Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERIODISASI SASTRA INDONESIA

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERIODISASI SASTRA INDONESIA"— Transcript presentasi:

1 PERIODISASI SASTRA INDONESIA
DISYA DISTI MAHYUZA XII IPA 3

2 PERIODISASI SASTRA INDONESIA
Pengertian: penggolongan sastra berdasarkan pembabakan waktu dari awal kemunculan sampai dengan perkembangannya. Periodisasi sastra, selain berdasarkan tahun kemunculan, juga berdasarkan ciri-ciri sastra yang dikaitkan dengan situasi sosial, serta pandangan dan pemikiran pengarang terhadap masalah yang dijadikan objek karya kreatifnya.

3 peralihan Karya sastra lama Karya sastra baru

4 KARYA SASTRA LAMA

5 Hasil Karya dan Pengarang
PUJANGGA LAMA Pujangga Lama Ciri-ciri a. Dihasilkan sebelum abad 20 b. Didominasi syair, pantun, gurindam, dan hikayat Hasil Karya dan Pengarang a. Nur ad-Daqa’iq karya Syamsuddin Pasai b. Bustan as-Salatin karya Nuruddin ar-Raniri c. Syarab al-’Asyiqin karya Hamzah Fansuri

6 SASTRA MELAYU LAMA Sastra Melayu Lama merupakan sastra Indonesia sebelum abad 20. Ciri-ciri Sastra Melayu Lama: Masih menggunakan bahasa Melayu Umumnya bersifat anonim Berciri istanasentris Menceritakan hal-hal berbau mistis seperti dewa-dewi, kejadian alam, peri, dsb.

7 SASTRA MELAYU LAMA Contoh sastra pada masa Sastra Melayu Lama:
Dongeng tentang arwah, hantu/setan, keajaiban alam, binatang jadi-jadian, dsb. Berbagai macam hikayat seperti; Hikayat Mahabharata, Hikayat Ramayana, Hikayat Sang Boma. Syair Perahu dan Syair Si Burung Pingai oleh Hamzah Fansuri. Gurindam Dua Belas dan Syair Abdul Muluk oleh Raja Ali Haji

8 ANGKATAN BALAI PUSTAKA
Balai Pustaka merupakan titik tolak kesustraan Indonesia. Ciri-ciri Angkatan Balai Pustaka adalah: Menggunakan bahasa Indonesia yang masih terpengaruh bahasa Melayu Persoalan yang diangkat persoalan adat kedaerahan dan kawin paksa Dipengaruhi kehidupan tradisi sastra daerah/lokal Cerita yang diangkat seputar romantisme. Angkatan Balai Pustaka terkenal dengan sensornya yang ketat. Balai Pustaka berhak mengubah naskah apabila dipandang perlu. Contoh hasil sastra yang mengalami pen-sensoran adalah Salah Asuhan oleh Abdul Muis yang diubah bagian akhirnya dan Belenggu karya Armyn Pane yang ditolak oleh Balai Pustaka karena tidak boleh diubah.

9 ANGKATAN BALAI PUSTAKA
Contoh sastra pada masa Angkatan Balai Pustaka: Roman Azab dan Sengsara (Merari Siregar) Sitti Nurbaya (Marah Rusli) Muda Teruna (M. Kasim) Salah Pilih (Nur St. Iskandar) Dua Sejoli (M. Jassin, dkk.) Kumpulan Puisi Percikan Permenungan (Rustam Effendi) Puspa Aneka (Yogi)

10 PUJANGGA BARU Angkatan Pujangga Baru muncul sebagai reaksi atas banyaknya sensor yang dilakukan oleh Balai Pustaka terhadap karya tulis sastrawan pada masa tersebut, terutama terhadap karya sastra yang menyangkut rasa nasionalisme dan kesadaran kebangsaan. Sastra Pujangga Baru adalah sastra intelektual, nasionalistik dan elitis menjadi "bapak" sastra modern Indonesia.

11 PUJANGGA BARU Angkatan Pujangga Baru ( ) dilatarbelakangi kejadian bersejarah “Sumpah Pemuda” pada 28 Oktober 1928. Ikrar Sumpah Pemuda 1928: Pertama Kami poetera dan poeteri indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia. Kedoea Kami poetera dan poeteri indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia. Ketiga Kami poetera dan poeteri indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia. Melihat latar belakang sejarah pada masa Angkatan Pujangga Baru, tampak Angkatan Pujangga Baru ingin menyampaikan semangat persatuan dan kesatuan Indonesia, dalam satu bahasa yaitu bahasa Indonesia.

