Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

5.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "5."— Transcript presentasi:

1 5

2 4

3 3

4 2

5 1

6 PELUANG Created By Sulis Ulianty S

7 Peluang Menu Pembelajaran KI, KD dan Indikator Peta Konsep Materi
Pertemuan Pertama Pertemuan Kedua Materi Jelajah Soal Evaluasi Home

8 Loading... Please Wait...

9 KI, KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Memahami, Menerapkan, dan Menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah Kompetensi Inti Memahami konsep ruang sampel dan menentukan peluang suatu kejadian dalam suatu percobaan Kompetensi Dasar Menentukan ruang sampel suatu percobaan acak Menentukan peluang kejadian dari berbagai situasi Indikator Pencapaian Kompetensi Home

10 Loading... Please Wait...

11 Pertemuan Pertama

12 Permasalahan untuk menentukan pemecahan masalah yang berkaitan dengan menentukan atau menghitung berapa banyak cara yang mungkin terjadi dari sebuah percobaan sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari

13 Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Dua buah koin dilempar sebanyak 1 kali
Kaidah Pencacahan Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Dua buah koin dilempar sebanyak 1 kali Koin Pertama Koin Kedua Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A) Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A)

14 A AA A G A A AA GA G AG G AG GG GA A G G GG
Pada pelemparan dua buah koin dengan sisi-sisinya gambar (G) dan angka (A), banyaknya kejadian yang mungkin terjadi dapat disajikan dengan cara berikut: Tabel Silang Diagram Pohon Koin Pertama Koin Kedua A AA Koin 1 A G Koin 2 A A AA GA G AG G AG GG GA A G G GG

15 Percobaan Klik Kejadian Percobaan, Ruang Sampel dan Kejadian
Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Percobaan Klik Pelemparan sebuah koin Sebuah koin dilempar sebanyak 1 kali Ruang Sampel (S) Kejadian S = {A,G} n(S) = 2 Kejadian muncul sisi Gambar Kejadian muncul sisi Angka Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A)

16 Percobaan Kejadian Pelemparan dua buah koin Klik
Percobaan, Ruang Sampel dan Kejadian Percobaan Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Klik Ruang Sampel (S) Pelemparan dua buah koin Dua buah koin dilempar sebanyak 1 kali S = {AA, AG, GA, GG} n(S) = 4 Kejadian Kejadian muncul sisi AA Kejadian muncul sisi AG Kejadian muncul sisi GA Kejadian muncul sisi GG Koin Kedua Koin Pertama Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A) Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A)

17 Percobaan Kejadian Percobaan, Ruang Sampel dan Kejadian
Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Pelemparan sebuah dadu bersisi enam. Kemungkinan yang muncul: Angka 1 Angka 2 Angka 3 Angka 4 Angka 5 Angka 6 Percobaan Klik Pelemparan sebuah dadu bersisi enam Ruang Sampel (S) S = {1,2,3,4,5,6} n(S) = 6 Kejadian muncul angka 1 Kejadian muncul angka 2 Kejadian muncul angka 3 Kejadian muncul angka 4 Kejadian muncul angka 5 Kejadian muncul angka 6 Kejadian

18 Apakah yang dimaksud dengan Percobaan, Ruang Sampel, dan Kejadian ?
Pertanyaan : Apakah yang dimaksud dengan Percobaan, Ruang Sampel, dan Kejadian ? Cek Jawaban Ananda ...

19 2. Ruang sampel (S) adalah kumpulan dari semua hasil percobaan.
Kesimpulan : 1. Percobaan adalah kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh hasil tertentu. 2. Ruang sampel (S) adalah kumpulan dari semua hasil percobaan. 3. Kejadian adalah banyaknya hasil yang diperoleh dari suatu percobaan. Home

20 Loading... Please Wait...

21 Pertemuan Kedua

22 Misalkan sebuah dadu dilempar sebanyak n kali
Misalkan sebuah dadu dilempar sebanyak n kali. Kita tidak dapat mengetahui sebelumnya bahwa nomor 3 akan muncul lebih sering daripada sisi yang lain atau nomor 1 akan muncul lebih jarang daripada sisi yang lain.

23 Hal ini disebabkan masing-masing sisi mempunyai peluang yang sama untuk muncul.

24 Ruang sampel S = {1, 2, 3, 4, 5, 6}  n(S) = 6
Jika S adalah ruang sampel dengan banyaknya anggota = n(S) dan E merupakan suatu kejadian dengan banyaknya anggota = n(E), maka peluang kejadian E adalah: P(E) = n(E)/n(S) Kisaran nilai peluang P(E) adalah: 0  P(E)  1 P(E) = 1 disebut kejadian pasti P(E) = 0 disebut kejadian mustahil Contoh Pada pelemparan sebuah dadu, tentukan peluang munculnya sisi berangka ganjil ! Jawab: Ruang sampel S = {1, 2, 3, 4, 5, 6}  n(S) = 6 Sisi berangka ganjil = {1, 3, 5}  n(S) = 3 sehingga P(E) = 3/6 = 1/2 Home

25 Loading... Please Wait...

26 Jelajah Soal

27 Berapakah ruang sampel (S) pada pelemparan dua buah dadu bersisi enam ?
2 6 12 36 8 a. b. c. d. e.

28 2. Berapakah ruang sampel (S) pada pelemparan sebuah dadu bersisi enam dan sebuah uang logam ?
6 12 36 8 a. b. c. d. e.

