Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Surat al-Muzammil Para ulama mengatakan: Surat al-Muzammil termasuk dalam surat Makkiyyah (surat yang diturunkan sebelum Hijrahnya Nabi Muhammad saw) Jabir.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Surat al-Muzammil Para ulama mengatakan: Surat al-Muzammil termasuk dalam surat Makkiyyah (surat yang diturunkan sebelum Hijrahnya Nabi Muhammad saw) Jabir."— Transcript presentasi:

1 Surat al-Muzammil Para ulama mengatakan: Surat al-Muzammil termasuk dalam surat Makkiyyah (surat yang diturunkan sebelum Hijrahnya Nabi Muhammad saw) Jabir ra: اجتمعت قريش في دار الندوة فقالوا: سموا هذا الرجل اسمًا تصدر الناس عنه. فقالوا: كاهن. قالوا: ليس بكاهن. قالوا: مجنون قالوا: ليس بمجنون. قالوا: ساحر. قالوا: ليس بساحر. فتفرق المشركون على ذلك، فبلغ ذلك النبي صلى الله عليه وسلم، فتزمل في ثيابه وتدثر فيها. فأتاه جبريل، عليه السلام، فقال: " يَا أَيُّهَا الْمُزَّمِّلُ " " يَا أَيُّهَا الْمُدَّثِّرُ " . Orang-orang Kafir Qurais Mekkah berkumpul di Darun Nadwah, mereka berkata; Berikan nama kepada orang ini (Nabi Muhammad saw) yang membuat orang lari darinya. Maka mereka berkata: Tukang Nujum, berkata sebagian mereka: tapi dia bukan tukang nujum. Mereka berkata: Orang gila. Mereka berkata: dia bukan orang gila. Mereka berkata: Tukang sihir, mereka berkata: Dia bukan tukang sihir. Orang-orang Musyrik berbeda pendapat dalam masalah ini, hal tersebut sampai pada Nabi Muhammad saw maka beliau berselimut dengan bajunya. Maka datanglah Malaikat Jibril as dan berkata: Wahai orang yang berselimut..

2 يَا أَيُّهَا الْمُزَّمِّلُ () قُمِ اللَّيْلَ إِلَّا قَلِيلًا () نِصْفَهُ أَوِ انْقُصْ مِنْهُ قَلِيلًا () أَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْآَنَ تَرْتِيلًا Hai orang yang berselimut (Muhammad). Bangunlah di malam hari, kecuali sedikit. Seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit. Atau lebih dari seperdua itu dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan. (Qs.Al-Muzammil 1-4) Allah swt berfirman: تَتَجَافَى جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَطَمَعًا وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezeki yang Kami berikan (Qs.As-Sajdah, 16) Mulanya sholat malam wajib bagi Rasul saw, tetapi menjadi sunnah sejak turunnya firman Allah swt; وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji. (Qs.Al-Isra, 79)

