Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehUtami Sri Atmadja Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
Class , Object, Method, Attribute Dhea Raniasti
2
WHY OOP ? Simplicity : kompleksitas program terkurangi dan strukturnya lebih jelas Modularity : sistem yg kompleks atau besar dapat dipecah menjadi modul2 yg lebih kecil Modifiability : mudah untuk melakukan perubahan tanpa mempengaruhi bagian program yg lain. Maintainability Re-usability
3
BASIC OOP Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek: Class, Object, Attribute, Method, Constructor Karakteristik Pemrograman Berorientasi Objek: Abstraction, Encapsulation, Inheritance, Polymorphisme Pengorganisasian Class: Package, Interface
4
Berorientasi Objek? Atribut : Tas, sepatu, dress, tangan, kaki, mata
Behavior : Cara Jalan ke Depan Cara Jalan Mundur Cara Belok Kanan Cara Lompat Cara Lari
5
Berorientasi Objek? Atribut :
Ban , Setir, Pedal, Warna, Tahun Produksi Behavior : Cara menghidupkan mesin Cara menjalankan bus Cara memundurkan bus
6
Perbedaan Class dan Object
Class adalah konsep dan deskripsi dari sesuatu Object adalah instance dari Class Class: mobil Object: mobilnya pak Joko, mobilku Class seperti cetakan kue, dimana kue yg dihasilkan dari cetakan kue itu adalah object Warna kue bisa bermacam-macam meskipun berasal dari cetakan yang sama (object memiliki sifat independen)
7
“ Attribute Variable(Member) Behavior Method(Fungsi) “
kesimpulan “ Attribute Variable(Member) Behavior Method(Fungsi) “
8
Class = Method + Variable
gir kecepatan Ubah kecepatan Ubah gir Class Sepeda variabel method
9
ATTRIBUTE Variable yang mengitari class, dengan nilai datanya bisa ditentukan di object Name, age, dan weight adalah atribute dari class Person
10
Object = Method + Variable Bernilai
Class SepedaKu gir = 3 Kecepatan= 10 km/jam Instance variabel Ubah kecepatan (10) Instance method Ubah gir (2)
11
METHOD Method adalah implementasi dari bagaimana bekerjanya sebuah class Method melakukan: Manipulasi data Perhitungan matematika Memonitor kejadian dari suatu event
12
Membuat Class, Object dan Memanggil Atribut
main.cpp Membuat class class segipanjang{ int x,y; public: void set_value(int,int); int area(){return (x*y);} };
13
Membuat Class, Object dan Memanggil Atribut
main.cpp Membuat method void segipanjang::set_value(int a, int b){ x = a; y = b; }
14
Membuat Class, Object dan Memanggil Atribut
main.cpp Membuat object int main() { segipanjang sp_ani,sp_budi sp_ani.set_value(2,3); sp_budi.set_value(4,20); cout << "area ani : " << sp_ani.area(); cout << "area budi : " << sp_budi.area(); return 0; }
15
konstruktor Method yang digunakan untuk memberi nilai awal pada saat object diciptakan Dipanggil secara otomatis ketika new digunakan untuk membuat instan class Sifat konstruktor: Nama konstruktor sama dengan nama class Tidak memiliki nilai balik dan tidak boleh ada kata kunci void
16
Contoh code konstruktor
public class Mobil { String warna; int tahunProduksi; public Mobil(String warna, int tahunProduksi){ this.warna = warna; this.tahunProduksi = tahunProduksi; } public void info(){ System.out.println("Warna: " + this.warna); System.out.println("Tahun: " + this.tahunProduksi); Nama File : Mobil.java
17
Contoh code konstruktor
public class MobilKonstruktor{ public static void main(String[] args){ Mobil mobilku = new Mobil(“Merah”, 2003); mobilku.info(); } Nama File : MobilKonstruktor.java
18
LATIHAN Buat class Buku Buat class BukuBeraksi dan tampilkan 2 buku:
Tentukan variable buku: judul, pengarang, penerbit, tahun Buat konstruktor class Buku dengan parameter: judul, pengarang, penerbit, tahun Buat method cetakBuku Buat class BukuBeraksi dan tampilkan 2 buku: Rogers Cadenhead & Laura Lemay, Teach Yourself Java 6 in 21 Days, Sams Publishing, 2007 Deitel & Deitel, Java How to Program 7th Edition, Prentice Hall, 2007
19
Karakteristik Pemrograman Berorientasi Objek
ABSTRACTION ENCAPSULATION INHERINTANCE (Pewarisan) POLYMORPHISM
20
KARAKTERISTIK PBO : INHERITANCE
Suatu class dapat mewariskan atribut dan method kepada class lain (subclass), serta membentuk class hierarchy Penting untuk Reusability Java Keyword: extends Sepeda Sepeda Balap Sepeda Santai Sepeda Roda 3
21
Polymorphism Kemampuan sebuah object untuk memiliki banyak bentuk.
Penggunaan paling umum dari polymorphism terjadi ketika reference parent class digunakan untuk menunjuk ke child class.
22
Polymorphism Suatu object dapat memiliki berbagai bentuk Implementasi konsep polymorphism: Overloading: Penggunaan satu nama untuk beberapa method yang berbeda parameter Overriding: Terjadi ketika deklarasi method subclass persis sama dengan method dari superclassnya
23
Polymorphism Overriding terjadi pada class dengan inheritance. Example
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.