Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
PENGENALAN VISUAL BASIC
1
2
PENGENALAN VISUAL BASIC
Perkembangan Pemrograman Perkembangan Pemrograman Evolusi Bahasa Pemrograman Berbasis DOS dan Windows : • Generasi I ( 1940 ) : Mesin Code ( Bahasa mesin ) • Generasi II ( 1950 ) : Assembly Language ( Bahasa Rakitan ) • Generasi III ( 1960 ) : High Level ( Cobol & Fortran ) • Generasi IV ( 1970 ) : Query and DatabaseLanguages • Generasi V ( 1980 ) : Sistem Pakar Perkembangan dari VisualBasic GW Basic Basica OBasic Qbasic VisualBasic VB.Net • Microsoft Visual Basic 3.0 menggunakan Sistem operasi Windows 3.1. • Microsoft Visual Basic 4.0 menggunakan Sistem operasi 16 bit Windows 3.1 dan 32 bit Windows 95. • Microsoft Visual Basic 5.0 menggunakan Sistem operasi Windows 95 dan windows NT. • Microsoft Visual Basic 6.0 menggunakan Sistem operasi Windows 9x, 2000, Windows XP dan Windows NT. 2
3
Microsoft Visual Basic 6
Microsoft Visual Basic 6.0 merupakan salah satu bentuk sarana pengembangan aplikasi (Software Developer) yang berbasis windows. Kemampuan Visual Basic dapat dipakai untuk merancang program aplikasi yang berpenampilan seperti program aplikasi lainnya yang berbasis windows. Microsoft Visual Basic 6.0 juga merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming / OOP) yang menyediakan objek / kontrol yang berguna dan mudah dipakai. Microsoft Visual Basic 6.0 memiliki konsep Modular Programming, dimana kode – kode program letaknya tersebar di dalam modul – modul (objek – objek) yang terpisah – pisah. Microsoft Visual Basic dimulai dengan merancang tampilan (interface), baru kemudian membuat kode-kode program. 3
4
Keuntungan Visual Basic
Mendukung pembentukan program aplikasi berbasis windows (jendela – jendela ) dengan menu yang menarik dan professional. Jendela yang dihasilkan dapat dipindah-pindahkan ( Moveable ) dan diperbesar atau diperkecil ( Resizeable ) Microsoft Visual Basic secara otomatis dapat mengenal dan memanfaatkan mouse
5
Istilah-Istilah dalam Visual Basic
Event-Driven, artinya setiap aplikasi yang ada digerakan oleh user GUI (Grafical Unit Interface) adalah pemrograman yang menggunakan tampilan grafik sebagai alat komunikasi dengan pemakainya DAO (Data access Object) dukungan untuk memudahkan akses terhadap database lain OLE (Object Linking dan Embedding) kemudahan menghubungkan beberapa aplikasi dalam Windows Active X, aplikasi yang digunakan oleh pengguna internet OCX dukungan untuk menggunakan tools tambahan DLL (Dynamic Link Library) adalah kumpulan library untuk menggabungkanprogram dalam microsoft Visual Basic dengan bahasa pemrograman lainnya. DDE (Dynamic Data Exchange) Dukungan kemudahan pertukaran dalam membangun program . 5
6
Memulai Visual Basic 6 Membuat Aplikasi
Pilih dengan cara klik komponen/kontrol dari jendela toolbox. Bawa pointer kedalam form (panah berubah menjadi tanda +), kemudian gambarkan. Kontrol dengan cara drag. Menyimpan Aplikasi Untuk menyimpan aplikasi : pilih menu File kemudian pilih Save Project As untuk menyimpan pertama kali atau pilih Save Project untuk menyimpan selanjutnya. Nama Project akan disimpan dengan ekstension .vbp dan .frm untuk nama form. 6
7
Pengenalan Jendela Kerja Visual Basic
Integrated Development Integration (IDE) adalah bidang kerja tempat kita bekerja untuk menghasilkan program aplikasi. Pada keadaan standar ketika menjalankan Visual Basic, pada layar akan muncul tampilan seperti terlihat pada gambar dibawah. 7
8