3 Sholat Malamnya Rasul saw
Aisyah ra: أَنَّ نَبِيَّ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُومُ مِنَ اللَّيْلِ حَتَّى تَتَفَطَّرَ قَدَمَاهُ، فَقَالَتْ عَائِشَةُ: لِمَ تَصْنَعُ هَذَا يَا رَسُولَ اللَّهِ، وَقَدْ غَفَرَ اللَّهُ لَكَ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ؟ قَالَ: «أَفَلاَ أُحِبُّ أَنْ أَكُونَ عَبْدًا شَكُورًا فَلَمَّا كَثُرَ لَحْمُهُ صَلَّى جَالِسًا، فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَرْكَعَ قَامَ فَقَرَأَ ثُمَّ رَكَعَ Rasul saw mendirikan sholat malam hingga kedua kakinya ‘lecet’. Berkata Aisyah ra: Mengapa kamu melakukan ini, wahai Rasul saw, sungguh Allah swt telah memberikan kepadamu ampunan dari dosamu yang telah berlalu dan yang akan datang ?, beliau saw bersabda: Apakah aku tidak pantas menjadi hamba yang bersyukur. Ketika dagingnya saw banyak beliau mendirikan sholat dengan cara berdiri dan bila hendak ruku’ beliau berdiri membaca kemudian ruku’. (HR.Muttafaqun Alaihi) Khudzaifah bin Yaman ra: صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ لَيْلَةٍ، فَافْتَتَحَ الْبَقَرَةَ، فَقُلْتُ: يَرْكَعُ عِنْدَ الْمِائَةِ، ثُمَّ مَضَى، فَقُلْتُ: يُصَلِّي بِهَا فِي رَكْعَةٍ، فَمَضَى، فَقُلْتُ: يَرْكَعُ بِهَا، ثُمَّ افْتَتَحَ النِّسَاءَ، فَقَرَأَهَا، ثُمَّ افْتَتَحَ آلَ عِمْرَانَ، فَقَرَأَهَا، يَقْرَأُ مُتَرَسِّلًا، إِذَا مَرَّ بِآيَةٍ فِيهَا تَسْبِيحٌ سَبَّحَ، وَإِذَا مَرَّ بِسُؤَالٍ سَأَلَ، وَإِذَا مَرَّ بِتَعَوُّذٍ تَعَوَّذَ، ثُمَّ رَكَعَ، فَجَعَلَ يَقُولُ: «سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيمِ» ، فَكَانَ رُكُوعُهُ نَحْوًا مِنْ قِيَامِهِ، ثُمَّ قَالَ: «سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ» ، ثُمَّ قَامَ طَوِيلًا قَرِيبًا مِمَّا رَكَعَ، ثُمَّ سَجَدَ، فَقَالَ: «سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى» ، فَكَانَ سُجُودُهُ قَرِيبًا مِنْ قِيَامِهِ.

4 Aku telah mendirikan sholat bersama Nabi Muhammad saw di suatu malam beliau membaca surat al-Baqarah. Maka aku katakan: Beliau akan ruku’ setelah sampai ayat ke seratus, beliau terus. Aku katakan: Beliau sholat dengan surat itu (al-Baqarah) dalam satu raka’at, dan berlalu. Aku katakan: Beliau akan ruku’ dengannya, kemudian beliau membaca surat an-Nisa, kemudian surat alu Imran, beliau membacanya secara terputus-putus. Bila melewati ayat ‘tasbih’ beliau bertasbih, bila melewati ayat do’a beliau berdo’a, bila melewati ayat perlindungan beliau berlindung, kemudian beliau ruku’ dan membaca “…”, ruku beliau hampir sama dengan berdirinya, kemudian beliau bangun dengan membaca “Samiallah..”, kemudian beliau bangun cukup lama seperti ruku’nya. Kemudian beliau sujud dan membaca “…” sujudnya hampir sama dengan berdirinya. (HR.Muslim) Ibnu Masud ra; «صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْلَةً، فَلَمْ يَزَلْ قَائِمًا حَتَّى هَمَمْتُ بِأَمْرِ سَوْءٍ» ، قُلْنَا: وَمَا هَمَمْتَ؟ قَالَ: هَمَمْتُ أَنْ أَقْعُدَ وَأَذَرَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ Aku telah ikut sholat bersama Nabi Muhammad saw di suatu malam, beliau saw terus berdiri hingga aku berniat melakukan sesuatu yang jahat. Kami bertanya; Apa niat jahatmu itu ? ‘Aku hendak duduk dan meninggalkan Nabi Muhammad saw. (HR.Muttafaqun alaihi)

5 اللهم إن جهنم لا تدعني أنام، فيقوم إلى مصلاه.
Sholat Malamnya Para Ulama Salaf Syaddad bin Aus ra: اللهم إن جهنم لا تدعني أنام، فيقوم إلى مصلاه. Ya Allah, sungguh Jahannam tidak membiarkan aku tidur, kemudian dia bangun dan pergi ke tempat sholatnya. Begitu juga Thawus rhm beliau tidak tidur kecuali sangat sedikit sambil berkata: Ya Allah, sungguh ingatanku terhadap neraka menyebabkan aku tidak dapat tidur. Hasan al-Basri rhm: لم أجد شيئاً من العبادة أشد من الصلاة في جوف الليل Aku tidak mendapati sesuatu (yang lebih aku cintai) dari ibadah melebihi sholat di pertengahan malam. Abu Utsman An-Nahdi rhm: فكان هو وامرأته وخادمه يقسمون الليل ثلاثاً، يصلي هذا، ثم يوقظ هذا Abu Hurairah ra, beliau dan istri serta pembantunya membagi waktu malamnya menjadi tiga, yang ini sholat kemudian membangunkan yang ini.

