Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehSonny Rachman Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
PARAGRAF KEILMUAN Kesatuan atau keutuhan gagasan paragraf
Suatu paragraf dikatakan memiliki kesatuan atau keutuhan gagasan, jika seluruh uraiannya terpusat pada satu gagasan utama. Contoh: (1) Mahasiswa yang tergabung dalam tim desain Lampung memiliki kreativitas yang tinggi. (2) Mereka membuat film kartun yang berisi kritik sosial terhadap pemilihan kepala daerah. (3) Dengan demikian, kritik sosial itu disampaikan dengan cara kreatif dan tidak anarkhi, sehingga tidak meresahkan masyarakat.
2
2. Kelengkapan gagasan Paragraf dikatakan lengkap, apabila gagasan utamanya dijelaskan secara memadai oleh sejumlah kalimat penjelas. Contoh: (1) Ketua Umum Yayasan Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) Yohanes Surya telah mengembangkan animasi untuk bahan ajar dan melatih anak-anak berbakat. (2) Animasi permainan yang terintegrasi dalam perangkat lunak komputer itu terdiri dari puluhan varian dengan materi beragam. (3) Dari materi Matematika, ada fungsi penambahan, perkalian, pembagian, dan logika. (4) Selain itu, ada materi pelajaran Fisika dan Biologi. (5) Seluruh materi itu dikemas dalam bentuk permainan yang menarik dan variatif.
3
3. Kepaduan hubungan antarkalimat
Kepaduan paragraf tersebut dapat dilihat dari kohesi dan koherensinya. Kohesi atau kepaduan bentuk terkait dengan penggunaan kata-kata yang padu. Contoh: Simulation games merupakan jenis permainan yang paling sulit. Algoritmanya sangat sulit karena harus memperhitungkan semua jenis kejadian dalam kondisi sebenarnya. Berbagai efek animasi yang dibuat tidak cukup bermodalkan ahli grafik dan algoritma saja, melainkan seharusnya juga mengerti persoalan matematika, teknik, dan fisika. Contoh permainan jenis ini adalah Stellar 7, F-15 Strike Eagle, Flight Simulator 98, F-14 Tomcat, F-16 Falcon, dan Jet Fighter.
4
Kekohesifan paragraf di atas ditandai oleh hal-hal berikut.
Penggunaan kata ganti –nya dalam kata algoritmanya yang berarti algoritma simulation games. Pengulangan kata, seperti kata jenis, permainan, sulit, dan algoritma. Penggunaan kata tunjuk, yaitu ini.
5
Suatu paragraf dikatakan koheren, jika kalimat-kalimat penjelasnya mendukung gagasan utama dan tidak ada satu pun kalimat yang menyimpang atau tidak sesuai dengan gagasan utamanya.
6
Contoh: Komik Crayon Shinchan sudah menyebar seperti virus. Sekarang sudah tidak aneh lagi, jika masyarakat melihat anak kecil berusia lima tahun sudah memiliki visualisasi dan imajinasi seksual. Di negeri asalnya, komik Crayon bukanlah bacaan untuk anak-anak, melainkan untuk kalangan remaja. Sementara itu, di Indonesia, komik itu berada di tangan anak-anak berusia lima tahun, di mal, di pinggir jalan, di toko buku, dan di televisi. Komik itu telah menciptakan kehebohan, bahkan menciptakan rasa takut di rumah tangga Indonesia karena hidup seperti tumor yang menjalar ke dalam
7
tubuh anak-anak. Bila sekarang terjadi kontroversi yang sangat dahsyat, itu lebih disebabkan oleh keteledoran penerbitnya, PT Indorestu Pasific. Pada awalnya penerbit itu sama sekali tidak memberikan batas usia untuk membaca komik itu. Namun, protes berhamburan dengan deras. Akhirnya penerbit itu mulai melekatkan label batasan bacaan untuk usia 15 tahun ke atas.
8
Ketidakkoherenan paragraf di atas ditandai oleh hal-hal berikut.
Topik paragraf di atas memang benar membicarakan komik Crayon Shinchan. Namun, gagasan pertama tentang kontroversi komik Shinchan dan yang lainnya mengenai pengaruh negatif yang ditimbulkannya.
9
4. Keseimbangan paragraf
Sebuah paragraf dikatakan seimbang, jika panjang pendeknya disesuaikan dengan kerumitan atau kekompleksitasan gagasan utama. Contoh: Game komputer semakin lama semakin berkembang pesat. Game komputer pertama dibuat pada tahun 1962 oleh insinyur MIT dengan nama Space War. Walaupun tampilan grafiknya masih primitif, namun pada masa itu, game tersebut sudah terhitung sangat canggih. Kemudian pada tahun 1972, sebuah perusahaan bernama Magnavox meluncurkan video game bernama Odyssey.
10
Selanjutnya pada tahun 1973, perusahaan tersebut meluncurkan lagi sebuah game arcade legendaris bernama Pong. Pong merupakan sebuah game sederhana yang mengambil konsep permainan tenis. Mulai tahun 1980, perkembangan game pun semakin bertambah pesat dengan munculnya berbagai produsen konsol. Mereka mengambil Atari 2600 sebagai konsep dasar.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.