Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TEORI BELAJAR GUTHRIE TEORI KONTIGUITAS

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TEORI BELAJAR GUTHRIE TEORI KONTIGUITAS"— Transcript presentasi:

1 TEORI BELAJAR GUTHRIE TEORI KONTIGUITAS

2 HUKUM BELAJAR LAW OF CONTIGUITY : KOMBINASI STIMULI YG DIIKUTI DG GERAKAN AKAN MENYEBABKAN DILAKUKANNYA GERAKAN YG SAMA KALAU MUNCUL KEMBALI KOMBINASI STIMULI TERSEBUT. SUATU POLA STIMULUS MEMPEROLEH KEKUATAN ASOSIATIF SEPENUHNYA PADA KESEMPATAN PERTAMA STIMULUS TERSEBUT BERKAITAN DENGAN RESPON. MENOLAK LAW OF EXERCISE

3 ONE TRIAL LEARNING SEKALI ADA KAITAN ANTARA STIMULUS DAN RESPON, MAKA ASOSIASI ITU AKAN TERUS DIPERTAHANKAN MENEKANKAN RECENCY PRINCIPLE “APA YG DILAKUKAN TERAKHIR KALI, MAKA ITU YG AKAN MENJADI RESPON KALAU NANTINYA STIMULUS YG SAMA MUNCUL LAGI MENOLAK PENGULANGAN EX: kucing dalam kandang respon A, B, C gagal, respon D dg menekan tuas,  berhasil maka stimulus (terkurung dikandang)  respon D (menekan tuas).  kondisi selanjutnya jika dimasukkan kandang  tekan tuas/respon dengan cara D (belajar)

4 MOVEMENT PRODUCED STIMULI
STIMULUS EKSTERNAL (SE) SERINGKALI TDK LGSG DIRESPON, TP MEMERLUKAN WAKTU T3. HAL INI KARENA ADA SERANGKAIAN PERILAKU YG DILAKUKAN“CHAINING”/ berantai Ex: SE  respon nyata  Stimulus krn gerakan (S)  respon nyata  Stimulus krn gerakan (S) (telpon bdering)  menoleh ke telp  (S)  berdiri  (S)  respon (angkat telp) SKINNER:EKSTERNAL STIMULI, GUTHRIE:STIMULI INTERNAL

5 Tindakan berulang  kebiasaan
ACTS, MOVEMENTS, SKILLS MOVEMENT: KONSTRAKSI OTOT SCR SEDERHANA ACT: SEKUMPULAN MOVEMENT YG DIARAHKAN UTK MENGUBAH SESUATU pada LINGKUNGAN. SKILL: BEBERAPA ACTS. INDIVIDU SDH BLJR MENGAITKAN ANTARA STIMULUS T3 DG ACT T3 SHG DIPEROLEH BEBERAPA KAITAN ANTARA STIMULI DAN ACTS. Gerakan 1 Gerakan 2 Gerakan 3 Tindakan berulang  kebiasaan Keahlian Prestasi STIMULUS SPESIFIK

6 STEREOTYPED BEHAVIOR Adalah POLA RESPON YG KHAS YG AKAN DIULANG
Ex: kucing dalam kandang (stimulus), tapi respon kucing berbeda2, kucing A tekan tuas dg pantat, B dg kepala, C dengan cakar. Masing2 kucing akan mengingat respon khasnya untuk menghadapi stimulus REWARD: untuk memperlancar proses belajar, tapi bukan focus utama Experimen: Kucing di imingi ikan diluar kandang,. Tapi yg membuat ia dapat keluar adalah belajar bahwa dg mencakar/ menyundul dg kepala dapat membuka pintu kandang.

7 LUPA Muncul karena ADA RESPON ALTERNATIF / ada proses belajar baru shg retroactive inhibisi ekstrem (lupa hal yg lama) Ex: belajar materi A,  belajar materi B belajar materi C  materi A lebih dilupakan. Ex 2: orang A (belajar materi A,  belajar B  diuji materi A) orang B (belajar materi A, tidak belajar B  diuji materi A)  orang A mengingat lebih sedikit materi A

8 MEMUTUS KEBIASAAN KEBIASAAN = asosiasi respon – sejuml stimulus Semakin banyak stimulus  respon  kebiasaan kuat Ex: perilaku merokok S1: ada teman merokok S2 : diajak merokok/diberi S3 : ada rokok di meja, ada bau, ada korek, dll  merokok kebiasaan merokok  tidak ada petunjuk baik, ada aktivitas menghubungkan  merokok  merasa tegang, cemas, gelisah jika tidak merokok Tidak merokok jika ada aktivitas yg tidak menghubungkan

9 MEMUTUS KEBIASAAN ….. (2) 1. Metode ambang (threshold method)
terjadi ketika ada Petunjuk (cue)/stimulus yg menghubungkan respon kebiasaan. CARA MEMUTUS: 1. Metode ambang (threshold method) Cari petunjuk yg memicu kebiasaan buruk dan lakukan respon lain saat petunjuk itu muncul. Lakukan secara bertahap dari yg tidak menimbulkan respon  menaikkan intensitas stimulus, tapi tetap di bawah ambang respon. Ex: makan buah yg tidak disukai, kalau dimakan semua langsung  dimuntahkan – Kalau sedikit2  terbiasa  mau makan 2. Metode kelelahan (fatigue method) Meneruskan kebiasaan lama sampai kelelahan Ex 1: kuda tidak suka dipasangi pelana  terus menerus dipasangi, dikendalikan sampai kuda kelelahan  pelana terpasang sempurna Ex 2: perokok disuruh menghabiskan rokok dalam 1 waktu semua 1 pack rokok

10 MEMUTUS KEBIASAAN ….. (3) 3. Metode respon yg tdk kompatibel (incompatible response method) Stimuli untuk respon yg tdk diinginkan disajikan bersama stimuli lain yg menghasilkan respon yg tdk kompatibel dg respon yg tdk diinginkan tersebut Ex: anak tidak suka hadiah boneka panda (takut) ibu memberi kenyamanan  Ibu + boneka  ibu stimulus dominan  anak rileks  berkali2  boneka saja  anak rileks ==== teori apa dari tokoh siapa??

11 MEMBELOKKAN KEBIASAAN
MELAKUKAN SEBALIKNYA MEMUTUSKAN MENGHINDARI STIMULUS MENINGGALKAN SITUASI MEMBELOKKAN

12 MEMBELOKKAN KEBIASAAN ….(2)
HUKUMAN BUKAN rasa sakit Apa LB perilaku Agar efektif, hukuman perilaku TIDAK KOMPATIBEL HUKUMAN+PERILAKU (- )  EFEKTIF 2, 3 HARUS TERPENUHI DORONGAN Maintaining stimulus kondisi seimbang MS: lapar  respon makan NIAT Respon yg dikondisikan ke MS Respon2 yang diarahkan untuk memenuhi mll urutan perilaku Ex: lapar  ada makanan  makan Tapi kalua tidak ada berdiri  ke toko pesan  makan TRANSFER TRAINING Latihan Lakukan sesuai stimulusnya Sesuai konteks sosial


Download ppt "TEORI BELAJAR GUTHRIE TEORI KONTIGUITAS"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google