6 الطبقة الثانية: كانوا يقومون شطر الليل.
Tingkatan Para Ulama Salaf Ibnu Jauzi rhm: الطبقة الأولى: كانوا يحيون كل الليل، وفيهم من كان يصلي الصبح بوضوء العشاء. Menghidupkan seluruh malamnya, diantara mereka ada yang sholat subuh dengan wudhu isyanya. الطبقة الثانية: كانوا يقومون شطر الليل. Mereka menghidupkan setengah malamnya الطبقة الثالثة: كانوا يقومون ثلث الليل Menghidupkan sepertiga malamnya الطبقة الرابعة: كانوا يقومون سدس الليل أو خمسه. Menghidupkan seper-enam atau seperlima malamnya الطبقة الخامسة: كانوا لا يراعون التقدير، وإنما كان أحدهم يقوم إلى أن يغلبه النوم فينام، فإذا انتبه قام. Mereka tidak menentukan kadar tertentu, mereka menghidupkan malamnya hingga ngantuk lalu mereka tidur, bila terbangun maka mereka mendirikan

7 الطبقة السادسة: قوم كانوا يصلون من الليل أربع ركعات أو ركعتين.
Kaum yang mendirikan sholat malam dengan empat atau dua raka’at الطبقة السابعة: قوم يُحيون ما بين العشاءين Kaum yang menghidupkan antara magrib dan isya dan sangat menjaga waktu fajar. Utsman bin Affan ra, Rasul saw: مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا قَامَ نِصْفَ اللَّيْلِ، وَمَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا صَلَّى اللَّيْلَ كُلَّهُ Siapa yang mendirikan sholat isya dengan berjama’ah maka dia seakan-akan menghidupkan setengah malam. Dan siapa yang mendirikan sholat Subuh dengan berjama’ah maka dia seakan-akan menghidupkan seluruh malamnya. (HR. Muslim)

8 Keutamaan Sholat Malam
Penolak Dan Penggugur Dosa Serta Penyakit Bilal bin Rabah ra, Rasul saw: عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأَبُ الصَّالِحِينَ قَبْلَكُمْ، وَإِنَّ قِيَامَ اللَّيْلِ قُرْبَةٌ إِلَى اللَّهِ، وَمَنْهَاةٌ عَنْ الإِثْمِ، وَتَكْفِيرٌ لِلسَّيِّئَاتِ، وَمَطْرَدَةٌ لِلدَّاءِ عَنِ الجَسَدِ Hendaklah kalian mendirikan sholat malam, sungguh dia merupakan kebiasaan orang-orang Sholeh sebelum kalian, sungguh sholat malam sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah, menolak dari perbuatan dosa, menggugurkan untuk keburukan dan menolak penyakit dari tubuh. (HR.Ahmad dan Thurmudzi, Shahih) Sebaik-Baik Hamba Allah swt Abdullah bin Umar ra, Rasul saw: “نِعْمَ الرَّجُلُ عَبْدُ اللَّهِ، لَوْ كَانَ يُصَلِّي مِنَ اللَّيْلِ” فَكَانَ بَعْدُ لاَ يَنَامُ مِنَ اللَّيْلِ إِلَّا قَلِيلًا Sebaik-baik Abdullah seandainya dia sholat dari sebagian malam. (HR.Bukhari dan Muslim). Berkata Salim bin Abdullah bin Umar rhm: Abdullah setelah itu tidak tidur di malam hari kecuali sedikit.