MENU UTAMA Main menu terdiri dari dua komponen yaitu menu bar dan title bar. Menu bar menampilkan menu yang berisi perintah-perintah pada Visual Basic, sedangkan title bar akan menampilkan judul proyek Visual Basic yang sedang dikerjakan. Terdapat 13 submenu di dalam menu utama, dimana masing-masing submenu memiliki fungsi yang berbeda-beda. TOOL BAR Tool Bar adalah tombol-tombol yang mewakili suatu perintah tertentu dari visual basic. Setiap tombol tersebut dapat langsung diklik untuk melakukan perintah tertentu. 8
9
FORM Form window atau Window form adalah daerah kerja utama, dimana akan dibuat program-program aplikasi Visual Basic. Untuk mengaktifkan form ada beberapa cara, yaitu : Klik tombol View Object pada Window Project Dari menu View klik perintah Object Tekan tombol Shift + F7 pada keyboard PROJECT EXPLORER Project explorer adalah Window yang mengandung semua file di dalam aplikasi Visual Basic. Project Explorer adalah file pusat yang mengelola dan mencatat seluruh file-file yang dibutuhkan untuk membentuk suatu aplikasi. Project Explorer menyimpan semua komponen, perubahan, serta apa saja yang berhubungan dengan aplikasi. Project Explorer disimpan pada file dengan akhiran .VBP. Project Explorer ditampilkan dalam bentuk struktur pohon. 9
10
TOOL BOX Toolbox adalah sebuah “kotak piranti” yang mengandung semua objek atau kontrol yang dibutuhkan untuk membantuk suatu program aplikasi. Kontrol adalah suatu objek yang akan menjadi interface antara program aplikasi dan user-nya. 10
11
Bila Toolbox tidak muncul klik tombol Toolbox ( ) pada bagian Toolbar atau klik menu View > Toolbox. 11
12
12 No Nama Tool Keterangan 1. Pointer
bukan merupakan suatu kontrol; gunakan icon ini ketika anda ingin memilih kontrol yang sudah berada pada form. 2. PictureBox untuk menampilkan image dengan format: BMP, DIB (bitmap), ICO (icon), CUR (cursor), WMF (metafile), EMF (enhanced metafile), GIF, dan JPEG. 3. Label menampilkan teks atau informasi namun tidak dapat diperbaiki oleh pemakai saat dioperasikan. 4. TextBox adalah kontrol yang mengandung string yang dapat diperbaiki oleh pemakai saat dioperasikan,yang dapat berupa satu baris tunggal, atau banyak baris. 5. Frame adalah kontrol yang digunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya. 6. CommandButton digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu ketika pemakai melakukan penekanan tombol. 7. CheckBox digunakan untuk pilihan yang isinya bernilai yes/no, true/false yang dapat digunakan untuk lebih dari satu pilihan. 12
13
13 No Nama Tool Keterangan 8. OptionButton
digunakan sebagai pilihan terhadap beberapa option yang hanya dapat dipilih salah satunya. 9. ListBox mengandung sejumlah item, dan user dapat memilih lebih dari satu (bergantung pada property MultiSelect). 10. ComboBox merupakan konbinasi dari TextBox dan ListBox dimana pemasukkan data dapat dilakukan dengan mengetikkan maupun memilih data. 11. HScrollBar dan VScrollBar digunakan untuk membentuk scrollbar yang berdiri sendiri. 12. Timer digunakan untuk proses background yang diaktifkan berdasarkan interval waktu tertentu. Merupakan kontrol non-visual. 13. DriveListBox, DirListBox, dan FileListBox sering digunakan untuk membentuk dialog box yang berkaitan dengan file. 13
14
14 No Nama Tool Keterangan 14. Shape dan Line
digunakan untuk menampilkan bentuk seperti garis, persegi, bulatan, oval. 15. Image menyerupai kotak gambar (image box) tapi tidak dapat digunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya. Sesuatu yang perlu diketahui bahwa kontrol image menggunakan resource yang lebih kecil dibandingkan dengan PictureBox. 16. Data digunakan untuk data binding 17. OLE dapat digunakan sebagai tempat bagi program eksternal seperti Microsoft Excel, Word, dll. 14
15