29 3. Dua buah dadu dilempar bersama-sama
3. Dua buah dadu dilempar bersama-sama. Peluang munculnya mata dadu berjumlah sembilan adalah …. 4/36 7/36 8/36 9/36 10/36 a. b. c. d. e.

30 Silahkan Lanjutkan Soal Berikutnya !!

31 Pelajari kembali materi Ruang Sampel,
dan silahkan coba lagi ...

32 Pertemuan Pertama

33 Permasalahan untuk menentukan pemecahan masalah yang berkaitan dengan menentukan atau menghitung berapa banyak cara yang mungkin terjadi dari sebuah percobaan sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari

34 Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Dua buah koin dilempar sebanyak 1 kali
Kaidah Pencacahan Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Dua buah koin dilempar sebanyak 1 kali Koin Pertama Koin Kedua Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A) Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A)

35 A AA A G A A AA GA G AG G AG GG GA A G G GG
Pada pelemparan dua buah koin dengan sisi-sisinya gambar (G) dan angka (A), banyaknya kejadian yang mungkin terjadi dapat disajikan dengan cara berikut: Tabel Silang Diagram Pohon Koin Pertama Koin Kedua A AA Koin 1 A G Koin 2 A A AA GA G AG G AG GG GA A G G GG

36 Percobaan Klik Kejadian Percobaan, Ruang Sampel dan Kejadian
Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Percobaan Klik Pelemparan sebuah koin Sebuah koin dilempar sebanyak 1 kali Ruang Sampel (S) Kejadian S = {A,G} n(S) = 2 Kejadian muncul sisi Gambar Kejadian muncul sisi Angka Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A)

37 Percobaan Kejadian Pelemparan dua buah koin Klik
Percobaan, Ruang Sampel dan Kejadian Percobaan Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Klik Ruang Sampel (S) Pelemparan dua buah koin Dua buah koin dilempar sebanyak 1 kali S = {AA, AG, GA, GG} n(S) = 4 Kejadian Kejadian muncul sisi AA Kejadian muncul sisi AG Kejadian muncul sisi GA Kejadian muncul sisi GG Koin Kedua Koin Pertama Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A) Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A)

38 Percobaan Kejadian Percobaan, Ruang Sampel dan Kejadian
Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Pelemparan sebuah dadu bersisi enam. Kemungkinan yang muncul: Angka 1 Angka 2 Angka 3 Angka 4 Angka 5 Angka 6 Percobaan Klik Pelemparan sebuah dadu bersisi enam Ruang Sampel (S) S = {1,2,3,4,5,6} n(S) = 6 Kejadian muncul angka 1 Kejadian muncul angka 2 Kejadian muncul angka 3 Kejadian muncul angka 4 Kejadian muncul angka 5 Kejadian muncul angka 6 Kejadian

39 Apakah yang dimaksud dengan Percobaan, Ruang Sampel, dan Kejadian ?
Pertanyaan : Apakah yang dimaksud dengan Percobaan, Ruang Sampel, dan Kejadian ? Cek Jawaban Ananda ...

40 2. Ruang sampel (S) adalah kumpulan dari semua hasil percobaan.
Kesimpulan : 1. Percobaan adalah kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh hasil tertentu. 2. Ruang sampel (S) adalah kumpulan dari semua hasil percobaan. 3. Kejadian adalah banyaknya hasil yang diperoleh dari suatu percobaan. Kembali Ke Soal

41 Silahkan Lanjutkan Soal Berikutnya !!

42 Pelajari kembali materi Ruang Sampel,
dan silahkan coba lagi ...

43 Pertemuan Pertama

44 Permasalahan untuk menentukan pemecahan masalah yang berkaitan dengan menentukan atau menghitung berapa banyak cara yang mungkin terjadi dari sebuah percobaan sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari

45 Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Dua buah koin dilempar sebanyak 1 kali
Kaidah Pencacahan Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Dua buah koin dilempar sebanyak 1 kali Koin Pertama Koin Kedua Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A) Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A)

46 A AA A G A A AA GA G AG G AG GG GA A G G GG
Pada pelemparan dua buah koin dengan sisi-sisinya gambar (G) dan angka (A), banyaknya kejadian yang mungkin terjadi dapat disajikan dengan cara berikut: Tabel Silang Diagram Pohon Koin Pertama Koin Kedua A AA Koin 1 A G Koin 2 A A AA GA G AG G AG GG GA A G G GG