9 Mendapatkan Kamar Yang Mulia
Ali bin Abi Thalib ra: إِنَّ فِي الجَنَّةِ غُرَفًا تُرَى ظُهُورُهَا مِنْ بُطُونِهَا وَبُطُونُهَا مِنْ ظُهُورِهَا» ، فَقَامَ أَعْرَابِيٌّ فَقَالَ: لِمَنْ هِيَ يَا رَسُولَ اللَّهِ؟ قَالَ: «لِمَنْ أَطَابَ الكَلَامَ، وَأَطْعَمَ الطَّعَامَ، وَأَدَامَ الصِّيَامَ، وَصَلَّى بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ Sungguh di dalam surga ada sebuah kamar terlihat luarnya dari dalamnya dan dalamnya dari luarnya. Berkata orang Arab Badui: Untuk siapa itu ya Rasul saw ? Rasul saw bersabda: “Dia Itu untuk siapa yang baik pembicaraannya, suka memberikan makan, sering puasa dan sholat di malam hari sedang manusia dalam keadaan tidur”. (HR.Ahmad, Thurmudzi, beliau berkata Shahih, Thabrani dan Hakim) Kemuliaan Bagi Orang Mukmin Sahl bin Sa’ad ra, Rasul saw: جَاءَ جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلَامُ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: «يَا مُحَمَّدُ، عِشْ مَا شِئْتَ فَإِنَّكَ مَيِّتٌ، وَأَحْبِبْ مَنْ أَحْبَبْتَ فَإِنَّكَ مَفَارِقُهُ، وَاعْمَلْ مَا شِئْتَ فَإِنَّكَ مَجْزِيٌّ بِهِ» ثُمَّ قَالَ: «يَا مُحَمَّدُ شَرَفُ الْمُؤْمِنِ قِيَامُ اللَّيْلِ وَعِزُّهُ اسْتِغْنَاؤُهُ عَنِ النَّاسِ

10 Telah datang Malaikat Jibril as kepada Nabi Muhammad saw, dan berkata: Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu sungguh kamu akan menjadi mayit, dan cintailah siapa yang kamu cintai tapi kamu akan berpisah dengannya, berbuatlah sesukamu sungguh kamu akan diberikan balasan. Kemudian berkata: Wahai Muhammad, kemuliaan orang Mukmin dengan bangun malam dan tidak bergantung pada manusia. (HR.Hakim dan Baihaqi, diHasankan oleh Imam Mundziri) Tidak Tergolong Dari Golongan Orang lalai Abdullah bin Amr ra, Rasul saw: مَنْ قَامَ بِعَشْرِ آيَاتٍ لَمْ يُكْتَبْ مِنَ الغَافِلِينَ، وَمَنْ قَامَ بِمِائَةِ آيَةٍ كُتِبَ مِنَ القَانِتِينَ، وَمَنْ قَامَ بِأَلْفِ آيَةٍ كُتِبَ مِنَ المُقَنْطِرِينَ Siapa yang bangun (malam) dengan membaca sepuluh ayat tidak ditulis dari golongan orang yang lalai, dan siapa yang bangun dengan membaca seratus ayat ditulis dari orang-orang yang khusu’ dan siapa yang bangun dengan seribu ayat ditulis sebagi golongan yang berlimpahan pahala ..(HR.Abu Daud, Shahih) Sebaik-baik Sholat Setelah Sholat Fardhu Abu Hurairah ra:

11 سُئِلَ: أَيُّ الصَّلَاةِ أَفْضَلُ بَعْدَ الْمَكْتُوبَةِ؟ وَأَيُّ الصِّيَامِ أَفْضَلُ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ؟ فَقَالَ: «أَفْضَلُ الصَّلَاةِ، بَعْدَ الصَّلَاةِ الْمَكْتُوبَةِ، الصَّلَاةُ فِي جَوْفِ اللَّيْلِ، وَأَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ، صِيَامُ شَهْرِ اللهِ الْمُحَرَّمِ Ditanya: Sholat apa yang paling utama setelah sholat fardhu ? Dan puasa apa yang lebih utama setelah puasa Ramadhan ? Beliau saw bersabda: Sebaik-baik sholat setelah sholat fardhu adalah sholat di pertengahan malam, dan sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulannya Allah al-Muharram. (HR.Muslim) Nabi Daud as Mendirikan Sholat Malam Abdullah bin Amr bin Ash ra, Rasul saw: أَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ، وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ، وَكَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ، وَيَنَامُ سُدُسَهُ، وَيَصُومُ يَوْمًا، وَيُفْطِرُ يَوْمًا Sholat yang paling dicintai Allah swt adalah sholatnya Nabi Daud as, dan puasa yang paling dicintai Allah swt adalah puasanya Nabi Daud as. Beliau as tidur pertengahan malam dan bangun di sepertiganya, tidur di seper-enamnya dan berpuasa satu hari dan batal satu hari. (HR.Muttafaqun Alaihi)