12 PUJANGGA BARU Pada masa ini, terbit pula majalah "Poedjangga Baroe" yang dipimpin oleh Sutan Takdir Alisjahbana, Amir Hamzah dan Armijn Pane. Pada masa Angkatan Pujangga Baru, ada dua kelompok sastrawan Pujangga baru yaitu: Kelompok “Seni untuk Seni” Kelompok “Seni untuk Pembangunan Masyarakat”

13 PUJANGGA BARU Ciri-ciri sastra pada masa Angkatan Pujangga Baru antara lain sbb: Sudah menggunakan bahasa Indonesia Menceritakan kehidupan masyarakat kota, persoalan intelektual, emansipasi (struktur cerita/konflik sudah berkembang) Pengaruh barat mulai masuk dan berupaya melahirkan budaya nasional Menonjolkan nasionalisme, romantisme, individualisme, intelektualisme, dan materialisme.

14 PUJANGGA BARU Salah satu karya sastra terkenal dari Angkatan Pujangga Baru adalah Layar Terkembang karangan Sutan Takdir Alisjahbana. Layar Terkembang merupakan kisah roman antara 3 muda-mudi; Yusuf, Maria, dan Tuti. Yusuf adalah seseorang mahasiswa kedokteran tingkat akhir yang menghargai wanita. Maria adalah seorang mahasiswi periang, senang akan pakaian bagus, dan memandang kehidupan dengan penuh kebahagian. Tuti adalah guru dan juga seorang gadis pemikir yang berbicara seperlunya saja, aktif dalam perkumpulan dan memperjuangkan kemajuan wanita.

15 PUJANGGA BARU Dalam kisah Layar Terkembang, Sutan Takdir Alisjahbana ingin menyampaikan beberapa hal yaitu: Perempuan harus memiliki pengetahuan yang luas sehingga dapat memberikan pengaruh yang sangat besar didalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan demikian perempuan dapat lebih dihargai kedudukannya di masyarakat. Masalah yang datang harus dihadapi bukan dihindarkan dengan mencari pelarian. Seperti perkawinan yang digunakan untuk pelarian mencari perlindungan, belas kasihan dan pelarian dari rasa kesepian atau demi status budaya sosial.

16 Sanusi Pane, pengarang puisi “Dalam Gelombang”
PUJANGGA BARU Selain Layar Terkembang, Sutan Takdir Alisjahbana juga membuat sebuah puisi yang berjudul “Menuju ke Laut”. Puisi “Menuju ke Laut” karya Sutan Takdir Alisjahbana ini menggunakan laut untuk mengungkapkan hubungan antara manusia, alam, dan Tuhan. Ada pula seorang sastrawan Pujangga Baru lainnya, Sanusi Pane yang menggunakan laut sebagai sarana untuk mengungkapkan hubungan antara manusia, alam, dan Tuhan. Karya Sanusi Pane ini tertuang dalam bentuk puisi yang berjudul “Dalam Gelombang”. Sanusi Pane, pengarang puisi “Dalam Gelombang”

17 PUJANGGA BARU Ditinjau dari segi struktural, ada persamaan struktur antara puisi Sutan Takdir Alisjahbana dan Sanusi Pane yaitu pengulangan bait pertama pada bait terakhir. Sementara itu, ditinjau dari segi isi, tampak ada perbedaan penggambaran laut dalam puisi Sutan Takdir Alisjahbana dan Sanusi Pane. Jika Sutan Takdir Alisjahbana menggambarkan laut sebagai sebuah medan perjuangan, Sanusi Pane menggambarkan laut sebagai suatu tempat yang penuh ketenangan.

18 Oleh Sutan Takdir Alisjahbana
PUJANGGA BARU Menuju ke Laut Oleh Sutan Takdir Alisjahbana Dibawa Gelombang Oleh Sanusi Pane Kami telah meninggalkan engkau, Tasik yang tenang tiada beriak, diteduhi gunung yang rimbun, dari angin dan topan. Sebab sekali kami terbangun, dari mimpi yang nikmat. Ombak riak berkejar-kejaran di gelanggang biru di tepi langit. Pasir rata berulang di kecup, tebing curam ditentang diserang, dalam bergurau bersama angin, dalam berlomba bersama mega. … Aku bernyanyi dengan suara Seperti bisikan angin di daun Suaraku hilang dalam udara Dalam laut yang beralun-alun Alun membawa bidukku perlahan Dalam kesunyian malam waktu Tidak berpawang tidak berkawan Entah kemana aku tak tahu

19 PUJANGGA BARU Amir Hamzah diberi gelar sebagai “Raja Penyair” karena mampu menjembatani tradisi puisi Melayu yang ketat dengan bahasa Indonesia yang sedang berkembang. Dengan susah payah dan tak selalu berhasil, dia cukup berhasil menarik keluar puisi Melayu dari puri-puri Istana Melayu menuju ruang baru yang lebih terbuka yaitu bahasa Indonesia, yang menjadi alasdasar dari Indonesia yang sedang dibayangkan bersama. Selain Sutan Takdir Alisjahbana, ada pula tokoh lain yang terkenal dari Angkatan Pujangga Baru sebagai “Raja Penyair” yaitu Tengku Amir Hamzah.

