Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
By Riyanto
2
PENILAIAN A = 80 – 100 B = 75 – 79 C = 60 – 74 D = 40 – 59 E = 0 – 39
KOMPOSISI tic / sic UTS 30 % UAS 30 % TUGAS 10 % ABSEN 15 % PRAKTIKUM 15 % Ti b uts 25 uas 25 tugas 15 absen 20 praktikum 15
3
ALGORITMA l Ditemukan oleh ilmuwan islam Abu Jabbar Muhammad Ibnu Musa Al khwaritzmi l Algoritma adalah “Langkah-langkah pemecahan suatu masalah, yang terdefinisi dengan jelas sehingga diperoleh pemecahan masalah tersebut”
4
MASALAH 1 (menggunakan telepon umum)
Angkat gagang telepon Masukkan koin Pencet nomor Bicara Letakkan gagang
5
DARI MASALAH1 TERNYATA …
Langkah-langkah algoritma untuk masalah 1 hanya cocok untuk menggunakan telepon dalam kondisi normal Bagaimana jika telepon tersebut rusak?? Bagaimana jika koin habis?? Masih diperlukan pengembangan-pengembangan, misal koin macet??
6
MASALAH 2 (mencari akar persamaan kuadrat)
1. Masukkan koefisien persamaan kuadrat 2. Cari akar persamaan kuadrat menggunakan rumus abc 3. Tampilkan akar persamaan kuadrat 4. Selesai KESIMPULAN Algoritma merupakan urutan langkah-langkah yang terdefinisi dengan jelas dan tidak rancu untuk memecahkan suatu masalah (jika ada pemecahannya) dalam rentang waktu sejumlah langkah tertentu
7
Bagan Sistem Komputer
8
BAHASA PEMROGRAMAN Merupakan perantara bahasa manusia dengan komputer
Bahasa manusia sesuai struktur dan kaidah bahasa pemrograman, dibundel (kompile) menjadi bahasa yang dimengerti oleh mesin (bahasa mesin) Hasil bundelan tersebut bisa dimanfaatkan orang yang membutuhkan
9
Definisi Program/Pemrograman
Adalah kumpulan instruksi-instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code yang dibuat oleh programmer (pembuat program) Program adalah kumpulan instruksi atau perintah yang disusun sedemikian rupa sehingga mempunyai urutan nalar yang tepat untuk menyelesaikan suatu persoalan. Instruksi (statement) yang dimaksud adalah syntax (cara penulisan) sesuai dengan bahasa pemrograman yang digunakan yang mempunyai komponen-komponen : Input, Output, Proses, Percabangan dan Perulangan.
10
Paradigma Pemrograman
Pemrograman Prosedural / Terstruktur Berdasarkan urutan-urutan, sekuensial Program adalah suatu rangkaian prosedur untuk memanipulasi data. Prosedur merupakan kumpulan instruksi yang dikerjakan secara berurutan. Harus mengingat prosedur mana yang sudah dipanggil dan apa yang sudah diubah. Program dapat dibagai-bagi menjadi prosedur dan fungsi. Contoh: PASCAL dan C Pemrograman Fungsional Berdasarkan teori fungsi matematika Fungsi merupakan dasar utama program. Pemrograman Modular Pemrograman ini membentuk banyak modul. Modul merupakan kumpulan dari prosedur dan fungsi yang berdiri sendiri Sebuah program dapat merupakan kumpulan modul-modul. Contoh: MODULA-2 atau ADA
11
Paradigma Pemrograman
Pemrograman Berorientasi Obyek Pemrograman berdasarkan prinsip obyek, dimana obyek memiliki data/variabel/property dan method/event/prosedur yang dapat dimanipulasi Contoh: C++, Object Pascal, dan Java. Pemrograman Berorientasi Fungsi Pemrograman ini berfokus pada suatu fungsi tertentu saja. Sangat tergantung pada tujuan pembuatan bahasa pemrograman ini. Contoh: SQL (Structured Query Language), HTML, XML dan lain- lain. Pemrograman Deklaratif Pemrograman ini mendeskripsikan suatu masalah dengan pernyataan daripada memecahkan masalah dengan implementasi algoritma. Contoh: PROLOG
12
Siklus Hidup Perangkat Lunak (Software)
(ebutuhan) Dilihat dari Struktur Sistem Komputer dan Siklus diatas, Algoritma Pemrograman menempati posisi dibagian implementasi karena bagian implementasi merupakan bagian dimana pemrogram melakukan proses coding (pembuatan program).
13
AKSI Kejadian yang terjadi pada waktu yang terbatas dan menghasilkan efek yang memang direncanakan Dari waktu0 ke waktuN Contoh: “aksi Bu Tati mengupas kentang untuk makan malam” Batasan: Apa kentang harus dibeli dulu atau sudah ada? Apakah mengupas berarti sampai kentang terhidang? Apakah setelah kentang selesai dikupas, harus ada kegiatan lain seperti dibuat sup atau digoreng? Berarti harus ada kejadian awal = start dan kejadian akhir = finish Kejadian bu Tati dapat juga diterapkan pada ibu-ibu yang lain, yang juga akan mengupas kentang Cara (Metode) sebisa mungkin harus bersifat universal
14
BAHASA PEMROGRAMAN Pascal PHP Visual Basic Delphi C++ Java DLL…
15
TAHAPAN PENYELESAIAN MASALAH DGN KOMPUTER
1. ANALISIS PERMASALAHAN DISKRIPSI, MEMAHAMI, MENDALAMIIDE2 SOLUSI 2. MERANCANG ALGORITMA A. MENURUNKAN IDE2 SOLUSI B. MENYATAKAN ALGORITMA C. MENVALIDASI ALGORITMA. BENAR D. MENGANALISIS ALGORITMA. EFISIEN 3. MEMBUAT PROGRAM STRUKTUR DATA+BHS PEMROGRAMAN. 4. UJI HASIL PROGRAM ERROR(SINTAX, RUNNING, OUTPUT) 5. DOKUMEMTASI TAHAPAN PENYELESAIAN MASALAH DGN KOMPUTER
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.