Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMPUTER GRAFIK unindra

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMPUTER GRAFIK unindra"— Transcript presentasi:

1 KOMPUTER GRAFIK unindra
OLEH Miswan,S.Kom

2 Pengertian Adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.

3 Sejarah Istilah ”Grafik Komputer”ditemukan tahun 1960 oleh William Fetter : pembentukan disain model cockpit (Boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 Dimensi.

4 Sejarah Perkembangan Komputer Grafik:
Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime. 1982: Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel. 1984: Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter. 1986: Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar). 1989: Film Tin Toy (Pixar) memenangkan Academy Award. 1995: Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film3D animasi panjang pertama. Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll. Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik. 1961: Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Komputer. 1963 :  -ditemukan Sutherland (MIT) -Sketchpad (manipulasi langsung, CAD) -Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector) -Mouse oleh Douglas Englebert 1968 : ditemukan Evans & Sutherland. 1970: Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier. 1972: ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer. 1974: Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek, Hunger:Keyframe animation and morphing. 1976: Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping. 1977: Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer. 1979: Turner Whitted mengembangkan algoritma ray tracing,untuk pesawat Death Star.

5 PENGERTIAN DAN PENGGUNAAN SKETCHPAD
Sketchpad merupakan sistem penggunaan yang menggambar ; menarik sebagai roman medium komunikasi untuk suatu komputer. Sistem berisi masukan, keluaran, dan perhitungan program yang mana memungkinkan untuk menginterpretasikan informasi ynang menarik secara langsung pada suatu komputer

6 Tujuan dari grafika komputer ini adalah untuk memungkinkan manusia berkomunikasi lewat gambar, bagan-bagan, dan diagram. Bagian dari grafika komputer meliputi: Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang * Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan * Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya * Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar

7 perangkat Lunak Grafik
Corel Draw Auto CAD 3D Studio MAX Visio dll.

8 Aplikasi-aplikasi computer grafik :
Computer-Aided Design (CAD) computer-Aided Sofware Engineering (CASE) Computer-Aided Design (CAD) CAD adalah alat bantu berbasis komputer yang digunakan dalam proses analisis dam desain, khusunya untuk sistem arsitektural dan engineering. CAD banyak digunakan dalam mendesain bagunan, mobil, pesawat, komputer, alat-alat elektronik, peralatan rumah tangga, dan berbagai produk lainnya. Contoh aplikasinya: AutoCAD.  CASE mirip dengan CAD tetapi digunakan dalam bidang sofware engineering. CASE digunakan dalam memodelkan user requirement, pemodelan basisdata, workflow dalam proses bisnis, struktur program, dan sebagainya. Contoh aplikasi: Rational Rose, SyBase Power Designer 

9 Virtual Reality Visualisasi Data
Virtual Reality adalah lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi. Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan memampukan user beriteraksi dengan objek- objek yang ada dalam lingkungan.  Aplikasi ini dapat memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya.  Visualisasi Data adalah teknik-teknik membuat image, diagram, atau animasi untuk mengkomunikasikan pesan. Visualisasi telah menjadi cara yang efektif dalam mengkomunikasikan baik data atau ide abstrak maupun nyata sejak permulaan manusia. 

10 Pendidikan dan Pelatihan Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain interior atau eksterior, dan lain sebagainya.  Model-model yang dihasilkan melalui komputer yang tentunya menggunakan grafis biasa digunakan sebagai alat bantu pendidikan. Model-model seperti proses-proses fisika dan kimia, fungsi- fungsi psikologi, simulasi, dan sebagainya dapat membantu sesorang memahami bagaimana operasi atau proses yang terjadi dalam suatu sistem. 

11 Hiburan Computer Vision
Komputer grafis juga digunakan secara luas pada bidang entertainment khususnya pertelevisian, motion pictures, animasi, video clips, dan sebagainya. Film-film animasi yagn berdar di pasaran seperti Shrek, Monster Inc., anime-anime Jepang, menggunakan komputer grafis.  Compute Vision adalah ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin-mesin yang dapat melihat. Sebagai disiplin ilmu, computer vision berkaitan dengan teori untuk membangun sistem buatan yang dapat menarik informasi dari citra-citra. Informasi tersebut kemudian dapat digunakan sebagai input dalam mengambil keputusan atau tindakan. Data citra yang diambil dapat berupa video, citra dari berbagai kamera, dan sebagainya. 

12 Pengolahan Citra Video Game
Pengolahan citra berkaitan dengan teknik- teknik untuk modifikasi dna intepretasi citra, meningkatkan kualitas citra, analisis citra, dan mengenali pola-pola visual yang ada dalam suatu citra. Contoh: perbaikan citra sehingga menjadi lebih jelas.  Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang yang standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile devices. 

13 Graphical User Interface
Graphical User Inteface adalah antarmuka grafis yang mempermudah interaksi manusia dengan komputer dan alat-alat yang dikendalikan oleh komputer. GUI sudah sering kita lihat berupa window-window yang digunakan pada sistem operasi Windows, Mac, maupun Linux. CD Room multi media Calon konsumen merasa sedang membeli di dalam sebuah toko.


Download ppt "KOMPUTER GRAFIK unindra"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google