Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Aktor dan Naskahnya Pertemuan 20

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Aktor dan Naskahnya Pertemuan 20"— Transcript presentasi:

1

2 Aktor dan Naskahnya Pertemuan 20
Matakuliah : Professional Image and Acting Tahun : 2009/2010 Aktor dan Naskahnya Pertemuan 20

3 Aksi Dramatis dan Struktur Naskah
Kata-kata: jembatan yang membangun naskah Kualitas kesatuan artistik naskah disebut struktur/pengorganisasian naskah Tiap karya/naskah memiliki keunikan struktur Aktor, sutradara, setting, kostum, teknisi berusaha berikan konstribusi mencapai kesatuan struktur naskah dalam suatu produksi yang menyatu Aktor perlu pahami struktur dan karakternya Ada fenomena super objektif Bina Nusantara University

4 Hubungan Aksi Dramatis dan Konflik
Materi drama adalah aksi manusia Pengorganisasian aksi manusia itulah drama Pusat/aksi utama dari keseluruhan naskah adalah sumber segala hal Agak sulit menilai aksi utama naskah, namun lebih mudah dilihat melalui konflik utamanya Dengan mengidentifikasi konflik dan melihat proses menyelesaikannya, kita dapat mengerti aksi Bina Nusantara University

5 Hubungan Aksi dan Tema Ide spesifik yang menggarisbawahi naskah disebut tema Tema naskah adalah apa yang hendak disampaikan oleh si penulis dan bentuk penyampaiannya macam-macam Tema bukan hanya tesis namun dapat juga dilihat dari situasi ada Naskah dapat mempunyai lebih dari satu tema walau seorang sutradara akan memfokuskan dirinya hanya pada satu tema saja Bina Nusantara University

6 Pengorganisasian Aksi menjadi Plot
Kesatuan naskah tergantung bagaimana aksi manusianya diorganisasikan dan bagaimana semua elemen lain dari lakon memberikan andil pada pengorganisasian/plot Plot didasari beberapa prinsip pengorganisasian: a). Sebab-akibat (kausalitas) b). Seorang karakter sebagai pengorganisasi naskah c). Satu ide yang paling mendasar Dewasa ini pengorganisasian menggunakan satu ide mendasar lebih disukai banyak penulis naskah Bina Nusantara University

7 Tipe kedua yang plotnya terpusat pada satu karakter jarang dipakai
Yang paling sering dipakai yakni tipe sebab-akibat yang dibagi dalam 5 periode: 1). Eksposisi 2). Aksi pendorong 3). Krisis 4). Klimaks 5). Resolusi Bina Nusantara University

8 Krisis menuju Klimaks Klimaks adalah titik emosional tertinggi naskah
Krisis, di lain pihak mungkin saja alat untuk mencapainya Menyusul setelah klimaks, tensi dinamis naskah menurun karena semua masalah (konflik) diselesaikan Bagian yang disebut resolusi ini sering dipakai penulis untuk memberikan komentar pada aksi atau bahkan memberikan kesimpulan pada tema naskah Bentuk dasar dari meningkat dan menurunnya aksi sangat penting dimengerti oleh para aktor Bina Nusantara University

9 Hubungan Krisis dan Super Objektif
Penentuan letak krisis yang tepat dari sebuah naskah/adegan menolong aktor mengetahui konflik utama naskah Aktor akan dapat melihat lebih jelas setiap momen sebelumnya membimbing menuju krisis sementara momen berikut membimbing meninggalkan krisis itu Menentukan letaknya memang agak sulit, karena setiap pandangan yang berbeda dari sebuah naskah memberikan saat di mana “tak dapat dielakkan” yang berbeda pula Bina Nusantara University


Download ppt "Aktor dan Naskahnya Pertemuan 20"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google