Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
interaksi
2
Terminologi interaksi
Domain: Suatu area keahlian dan pengetahuan pada kegiatan dunia nyata Goal: Menginginkan hasi dari suatu task (tugas) Task: operasi untuk memanipulasi muatan dari domain Intention: Aksi khusus untuk menemukan tujuan yang diinginkan Task analisis: identifikasi ruang masalah yang berkaitan dengan domain, tujuan, tugas dan maksud System: Aplikasi komputer Task Language: Bahasa user, menjelaskan atribut domain yang relevan terhadap kondisi pengguna Core Language: Bahasa sistem yang menjelaskan atribut domain yang relevan terhadap kondisi sistem
3
Siklus interaksi Menetapkan tujuan Membentuk intention
Menetapkan rangkaian aksi Melaksanakan aksi Melihat kondisi sistem Menginterpretasikan kondisi sistem Mengevaluasi kondisi sistem sehubungan dengan goal dan intention execution goal system evaluation
4
Kerangka kerja interaksi
Menurut Donald Norman: Pengguna menentukan tujuannya Merumuskan keinginan Menspesifikasikan aksi pada antarmuka Mengeksekusi aksi Mempersepsi status sistem Menginterpretasikan status sistem Mengevaluasi status sistem yang berhubungan dengan tujuan
5
Kerangka kerja interaksi
Menurut Abowd dan Beale User Input System Output
6
ergonomi Mempelajari karakteristik fisik dari interaksi
Bidang studi yang mencari atau menangani desain peralatan dan tugas-tugas yang cocok dengan kapabilitas manusia beserta batasnya (faktor kenyamanan kerja) Melihat sesuatu sebagai: Pengaturan dari berbagai kontrol dan tampilan Lingkungan yang melingkupinya Masalah kesehatan Penggunaan warna Ergonomi baik untuk pendefinisian standar dan pedoman pembatasan bagaimana kita mendesain aspek tertentu dari sistem
7
Gaya interaksi Antarmuka baris perintah (command lines) Menu
Bahasa sehari-hari (natural language) Pertanyaan/Jawaban dan dialog pertanyaan (query) Borang isian dan lembar kerja WIMP (Windows, Icon, Pointer dan Menu)
8
5 generasi perkembangan user interface
Antarmuka sistem berkelompok: user berinteraksi dengan sistem melalui pengantar kerja secara berkelompok Antarmuka berorientasi baris perintah: diperkenalkan tahun 1960-an, digunakan pertama kali oleh Tele-type (TTY). Pengguna berinteraksi dengan mengetikkan perintah. Antarmuka full screen: pengisian borang, memungkinkan pemasukan data lebih dari satu. Antarmuka pengguna bergrafik (GUI): menggunakan bentuk visual. Antarmuka WIMP
9
Antarmuka Pengguna Masa Depan
Menambahkan unsur animasi objek dan audio, tiga dimensi, realitas maya. Lebih berorientasi pada objek daripada segi pengolahan instruksi dan fungsi. Contoh: Embodied interaction: menggunakan gerakan tubuh untuk memberikan input ke komputer 3D virtual reality: perwujudan interaksi dunia nyata dibentuk ke dunia maya Sensing Affect: merasakan suhu, melihat lingkungan, mendengar suara di lingkungan Sensor Networks: sensor ditempatkan jauh dari komputer, bisa mendeteksi vision dan suara Cyborg: komputer mini dimasukkan ke dalam robot.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.