Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehErlin Hermawan Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
konsentrasi weB TUGAS AKHIR Teguh Pribadi
wa/sms/telegram
2
TUGAS AKHIR – Konsentrasi WEB
Dasar TA Web Alur TA Web Tugas Akhir
3
DASAR Permenristekdikti no 44 tahun 2015 tentang SNPT
JENJANG TINGKAT KEDALAMAN DAN KELELUASAAN MATERI PEMBELAJARAN D1 menguasai konsep umum, pengetahuan, dan keterampilan operasional lengkap; D2 menguasai prinsip dasar pengetahuan dan keterampilan pada bidang keahlian tertentu; D3 menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan keterampilan tertentu secara umum; D4 menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan keterampilan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan dan keterampilan tersebut secara mendalam; profesi menguasai teori aplikasi bidang pengetahuan dan keterampilan tertentu; magister, magister terapan, dan Spesialis menguasai teori dan teori aplikasi bidang pengetahuan tertentu; doktor, doktor terapan, dan sub Spesialis menguasai filosofi keilmuan bidang pengetahuan dan keterampilan tertentu.
4
DASAR Standar Kompetensi Lulusan MI
Semester 1 1. Dasar Multimedia 2. Matematika Diskrit 3. PTI 4. Algo 5. Basisdata 6. Sistem Operasi 7. OrKom 8. Pancasila 7 MK Vokasi Semester 2 1. Bahasa Indonesia 2. IMK 3. Pemrograman Visual 4. DIDW 5. SI 6. JarKomDas 7. SMBD 8. Kewarganegaraan 6 MK Vokasi Semester 3 1. RPL 2. Pemrograman Web 3. Multimedia Terapan 4. Pem. Mobile 5. Manj. JarKom 6. Bahasa Inggris 7. Agama 6 MK Vokasi Semester 4 1. Bahasa Inggris PK 2. Pweb BbsFramework 3. Pem. Mobile Lanjut 4. KWU 5. Apl. Kom. Perkantorn 6. PKL 7. TA 2 MK Vokasi Sumber: Buku Pedoman Akademik
5
TUGAS AKHIR – Konsentrasi WEB
Dasar TA Web Alur TA Web Tugas Akhir
6
Bidang Pemrograman Web
TA WEB TA Bidang Web Bidang Pemrograman Web MODEL DATABASE CONTROLLER SERVER SIDE VIEW CLIENT SIDE MySQL, PostgreSQL (Database) PHP, Phyton, Ruby (Proccesing) HTML CSS JavaScript (User Interface)
7
TA WEB SNPT dan SKL MI “ Menguasai prinsip dasar pengetahuan dan keterampilan pada bidang keahlian Manajemen Informatika.
8
TA WEB SNPT, SKL MI, dan TA Bidang WEB
Semester 1 1. Dasar Multimedia 2. Matematika Diskrit 3. PTI 4. Algo 5. Basisdata 6. Sistem Operasi 7. OrKom 8. Pancasila 4/7 MK Vokasi Semester 2 1. Bahasa Indonesia 2. IMK 3. Pemrograman Visual 4. DIDW 5. SI 6. JarKomDas 7. SMBD 8. Kewarganegaraan 4/6 MK Vokasi Semester 3 1. RPL 2. Pemrograman Web 3. Multimedia Terapan 4. Pem. Mobile 5. Manj. JarKom 6. Bahasa Inggris 7. Agama 3/6 MK Vokasi Semester 4 1. Bahasa Inggris PK 2. Pweb BbsFramework 3. Pem. Mobile Lanjut 4. KWU 5. Apl. Kom. Perkantorn 6. PKL 7. TA 1/2 MK Vokasi
9
TUGAS AKHIR – Konsentrasi WEB
Dasar TA Web Alur TA Web Tugas Akhir
10
ALUR TA WEB PADI – Contoh - TA
PLAN ANALISYS DESIGN IMPLEMENTATION ?: Alasan pembuatan Sistem Informasi (SI) ?: SI yang menjawab masalah itu seperti apa? ?: Bagaimana diagram proses dan data sesuai hasil analisis SI? Coding Ex: Mslh Presentasi: 1)Nilai inaccessible 2)Disiplin waktu 3)Menghilangkan subjektifitas Ex: SI akan ada: 1)Akun mhs, dosen 2)Countdown 3)Pemilihan presentaror secara random Ex: Disajikan diagram: 1)DFD/UML 2)Relasi Tabel/ERD Ex: Cek di laman BAB I - alasan BAB II - referensi BAB III – plan/rencana + Hasil Pembahasan BAB IV – kesimpulan saran Sumber:
11
TUGAS AKHIR – Konsentrasi WEB
Dasar TA Web Alur TA Web Tugas Akhir
12
BAB I Pendahuluan
13
Plan Pemikiran Umum Alasan pembuatan Sistem Informasi (SI)?
