Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR PERKULIAHAN EKSPERIMEN KREATIF

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR PERKULIAHAN EKSPERIMEN KREATIF"— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR PERKULIAHAN EKSPERIMEN KREATIF
Selasa, 17 Pebruari 2015

2 SATUAN ACARA PERKULIAHAN

3 TIM DOSEN : Dosen Pengampu : Heru Budi Kusuma, S.Sn.,M.Ds.
Asisten Dosen :

4 PERLENGKAPAN MAHASISWA untuk minggu depan
KERTAS HVS 70 GRAM – 2 LEMBAR BUKU SKETS UKURAN A 4 SPIDOL WARNA PINSIL WARNA PINSIL PENGHAPUS PINSIL

5 PEMBAGIAN KELOMPOK PERKELOMPOK 5 MAHASISWA PILIH KETUA KELOMPOK
KELOMPOK BIMBINGAN

6 IDENTITAS TUGAS JUDUL / NOMOR TUGAS / TANGGAL NAMA / NIM MAHASISWA
NAMA DOSEN PEMBIMBING

7 KREATIVITAS Berguna Unik Baru Berbeda Kombinasi Baru Out of The Box Orisinil Pengembangan

8 KREATIVITAS DAPAT DIDEFINISIKAN KEDALAM EMPAT JENIS DIMENSI SEBAGAI FOUR P’s OF CREATIVITY, YAITU PERSON, PROCESS, PRESS DAN PRODUCT.

9 DEFINISI KREATIVITAS DARI DIMENSI PERSON :
Creativity refers to the abilities that are characteristics of creative people. Guilford (1950) Menurut Guilford ada 5 karakter : Kelancaran (fluency) Keluwesan (flexibility) Keaslian (originality) Penguraian (elaboration) Perumusan Kembali (redifination)

10 DEFINISI KREATIVITAS DARI DIMENSI PROSES :
Creativity is a proses that manifest in self in fluency, in flexibility as well in originality of thinking. Munandar (1977) Kreativitas merupakan proses yang berkaitan dengan : Kemampuan membuat kombinasi baru Kemampuan menemukan banyak jawaban Kemampuan mengelaborasi gagasan yang mencerminkan orisinalitas dalam berfikir

11 DEFINISI KREATIVITAS DARI DIMENSI PRESS :
Creativity can be regarded as the quality of product or respons judged to be creative by appropriate observes. Amabile (1983) Pengembangan kreativitas dengan menghargai pendapat, memberi ruang untuk berpikir, merenung dan berkhayal, serta mendorong untuk mengungkapkannya

12 DEFINISI KREATIVITAS DARI DIMENSI PRODUCT :
Creativity is the ability to bring something new into existence. Baron (1976) Produk kreatif menunjuk pada hasil perbuatan, kinerja atau karya seseorang dalam bentuk barang atau gagasan yang baru.

13 TUGAS 1 : (PERORANGAN) KELOMPOKAN KATA-KATA BERIKUT DALAM KATEGORI BEBAS. BERI NAMA PENGELOMPOKANNYA : SOTO, MONYET, MOTOR, LEMON, BOTOL, LAMPU, BELIMBING, CEETAH, BECAK, BAKSO, MIE, GEROBAK, MELON, GELAS, CANGKIR, LARON, CEMPEDAK, SEPEDA, GETUK, GAJAH, CAPCAY, LORI, SEMANGKA, MANGKOK, SEMUT WAKTU 25 MENIT

14 MENGHUBUNGKAN 9 LINGKARAN
OUT OF THE BOX OUT OF THE BOX

15 MOTIFASI MENINGKATKAN KEMAMPUAN DIRI MELALUI PENDIDIKAN FORMAL

16 MOTIFASI MENINGKATKAN KEMAMPUAN DIRI MELALUI PENDIDIKAN FORMAL

17

18

19 Proses belajar mengajar dan pelaksanaan pendidikan des
Proses belajar mengajar dan pelaksanaan pendidikan des. Int, dititik beratkan pada pengembangan kreativitas, pengembangan wawasan keilmuan dan akademik serta pembekalan dasar keahlian, dengan penekanan pada ranah kognitif, psikomotorik dan afektif,

20 Penalaran desain : menguraikan, menjabarkan, menganalisis dan memecahkan masalah yang dihadapi, kemudian mengambil keputusan yang terbaik. Dalam hal ini mahasiswa perlu dikondisikan untuk berpandangan secara holistik terhadap berbagai masalah, dan mencari kemungkinan-kemungkinan solusinya.

21 Berpikir kreatif adalah kemampuan berpikir berdasarkan data atau informasi yang tersedia, menemukan banyak kemungkinan jawaban terhadap suatu masalah, dimana penekanannya adalah pada kuantitas, ketepat-gunaan, dan KERAGAMAN jawaban. Secara operasional, kreativitas dapat dirumuskan sebagai kemampuan berpikir atau memberi gagasan secara lancar, lentur, dan orisinil, serta mampu mengelaborasi suatu gagasan (Munandar, 1987:47-50).

22 Berapakah : tiga belas dibagi dua ?

23 6,5 6 1/2 = XIII = XI , II 11 dan 2 1 dan 3 = tiga b elas 4 = XIII = VIII 8

24 TUGAS 2 : (Perorangan) Buatlah 30 kalimat yang terdiri dari tiga kata, dengan huruf awal tiap katanya adalah huruf : A _~ M ~ P WAKTU 20 MENIT

25

26

27

28 BERPIKIR LUAS DAN BERPIKIR TAJAM

29 “Berpikir LUAS sering merupakan saat ketika kita menanamkan benih-benih FOKUS kita untuk masa depan.” (Adam Bly, 2001)

30 MANAJEMEN FOKUS

31 Beberapa manfaat mahasiswa berfikir filsafat, yaitu mengajarkan cara berpikir kritis, sebagai dasar dalam mengambil keputusan, menggunakan akal secara proporsional, membuka wawasan berpikir menuju kearah penghayatan, dan masih banyak lagi.

32

33

34

35

36 TUGAS MINGGU DEPAN Title Membuat yel-yel kelompok
Tuliskan lirik yel-yel dikertas A 4 Kreasikan yel-Yel kelompok anda dengan lirik, lagu dan gerak Presentasikan yel-yel kelompok dimuka kelas, minggu depan

37 SEKIAN DAN TERIMA KASIH


Download ppt "PENGANTAR PERKULIAHAN EKSPERIMEN KREATIF"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google