Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Greenfoot-Pengenalan OOP

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Greenfoot-Pengenalan OOP"— Transcript presentasi:

1 Greenfoot-Pengenalan OOP

2 Pengenaalan Greenfoot
Greenfoot merupakan perangkat lunak untuk membuat game untuk pemula dengan konsep pemrograman berorientasi objek (OOP) Sering digunakan untuk mengenalkan konsep OOP bagi pemula Dikembangkan oleh Programming Education Tools Group, School of Computing, Kent University, UK

3 Simple Programming IDE Interactive Visual World
Pengenalan Greenfoot Real Java Code Simple Programming IDE Interactive Visual World

4 Greenfoot Interface

5 Greenfoot Interface The World : Tempat dimana objek-objek game akan diletakan dan tempat dimana skenario game akan berjalan The Classes : Di bagian ini akan terlihat daftar class yang terlibat dalam proyek game Execution Controls : Tempat kontrol eksekusi jalannya game

6 The Classes Terdapat 2 kategori:
World Class : template/class yang merepresentasikan tempat dimana semua objek game berada (dunia) Actor Class : template/class yang merepresentasikan objek/pelaku/aktor yang terlibat di game Untuk membuat dunia baru  membuat turunan dari class World Untuk membuat aktor baru  membuat turunan dari class Actor

7 Execution Controls Act : menjalankan semua skenario sekali
Run/Pause : menjalankan semua skenario berulang kali sampai tombol Pause ditekan Reset : Pause skenario atau Reset skenario ke posisi awal Speed : mengatur kecepatan jalannya skenario

8 Membuat Project di Greenfoot

9 1-Membuat Scenario Scenario > New Java Scenario

10 2-Membuat Template World
Klik kanan pada class World > New Subclass Lengkapi pengaturannya

11 2-Membuat Template World
Setelah selesai dibuat, maka template World yang baru akan muncul, dan SIAP DIGUNAKAN Akantetapi ia belum muncul di tampilan karena masih harus diinstansiasi dulu sebelum digunakan (pada tahap 3)

12 3-Menginstansiasi World
Template world yag sudah terbuat sebelumnya, harus diinstansiasi lebih dulu untuk memulai menggunakannya Klik kanan pada class HamparanPasir > new HamparanPasir() Setelah itu, dunia HamparanPasir akan terbentuk dan tampil

13 4-Membuat Template/Class Aktor Ular
Klik kanan pada class Actor > New Subclass Lengkapi propertinya

14 5-Menginstansiasi Lalat
Seperti halnya world HamparanPasir yang harus diinstansiasi dulu agar bisa tampil/digunakan, demikian juga halnya dengan Lalat Klik kanan class Lalat > New Lalat() Lalu drag objek Lalat ke dalam world

15 6-Menyimpan World Klik kanan di area world > Save the world

16 7-Menyesuaikan Code Diinginkan agar Lalat bergerak lurus, dan jika ditekan tombol left maka akan belok kiri, dan jika tombol right maka akan belok kanan. Jika ditekan tombol up maka kecepatan bertambah dan tombol down maka kecepatan berurang Klik kanan class Lalat > Open Editor

17 7-Menyesuaikan Code


Download ppt "Greenfoot-Pengenalan OOP"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google