Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Interaction Devices and Input-Output
Lecture 5 Interaction Devices and Input-Output
2
Pengantar Untuk memperpendek jarak antara manusia dan komputer, desainer diharapkan mengerti dulu karakteristik dari hardware yang dipakai Input/Output Devices sekarang: Keyboard, Mouse, LCD displays, Printers. Input/Output Devices masa depan: Gestural Input, 3-D pointing, more voice input/output, wearable devices, whole body involvement for some input/output tasks.
3
Text Input Devices Text Input, dapat melalui:
Keyboard ( yang paling umum) Speech Recognition (dengan percakapan) Handwriting (dengan tulisan tangan) Gloves (sarung tangan yang dilengkapi dengan sensor-sensor)
4
Pointing Input Devices
Pointing, dapat melalui: Mouse Touch Screen Track-Ball Eye-Tracking (belum umum dipakai)
5
Memilih Input Device Harus memberikan kontribusi yang positif terhadap sistem. (misal untuk user yang belum pernah pakai komputer, sediakan touch screen) Harus sesuai dengan tasknya ( misal entry text pakai keyboard, pointing pakai mouse) Harus sesuai dengan lingkungannya ( misal untuk tempat yang berdebu jangan pakai mekanikal mouse, pakailah optical mouse)
6
Keyboard Merupakan input device yang diskrit, yaitu sekali tekan untuk satu inputan. Merupakan yang terbaik untuk input text, tetapi beberapa experiment membuktikan bahwa untuk task seleksi (misal menu) keyboard lebih lambat dan tidak akurat dibandingkan device lainnya. Macam-macam Keyboard: Qwerty keyboard Dvorak keyboard Chord keyboard
7
Qwerty keyboard Dibuat berdasarkan layout mesin ketik
Tata letak ini ditemukan oleh Glidden dan Soule (1878) Memiliki beberapa kelemahan dan ketidak efisienan, misalnya: 48% dari gerakan diantara huruf yang berurutan harus dilakukan oleh sebuah tangan. Hanya 32% ketukan yang dilakukan pada home row ( baris awal dari posisi jari pada keyboard) Beban tangan kiri lebih banyak dari pada tangan kanan (56%) contoh paling nyata, adalah pengetikan huruf ‘a’ dilakukan oleh jari kelingking kiri.
8
Dvorak keyboard susunan hurufnya disusun sedemikian rupa sehingga tangan kanan dibebani lebih banyak pekerjaan dibanding dengan tangan kiri. tata letak Dvorak dirancang agar 70 persen dari ketukan jatuh pada home row, sehingga bisa mengurangi kelelahan karena pengetikan (lebih ergonomik). Sejumlah percobaan menunjukkan bahwa tata letak Dvorak lebih efisien persen dibanding dengan tata letak QWERTY
10
Chord keyboard Keyboard chord dengan tata letak palantype memiliki tiga kelompok karakter: Kiri kelompok konsonan awal sebuah kata Tengah kelompok vokal Kanan kelompok konsonan terakhir dari sebuah kata Untuk huruf yang tidak tersedia, digunakan gabungan dari beberapa tombol (misal T dan + menghasilkan D) Kelemahan utamanya adalah tidak semua kata bisa dieja dengan benar
12
Pointing devices Merupakan input device yang kontinyu Examples: Mouse
Trackball Joystick
13
Touch Screen Mudah dipelajari
Merupakan jenis yang paling user friendly Merupakan yang terbaik bagi yang tidak terbiasa pakai komputer Kelemahan: Mudah kotor mahal
14
Speech Input Kelebihan: Kekurangan:
Mudah dipelajari (komunikasi alami) Tidak menggunakan tangan Cocok untuk orang cacat Kekurangan: Kadang-kadang kurang presisi karena keterbatasan recognizer Hanya digunakan untuk kondisi tertentu Mudah terpengaruh suara lain Bahasa yang digunakan manusia kadang-kadang sulit diinterpretasikan oleh komputer
15
2 Aspek Input Device………..(1)
Direct vs. Indirect Direct pergerakan device secara fisik, sama dengan obyek di layar Contoh: mouse Indirect device tetap di tempat, tetapi obyek di layar bergerak Contoh: joystick, trackball
16
2 Aspek Input Device………..(2)
Absolute vs. Relative Absolute lokasi input device dan obyek di layar adalah sama contoh: touch screen, light pen Relative lokasi input device & obyek di layar berbeda contoh: mouse, trackball, joystick
17
Taxonomy of user-centered pointing devices
18
Task - Device Numeric Data Entry: Numeric Keypad
Text Data Entry: Alphanumeric Keyboard Object Selection (e.g. icon selection): Mouse, TrackBall Object Manipulation (e.g. drag & drop): Mouse, TrackBall Tracking (e.g. drawing): Mouse, LightPen
19
Output Devices (1) Printed Output Graphical Output Audio Output
Laser Printer, Ink Jet, Impact and Thermal Printer Graphical Output LCD displays, projectors Audio Output Stereo/Surround Speakers, Headphones
20
Sound Output …….(1) Komputer memberikan informasi berupa suara:
Alerting untuk menarik perhatian user contoh: bunyi untuk memberitahu bahwa ada mail Feedback untuk feedback suatu task contoh: bunyi untuk memberitahu bahwa proses format sudah selesai
21
Sound Output………..(2) Macam-macam suara:
Speech ngomong seperti manusia Musical Sounds suara yang dihasilkan oleh music Natural Sounds sound effect (suara sehari-hari)
22
Kegunaan Output Suara Melengkapi visual interface (misal mengiringi game) Berguna bagi user (mata user) yang sibuk Proses background (misal mengetahui progress suatu proses melalui suara) Orang buta, mengandalkan suara dari komputer Karena nada terdiri dari 5 dimensi (nada, warna, irama, volume, oktaf) maka usernya harus terlatih Menyertai animasi algoritma (misal pada proses sorting, suara saat membandingkan, suara saat swap, dsb)
23
Jenis-jenis Output Suara
Natural Sound: menggunakan suara sehari-hari. (misal suara buka tutup laci untuk load atau save) kelemahannya: tidak semua bisa dianalogikan (misal untuk compile) Musical Sound: menggunakan suara music Kelebihannya: semua bisa dibuat earcons Kelemahannya: sulit ditebak, perlu training Speech Output: suara manusia
24
Bacaan Preece, Chapter 11,12
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.