Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengenalan Pemrograman Mobile.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengenalan Pemrograman Mobile."— Transcript presentasi:

1 Pengenalan Pemrograman Mobile

2 Anggota Kelompok 4 : Mailan Catur Rochman (15.11.0116)
Lingga Catur Putra ( ) Chandra Setyawan ( ) Usman Nur Dimas I.P ( ) Nandana Afif N.F ( ) Achmad Ulfi ( ) Andru Dite ( )

3 PEMROGRAMAN | MOBILE Pemrograman Mobile adalah pemrograman yang ditujukan untuk pembuatan aplikasi diperangkat mobile.

4 SISTEM OPERASI PERANGKAT BERGERAK Sistem operasi pada perangkat komputasi bergerak berfungsi untuk mengelola sumber daya perangkat bergerak dan menyediakan layanan (servis) yang bersifat umum agar bisa diakses oleh aplikasi yang berjalan di atasnya. Android, iOS, Blackberry dan Windows Phone.

5 LINGKUNGAN PENGEMBANGAN Lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) adalah lingkungan pemrograman yang sudah dikemas sebagai program aplikasi, biasanya terdiri dari editor kode, sebuah compiler , debugger, dan antarmuka pengguna grafis ( GUI ) builder.

6 penciptaan software untuk memenuhi kebutuhan manusia, desain software,
DEVELOPMENT Software Development adalah salah satu tipe proyek IT yang berfokus pada penciptaan atau pengembangan perangkat lunak. Software Development dapat didetailkan lagi menjadi proses: penciptaan software untuk memenuhi kebutuhan manusia, desain software, pengembangan software aplikasi perusahaan, atau pengembangan platform (Wales, 2012)

7 ARSITEKTUR SISTEM OPERASI MOBILE LINUX KERNEL
Android dibangun di atas kernel Linux 2.6. Namun secara keseluruhan android bukanlah linux, karena dalam android tidak terdapat paket standar yang dimiliki oleh linux lainnya. Oleh karenanya pada android terdapat beberapa servis yang diperlukan seperti keamanan, manajemen memori, manajemen proses, jaringan dan driver.

8 LIBRARIES Android menggunakan beberapa paket pustaka yang terdapat pada C/C++ dengan standar Berkeley Software Distribution (BSD) hanya setengah dari yang aslinya untuk tertanam pada kernel Linux. Contohnya : Media Library, Graphic Library, SQLite, etc. ANDROID RUNTIME Android Runtime merupakan mesin virtual yang membuat aplikasi android menjadi lebih tangguh dengan paket pustaka yang telah ada.

9 APPLICATION FRAMEWORK
Menyediakan kelas-kelas yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi android, menyediakan abstraksi generik untuk mengakses perangkat, serta mengatur tampilan user interface. APPLICATION LAYER Lapisan aplikasi merupakan lapisan yang paling tampak pada pengguna ketika menjalankan program. Pengguna hanya akan melihat program ketika digunakan tanpa mengetahui proses yang terjadi dibalik lapisan aplikasi. Lapisan ini berjalan dalam Android runtime dengan menggunakan kelas dan service yang tersedia pada framework aplikasi.

10 VERSI-VERSI SISTEM OPERASI VERSI-VERSI ANDROID Android v1.0 Astro (Alpha) Android v3.0 – 3.2 Honeycomb Android v1.1 Bender (Beta) Android v4.0 Ice Cream Sandwich Android v1.5 Cupcake  Android v4.4 Kitkat Android v1.6 Donut Android v5.0 – 5.1 Lollipop Android v2.0 – 2.1 Éclair Android v6.0 Marshmallow Android v2.3 Gingerbread Android v7.0 Nougat Android v8.0 Oreo

11 IOS ANDROID PERBANDINGAN SISTEM OPERASI MOBILE SISTEM OPERASI DESIGN
GRAPHIC APPLICATION VERSI IOS Software Non-komersial Elegant, biasanya menggunakan bahan kaca Memiliki tampilan yang jernih Kebanyakan berbayar 1.0 , 2.0 , 3.0, 4, 5, 6, 7, 8 ANDROID Software bersifat Komersial Tergantung dr perusahaan HP nya. Biasanya bahan plastik Memiliki tampilan jernih dan bagus terutama Android versi Kitkat Aplikasinya gratis tapi tidak sedikit yang berbayar 1.0, 1.1, 1.5 , 2.1 , 2.0, 2.2 , 2.3 , 3.0 , 4.0 ,4.4 , 5.0 , 6.0 , 7.0 , 8.0

12 KELEBIHAN & KEKURANGAN
SISTEM OPERASI MOBILE KELEBIHAN KEKURANGAN IOS Jumlah Aplikasi dan games terbanyak dibanding OS smartphone lain. Punya kontrol ketat terhadap kualitas aplikasi yang ada di apps store. Device-device lama bisa mendapat update OS walau secara hardware jauh tertinggal. Harga devicenya lebih mahal. Aplikasi-aplikasi tertentu banyak terdapat versi berbayar/trial . Tidak ada slot micro SD dan baterai sudah built in ( tidak bisa dicopot). ANDROID . User Friendly . Open Source . Aplikasi Banyak yg Gratis Update System Manual Battery cepat habis Lemot/Lag Boros Memory

13 PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE Perangkat mobile memiliki banyak jenis dalam hal ukuran, desain dan layout, tetapi mereka memiliki kesamaan karakteristik yang sangat berbeda dari sistem desktop. Memiliki ukuran yang kecil. Konsumen menginginkan perangkat yang terkecil untuk kenyamanan dan mobilitas mereka. Memiliki memory yang kecil, yaitu primary (RAM) dan secondary (disk). Pembatasan ini adalah salah satu faktor yang mempengaruhi penulisan program untuk berbagai jenis dari perangkat ini. Daya proses yang terbatas Sistem mobile tidaklah setangguh rekan mereka yaitu desktop. Ukuran, teknologi dan biaya adalah beberapa faktor yang mempengaruhi status dari sumber daya ini.

14 PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE Kuat dan dapat diandalkan Karena perangkat mobile selalu dibawa kemana saja, mereka harus cukup kuat untuk menghadapi benturan, gerakan, dan sesekali tetesan-tetesan air. Konektivitas yang terbatas Perangkat mobile memiliki bandwith rendah, Kebanyakan dari mereka menggunakan koneksi wireless. Mengkonsumsi daya yang rendah Perangkat mobile menghabiskan sedikit daya dibandingkan dengan mesin desktop. Perangkat ini harus menghemat daya karena mereka berjalan pada keadaan dimana daya yang disediakan dibatasi oleh baterai-baterai.

15 https://techijau.com/urutan-versi-nama-android/
DAFTAR | PUSTAKA


Download ppt "Pengenalan Pemrograman Mobile."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google