Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

:: PRAKTIKUM CAD / CAM # 14 ::

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: ":: PRAKTIKUM CAD / CAM # 14 ::"— Transcript presentasi:

1 :: PRAKTIKUM CAD / CAM # 14 ::
JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG :: PRAKTIKUM CAD / CAM # 14 :: MENGENAL LEBIH LANJUT OBJEK 3D Dwi Sudarno Putra, ST

2 MENU 3D VIEW 3D SURFACE 3D RENDERING 3D Materials

3 MENU 3D VIEW 3D SURFACE 3D RENDERING 3D Materials

4 3D VIEW 3D orbit: memandang objek 3D dengan memanfaatkan teknik sumbu rotasi.view3D orbit atau Klik kanan di toolbarACAD3D Orbit Viewpoint Presets:memandang sebuah objek 3D dengan menentukan posisi arah dan tinggi sudut pandang terhadap objek. View3D viewViewpoint presets

5 3D VIEW Viewpoint : memandang sebuah objek 3D dengan bantuan kompas secara interaktif. View3D viewviewpoint Viewport : menampilkan beberapa window view (maksimal 4) Viewviewportspilih optionnya

6 MENU 3D VIEW 3D SURFACE 3D RENDERING 3D Materials

7 3D SURFACE Adalah bentuk 3D yang hanya berupa lapisan/area permukaannya saja. Aktifkan toolbar 3D surface. Klik kanan di toolbarACADsurfaces. 2D Solidmembuat objek 2D menjadi objek surface 3D Facemembuat objek face dengan 3 sumbu koordinat Box membuat objek 3D face berbentuk Box Wedge  membuat objek 3D face berbentuk prisma Pyramide  membuat objek 3D face berbentuk piramida Cone  membuat objek 3D face berbentuk cone Sphere  membuat objek 3D face berbentuk bola Dome  membuat objek 3D face berbentuk kubah Dish  membuat objek 3D face berbentuk parabola Torus  membuat objek 3D face berbentuk cincin

8 MENU 3D VIEW 3D SURFACE 3D RENDERING 3D Materials

9 3D RENDERING Adalah melihat hasil tampilan objek sesuai dengan setting yang kita lakukan terhadap objek tersebut. Menu: ViewRenderRender

10 3D RENDERING Rendering Type Render : jenis render biasa
Photo Real: mampu menampilkan citra bahan seperti sebenarnya Photo Raytrace: mampu menampilkan hasil photo real dan juga bayangannya

11 3D RENDERING Rendering Option Smooth Shade:kehalusan permukaan objek
Apply Material: menampilkan material yang dikenakan pada objek Shadows:menampilkan bayangan

12 3D RENDERING Rendering Destination
Viewport: hasil render akan ditampilkan langsung di layar kerja Render Window: hasil render akan ditampilkan di layar tersendiri File: hasil render akan disimpan menjadi sebuah file

13 3D RENDERING Sub sampling
Untuk mengatur kerapatan pixel tampilan hasil render di viewport Jumlah pixel dinyatakan dalam perbandingan Kualitas terbaik adalah 1:1 (best)

14 MENU 3D VIEW 3D SURFACE 3D RENDERING 3D Materials

15 3D Materials Untuk menghasilkan rancangan dengan tampilan sesuai dengan bahan yang dikehendaki Langkahnya Buat 2 objek 3D : Cylinder (merah) dan Box (biru) ViewRenderMaterials Klik tombol material library Pilih material AQUA GLAZE Untuk mengetahui bentuknya tekan preview Tekan import kemudian OK Pilih salahsatu materials Lalu tekan attach Klik objek Box Kemudian enter Klik OK untuk mengakhiri Lakukan render

16 That’s all for today


Download ppt ":: PRAKTIKUM CAD / CAM # 14 ::"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google