12 الأول: ألا يكثر الأكل فيكثر الشرب، فيغلبه النوم، ويثقل عليه القيام.
Al-Imam al-Ghazali rhm: Sebab-sebab Yang Memudahkan Untuk Menghidupkan Malam Sebab Dzahir الأول: ألا يكثر الأكل فيكثر الشرب، فيغلبه النوم، ويثقل عليه القيام. Tidak terlalu banyak makan dan minum, yang menyebabkan kantuk dan berakibat sulit untuk bangun malam الثاني: ألا يتعب نفسه بالنهار بما لا فائدة فيه. Tidak membuat lemah dirinya di siang hari dengan urusan yang tidak mengandung faedah الثالث: ألا يترك القيلولة بالنهار فإنها تعين على القيام. Tidak meninggalkan untuk tidur Qailulah di siang hari, sungguh dia itu dapat menolong untuk bangun di malam hari الرابع: ألا يرتكب الأوزار بالنهار فيحرم القيام بالليل. Tidak melakukan dosa-dosa di siang hari, maka diharamkan untuk bangun di malam hari

13 الأول: سلامة القلب عن الحقد على المسلمين، وعن البدع وعن فضول الدنيا.
Sebab Bathin الأول: سلامة القلب عن الحقد على المسلمين، وعن البدع وعن فضول الدنيا. Kebersihan hati dari sifat dengki dengan kaum Muslimin, bid’ah dan berlebihan dalam urusan dunia الثاني: خوف غالب القلب مع قصر الأمل. Khawatirnya ‘kekalahan’ hati dengan panjang angan-angan الثالث: أن يعرف فضل قيام الليل. Mengetahui kemuliaan menghidupkan malam الرابع: الحب لله، وقوة الإيمان بأنه في قيامه لا يتكلم بحرف إلا وهو مناج ربه. Kecintaan kepada Allah swt, kuatnya keimanan bahwa tidaklah dia berbicara dengan satu huruf-pun kecuali saat itu sedang berbicara dengan dengan Tuhannya.

14 Tentang Imam Ghazali rhm
Nama dan Kelahirannya أبو حامد الغزالي.مُحَمَّدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ مُحَمَّدٍ أبُو حَامِدٍ الْغَزَّالِيُّ، وُلِدَ سَنَةَ خَمْسِينَ وَأَرْبَعِمَائَةٍ، Pendidikan, ilmu dan hasil karyanya وَتَفَقَّهَ عَلَى إِمَامِ الْحَرَمَيْنِ، وَبَرَعَ فِي عُلُومٍ كَثِيرَةٍ، وَلَهُ مُصَنَّفَاتٌ مُنْتَشِرَةٌ فِي فُنُونٍ مُتَعَدِّدَةٍ، فَكَانَ مِنْ أَذْكِيَاءِ الْعَالَمِ فِي كُلِّ مَا يَتَكَلَّمُ فِيهِ، وساد في شَبِيبَتِهِ حَتَّى إِنَّهُ دَرَّسَ بِالنِّظَامِيَّةِ بِبَغْدَادَ، فِي سَنَةِ أَرْبَعٍ وَثَمَانِينَ، وَلَهُ أَرْبَعٌ وَثَلَاثُونَ سَنَةً، فَحَضَرَ عِنْدَهُ رُءُوسَ الْعُلَمَاءِ، وَكَانَ مِمَّنْ حَضَرَ عنده أبو الخطاب وابن عقيل، وهما مِنْ رُءُوسِ الْحَنَابِلَةِ، فَتَعَجَّبُوا مِنْ فَصَاحَتِهِ وَاطِّلَاعِهِ، قَالَ ابْنُ الْجَوْزِيِّ: وَكَتَبُوا كَلَامَهُ فِي مُصَنَّفَاتِهِمْ، ثُمَّ إِنَّهُ خَرَجَ عَنِ الدُّنْيَا بِالْكُلِّيَّةِ وَأَقْبَلَ على العبادة وأعمال الآخرة، وكان يَرْتَزِقُ مِنَ النَّسْخِ، وَرَحَلَ إِلَى الشَّامِ فَأَقَامَ بِهَا بِدِمَشْقَ وَبَيْتِ الْمَقْدِسِ مُدَّةً، وَصَنَّفَ فِي هَذِهِ الْمُدَّةِ كِتَابَهُ إِحْيَاءَ عُلُومِ الدِّينِ، وَهُوَ كتاب عجيب، يشتمل عَلَى عُلُومٍ كَثِيرَةٍ مِنَ الشَّرْعِيَّاتِ، وَمَمْزُوجٌ بِأَشْيَاءَ لَطِيفَةٍ مِنَ التَّصَوُّفِ وَأَعْمَالِ الْقُلُوبِ، لَكِنْ فِيهِ أحاديث كثيرة غرائب ومنكرات وموضوعات، كَمَا يُوجَدُ فِي غَيْرِهِ مِنْ كُتُبِ الْفُرُوعِ الَّتِي يُسْتَدَلُّ بِهَا عَلَى الْحَلَالِ وَالْحَرَامِ، فَالْكِتَابُ الْمَوْضُوعُ لِلرَّقَائِقِ وَالتَّرْغِيبِ وَالتَّرْهِيبِ أَسْهَلُ أَمْرًا مِنْ غيره،

