Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM"— Transcript presentasi:

1 IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM
BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM 4.1 Implementasi Tahapan implementasi bertujuan untuk memastikan apakah perangkat lunak yang dibuat dapat bekerja secara efektif dan efisien sesuai dengan yang diharapkan. Sebelum program diimplementasikan maka program harus bebas dari kesalahan, kesalahan penulisan bahasa, kesalahan waktu proses, atau kesalahan logical. Program dapat diimplementasikan setelah bebas dari kesalahan setelah melakukan pengujian. Aplikasi animasi dibuat dan di implementasikan pada seperangkat komputer pribadi (Personal Computer) dengan spesifikasi sebagai berikut: 1. Perangkat keras yang di gunakan : Prosesor : Intel (R) Dual Core (TM) 2.00Ghz Ram : 3GB DDR2 Hardisk : 300GB 2. Perangkat lunak yang di gunakan : Blender 2.63 Adobe Photoshop CS5 Windows Vista 4.2 Batasan implementasi Program ini dirancang menggunakan Blender Sistem ini dirancang sebagai simulasi kereta api berbasis komputer. Media ini menggabungkan seluruh objek multimedia yang ada, yang terdiri dari teks, grafis animasi, suara, narasi serta interaktifitas yang di program berdasarkan teori kereta api.

2 43

3 Tahap ini semua modul disatukan menjadi file executable (exe).
4.3 Tahap Pembuatan Proses Aplikasi Blender ini di buat dengan tahap tahap sebagai berikut : Penentuan aplikasi Blender Pada tahap ini didapatkan ide bahwa aplikasi Blender yang dibuat adalah “membuat animasi menggunakan aplikasi Blender 2.63. Model animasi yang di buat mengacu ke pada interface yang dimana user/pengguna menjalankan animasi tersebut. Perancangan Proses Merupakan tahap perancangan proses sebelum di jalankan, ketika di jalankan dan ketika selesai di jalankan. Perancangan sebelum awal program yang terdiri dari beberapa menu, yaitu (Up) untuk maju kereta (W) untuk maju kamera, (S) untuk mundur kamera, (A) untuk kekiri, (D) untuk kekanan, (Q) untuk kebawah, (E) untuk keatas, (I) untuk tampilkan keterangan, (O) untuk sembunyikan keterangan . Untuk perancangan proses ketika aplikasi di jalankan adalah dapat melihat semua tentang animasi kereta tersebut. Penulisan kode Penulisan kode adalah tahap dimana modul dituliskan berdasarkan proses yang telah dirancang sebelumnya. Penyatuan Modul dan file pendukung Tahap ini semua modul disatukan menjadi file executable (exe). Pengujian Tahap pengujian merupakan tahap untuk mengetahui kesalahan yang mungkin terjadi. Pengujian oleh pembuat program dilakukan dengan cara metode blackbox. 44

4 4.4 Blender Game engine

5 Gambar 4.1 Logic editor kamera menu awal
45 Pada tahap ini animasi menggunakan Blender game engine untuk mengoprasikan animasi yang telah dirancang sebelumnya, agar dapat berjalan penulis mengintegrasikan kepada logic editor yang berada pada menu Blender Logic Editor Kamera Menu Awal Logic editor kamera untuk menampilkan mouse pada layar menu dengan menggunakan script phyton, dan dilakukan penghubungan yaitu : Add Sensor, Always Add Control, phyton script Gambar 4.1 Logic editor kamera menu awal 4.4.2 Logic Editor Menu Awal Logic ini akan membuat efek animasi ketika mouse di sentuh atau di lepas dengan logic editor sebagai berikut berikut : 1. Add Sensor, Mouse, Mouse Over Add control, And, And Add Actuator, Action, Flippe, Zoom

6 Thank you for evaluating AnyBizSoft PDF Converter.
You can only convert 3 pages with the trial version. To get all the pages converted, you need to purchase the software from:


Download ppt "IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google