JENDELA KODE Jendela kode adalah suatu window yang berisi kode-kode program yang merupakan instruksi-intruksi untuk aplikasi Visual Basic. Berisi kode-kode program yang merupakan instruksi-instruksi untuk aplikasi visual Basic. Setiap objek pada Visual Basic dapat ditambah dengan kode-kode program untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Kode – kode program yang ditulis pada jendela Code ini tidak akan dijalankan sebelum kita menjalankan aplikasi. 15
16
JENDELA POSISI FORM JENDELA PROPERTIES
Jendela yang menggambarkan posisi window aplikasi di dalam layar monitor komputer. JENDELA PROPERTIES Window properties adalah Window yang mengandung semua informasi mengenai semua objek yang terdapat pada aplikasi Visual Basic. Window properties memiliki dua buah tab yaitu Alphabetic dan Categorized. Pada tab alphabetic semua properti dari object akan diurutkan berdasarkan abjad. Sedangkan pada tab categorized semua peroperti dikelompokkan berdasarkan jenis. 16
17
17
18
KETERANGAN PROPERTY FORM DAN OBJECT TERTENTU
Name Memberikan nama / sebutan object Caption Menampilkan text yg ditampilkan dibagian atas object tertentu Enable Menentukan apakah form / object aktif Icon Menampilkan gambar icon pada object / form Left Menentukan jarak dari sisi kiri layar ke sisi kiri object / form MaxButton Menampilkan/Menyembunyikan tombol Maximize MousePointer Menentukan bentuk kursor bila diletakkan diatas form / object Moveable Menentukan apakah Form/object bisa digeser ScaleMode Menentukan satuan ukuran StartUpPosition Menentukan posisi awal Form pada saat aplikasi dijalankan Visible Menampilkan / menyembunyikan form / object 18
19
19 Property Keterangan Alignment Perataan text dalam text box
BorderStyle Menentukan pembatas disekeliling object Maxlength Menentukan banyaknya karakter yg diketikkan PasswordChar Digunakan untuk aplikasi password Tabindex Menentukan urutan posisi fokus kursor pada object. Text Teks yang diketikkan dalam textbox List Daftar pilihan yang dimasukkan kedalam list box MultiSelect 0 – None : User hanya bisa memilih 1 item 1- Simple : Memilih lebih dari 1 2 – Extended : Memilih banyak pilihan dengan Shift+Click Sorted Menentukan apakah daftar dlm list box akan diurutkan otomatis Style Menentukan apakah listbox ditampilkan bergaya standar / ditambahi dengan check box. ListCount Menentukan jumlah iten data pada list / combo box 19
20
20 Property Keterangan Clear
Menghapus semua item data dari list / combo box Additem Menambah sebuah item data pada list / combo box RemoveItem Menghapus sebuah data dari list / combo box FillStyle Memberikan pola arsiran Appearance Menampilkan object biasa atau 3D Forecolor Menentukan warna text Backcolor Menentukan warna belakang / background 20
21
Project Visual Basic Visual Basic 6.0 menyediakan beberapa jenis project yang bisa dibuat, antara lain: (1) Standard EXE : Project standar dalam Visual Basic dengan komponen-komponen standar. Jenis project ini sangat sederhana, tetapi memiliki keunggulan bahwa semua komponennya dapat diakui oleh semua unit komputer dan semua user meskipun bukan administrator. ActiveX EXE : Project ini adalah project ActiveX berisi komponen-komponen kemampuan intuk berinteraksi dengan semua aplikasi di sistem operasi windows. (3) ActiveX DLL : Project ini menghasilkan sebuah aplikasi library yang selanjutnya dapat digunakan oleh semua aplikasi di sistem operasi windows. (4) ActiveX Control : Project ini menghasilkan komponen-komponen baru untuk aplikasi Visual Basic yang lain. 21
22