Beberapa ahli menyebutkan: STARTUP PEDIA, Anis Uzzaman Alasan pembuatan software menjadi point pertama yang dibahas dalam buku tsb.
14
Plan Pemikiran Umum
15
Plan SiPeTOr Dalam dunia pendidikan khususnya dalam kegiatan presentasi ada beberapa masalah: Nilai Inaccessible Nilai sementara hanya diakses oleh dosen, dan mestinya bisa diakses oleh mahasiswa. Waktu Melebihi Alokasi Waktu presentasi melewati/melebihi alokasi waktu yang telah direncanakan. Subjektifitas Anggapan bahwa mahasiswa memiliki kemampuan yang beragam perlu dihilangkan karena seluruh mahasiswa telah mendapatkan waktu pengerjakan, bimbingan, dan kepercayaan yang sama.
16
Bab II Kajian Pustaka
17
Kajian Pustaka Pemikiran Umum
Mencari pemecahan berdasarkan masalah. Ada 2 hal didalam Kajian Pustaka pada umumnya: Penelitian Terkait Kajian Teori
18
Kajian Pustaka a) Penelitian Terkait
Pencarian ilmu/solusi dengan mengacu pada penelitian lain yang se-(jenis/tema/bahasan). Sebutan lainnya fishbone, backbone, state of the art. MASALAH PENELITIAN TERKAIT Nilai Inaccesible - Sistem Informasi Bank Mini SMK Negeri 1 Bojonegoro, Ahmad Muhajirul Faqih. (Multiakses : Bendahara, Guru, Siswa) - Sistem Informasi Penilaian Akademik AKN Bojonegoro, Dewi Puspitasari. (Multiakses : Dosen, Admin, Mahasiswa) Waktu Melebihi Alokasi - Sistem Informasi Ujian Berbasis Komputer untuk Matakuliah DPK, Teguh Pribadi (Countdown) Subjektifitas - Implementasi Teknologi Ajax Untuk Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Bidang Bahasa Inggris Dengan Konsep Random Question (random) - Sistem Informasi Ujian Berbasis Komputer untuk Matakuliah DPK, Teguh Pribadi (Random Presentator)
19
Kajian Pustaka b) Kajian Teori
Pencarian ilmu/solusi dengan mengacu pada teori- teori yang mendukung pemecahan masalah. MASALAH KAJIAN TEORI Nilai Inaccesible Multiakses Waktu Melebihi Alokasi Countdown Subjektifitas Random Presentator Dikembangkan dengan framework CodeIgniter dan PostgreSQL Framework, Codeigniter, PostgreSQL Dikembangkan dengan metode SDLC Prototyping SDLC, Prototyping
20
Bab III Proses dan Hasil
21
Proses dan Hasil Pemikiran Umum
Ada 2 pokok inti dalamnya: Metode Pengembangan Perencanaan pengembangan perangkat lunak berdasarkan alasan pengembangan (Bab I – Pendahuluan) dan referensi penelitian terkait serta kajian teori (Bab II – Kajian Pustaka). Hasil dan Pembahasan Penampilan dan pembahasan berdasarkan hasil implementasi dari perencanaan pengembangan.
22
Proses dan Hasil Metode Pengembangan
Menurut Alan Dennis, secara umum pengembangan perangkat lunak terdiri dari Plan, Analisys, Design, Implementation (+Support). Menurut Roger S Pressman dan Ian Sommerville, penerapan PADI dapat diformasikan dalam banyak model. Contoh saya dalam pengembangan SiPeTor menerapkan metode pengembangan/ SDLC Prototyping.
23
Proses dan Hasil Metode Pengembangan [detail]
Plan : economic-organizational-technical Feseability Analisys : mendeskripsikan perangkat lunak yang akan dikembangkan secara menyeluruh dan detail. Design : menggambarkan analisis, bisa dengan DFD / UML. Implementation : mengembangkan perangkat lunak (biasa disebut coding, scripting).
24
Proses dan Hasil Hasil dan Pembahasan
Hasil akhir dari perencanaan dan pengembangan akan dituliskan yang selanjutnya dibahas dengan detail.
25
Bab IV Penutup
26
Penutup Pemikiran Umum
Ada 2 point yang akan dikembangkan: Kesimpulan Penjelasan terkait pertanyaan (Bab I – rumusan masalah) dan jawaban (Bab III – hasil). Saran Pemberian saran/ masukan terkait jawaban (Bab III – hasil) dalam prospektif ke depan, perbaikan kualitas, pemanfaatan yang lebih luas.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.