Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
CHAPTER 2: Guidelines, Principles, and Theories Pedoman, Prinsip dan Teori
Designing the User Interface: Strategies for Effective Human-Computer Interaction Fifth Edition Ben Shneiderman & Catherine Plaisant in collaboration with Maxine S. Cohen and Steven M. Jacobs
2
Pedoman Shared language Latihan terbaik Kritik Pendukung
Terlalu spesifik, tidak lengkap, sulit diterapkan, dan kadang-kadang salah Pendukung Pengalaman
3
Accessibility guidelines
Sediakan teks untuk setiap elemen non teks Judul untuk tiap frame akan memfasilitasi identifikasi dan navigasi
4
Pengorganisasian tampilan
Smith and Mosier (1986) menawarkan lima tujuan pengorganisasian tampilan : Konsistensi tampilan data Informasi yang efisien bagi pengguna Meminimalkan memory pengguna Kompatibilitas tampilan data dengan inputan data Fleksibilitas pengendalian pengguna pada tampilan data
5
Mendapatkan atensi pengguna
Intensitas Tanda Ukuran Pilihan font Inverse video Blinking (kedipan) Warna Suara
6
Prinsip Prinsip fundamental Lima bentuk interaksi utama
Menentukan level keahlian pengguna Mengidentifikasi tugas Lima bentuk interaksi utama Delapan aturan emas perancangan interface Mencegah error Otomatisasi dan pengendalian manusia
7
Menentukan level pengguna
“Know thy user” ~ kenali pengguna mu Usia, gender, kemampuan fisik dan kognitif, pendidikan, latar belajang kultur atau etnis, pelatihan, motivasi, tujuan dan kepribadian Merancang tujuan berdasarkan tingkatan keahlian Novice or first-time users (pengguna pertama) Knowledgeable intermittent users (pengguna yang telah memiliki kemampuan) Expert frequent users (Pengguna ahli)
8
Mengidentifikasi Tugas
Analisis tugas biasanya membutuhkan waktu observasi yang lama dan menginterview pengguna Memecah tugas dengan tingkat kerumitan Frekuensi tugas
9
Memilih bentuk interaksi
Direct Manipulation Menu selection Form fill in Command language Natural language
10
Spectrum of Directness
11
8 aturan emas perancangan user interface
Berusaha untuk konsistensi Memenuhi universal usability Menawarkan feedback yang informatif Merancang dialog untuk hasil Mencegah kesalahan Mengizinkan tindakan pembalikan yang mudah (Permit easy reversal of actions) Mendukung pengendalian Mengurangi penggunaan memory jangka pendek
12
Mencegah Error Membuat pesan error secara khusus dan konstruktif
Tindakan untuk memperbaiki Menandai tindakan yang kurang tepat Memilih lebih baik daripada mengetik Penyelesaian secara otomatis Urutan yang lengkap Perintah tunggal Macros and subroutines
13
Automation and human control
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.