Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehIrwan Tan Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
KOMPUTER GRAFIS VIDEO Kode : DVG 223 Bobot : 3 SKS
Dosen : 5787 – Teguh Imanto Diskripsi Matakuliah Daftar Pustaka / Referensi Penilaian Perkuliahan Topik Perkuliahan
2
DISKRIPSI MATAKULIAH KOMPUTER GRAFIS VIDEO
Matakuliah Komputer Grafis Video membahas tentang penggunaan program komputer yang berbasis pada Video, baik yang berorientasi pada hasil gambar rekaman kamera video maupun hasil gambar hasil olahan pemodelan dan animasi 3 Dimensi. Penekanan diarahkan pada penguasaan pemakian teknologi kompter grafis dengan pembahasan pada teknik-teknik operasionalnya. Pembahasan pertama diawalai samapai UTS dengan program 3D Max dan disusul kemudian sampai UAS dengan program Adobe Premiere Pro
3
BUKU REFERENSI Sutherland and Alice K, Advertising and The Mind of The Consumer, PPM, Jakarta, 2000 Agus Trijanto, Copy Writing, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2002 William, F. Arens, Contemporary Advertising, Mac Graw-Hill, 2002 Pujiriyanto, Desain Grafis Komputer, Penerbit Andi, Yogyakata, 2005 Kartika, Dharsono Sony, Pengantar Estetika, Rekayasa Saint, Bandung, 2004
4
Sachari, Agus & Yan Yan Sunarya, Sejarah Dan Perkembangan Desain Indonesia, ITB, Bandung, 2002
Budi Setiyono, Reka Reklame, PPPI, Galang press, Yogyakarta, 2007
5
PENILAIAN Nilai Akhir Perkuliahan diperoleh dengan penggabungan komponen seperti berikut ini : Kehadiran : 10 % Quis : 20 % UTS : 30 % UAS : 40 %
6
RUANG LINGKUP PERKULIAHAN
Pengertian komputer grafis secara umum dan diteruskan dengan pengenalan tampilan Program 3D Max Pembuatan gambar-gambar bentuk standard Geometri Pembuatan gambar-gambar modifikasi Geometri Transformasi obyek perpotongan dan penggabungan benda
7
Pemodelan pada kendaraan tempur Panser (Bagian 1)
Animasi pada kendaraan tempur Panser serta special efeknya Pengertian komputer grafis secara umum tentang pengeditan video diteruskan dengan pengenalan tampilan Program Adobe Premiere Impor video dan memahami karakter file yang dapat diedit baik yang berbasis pada video, animasi serta bitmap
8
10. Teknik perpotongan dan penggabungan video di dalam time line
11. Teknik sisipan video dalam mengedit gambar-gambar baik video, animasi dan bitmap 12. Penumpukkan gambar antar video (Super impose) Pemakaian Teks dan efek dalam video Rendering dan penyimpanan karya dengan berbagai macam format file
9
KOMPUTER GRAFIS VIDEO TOPIK 1 PENGERTIAN KOMPUTER GRAFIS STATIS, DINAMIS DAN INTERAKTIF
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ LINLS KE INTERNET
10
TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM
Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa bisa memahami tentang terminologi komputer grafis secara lengkap baik yang berorientasi pada gambar statis atau diam maupun gambar dinamis atau bergerak. Penjelasan selanjutnya diarahkan pada pemahaman tampilan secara keseluruhan tentang program 3 D Studio Max
11
TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS
Mahasiswa dapat memahami serta menjelaskan tentang terminologi dari komputer grafis secara lengkap Mahasiswa dapat memahami serta menjelaskan tampilan berbagai macam fasilitas dalam program 3D Studio Max Mahasiswa dapat memahami secara jelas tentang fasilitas-fasilitas dan penggunaannya dalam tampilan program 3D Studio Max
12
1.1 Terminologi Komputer Grafis
Komputer Grafis mempunyai pengertian sebuah program komputer yang berfungsi mengolah data gambar baik yang berorientasi pada vektor berupa clip image maupun pada pixel berupa foto Program Komputer Grafis merupakan peralatan teknologi informasi yang berfungsi mengolah data gambar guna keperluan kegiatan komersial seperti keperluan sebuah perusahaan atau kegiatan sosial Banyak hasil karya yang diproses dalam format digital dengan menggunakan program ini untuk mendukung operasional sebuah perusahaan baik dilihat dari sudut komersial maupun sudut sosial
13
1.2 Klasifikasi Program Komputer Grafis
Program Komputer Grafis dapat dibagi beberapa kategori diantaranya sebagai berikut Program Komputer Grafis berbasis Statis atau gambar diam, dimana karakter gambar disini menghasilkan gambar tidak bergerak atau diam. Untuk mewujudkannya harus melalui sarana pencetakan dengan kata laian dicetak. Program yang tergolong dalam kategori ini adalah Corel Draw, Adobe Illustrator yang mempunyai ciri khusus berupa karya vektor sedangkan yang mempuyai ciri pixel atau foto adalah Adobe Photoshop, Ulead Photo Impact, Corel Photo Paint
14
Program Komputer Grafis berbasis Dinamis/Interaktif atau bergerak, dimana hasil gambar mengisyaratkan adanya suatu pergerakkan yang berkesinambungan. Untuk menikmati hasil gambar perlu adanya suatu media khusus atau program yang di jalankan di dalam komputer. Karya jenis ini sering disebut juga dengan istilah karya animasi. Dalam implementasinya program ini sering mendukung dalam suatu operasional perusahaan, melalui media internet atau website. Program yang digunakan adalah Adobe Flash, Adobe Dream Weaver.