47 Percobaan Klik Kejadian Percobaan, Ruang Sampel dan Kejadian
Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Percobaan Klik Pelemparan sebuah koin Sebuah koin dilempar sebanyak 1 kali Ruang Sampel (S) Kejadian S = {A,G} n(S) = 2 Kejadian muncul sisi Gambar Kejadian muncul sisi Angka Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A)

48 Percobaan Kejadian Pelemparan dua buah koin Klik
Percobaan, Ruang Sampel dan Kejadian Percobaan Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Klik Ruang Sampel (S) Pelemparan dua buah koin Dua buah koin dilempar sebanyak 1 kali S = {AA, AG, GA, GG} n(S) = 4 Kejadian Kejadian muncul sisi AA Kejadian muncul sisi AG Kejadian muncul sisi GA Kejadian muncul sisi GG Koin Kedua Koin Pertama Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A) Sisi Gambar (G) Sisi Angka (A)

49 Percobaan Kejadian Percobaan, Ruang Sampel dan Kejadian
Perhatikan Ilustrasi Berikut !! Pelemparan sebuah dadu bersisi enam. Kemungkinan yang muncul: Angka 1 Angka 2 Angka 3 Angka 4 Angka 5 Angka 6 Percobaan Klik Pelemparan sebuah dadu bersisi enam Ruang Sampel (S) S = {1,2,3,4,5,6} n(S) = 6 Kejadian muncul angka 1 Kejadian muncul angka 2 Kejadian muncul angka 3 Kejadian muncul angka 4 Kejadian muncul angka 5 Kejadian muncul angka 6 Kejadian

50 Apakah yang dimaksud dengan Percobaan, Ruang Sampel, dan Kejadian ?
Pertanyaan : Apakah yang dimaksud dengan Percobaan, Ruang Sampel, dan Kejadian ? Cek Jawaban Ananda ...

51 2. Ruang sampel (S) adalah kumpulan dari semua hasil percobaan.
Kesimpulan : 1. Percobaan adalah kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh hasil tertentu. 2. Ruang sampel (S) adalah kumpulan dari semua hasil percobaan. 3. Kejadian adalah banyaknya hasil yang diperoleh dari suatu percobaan. Kembali Ke Soal

52 Silahkan Lanjutkan Ke Evaluasi !!
Home

53 Pelajari kembali materi Peluang Suatu Kejadian,
dan silahkan coba lagi ...

54 Pertemuan Kedua

55 Misalkan sebuah dadu dilempar sebanyak n kali
Misalkan sebuah dadu dilempar sebanyak n kali. Kita tidak dapat mengetahui sebelumnya bahwa nomor 3 akan muncul lebih sering daripada sisi yang lain atau nomor 1 akan muncul lebih jarang daripada sisi yang lain.

56 Hal ini disebabkan masing-masing sisi mempunyai peluang yang sama untuk muncul.

57 Ruang sampel S = {1, 2, 3, 4, 5, 6}  n(S) = 6
Jika S adalah ruang sampel dengan banyaknya anggota = n(S) dan E merupakan suatu kejadian dengan banyaknya anggota = n(E), maka peluang kejadian E adalah: P(E) = n(E)/n(S) Kisaran nilai peluang P(E) adalah: 0  P(E)  1 P(E) = 1 disebut kejadian pasti P(E) = 0 disebut kejadian mustahil Contoh Pada pelemparan sebuah dadu, tentukan peluang munculnya sisi berangka ganjil ! Jawab: Ruang sampel S = {1, 2, 3, 4, 5, 6}  n(S) = 6 Sisi berangka ganjil = {1, 3, 5}  n(S) = 3 sehingga P(E) = 3/6 = 1/2 Lanjut Ke Evaluasi

58 Loading... Please Wait...

59 EVALUASI MULAI

60 Berapakah ruang sampel (S) pada pelemparan 3 buah uang logam ?
2 3 8 16 9 a. b. c. d. e.

61 2. Sebuah dadu dilemparkan satu kali
2. Sebuah dadu dilemparkan satu kali. Berapakah peluang munculnya mata dadu prima ganjil ? 1/3 1/6 2/3 5/6 1/2 a. b. c. d. e.

62 3. Tiga buah uang logam dilemparkan secara bersamaan
3. Tiga buah uang logam dilemparkan secara bersamaan. Berapakah peluang munculnya sekurang-kurangnya satu sisi angka ? 5/8 3/8 1/8 2/8 7/8 a. b. c. d. e.

63 4. Sebuah kantong berisi 4 kelereng berwarna merah dan 5 kelereng berwarna biru. Dari kantong itu diambil sebutir kelereng secara acak. Tentukan peluang bahwa yang terambil adalah kelereng berwarna merah. 5/9 4/9 2/9 1/9 8/9 a. b. c. d. e.

64 Skor Anda Adalah ... Klik Disini

65 Terimakasih ...


Download ppt "5."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google