Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Metode Perancangan Arsitektur
17/04/2015
2
REVIEW MIDTES
3
Metode tradisional (traditional methods) atau evolusi kerajinan (craft evolutions)
Metode perancangan berdasarkan atas gambar
4
METODE TRADISIONAL
7
METODE TRADISIONAL Menyesuaikan dengan kondisi alam
Menghasilkan produk dengan bentuk-bentuk organis Tidak menggunakan perancang yang terdidik Merupakan sistem pemindahan informasi, serta kesuksesan percobaan dan pencarian yang berlangsung dalam beberapa abad PROSES TRIAL AND ERROR
8
METODE GAMBAR
9
METODE PERANCANGAN BERDASARKAN GAMBAR
Evolusi kerajinan (metode tradisional) yang proses penyelesaiannya dipercepat Efisien waktu yang relatif singkat. Setelah proses mencoba dan mencari, obyek yang akan diproduksi digambar dan diskala, dengan maksud untuk percobaan dan perubahan bila dibutuhkan. Setelah tepat semuanya, produksi baru dimulai.
10
Metode gambar berkembang dan digunakan sampai sekarang Keinginan, kebutuhan, perkembangan pemikiran dan kemajuan teknologi PROSES PERANCANGAN YANG SISTEMATIS
11
PROSES PERANCANGAN YANG SISTEMATIS
adalah suatu cara berpikir untuk bertindak dalam mengumpulkan, memilih, mengolah (analisa), menyusun (sintesa) dan mengambil keputusan dalam suatu rangkaian aktivitas yang terorganisir dan terintegrasi sehingga menjadi satu kesatuan serta dapat dilihat dengan jelas peranan dan keterkaitan antar tiap bagian.
12
JENIS PROSES PERANCANGAN Metode Black Box Metode Glass Box
proses intuitif proses ilmiah METODE BLACK BOX METODE GLASS BOX JENIS PROSES PERANCANGAN Metode Black Box Metode Glass Box
13
METODE BLACK BOX Gordon (1961), Osborn (1963), Broadbent (1966) dan Matchett (1968) Mereka menyatakan bahwa bagian yang paling bernilai dari suatu proses desain adalah yang terdapat jauh di dalam kepala desainer dan yang berada di luar jangkauan kontrol sadarnya.
14
METODE BLACK BOX Black Box Analogies Problem Solution Input Output
15
KARAKTERISTIK METODE BLACK BOX :
Input tergantung dari pengalaman perancangan dan kondisi perancangan Output cepat, tapi bersifat acak Tertutup terhadap kemungkinan-kemungkinan solusi baru Sukar mengontrol secara logis output yang relevan dengan problem desain Pendekatan black box adalah untuk mereka yang percaya bahwa desain adalah sebuah misteri, sesuatu yang terjadi di dalam kepala atau otak desainer.
16
METODE GLASS BOX Proses desain metode ini lebih transparan, terlihat, dapat diikuti dan bening. Dalam metode ini, langkah-langkah desain terbaca dan tidak ada misteri di dalamnya.
17
Karakteristik dari metode ini adalah:
Tujuan, variabel dan kriteria dapat ditetapkan lebih dahulu. Analisis lebih komplit sebelum solusi ditemukan. Evaluasi lebih luas bahasanya dan lebih masuk akal (dapat digunakan untuk eksperimen) Strategi dapat diperbaiki untuk kemajuan. Problem Solutions Langkah-langkah desain yang terbaca
18
PERANCANGAN: Mulai dari mana?
“If I were given one hour to save the planet, I would spend 59 minutes defining the problem and one minute resolving it”. - Einstein
19
TAHAPAN PERANCANGAN PROGRAMMING 1 RANCANGAN SKEMATIK 2 PRARANCANGAN 3
PENGEMBANGAN RANCANGAN 4 DOKUMEN TENDER 5
20
PENGEMBANGAN RANCANGAN 4
PROGRAMMING 1 segala macam informasi/data perancangan dalam bentuk teks, tabel, grafis RANCANGAN SKEMATIK 2 terjemahan informasi ke dalam bentuk sketsa grafis/spasial PRARANCANGAN 3 terjemahan sketsa ke dalam gambar yang terukur PENGEMBANGAN RANCANGAN 4 Penyelesaian detail perancangan/struktur/konstruksi/utilitas DOKUMEN TENDER 5 gambar kerja, ded, rab, rks
21
TAHAPAN PROGAMMING 1 ANALISIS 2 EVALUASI 3 ORGANISASI 4 PRESENTASI 5
PENGUMPULAN INFORMASI/DATA 1 ANALISIS 2 EVALUASI 3 ORGANISASI 4 PRESENTASI 5
22
PENGUMPULAN INFORMASI 1
Segala macam informasi/data yang diperlukan dalam perancangan ANALISIS 2 Pencarian hubungan/keterkaitan atau pattern yang tersembunyi di dalam data EVALUASI 3 Penilaian baik/buruk, penting/tdk penting, Perlu/tdk perlu terhadap data/hasil analisis ORGANISASI 4 Penataan data dengan menggunakan struktur tertentu PRESENTASI 5 Pengemasan data dalam bentuk teks/tabel / grafis yang mudah dimengerti/dikomunikasikan
23
Keluaran/isi PROGRAMING
DESKRIPSI PROYEK 1 KENDALA, BATASAN, KRITERIA 2 KEBUTUHAN RUANG 3 KONSEP PERANCANGAN 4
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.