15
Program Komputer Grafis berbasis Lay-Out, dimana hasilnya mempunyai karakter pada penyusunan tata letak dari sebuah teks dan gambar. Hasil keluaran program ini berupa cetakan dalam bentuk media majalah, koran atau kalalog dan buku. Untuk menikmati hasilnya harus melalui proses cetak, atau juga bisa dinikmati dengan menggunakan media interaktif semacam website. Program yang digunakan dalam hal ini adalah Adobe InDesign. Program Komputer Grafis berbasis Editing, dimana hasil gambar mempunyai karakter bergerak berkesinambungan. Pergerakanan gambar tersebut bisa berupa pergerakan
16
Gambar vektor atau hasil animasi dn juga bisa dari gambar rekaman video. Untuk menikmati hasilnya harus menggunakan media sebagai sarana pemutar yang ditanam di dalam komputer. Progrm jenis ini sering disebut dengan istilah program editing yang berfungsi untuk mengedit hasil rekaman video dengan bentuk hasilnya bisa berupa program televisi seperti program feature, senetron atau karya film dokumenter maupun film layar lebar. Program yang tergolong dalam jenis ini adalah Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro, Ulead Video Studio, Avid
17
Program Kompter Grafis berbasis 3 Dimensi, dimana hasilnya berkarakter 3 dimensi yang dapat dilihat dengan segala arah. Program ini dapat menciptakan benda-benda secara tiga dimensi,baik dalam bentuk pemodelannya maupun dengan bentuk animasinya. Dari karakter tersebut, maka program ini sering disebut dengan istilah Pemodelan dan Animasi 3 Dimensi. Banyak karya-karya audio visual yang dibuat dengan bantuan program ini seperti karya film layar lebar. Program yang digunakan dalam membuat benda 3 dimensi ini adalah 3 Dimensi Studio Max,Alias Maya, Poser
18
1.3 Aplikasi Program Komputer Grafis Statis
Dalam perkuliahan ini, pembahasan diarahkan pada penguasaan teknologi digital melalui program komputer grafis berbasis statis. Penguasaan ditekankan pada tata cara penggunaan teknik-teknik dalam fasilitas program yang digunakan dalam mengolah data gambar. Implementasi penguasaan teknik-teknik tersebut dengan cara melakukan praktek langsung di dalam laboraturium komputer dengan paduan instruktur atau dosen yangbersangkutan Pembahasan dilakukan dengan pembahasan teori yang terkait dengan teknik, kemudian dipraktekkan langsung dalam komputer program
19
1.4 Program Komputer berbasis Vektor
Program Komputer berbasis Vektor merupakan program yang dipelajari selama tengah semester dan dipelajari selama 7 pertemuan Setiap pertemuan akan dibahas beberapa teknik dengan didahuluipembahasan teori-teori yang terkait dan selanjutnya diimplementasikan dalam praktek. Pada setiap pertemuan akan menciptakan sesuatu bentuk sebagai penjabaran secara nyata dari teori serta dilanjutkan dengan praktek yang telah diterangkan Setiap mahasiswa harus melaksanakan tugas atau menciptakan bentuk yang telah diterangkan
20
1.5 Tampilan Program Corel Draw
Program 3D Studio Max merupakan program komputer berbasis pada 3 Dimensi Program 3 D Studio Max digunakan dalam menciptakan karya-karya pemodelan dan animasi produk Program 3D Studio Max dalam penampilannya mempunyai view atau tampilan multi dan secara sistem dapat ditampilkan menjadi 4 bagian diantaranya Top (penampilan tampak atas), Front (penampilan tampak depan), Left (penampilan tampak kiri) dan Perspektive
21
Program 3D Studio Max mempunyai perinta-perintah yang berfungsi arahan dalam menciptakan sesuatu berdasarkan karakter penggunaannya dan kesemuanya itu ada dalan palet khusus yang terdiri dari berbagai macam ciri atau karakter. Letaknya ada diposisi sebelah kanan. Program 3D Studio Max juga mempunyai Time Line yang berfungsi untuk membuat key frame sebagai penggerak animasi benda. Letaknya di bagian bawah. Untuk mengetahui secara jelas ikuti penjelasan secara lengkap dalam tutorial di dalam kelas pada setiap kali pertemuan
22
SEKIAN PERKULIAHAN TOPIK 1 TERIMA KASIH
23
TUGAS Bacalah Buku Diktat Pengantar DKV Tulisan Teguh Imanto Bab I untuk memperdalam pengertian dari materi slide yang telah bahas di atas Beri tanda khusus untuk mengingat pokok pikiran dari materi di atas Lanjutkan dengan menjawab latihan soal pada halaman berikutnya
24
QUIZ Terangkan menurut anda pengertian Desain Komunikasi Visual
Sebutkan dan Jelaskan secara lengkap ruang lingkup desain komunikasi visual SELAMAT BEKERJA
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.