20 PUJANGGA BARU Sastrawan pada Angkatan Pujangga Baru beserta hasil karyanya antara lain sbb: Sultan Takdir Alisjahbana Contoh: Di Kakimu, Bertemu Sutomo Djauhar Arifin Contoh: Andang Teruna (fragmen) Rustam Effendi Contoh: Bunda dan Anak, Lagu Waktu Kecil Asmoro Hadi Contoh: Rindu, Hidup Baru Hamidah Contoh: Berpisah, Kehilangan Mestika (fragmen)

21 PUJANGGA BARU Amir Hamzah Contoh: Sunyi, Dalam Matamu Hasjmy
Contoh: Ladang Petani, Sawah Lalanang Contoh: Bunga Jelita O.R. Mandank Contoh: Bagaimana Sebab Aku Terdiam Mozasa Contoh: Amanat, Kupu-kupu

22 Chairil Anwar, sastrawan Angkatan ‘45
Angkatan ’45 lahir dalam suasana lingkungan yang sangat prihatin dan serba keras, yaitu lingkungan fasisme Jepang dan dilanjutkan peperangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Ciri-ciri Angkatan ’45 adalah: Terbuka Pengaruh unsur sastra asing lebih luas Corak isi lebih realis, naturalis Individualisme sastrawan lebih menonjol, dinamis, dan kritis Penghematan kata dalam karya Ekspresif Sinisme dan sarkasme Karangan prosa berkurang, puisi berkembang Chairil Anwar, sastrawan Angkatan ‘45

23 ANGKATAN 1945 Contoh sastra pada masa Angkatan ’45:
Tiga Menguak Takdir (Chairil Anwar-Asrul Sani-Rivai Apin) Deru Campur Debu (Chairil Anwar) Kerikil Tajam dan yang Terampas dan yang Putus (Chairil Anwar) Pembebasan Pertama (Amal Hamzah) Kata Hati dan Perbuatan (Trisno Sumarjo) Tandus (S. Rukiah) Puntung Berasap (Usmar Ismail) Suara (Toto Sudarto Bakhtiar) Surat Kertas Hijau (Sitor Situmorang) Dalam Sajak (Sitor Situmorang) Rekaman Tujuh Daerah (Mh. Rustandi Kartakusumah)

24 ANGKATAN 1966 Angkatan ’66 ditandai dengan terbitnya majalah sastra Horison. Semangat avant-garde sangat menonjol pada angkatan ini. Banyak karya sastra pada angkatan yang sangat beragam dalam aliran sastra, seperti munculnya karya sastra beraliran surrealistik, arus kesadaran, arketip, absurd, dan lainnya. Ciri-ciri sastra pada masa Angkatan ’66 adalah: Bercorak perjuangan anti tirani proses politik, anti kezaliman dan kebatilan Bercorak membela keadilan Mencintai nusa, bangsa, negara dan persatuan Berontak Pembelaan terhadap Pancasila Protes sosial dan politik

25 ANGKATAN 1966 Contoh sastra pada masa Angkatan ’66 adalah: Putu Wijaya
Pabrik Telegram Stasiun Iwan Simatupang Ziarah Kering Merahnya Merah Djamil Suherman Sarip Tambak-Oso Perjalanan ke Akhirat

26 PERALIHAN

27 Hasil Karya dan Pengarang
Peralihan (Angkatan ) Ciri-ciri a. Ditandai dengan adanya horison(majalah sastra) b. Muncul karya beraliran surealistik, arus kesadaran, arketip, dan absurd Hasil Karya dan Pengarang a. Tirani dan Benteng karya Taufik Ismail b. Ibu karya Parakatiri Tahi Simbolon c. Empat Orang Melayu karya Wisran Hadi

28 KARYA SASTRA BARU

29 Hasil Karya dan Pengarang
Angkatan Ciri-ciri a. Banyak roman percintaan b. Tumbuh sastra beraliran pop (novel populer) Hasil Karya dan Pengarang a. Ladang Hijau karya Ahmadun Yosi Herfanda b. Lupus karya Hilman Hariwijaya c. Kerudung Merah Kirmizi karya Remy Sylado

30 Hasil Karya dan Pengarang
Angkatan Reformasi Ciri-ciri a. Muncul karya yang bertema sosial politik (reformasi) b. Dilatarbelakangi oleh peristiwa reformasi di Indonesia Hasil Karya dan Pengarang a. Puisi Pelo karya Widji Thukul b. Darman karya Widji Thukul

31 Hasil Karya dan Pengarang
Angkatan 2000’an Ciri-ciri a. Muncul di awal tahun 2000’an b. Konsep karya sastra lebih beragam c. Banyak penulis muda bermunculan Hasil Karya dan Pengarang a. Supernova karya Dewi Lestari b. Ayat-Ayat Cinta karya Habiburrahman El-Shirazy c. Laskar Pelangi karya Andrea Hirata d. Negeri 5 menara karya Ahmad Fuadi


Download ppt "PERIODISASI SASTRA INDONESIA"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google