 ( Kc ) ytet .w.t ewte Rambatan : x.x5x6 x!6x5x6 x5x.x!. 6x.x6x! (Rbt ) w.e Seni Kerajinan dan Pariwisata
22
Seni Kerajinan dan Pariwisata
Lanjutan Cengkok Genderan Seleh 5 ( ma ) Ora Butuh : x6x5x3x2 x3x5x3x6 x3x5x6x5 ( OB ) ytew .ewe ty1t Dua Lolo Cilik 5: x5x6x3 x6x!x6x5 x3x5x3x6 x3x5x6x5 ( DLc 5 ) ty. 21y yt. Cengkok Mati Lima : x6jjx.x5x6x5 x6xj.x5x6x3 x6x!x6x5 ( CMt 5 ) j.23.. j ewe ty1t Seni Kerajinan dan Pariwisata
23
Seni Kerajinan dan Pariwisata
Lanjutan Cengkok Genderan Seleh 6 ( nem ) Kutuk Kuning : xx5x6x5x. x5x6x5x! x5x6x5x! x5x6x!x6 Gembyang ( KKG ) ..ty 1yte .tet y12y Tumurun A1 : x6x5x6x x. x6x5x6x! x5x6x5x! x5x6x!x6 ( TM ) ..j.32 12y1 .tet y12y Tumurun A2 : x.x5x.x! x.x6x!x6 x5x6x5x! x5x6x!x6 ( TM ) yte tety Seni Kerajinan dan Pariwisata
24
Seni Kerajinan dan Pariwisata
Lanjutan Tumurun B : x6x5x6x! x5x6x!x6 xx5x6x5x! x5x6x!x6 ( TM ) y yte tety Tumurun cilik : x6x5x6x! ( TMc ) .2y y Nduduk Nem A : x6x.x!x6 ( DD ) .y.. 1y y B : x5x6x5x! x5x6x!x6 yte tety Seni Kerajinan dan Pariwisata
25
Seni Kerajinan dan Pariwisata
5.7 Penerapkan cengkok-cengkok genderan pada repertoar gendhing bentuk ketawang. Tafsir Garap Genderan Puspagiwang Ketawang laras pelog pathet barang Buka : Umpak : n p ng6 dl bs jk dl bs tm b/c Ngelik : n6 7 pppp g2 Ggt 3 gb ½ gt 3 gb ½ kkg ½ kkp ½ kkg kkp n p g6 kkp kkp kkp tum Seni Kerajinan dan Pariwisata
26
Seni Kerajinan dan Pariwisata
Genderan pada irama tanggung : Balungan @ .2y3 2352 @ Genderan pada irama dadi Balungan : Seni Kerajinan dan Pariwisata
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.