Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehIwan Budiman Telah diubah "5 tahun yang lalu
1
PENGENALAN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE DI UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Oleh: Dedi Setiabudidaya Koordinator Pusat Pengembangan Pembelajaran Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pedidikan Universitas Sriwijaya Disampaikan pada acara kegiatan LOKAKARYA PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KURIKULUM JURUSAN TEKNIK KIMIA TAHUN 2018 BERBASIS E-LEARNING Kamis, 11 Oktober 2018 di Kampus Indralaya
3
SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE DI UNIVERSITAS SRIWIJAYA MASA DEPAN
(Sebuah Usulan) vle-Unsri Cloud-Based-Learning#1
4
Definisi eLearning: eLearning merupakan istilah yang generik dan luas yang menjelaskan tentang penggunaan berbagai teknologi elektronik untuk menciptakan pengalaman belajar yang optimal /maksimal . Teknologi elektronik tersebut mencakup komputer, internet/ intranet, audio/radio, dan video/televisi. Uwes Anis Chaeruman (2017). Panduan Merancang Mata Kuliah Daring SPADA Indonesia. Direktorat Pembelajaran Ditjen Belmawa Kemenristekdikti.
5
Python Textbook Companion Modernization Higher Education-Unsri
Contoh PTC: Buku Nomor 1, Bab 9, Contoh Soal 9.7 Halaman 512 Usulan-SCL Python Textbook Companion Modernization Higher Education-Unsri
6
Kontinyu ADJUNCT MIXED/ BLENDED FULLY ONLINE
yaitu pembelajaran tatap muka (tradisional) yang ditunjang dengan sistem penyampaian secara daring sebagai pengayaan. Keberadaan sistem penyampaian secara daring merupakan suatu tambahan. Contoh untuk menunjang pembelajaran di kelas, seorang dosen menugaskan mahasiswanya untuk mencari informasi dari internet, memanfaatkan komputer dan LCD projector dan multimedia di dalam kelas, dll. yaitu menempatkan sistem penyampaian secara daring sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembelajaran secara keseluruhan. Artinya baik proses tatap muka maupun pembelajaran secara daring merupakan satu kesatuan utuh. Berbeda dengan model adjunct yang hanya menempatkan sistem penyampaian daring sebagai tambahan. yaitu semua interaksi pembelajaran dan penyampaian bahan belajar terjadi secara daring penuh. Tidak ada pembelajaran tatap muka (tradisional) sama sekali. Contoh, bahan belajar berupa video diunggah dan diterima via internet, atau pembelajaran ditautkan (linked) melalui hyperlink ke sumber lain yang berupa teks atau gambar. Ciri utama model ini adalah terjadinya pembelajaran kolaboratif secara daring. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi. (SNPT, 2015)
7
Pembelajaran Hybrid (Blended) Learning adalah pembelajaran yang memiliki karakteristik sebagai berikut: Mengkombinasikan strategi yang terbaik dari dua seting belajar tradisional dan daring; Kelemahan pembelajaran tradisional dapat di-sinergikan/integrasikan dengan kelebihan dari pembelajaran daring; Tujuan utamanya adalah untuk mencapai efektifitas belajar secara optimal/maksimal.
8
Hybrid/Blended/Flipped Learning
Layanan SPADA Indonesia edX Platform untuk MOOC (Massive Online Open Course)
9
Asinkron Kolaboratif (AK)
Setting Belajar Belajar pada Waktu yang Sama namun pada Lokasi yang Berbeda. Belajar pada Waktu dan Lokasi yang Sama. Sinkron Maya (SM) Sinkron Langsung (SL) Asinkron Mandiri (AM) Asinkron Kolaboratif (AK) Belajar Kapan Saja, Dimana Saja, tentang Apa Saja, DENGAN Siapa Saja. Belajar Kapan Saja, Dimana Saja, tentang Apa Saja, TANPA Orang Lain. “Seting belajar adalah situasi dan kondisi di mana suatu peristiwa belajar bisa terjadi.” - Smaldino, 2008
15
RANCANGAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN ASINKRON
Capaian Pembelajaran Capaian Pembelajaran Sub-Mata Kuliah Pokok Bahasan Sub-Pokok Bahasan Pokok Materi Strategi Pembelajaran Asinkron Asinkron Mandiri Media/ Aset Digital Asesmen dalam bentuk tes objektif Asinkron Kolaboratif Asesmen dalam bentuk Diskusi Daring Asesmen dalam bentuk Tugas Daring
16
Identifikasi Kebutuhan Media Digital
Sub Pokok Bahasan : Pokok Materi Kebutuhan Media Jenis Media Jumlah Teks Link Terkait 1 Visual -Info Grafis -Slide Presentasi Audio - Audio Visual Video Animasi Simulasi/ Games Asesmen Tes/Kuis 2 Forum Diskusi Tugas Jumlah: 8
17
RANCANGAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN SINKRON
Capaian Pembelajaran Capaian Pembelajaran Sub Mata Kuliah Pokok Bahasan Sub-Pokok Bahasan Pokok Materi Strategi Pembelajaran Sinkron Metode Media Waktu Referensi, dan Asesmen
18
Cloud Based Learning#2
19
PENGELOLAAN MATA KULIAH
PENGATURAN PROFIL & PENGELOLAAN MATA KULIAH
21
PENAMBAHAN DAN PENGEMBANGAN BERAGAM SUMBER AJAR DI KELAS ONLINE
22
PENGELOLAAN AKTIVITAS E-LEARNING (CHATTING, FORUM, TUGAS, QUIZ)
23
PENGELOLAAN HASIL BELAJAR ONLINE
Contoh Hasil UTS
24
Terima kasih
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.