15 Perbedaan ulama dalam kitab “Ihya Ulumuddin”;
وقد شنع عليه أبو الفرج ابن الْجَوْزِيِّ، ثُمَّ ابْنُ الصَّلَاحِ، فِي ذَلِكَ تَشْنِيعًا كَثِيرًا، وَأَرَادَ الْمَازَرِيُّ أَنْ يَحْرِقَ كِتَابَهُ إِحْيَاءَ عُلُومِ الدِّينِ، وَكَذَلِكَ غَيْرُهُ مِنَ الْمَغَارِبَةِ، وَقَالُوا: هَذَا كِتَابُ إِحْيَاءِ عُلُومِ دِينِهِ، وَأَمَّا دِينُنَا فَإِحْيَاءُ عُلُومِهِ كِتَابُ اللَّهِ وَسُنَّةُ رَسُولِهِ، كَمَا قد حكيت ذلك في ترجمته في الطبقات، وقد زيف ابن شكر مَوَاضِعَ إِحْيَاءِ عُلُومِ الدِّينِ، وَبَيَّنَ زَيْفَهَا فِي مُصَنَّفٍ مُفِيدٍ، وَقَدْ كَانَ الْغَزَّالِيُّ يَقُولُ: أَنَا مُزْجَى الْبِضَاعَةِ فِي الْحَدِيثِ، وَيُقَالُ إِنَّهُ مَالَ فِي آخِرِ عُمْرِهِ إِلَى سَمَاعِ الْحَدِيثِ وَالتَّحَفُّظِ لِلصَّحِيحَيْنِ، وَقَدْ صَنَّفَ ابْنُ الْجَوْزِيِّ كِتَابًا عَلَى الأحياء وسماه علوم الأحياء بأغاليط الاحيا، قَالَ ابْنُ الْجَوْزِيِّ: ثُمَّ أَلْزَمَهُ بَعْضُ الْوُزَرَاءِ بِالْخُرُوجِ إِلَى نَيْسَابُورَ فَدَرَّسَ بِنِظَامِيَّتِهَا، wafatnya ثُمَّ عَادَ إلى بلده طوس فأقام بها، وابتنى رِبَاطًا وَاتَّخَذَ دَارًا حَسَنَةً، وَغَرَسَ فِيهَا بُسْتَانًا أَنِيقًا، وَأَقْبَلَ عَلَى تِلَاوَةِ الْقُرْآنِ وَحِفْظِ الْأَحَادِيثِ الصِّحَاحِ، وَكَانَتْ وَفَاتُهُ فِي يَوْمِ الِاثْنَيْنِ الرَّابِعَ عَشَرَ مِنْ جُمَادَى الْآخِرَةِ مِنْ هَذِهِ السَّنَةِ، وَدُفِنَ بِطُوسَ رَحِمَهُ اللَّهُ تَعَالَى، وَقَدْ سَأَلَهُ بَعْضُ أَصْحَابِهِ وَهُوَ فِي السِّيَاقِ فَقَالَ: أَوْصِنِي، فقال: عليك بالإخلاص، ولم يَزَلْ يُكَرِّرُهَا حَتَّى مَاتَ رَحِمَهُ اللَّهُ.


Download ppt "Surat al-Muzammil Para ulama mengatakan: Surat al-Muzammil termasuk dalam surat Makkiyyah (surat yang diturunkan sebelum Hijrahnya Nabi Muhammad saw) Jabir."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google