Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Oleh: Devie Rosa Anamisa, S.Kom
BAB III Transformasi Oleh: Devie Rosa Anamisa, S.Kom
2
Pendahuluan Untuk nilai default, semua shape dibangun ditengah-tengah koordinat. Sebuah transform mampu merubah : Bentuk posisi Bentuk rotasi Bentuk scale VRML membangun komponen 3-D, dan komponen-komponen tersebut dibangun dengan menggunakan koordinat sistem.
3
Visualisasi Node-node yang dibutuhkan pada pengelompokan transformasi dengan sistem koordinat adalah: children – shape yang akan dibentuk translation – posisi rotation – orientasi/ perputaran scale – ukuran
4
Syntax Transformasi Transform { translation .... rotation ...
scale .... children [ ... ] } Contoh : translation rotation scale children [ ]
5
Atribut : Children Berisikan daftar satu atau banyak node. Syntax :
Transform { …… children [ Shape { } Transform { } ] }
6
Atribut : Translation Mempunyai posisi koordinat x, y dan z. Syntax :
Transform { # x y z translation children [ ……] }
7
Atribut : Rotation Pada sistem koordinat meliputi sumbu rotasi dan besarnya radiannya. Syntax : Transform { # x y z radian rotation children [ …. ] }
8
Spesifikasi Sumbu Rotasi
9
Rotasi Terhadap Sumbu X
DEF kerucut Shape{ appearance Appearance { material Material{ diffuseColor 0 1 1} } geometry Cone { height 2.0 bottomRadius 0.5} DEF RotasiX Group { children [ Transform { translation 3 2 0 rotation children [USE kerucut] translation rotation translation 3 0 3 rotation translation rotation ]
10
Atribut : Scale Pada koordinat sistem menunjukkan sumbu x, y dan z.
Syntax : Transform { # x y z scale children [ ] }
11
Soal 3 : 1. twosphere.wrl 3. rotation.wrl 5.scalesphere.wrl
2. sevencone.wrl mboneka.wrl
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.