VB Application Wizard : Project ini memandu pengguna untuk membuat aplikasi secara mudah tanpa harus pusing-pusing dengan perintah-perintah pemrograman. Addin : Project seperti Standard EXE tetapi dengan berbagai macam komponen tambahan yang memungkinkan kebebasan kreasi dari pengguna. (7) Data project : Project ini melengkapi komponennya dengan komponen-komponen database. Sehingga bisa dikatakan project ini memang disediakan untuk keperluan pembuatan aplikasi database. (8) DHTML Application : Project ini digunakan untuk membuat aplikasi internet pada sisi client (client side) dengan fungsi-fungsi DHTML. (9) IIS Application : Project ini menghasilkan apliaksi internet pada sisi server (server side) dengan komponen-komponen CGI (Common Gateway Interface). 22
23
Modul Dan Obyek Visual Basic
Macam-macam modul yang terdapat dalam Visual Basic, adalah : Modul Form (File berekstensi .Frm) Berisi deskripsi secara grafis tampilan serta kontrol yang digunakan dalam suatu proyek. Termasuk di dalamnya setting properti masing-masing kontrol serta rutin untuk masing-masing obyek yang terdapat pada form tersebut. Modul Class (File berekstensi .Cls) Berfungsi sama dengan modul form tetapi tidak terlihat dalam bentuk tampilan. Melalui modul ini dapat membuat sendiri obyek yang ingin ditampilkan. Masing-masing obyek harus memiliki properti dan metode tersendiri. Modul Standar (File berekstensi .Bas) Modul ini hanya berisi rutin program, yang berupa deklarasi tipe, konstanta, variabel, prosedur dan fungsi eksternal serta prosedur public. Umumnya file ini berisi logika yang kompleks sehingga perlu dipisahkan dari modul form agar penulisannya tidak terlalu rumit. 23
24
File Resource (File berekstensi .Res)
File ini berisi bitmap, text string, atau data lainnya yang dapat diubah tanpa perlu mengedit kembali rutin program. Activex Documents (File berekstensi .Dob) File ini mirip dengan sebuah form, hanya saja bisa ditampilkan di browser internet. Activex Control (File berekstensi .Ocx) File ini berisi control tambahan yang dapat digunakan untuk membangun proyek dan akan ditampilkan di toolbox. Setiap obyek mengandung tiga hal utama seperti berikut : Property atau Atribut Property adalah karakteristik atau sifat-sifat dari sebuah obyek, semisal property warna untuk teks adalah hitam, ukurannya 1x2 unit, warna background nya adalah putih dan sebagainya. 24
25
Metode Metode (method) adalah serangkaian prosedur yang dimiliki oleh suatu obyek yang akan dijalankan sesuai dengan respon yang diberikan oleh suatu perintah atau kejadian yang dilakukan oleh user, semisal obyek tombol exit memiliki metode keluar dari aplikasi setelah user mengklik tombol tersebut. Event Event adalah kejadian yang berlaku pada suatu objek. Misalnya event on click, maka kode-kode program akan dijalankan bila suatu objek diklik. 25
26
Ilustrasi : 26
27
KOTAK PESAN ( MESSAGE BOX )
Dalam pembuatan kotak pesan diinstruksikan melalui prosedur kode sebagai berikut : MsgBox "Hati-hatilah terhadap obesitas", VbCritical, "PERINGATAN" Sehingga memberikan tampilan sbb : Keterangan : MsgBox – perintah yg digunakan untuk membuat kotak pesan. VbCritical – Menampilkan tanda icon silang. "Hati-hatilah terhadap obesitas" – merupakan pesan yg ditulis disampaikan. “PERINGATAN” – merupakan keterangan / judul pada kotak pesan 27
28
Adapun instruksi selengkapnya untuk kebutuhan pembuatan kotak pesan adalah sbb :
1. JENIS ICON 2. JENIS TOMBOL 28
29
Membuat Program VB 1. Membuat Label
30
Langkah – langkah yang dilakukan :
Memilih / mengklik tombol Label pada Tool box Mendrag label sesuai yang dikehendaki pada jendela Form1 Memilih objek dengan Label1 dan event dengan click. Setelah itu memasukkan / menuliskan kode program yang diinginkan. Label1.Caption : memasukkan teks yaitu UNIVERSITAS GUNADARMA. Label1.ForeColor : memberikan warna merah pada teks dilabel1. Label1.FontName : memberikan jenis huruf Arial pada teks dilabel1. Label1.FontSize : memberikan ukuran huruf sebesar 14 pada teks.
31
Output Program
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.